News
Batal
KATEGORI
link has been copied
25
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61aedea657738a449368b90a/sma-negeri-1-oksibil-dibakar-kkb-235-anak-tidak-sekolah
Ratusan pelajar SMA Negeri 1 Oksibil di Pegunungan Bintang tidak dapat belajar setelah KKB membakar sekolah mereka. Padahal, antusiasme mereka untuk mengikuti kegiatan belajar sangat tinggi. Para pelajar saat melihat puing-puing bangunan ruang kelas SMA Negeri 1 Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Selasa (7/12/2021). Kelompok kriminal bersenjata pimpinan Lamek Taplo membakar tiga ruang k
Lapor Hansip
07-12-2021 11:10

SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah

Ratusan pelajar SMA Negeri 1 Oksibil di Pegunungan Bintang tidak dapat belajar setelah KKB membakar sekolah mereka. Padahal, antusiasme mereka untuk mengikuti kegiatan belajar sangat tinggi.

SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
Para pelajar saat melihat puing-puing bangunan ruang kelas SMA Negeri 1 Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Selasa (7/12/2021). Kelompok kriminal bersenjata pimpinan Lamek Taplo membakar tiga ruang kelas dan satu ruang guru pada hari Minggu (5/12/2021).

JAYAPURA, KOMPAS — Sebanyak 235 siswa tidak dapat bersekolah setelah SMA Negeri 1 Oksibil dibakar oleh kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Minggu (5/12/2021). Empat ruangan sekolah hangus terbakar dan para guru serta siswa merasa ketakutan.

Hal ini diungkapkan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Oksibil Kasiyono saat dihubungi dari Jayapura,  Selasa (7/12/2021).

Kasiyono menuturkan, para guru dan siswa merasakan trauma berat pasca-pembakaran sekolah itu. Mereka tidak menyangka lembaga pendidikan juga menjadi sasaran kelompok tersebut.

Pembakaran diduga dilakukan oleh kelompok Lamek Taplo, Minggu (5/12/2021) dini hari sekitar pukul 04.00 WIT. Tiga ruangan kelas dan satu ruang guru di SMA Negeri 1 Oksibil di Distrik Serambakom, Kabupaten Pegunungan Bintang, itu tinggal puing-puing. Padahal, di ruang guru, terdapat sekitar 100 rapor milik siswa yang akan diisi nilai semester ganjil tahun ini oleh para guru.

Pada waktu bersamaan, kelompok ini juga berencana membakar bangunan SMK Negeri 1 Oksibil, tetapi berhasil digagalkan aparat keamanan. Aparat menemukan dua jerigen dan tiga botol air mineral berisi bahan bakar minyak jenis pertalite.
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
KKB pimpinan Lamek Taplo telah menyiapkan 11 liter BBM jenis pertalite untuk membakar SMK Negeri 1 Oksibil di Kabupaten Pegunungan Bintang, Minggu (5/12/2021). Aksi tersebut dapat digagalkan aparat keamanan setelah mendapatkan laporan dari masyarakat setempat.

”Banyak guru kami yang merasakan ketakutan dan tidak sanggup untuk melihat puing-puing bangunan yang terbakar. Hanya enam dari 18 guru yang masih tetap ke sekolah untuk menyelamatkan dokumen penting,” kata Kasiyono.

Pihak sekolah memutuskan untuk meliburkan para pelajar hingga akhir bulan Januari tahun depan. Ia pun berharap situasi keamanan di wilayah tersebut kembali kondusif seperti semula.

Kami berharap aparat keamanan bisa memastikan situasi ini tidak terulang lagi.

”Kami berharap aparat keamanan bisa memastikan situasi ini tidak terulang lagi. Bangunan sekolah yang terbakar harus diperbaiki lagi agar para pelajar dapat kembali ke sekolah,” ujarnya.

Kapolres Pegunungan Bintang Ajun Komisaris Besar Cahyo Sukarnito mengatakan, kelompok Lamek Taplo sengaja membakar fasilitas sekolah untuk memprovokasi aparat keamanan. Mereka akan menyerang aparat keamanan saat tiba di lokasi sekolah yang dibakar.

”Saat ini, kami bersama TNI terus memperkuat pengamanan di Distrik Oksibil dan sekitarnya. Warga pun diimbau tidak beraktivitas di luar Oksibil mulai pukul 21.00 WIT,” kata Cahyo.

SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
POLRES PEGUNUNGAN BINTANG.
Kapolres Pegunungan Bintang Ajun Komisaris Besar Cahyo Sukarnito saat meninjau puing-puing bangunan SMA Negeri 1 Oksibil di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (6/12/2021). KKB pimpinan Lamek Taplo membakar sekolah ini pada Minggu (5/12/2021).

Kriminal

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua Sabar Iwanggin menyatakan, aksi para pelaku bukanlah tindakan politik, tetapi aksi kriminalitas. Perbuatan mereka telah merugikan anak-anak yang menjadi masa depan Pegunungan Bintang.

Ia pun meminta aparat keamanan segera mengambil upaya penegakan hukum yang tegas dan terukur. Sebab, kelompok ini sudah berulang kali membakar fasilitas publik, seperti puskesmas di Distrik Kiwirok.

Diketahui, Pegunungan Bintang termasuk 17 kabupaten di Papua dengan status Indeks Pembangunan Manusia (IPM ) pada tahun 2020 rendah karena angkanya di bawah 60. Angka IPM Pegunungan Bintang hanya 45,44.

”Perbuatan kelompok ini telah menyebabkan pelayanan publik bagi masyarakat Pegunungan Bintang terganggu. Seharusnya aparat keamanan segera menghentikan aksi para pelaku,” kata Sabar.

SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
Warga yang dievakuasi dari Distrik Kiwirok tiba di Oksibil, ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang, (25/9/2021). Mereka dievakuasi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan pemulihan trauma setelah teror yang dilakukan oleh KKB pimpinan Lamek Taplo pada 13 September 2021.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan  dan Arsip Daerah Protasius Lobya mengecam aksi pembakaran sejumlah ruangan di SMA Negeri 1 Oksibil. Kondisi ini menyebabkan para guru dan siswa ketakutan.

Ia pun menyatakan, aksi para pelaku telah menghambat upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Pegunungan Bintang. Masa depan anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik pun terancam.

Diketahui, kelompok Lamek Taplo telah membakar sejumlah fasilitas publik di Pegunungan Bintang, seperti kantor Distrik Kiwirok, puskesmas, pasar, sekolah dasar, rumah tenaga kesehatan, rumah guru, dan kantor Bank Papua di Distrik Kiwirok pada 13 September 2021 pukul 09.30 WIT. Seorang anggota TNI AD, yakni Prajurit Dua Ansar, terluka saat terlibat kontak tembak dengan kelompok tersebut.

Anggota KKB Lamek Taplo juga menyerang tenaga kesehatan Puskesmas Kiwirok. Seorang perawat bernama Gabriella Meilani (22) meninggal dunia dan empat rekannya mengalami luka berat dalam peristiwa tersebut.
https://www.kompas.id/baca/nusantara...dak-bersekolah


Jadi gimana ya sekolah nilai buat semester ganjil para muridnya?
apa bakal ada tes ulang untuk mewakili nilai yang hilang? 
Kasih para muridnya...
media yang simpati KKB belum memberitakan hal ini sejauh yg aku tahu
Diubah oleh mabdulkarim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
save.indonesia dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk untuk memberikan balasan
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 11:19
sekolah bukan buat cari nilai ngab
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 11:23
itungan bulan kok aparat kecolongan mulu, hobby apa begimana? ham ham tahikucing lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 11:25
Dah kasih DOM aja....

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 11:28
Quote:Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua Sabar Iwanggin menyatakan, aksi para pelaku bukanlah tindakan politik, tetapi aksi kriminalitas

bukan tidakan politik???? apa gue gak salah liat??? darimana si iwan tau klo aksinya bukan aksi politis? emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 11:31
Terima kasih freecrot emoticon-Imlek

Sedot trs emas papua sampai habis

Kami tunggu di Kalimantan emoticon-Salaman
0 0
0
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 11:32
sudah kasih merdeka saja
profile-picture
profile-picture
daveventra710 dan d3ntrv memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 11:33
Mungkin itu keinginan OPM sebenarnya. Gak ada yg pintar
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 11:34
ga heran kalo pada goblok , bangga bener menghancurkan masa depan nya sendiri emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 11:36
good, bakar sekolah
biar generasi kalian bodoh
kalau kalian merdeka, isinya orang bodoh semua, kalian bisa apa?

ujung ujung nya daerah kalian yang ngelola orang lain juga

bakar semua fasilitas, bakar semua nya sampai ga tersisa
emang kalian bisa bangun lagi dengan beton, besi, ataupun ilmu ilmu lainnya diperlukan

kalian cuma tau berburu dan bercocok tanam doank bisa apa sih kalau merdeka
kalian pikir kalian wakanda? pffttt
Diubah oleh Cikklancang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 11:39
kata ksad dudungu, teroris papua bukan musuh kita tapi saudara yg perlu dirangkul dengan hati yang suci dan tulus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 12:00
gak sabar nunggu rangkulan dudung ngkali...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 12:27
0 0
0
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 12:39
DUNG..... U......masih mau dirangkul n jgn di musuhi juga....masih sesama nkri........ampe kpn kedunguan mu di pertontongkan.....
profile-picture
profile-picture
save.indonesia dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 12:42
Berita tanggal 23 Nopember 2021
Jenderal Dudung: KKB Saudara Kita yang Belum Paham NKRI, Jangan Dimusuhi

"Jangan sampai sedikit pun berpikiran bahwa KKB itu adalah musuh kita, mereka saudara kita yang belum paham tentang NKRI," kata Dudung di Jayapura, Selasa (23/11).


Fakta selanjutnya, tanggal 5 Des 2021
Quote:Pembakaran diduga dilakukan oleh kelompok Lamek Taplo, Minggu (5/12/2021) dini hari sekitar pukul 04.00 WIT. Tiga ruangan kelas dan satu ruang guru di SMA Negeri 1 Oksibil di Distrik Serambakom, Kabupaten Pegunungan Bintang, itu tinggal puing-puing. Padahal, di ruang guru, terdapat sekitar 100 rapor milik siswa yang akan diisi nilai semester ganjil tahun ini oleh para guru.


Kayaknya nggak ngaruh ucapan pak KSAD ke KKB OPM, tetep aja disikat bakar sekolahan.

Gimana ya rasanya, kalo ngomong tapi nggak dianggep orang laen . . . .
profile-picture
profile-picture
daveventra710 dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 12:51
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 13:10
Kuman, mana kuman?"
Ditunggu pembelaannya untuk aksi bakar sekolah...
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 14:32
Ngeri amat nih
0 0
0
SMA Negeri 1 Oksibil Dibakar KKB, 235 Anak Tidak Sekolah
07-12-2021 14:47
mau sampai kapan kondisi di sana seperti itu...
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia