Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61adc15426f7c1627c4f0d61/hati-hati-telat-ganti-minyak-rem-mobil-bisa-berakibat-fatal
Minyak rem adalah salah satu komponen yang paling penting untuk menjamin keamanan kendaraan. Meskipun begitu, pasti masih banyak di antara kalian yang bertanya-tanya, mengapa harus ganti minyak rem mobil secara rutin?. Alasannya ada hubungannya dengan performa pengereman, berikut adalah penjelasan lengkapnya. Menurut Daihatsu Indonesia, pengguna mobil direkomendasikan untuk mengganti rem mobil
Lapor Hansip
06-12-2021 14:52

Hati-Hati! Telat Ganti Minyak Rem Mobil Bisa Berakibat Fatal

Past Hot Thread
Hati-Hati! Telat Ganti Minyak Rem Mobil Bisa Berakibat Fatal

Minyak rem adalah salah satu komponen yang paling penting untuk menjamin keamanan kendaraan. Meskipun begitu, pasti masih banyak di antara kalian yang bertanya-tanya, mengapa harus ganti minyak rem mobil secara rutin?.

Alasannya ada hubungannya dengan performa pengereman, berikut adalah penjelasan lengkapnya. Menurut Daihatsu Indonesia, pengguna mobil direkomendasikan untuk mengganti rem mobil setiap dua tahun sekali atau tergantung pada pola pengereman. Misalnya, jika kalian terbiasa berkendara di jalan tol dan jarang melakukan pengereman, maka kalian bisa mengganti rem setiap dua tahun sekali. 

Tapi jika kalian sering berkendara di jalanan yang lebih padat, kalian mungkin harus mengganti minyak rem lebih cepat dari itu. 

Tahun, pembuatan, dan model kendaraan juga bisa mempengaruhi kapan waktu untuk ganti minyak rem mobil. kalian bisa mengecek buku panduan kendaraan untuk lebih detailnya. 

Minyak rem mobil perlu diganti secara rutin karena jika tidak, akan muncul tiga masalah utama yang bisa mempengaruhi sistem pengereman mobil, yaitu:


..............................


Semua masalah ini jika dibiarkan akan mengurangi performa pengereman dan bahkan mengakibatkan rem blong atau gagal berfungsi. Biasanya kalian akan bisa merasakan ketika minyak rem memang sudah waktunya diganti. 

Misalnya karena pedal rem yang terasa berbeda saat diinjak atau karena mobil yang terasa lebih lama dan sulit untuk diberhentikan.

Pada saat mengganti minyak rem, pastikan juga kalian menggunakan jenis rem yang sesuai dengan spesifikasi mobil kalian. Hindari mencampur jenis minyak rem yang berbeda atau menggantinya tanpa arahan dari teknisi ahli.  Ini bisa membuat kualitas minyak rem menurun, atau bahkan sistem pengereman mobil kalian yang rusak.

Penggantian minyak rem membutuhkan keahlian dan kehati-hatian ekstra, sehingga sebaiknya dilakukan oleh mekanik yang sudah ahli dan berpengalaman supaya prosesnya lebih cepat dan efektif. 

Saat ganti rem mobil, mekanik biasanya akan menguras minyak rem yang lama, membersihkan sistem pengereman dari kotoran sampai bersih, dan mengecek karat di komponen pengereman.  Jika kalian terlambat mengganti minyak rem, komponen pengereman mobil mungkin sudah tidak bisa lagi dibersihkan dari karat dan harus diganti. 

Proses yang terakhir adalah memasukkan minyak rem baru ke dalam sistem pengereman kalian. Minyak rem baru ini akan memperbaiki performa pengereman mobil dan melindungi mobil dari segala masalah pengereman yang berbahaya.


Sumber : https://hypeabis.id/read/8066/awas-t...erakibat-fatal
Diubah oleh jahemerah01
0
Masuk untuk memberikan balasan
Hati-Hati! Telat Ganti Minyak Rem Mobil Bisa Berakibat Fatal
22-12-2021 16:58
sayangnya di buku manual kendaraan tidak diuraikan kapan harus mengganti minyak rem bahkan di Bengkel Resmi pun tidak pernah ada saran untuk mengganti minyak rem secara periodik sehingga banyak pemilik kendaraan yang tidak tau termasuk ane gan.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia