Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
137
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ad9aaecd9046216874ddf1/mengapa-sistem-kerajaan-tersingkirkan-oleh-demokrasi
Jika kita melihat kebelakang kita akan menyadari bahwa di masa lalu Indonesia dan juga seluruh dunia awalnya merupakan kerajaan yang berdiri masing-masing, menempati tanah mereka masing-masing dan hidup dalam peraturan mereka masing-masing. Kendati demikian di jaman sekarang sistem pemerintahan kerajaan sudah amat sangat jarang dan digantikan dengan sistem demokrasi yang mana rakyat lah yang men
Lapor Hansip
06-12-2021 12:07

Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?

Jika kita melihat kebelakang kita akan menyadari bahwa di masa lalu Indonesia dan juga seluruh dunia awalnya merupakan kerajaan yang berdiri masing-masing, menempati tanah mereka masing-masing dan hidup dalam peraturan mereka masing-masing. Kendati demikian di jaman sekarang sistem pemerintahan kerajaan sudah amat sangat jarang dan digantikan dengan sistem demokrasi yang mana rakyat lah yang menetukan pemimpin mereka. Pertanyaannya, mengapa bisa begitu?

Saya sering kali membayangkan, apa yang akan terjadi bila Kim Jong-Un merupakan orang yang baik? Coba bayangkan Jong-Un oppa yang merupakan pemimpin tertinggi di negaranya memiliki hati yang suci dan penuh belas kasih namun tetap menggenggam erat keadilan tanpa pandang bulu miliknya. Jika itu benar-benar terjadi maka Korea Utara mungkin akan menjadi negara paling maju dengan 0 kasus korupsi, tidak seperti Indonesia yang koruptor bisa nonton pertandingan bulu tangkis.

Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?

Namun sepertinya tidak begitu. Ada banyak kerajaan yang memiliki pemimpin berbudi luhur namun satu persatu kerajaan itu hancur dan mulai menganut sistem demokrasi. Pastinya ada sesuatu yang salah dengan sistem kerajaan sehingga tak lagi sesuai dengan jaman modern.

Salah satu negara terbesar yang masih menerapkan sistem kerajaan adalah Inggris namun itu juga bukan sistem kerajaan yang sama seperti di masa lalu. Raja dan Ratu inggris kurang lebih hanyalah sebuah simbol karna orang yang mengambil keputusan adalah perdana menteri, begitu juga dengan Jepang. Perdana menteri adalah orang yang dipilih oleh rakyat sehingga keberadaan rakyat (atau suara rakyat) memegang peran penting dalam keberadaan suatu negara.

Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?

Tanpa kita sadari kita kini hidup di jaman yang mana segalanya bisa berubah dengan amat cepat dan maju. Coba bayangkan, 200 tahun yang lalu anak seorang petani akan tetap menjadi petani tanpa bermimpi apapun namun sekarang seseorang bisa menjadi apa saja yang dia inginkan. Kemajuan teknologi, globalisasi, persebaran data, semua faktor-faktor itu membuat seseorang bisa menjadi kuat secara individu dan kekuatan individu adalah hal yang amat mengerikan bila sampai terkumpul.

Satu hal yang menjadi kelemahan fatal dari sistem kerajaan adalah hanya anak raja yang bisa menjadi raja. Dengan kata lain tahta tertinggi kerajaan sudah ditetapkan tanpa bisa diganggu gugat tanpa peduli apakah ahli warisnya seorang pecundang atau seorang pemabuk sekalipun, dan ini bisa memicu kemarahan individu kuat yang tak terima melayani seorang… yang tidak pantas.

Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?

Singkatnya, era jaman sekarang jauh lebih memungkinkan rakyat untuk melakukan kudeta. Masa-masa dimana perkataan raja adalah hukum sudah tamat, sekarang jamannya suara rakyat, suara mayoritas. Apa yang mayoritas inginkan itulah yang terjadi dan karna itulah sistem demokrasi diterapkan, semata-mata demi menjaga segalanya tetap damai.

Namun demokrasi juga tidaklah sempurna, tak ada apapun yang sempurna di dunia ini. sekarang saja kita sudah melihat pihak-pihak yang menuntut agar Jokowi mundur dan di 2024 nanti kita pasti akan disajikan dengan perang besar yang akan memecah belah bangsa dan ini sama sekali bukan candaan.

Hahh… kebayang nggak kalau tiba-tiba Indonesia berganti sistem menjadi kerajaan? Udah deh, nggak usah dibayangin, serem emoticon-Takut

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 12:11
Tapi coba bayangin deh, apa jadinya kalau indo balik ke sistem majapahit?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 13:20
tapi banyak yang ga suka demokrasi gan, lebih suka sistem kaya kerajaan dan komunis, dimana gausah kerja pun tetap bisa makan emoticon-Leh Uga ga perlu bersaing emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 13:23
Temple Of The Kingemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 13:38
Awal mula adanya raja itu dari mana yak?
Apa mungkin dulu raja paling pertama dipilih oleh rakyat atau self declare kalo dia raja emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 14:43
Bener sih. Disini orang orangnya nggak seneng dikit langsung ngadain demo. Kalau sampai jadi monarki ya abis dah perang besar besaran
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 15:06
sesuatu yg mungkin akan hilang dari muka bumi dalam kurun 100tahun mendatang gan, karena asas kebebasan yg sudah menjalar dan mendarah daging
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 15:26
Suka tidak suka sistem kaderisasi politik terbaik dari seluruh sistem yg pernah ada ya monarki absolut. Kenapa? Karena putra raja pewaris tahta bisa dididik dari kecil bagaimana mengelola negara dan menjadi pemimpin yg baik. Seperti perusahaan anaknya disiapkan jadi pemimpin perusahaan kemungkinan besar perusahaannnya akan suskes daripada lewar pemilihan umum.

Btw, socrates bilang demokrasi akan gagal. akhir dari demokrasi adalah demagogi. Ketika rakyat diberikan kedaulatan tertinggi, rakyat kemudian menjadi otoriter dgn kedaulatan tsb. 212 adalah contoh praktek demagogi. Ketika rakyat menjadi gila dan menuntut kegilaan tsb diakomodir. Kata socrates akhir dari demokrasi adalah tirani. Org akhirnya bosan bebas karena tujuan2 bersama sulit tercapai dan memilih diatur ketat saja secara bersama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 15:36
kalau sistem kerajaan murni,
orang yg bisa "Seenaknya" cuman keluarga raja,

orang2 kita ga suka, maunya nikmatin sama2.

kalau demokrasi kan semua bisa nikmatin (alias korupsi) emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 15:38
Ane ga paham, yang jelas namanye demokrasi pasti ada birokrasi disono, itu juga ane kaga demen!

batain ane gan emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 16:19
Negara2 yg masih punya kerajaan tp menganut sistem demokrasi itu cm akal2an kerajaan aja, supaya mereka abadi di atas sana.. dan mereka pun, rakyatnya kena tepu..

Dulu jaman kerajaan semua tanggung jawab pemerintahan dan kebijakan politik dari sang raja. Artinya raja yg berkuasa atas jalannya sebuah negara.

Sejak jaman revolusi perancis, para raja2 sadar, bahwa ternyata people power itu bisa lebih kuat drpd kekuatan monarki. Dan ketika sebuah negara kerajaan kacau balau, hanya satu yg bisa disalahkan.. Si Raja.. keluarga kerajaan.. kl sampe revolusi terjadi, semua keluarga kerajaan habis dan bener2 jatuh..

Maka sekarang, demi mempertahankan keluarga kerajaan, maka kerajaan dikeluarkan dari sistem hierarki politik, dan pemerintahan negara tersebut dijalankan oleh pemerintah dgn pimpinan perdana menteri.

Jaman dulu perdana menteri adalah pesuruh raja yg diberikan mandat menjalankan pemerintahan.. Hanya saja, raja berada dalam sistem hierarki pemerintahan yg paling tinggi.. jd kl ada salah.. yg disalahkan rakyat adalah raja.. Shg usaha kudeta ditujukan kepada keluarga kerajaan...

Itu dulu... sekarang.. Yg dicabut dr kerajaan adalah hak untuk berpolitik. That's it. sisanya.. spt harta, kehormatan, kepemilikan, privilege dll tetap ditangan kerajaan. Bahkan mereka adalah sebuah lambang negara yg tidak bisa diganggu gugat. Di mana kl kerajaan runtuh, artinya negara tsb bubar.

Sedangkan, perdana menteri lah yg sekarang cm kebagian tanggung jawab. Jd kl pemerintah ngaco, yg dibantalin ya perdana menteri.. raja ga disinggung2.. wong ga ngapa2in, cm coli2 doang.. Bahkan raja bisa jadi pahlawan ketika bersuara pro rakyat.

Jadi begitulah kerajaan sekarang.. mewah2, hedon2, sante2, bisnis2, dan keistimewaan2 tetep ditangan keluarga kerajaan.. perdana menteri dan pemerintah cuma jadi tumbal kerajaan.. Tapih.. rakyat seneng tuuuh.. bangga malah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 16:28
setiap negara presiden cm 1??


kerajaaan?


profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan jerryreality220 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 16:43
Nunggu gubernur DIY sistem demokrasi bukan kerajaan emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 17:04
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 19:39
Tidak ada yg sempurna tapi yg pasti sistem demokraai lebih baik drpd sistem monarki(kerajaan)
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 19:41
Selama satu sistem bisa memberikan kehiduoan layaj buat rakyatnya maka potensi timbul pemberontakan akan kecil.
Contoh saja Brunei dengan kesultanannya. Sekarang mah anteng2 aja karena rakyatnya juga tergolong makmur dan mengamini saja tingkah laku anggota kesultanan mereka, tapi kalau minyaknya sudah habis alias sultannya ga bisa makmurin rakyatnya lagi, siap siap saja timbul masalah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 20:31
Karena kalo kerajaan laporan keuangan nya bisa tertutup mungkin. Tuh brunei mobil segitu banyak nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 22:42
sebenernya sih indonesia dan birokrasinya ini termasuk separuh feodal, bener sih pemimpin dipilih oleh rakyat, tapi rakyat sama sekali ga bisa intervensi ranah pemerintahan hmm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
06-12-2021 23:18
Siapa yang ga muak 1 keluarga berfoya2 nikmatin harta petantang petenteng berlagak macam dewa, sedangkan yang lain mesti menderita taruhan nyawa buat mikirin besok mesti makan apa......itulah kenapa monarki pada akhirnya jatuh dan diganti idelogi lain...emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
07-12-2021 06:14
ts gak belajar sejarah sepertinya, demokrasi itu cuma gerbang pembuka untuk suatu negara bertransformasi menjadi kekaisaran, contohnya jaman romawi kuno dulu sistemnya kerajaan, setelah filsuf yunani macam socrates, aristoteles, plato etc mulai menyebarkan paham demokrasi akhirnya romawi kudeta rajanya sendiri dan jadi republik seperti di athena dan sekitarnya, begitu ada orang brilliant yang tampil di pemerintahan seperti julius caesar malah dibantai senatornya sendiri, akhirnya ahli waris julius yang bernama Oktavianus Agustus mengambil alih jabatan konsul dari Julius Caesar dan jadi Kaisar Romawi pertama, salah satu jabatan monarki yang saat itu masih punya senat sebagai penyeimbang legislatif di dalam pemerintahan
Diubah oleh jerryreality220
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
07-12-2021 06:43
Nih gan menurut si polybius ada siklusnya nih, inget waktu smaMengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia