Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
226
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61aabc5dcd96e402a2393045/4-hal-dalam-sinetron-indonesia-yang-menghina-kecerdasan-penontonnya
Sinetron. Apa yang terlintas di benak agan ketika mendengar kata tersebut? Tentu saja adalah tayangan stripping setiap hari tanpa jeda, tanpa alur yang jelas, tanpa plot terencana, dan bahkan asal ada orang gerak dan berdialog di frame maka masyarakat kita pasti akan menontonnya. Ya, tak usah bersusah payah bikin cerita bagus ataupun budget besar untuk mencari cuan dengan sinetron tv.
Lapor Hansip
04-12-2021 07:54

4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya

Sinetron. Apa yang terlintas di benak agan ketika mendengar kata tersebut? Tentu saja adalah tayangan stripping setiap hari tanpa jeda, tanpa alur yang jelas, tanpa plot terencana, dan bahkan asal ada orang gerak dan berdialog di frame maka masyarakat kita pasti akan menontonnya. Ya, tak usah bersusah payah bikin cerita bagus ataupun budget besar untuk mencari cuan dengan sinetron tv. Cukup bikin adegan dan cerita ngasal maka rating pun tinggi.

Tapi tahukah agan, dibalik semua kelucuan sinetron Indonesia ternyata ada beberapa hal yang memang seolah menghina kecerdasan penontonnya? Ada banyak sih, tapi ane akan membahas beberapa di antaranya saja gan.

1. Polisi Menangkap Tersangka Pakai Seragam
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya

Polisi macam apa yang memburu buronan, penjahat atau tersangka dengan memakai seragam dinas? Yang ada karena penampilannya mencolok para tersangka akan sadar dan kabur duluan. Sering sekali kita lihat adegan polisi menangkap tokoh jahat dalam sinetron dengan memakai seragam. Kalau di aslinya polisi yang menangkap para pelaku kriminal jelas adalah divisi reskrim yang selalu menggunakan pakaian preman.

Ciri khas dialognya dalan adalah "Anda kami tahan!"

2. Iklan Masuk dalam Cerita
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya
Iklan zaman sekarang memang sangat brutal dalam mempromosikan produknya termasuk ikut masuk dalam adegan cerita. Suasana sinetron mendadak berubah ketika iklan sudah masuk ke dalam cerita. Si antagonis bahkan mendadak jadi baik ketika mempromosikan produk yang sudah membayarnya.

Ini jelas menghina kecerdasan penonton karena promosinya begitu brutal dan sangat memaksakan sekali. Oh iya, sodara ane kan suka nonton sinetron Kian Santang dan sinetron itu settingnya zaman dulu. Adegannya ada karakter yang makan mie instan dan camilan masa kini. emoticon-Ngakak (S).

3. Adegan Rumah Sakit yang Tak Masuk Akal
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya
Ingat salah satu ciri khas sinetron Indonesia? Ya, hampir selalu ada adegan di rumah sakit. Anehnya adegannya selalu konyol, mulai dari kepala yang selalu diperban walaupun penyakitnya bukan di kepala, sampai peran dokter yang selalu terlihat bodoh dan nyaris tidak berguna. Ya mungkin pemeran dokternya adalah aktor yang kurang piawai, tapi nggak kayak gitu juga kali.

"Kami sudah berusaha semaksimal mungkin." emoticon-Ngakak

4. Episode Ribuan, Cerita Entah kemana
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya

Ciri khas sinetron Indonesia adalah ketika rating naik maka sampai kapan pun tidak akan pernah tamat. Ketika rating turun dan anjlok maka segera ditamatkan. Maka, jangan heran kalau ceritanya tak punya muara yang jelas. Para pembuatnya seolah merendahkan kecerdasan penontonnya dengan cerita yang semakin tidak jelas dan tak karuan.

Nah, ada lagi gan yang mau nambahin? emoticon-Ngakak

Quote:Referensi:
https://www.kompasiana.com/muhammads...etron-indonesi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
makgendhis dan 45 lainnya memberi reputasi
46
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.4K Anggota • 906.2K Threads
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya
04-12-2021 08:14
ya ampun sampe Kian Santang disusupi iklan? yo wes ah ane balik nonton buaya kimpoi di Natgeo emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya
04-12-2021 09:10
emoticon-Ngakak
30TB of trash
One piece eps 1-1000 nangis liat ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurulardiantoro dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 22 balasan
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya
20-12-2021 04:44
banyak agdegan tak masuk akal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.kampak. dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya
04-12-2021 16:17
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya

Apa itu CGI?? emoticon-Cool


Teknologi sineas kitak the next lepel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junleon dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya
04-12-2021 20:34
Satu hal yg gak realistis : tokoh utama kerja, tapi kerjaannya nggak jelas apa, nggak ada konflik kerjaan, dialog seputar kerjaan pun nanggung, seolah2 cuma di gambarkan dia pokoknya kerja aja.

Adapun sinetron sekarang yg lebih sedikit realistis itu TOP, karna mereka masih menggambarkan kerja itu dengan kompleksifitasnya, kayak di suruh melakukan pekerjaan A, dapat kendala, salah salah, kurang modal, alat kerja rusak, dsb yg jelas detail kerjaan mereka itu ya bisa kita rasakan sebagai orang yg kerja, contoh ngojek ban motor bocor, mesin rusak keluar duit buat benerin, atau antar penumpang tapi helm kebawa, detail2 kecil kayak gitu itu menggambarkan kalau ya mereka ini emang kerja. Bukan cuma "berperan kerja"
Diubah oleh rachmadkhoirul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nevareth dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya
04-12-2021 08:25
Jaman2 sinetron indosiar taon 2007an yg ad siluman2 ular dkk jauh lbh 'berkualitas' dr yg skrng.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya
07-12-2021 13:27
Generasi awal sinetron Indonesia dulu ane suka, masih di TVRI, ada "Jendela Rumah Kita" ... "Losmen" ... "Rumah Masa Depan" ... dan ada yg lbh jadul lagi diperankan sama papa nya Shireen & Zaskia, pak Mark Sungkar, sinetron seri bertema Kepolisian, klo gak salah judulnya "Lingkaran" ... sejak sinetron dibuat oleh grup si "RotanPunJadi & Akar PunJadi" sinetron TV Indonesia emang jadi aneh bin ajaib bgt 🤣🤣
Diubah oleh voicer2357
profile-picture
profile-picture
don.andino dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya
04-12-2021 21:24
Shit-net-ron emoticon-Cape deeehh sinema elektronik ditonton biar tambah blo'on emoticon-Ngakak
Ga percaya? Coba sendiri dah emoticon-Leh Uga kalangan mana yg suka nonton tuh acara
profile-picture
profile-picture
Nevareth dan wolfzmus memberi reputasi
2 0
2
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya
04-12-2021 11:28
Gile ada yang uplot dan donlot sampah ukuran puluhan tb, bajeng emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
arsenalkufc dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
4 Hal Dalam Sinetron Indonesia yang Menghina Kecerdasan Penontonnya
04-12-2021 11:01
ane merindukan serial2 tv lolal yg sebagus semacam serial SDAS, lupus, cerita cinta, Lika liku laki2, dsb nya.... gan.......... emoticon-Frown
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
badbironk dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 21 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia