Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
34
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61aeaac398a61322286911e6/benarkah-anak-kedua-lebih-dimanja-daripada-anak-pertama
Nah gansis, anak keberapa kah kalian diurutan keluarga? Anak pertama kah atau anak kedua atau anak keberapa? Sebenarnya anak keberapa kita itu tidak terlalu penting selagi kita bisa berbakti kepada kedua orang tua, selagi rukun dengan saudara-saudara. Berikut fakta apakah anak kedua lebih dimanja dibandingkan anak pertama
Lapor Hansip
07-12-2021 07:28

Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Halo gansis! Apa kabar? Semoga semua tetap diberi kesehatan dan keselamatan ya, supaya bisa diskusi bareng dengan Si.jonii disini hehe..

Quote:Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
sumber

Nah gansis, anak keberapa kah kalian diurutan keluarga? Anak pertama kah atau anak kedua atau anak keberapa? Sebenarnya anak keberapa kita itu tidak terlalu penting selagi kita bisa berbakti kepada kedua orang tua, selagi rukun dengan saudara-saudara kita ataupun bisa menjadi pribadi yang berguna bagi sesama merupakan esensi sesunggunya dibandingkan dengan pandangan mengenai anak keberapa kah kita?

Namun pernahkan kalian mendengar anggapan bahwa katanya anak kedua atau selanjutnya itu lebih dimanja daripada anak pertama? Pasti pernahkan. Atau bahkan diantara kalian ada yang sudah pernah mengalami atau sedang menjalaninya.

Anggapan bahwa anak kedua itu lebih dimanja adalah karena pola asuh yang diterapkan oleh kebanyakan orang tua kepada anak kedua mereka. Pola asuh yang sebelumnya dilakukan kepada anak pertama cenderung lebih keras dan kolot tidak kembali diterapkan kepada anak kedua atau selanjutnya atau bisa jadi kasih sayang dan ajaran terhadap anak pertama sudah menurun ketika anak kedua atau selanjutnya ada.

Seperti yang dikatakan oleh seorang profesor psikologi di univercity of massachusetts Susan Whitebourne yaitu anak pertama cenderung memiliki pola asuh yang tegas karena beban harapan dari orang tuanya, kemudian pola asuh ini mengendur kepada adik-adiknya.

Nah, dari situ kita juga bisa mengetahui kebenaran bahwa para orang tua yang baru pertama memiliki anak pasti akan mengasuh secara tegas agar mereka tidak gagal dalam membentuk karakter anaknya, kemudian setelah memiliki pengalaman dalam mengasuh anak pertama tadi para orang tua akan mengetahui bahwa pola asuh anak pertama dulu terlalu keras dan mereka tidak akan tega jika menerapkan kepada anak selanjutnya. Itulah mengapa anak kedua dan selanjutnya terkesan lebih dimanja daripada anak pertama.

Apakah gansis juga merasakannya sebagai anak pertama? Jujur nih, kalo jonii sih sudah menyadarinya walaupun jonii anak ketiga. Dulu abang ane katanya waktu remaja gak pernah main karena kebanyakan waktunya dihabiskan untuk bantu-bantu orang tua, dan kalo ane sekarang sih malah kebalikannya wkwk.

Walaupun sebenarnya tidak semua orang tua memiliki pola asuh yang demikian, ada juga kok orang tua yang keras terhadap semua anaknya, ada juga yang memanjakan semua anaknya, ada juga yang lebih memanjakan anak pertama dibanding anak-anaknya yang lain. Semua itu tergantung kepada pribadi masing-masing dari orang tua, lingkungan dan kebiasaan didalam keluarga tersebut.

Quote:Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
sumber

Intinya adalah semua anak pasti memiliki rezekinya masing-masing, sama-sama memiliki kewajiban untuk membanggakan orang tua sebagai bentuk balas budi dari kasing sayang mereka dan yang paling penting adalah semua orang tua pasti ingin yang terbaik bagi semua anak-anaknya.

Bagaimana menurut gansis? Komen dibawah ya, semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..

Referensi : Dari SINI
Diubah oleh Si.jonii
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ushirota dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 07:33
Ingat yang penting berbakti kepada kedua orang tua, jangan durhakeemoticon-Jempol
0 0
0
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 07:42
Klo ane sih melihatnya ga begitu...
Anak kedua hanya terlihat dimanja... pdhal ya ngga juga.

Anak ane yg pertama... ketika kecil ya dimanja... Beranjak besar.. mulai diajarkan tanggungjawab.. Kayak bantu bersih2 rumah dll.
Ketika itu anak kedua ane masih kecil. Artinya giliran anak kedua yg dimanja... kakak nya krn sudah mulai besar... sudah dikurangin manjanya...

Itu fase hidup... tak ada pilih kasih..
profile-picture
profile-picture
Si.jonii dan augy183 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 08:00
Dari 5 temen gw, hanya 2 yg anak pertama nya engga dimanja. Jadi menurut gw relatif sih ini.
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 08:19
Gagal sama yg pertama
Buat nomor 2Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 08:40
Tergantung pengalaman masing2
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 08:50
tergantung setiap keluarga. memang ada anak kedua yang lebih dimanja, tapi ada juga anak pertama yang lebih dimanja, apalagi kalo selisih umurnya jauh. nggak jarang juga itu hanya kecemburuan salah satu anak aja.
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 09:29
Aku anak pertama juga disayang ma ortu ane
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 10:09
ga juga sie menurut ane harus disamain anak pertama atau kedua untuk didikan mah harus sama ga boleh lbh dimanja. cm memang anak 1biasa irian ama anak ke 2 entah knapa....
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 11:40
ga juga sih!!!!
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 12:00
tak seperti itu emoticon-Smilie
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 12:34
Oh iya? Perasaan gak di rumahemoticon-Ngakak
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 12:49
anak bontot yg biasa dimanja
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 12:54
Perlakuannya sama aja.. karena ga seumuran, jd terlihat demikian. Waktu yg pertama kecil jg dimanja.
profile-picture
profile-picture
Si.jonii dan viensi memberi reputasi
2 0
2
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 12:54
If i get rid of 1

I just make the new 1

I will tell the new 1; what an idiot the last 1 was
profile-picture
banditos69 memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 14:05
Lha saya malah anak orang yang saya manja emoticon-Ngakak
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 14:54
Anak ke 2 nya merangkap anak bontot mungkin
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 14:54
ane anak terakhir, katanya paling dimanja tapi nyatanya emoticon-Leh Uga

dilempar tutup panci pernah, dipukulin pake sapu pernah emoticon-Leh Uga
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 15:10
Anak tunggal nyimak.......

emoticon-Sorry
Diubah oleh nekodhani
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 16:05
Quote:Original Posted By Si.jonii
Halo gansis! Apa kabar? Semoga semua tetap diberi kesehatan dan keselamatan ya, supaya bisa diskusi bareng dengan Si.jonii disini hehe..

sumber

Nah gansis, anak keberapa kah kalian diurutan keluarga? Anak pertama kah atau anak kedua atau anak keberapa? Sebenarnya anak keberapa kita itu tidak terlalu penting selagi kita bisa berbakti kepada kedua orang tua, selagi rukun dengan saudara-saudara kita ataupun bisa menjadi pribadi yang berguna bagi sesama merupakan esensi sesunggunya dibandingkan dengan pandangan mengenai anak keberapa kah kita?

Namun pernahkan kalian mendengar anggapan bahwa katanya anak kedua atau selanjutnya itu lebih dimanja daripada anak pertama? Pasti pernahkan. Atau bahkan diantara kalian ada yang sudah pernah mengalami atau sedang menjalaninya.

Anggapan bahwa anak kedua itu lebih dimanja adalah karena pola asuh yang diterapkan oleh kebanyakan orang tua kepada anak kedua mereka. Pola asuh yang sebelumnya dilakukan kepada anak pertama cenderung lebih keras dan kolot tidak kembali diterapkan kepada anak kedua atau selanjutnya atau bisa jadi kasih sayang dan ajaran terhadap anak pertama sudah menurun ketika anak kedua atau selanjutnya ada.

Seperti yang dikatakan oleh seorang profesor psikologi di univercity of massachusetts Susan Whitebourne yaitu anak pertama cenderung memiliki pola asuh yang tegas karena beban harapan dari orang tuanya, kemudian pola asuh ini mengendur kepada adik-adiknya.

Nah, dari situ kita juga bisa mengetahui kebenaran bahwa para orang tua yang baru pertama memiliki anak pasti akan mengasuh secara tegas agar mereka tidak gagal dalam membentuk karakter anaknya, kemudian setelah memiliki pengalaman dalam mengasuh anak pertama tadi para orang tua akan mengetahui bahwa pola asuh anak pertama dulu terlalu keras dan mereka tidak akan tega jika menerapkan kepada anak selanjutnya. Itulah mengapa anak kedua dan selanjutnya terkesan lebih dimanja daripada anak pertama.

Apakah gansis juga merasakannya sebagai anak pertama? Jujur nih, kalo jonii sih sudah menyadarinya walaupun jonii anak ketiga. Dulu abang ane katanya waktu remaja gak pernah main karena kebanyakan waktunya dihabiskan untuk bantu-bantu orang tua, dan kalo ane sekarang sih malah kebalikannya wkwk.

Walaupun sebenarnya tidak semua orang tua memiliki pola asuh yang demikian, ada juga kok orang tua yang keras terhadap semua anaknya, ada juga yang memanjakan semua anaknya, ada juga yang lebih memanjakan anak pertama dibanding anak-anaknya yang lain. Semua itu tergantung kepada pribadi masing-masing dari orang tua, lingkungan dan kebiasaan didalam keluarga tersebut.

sumber

Intinya adalah semua anak pasti memiliki rezekinya masing-masing, sama-sama memiliki kewajiban untuk membanggakan orang tua sebagai bentuk balas budi dari kasing sayang mereka dan yang paling penting adalah semua orang tua pasti ingin yang terbaik bagi semua anak-anaknya.

Bagaimana menurut gansis? Komen dibawah ya, semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..

Referensi : Dari SINI


kalau di pengalaman gw sebagai anak pertama

iya, apalagi kalau anak ke dua perempuan, anak pertama laki-laki

tapi tergantung budaya juga

seperti di budaya Batak, itu anak laki di"manja" bgt

meanwhile di budaya Minang yang Matrilineal, tentu ketika kasusnya anak keduanya laki anak pertama perempuan, pasti lebih di"manja" yang anak pertama
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Anak Kedua Lebih Dimanja Daripada Anak Pertama?
07-12-2021 20:13
menurut ane si ada benernya emoticon-Ngakak
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia