News
Batal
KATEGORI
link has been copied
62
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61aa2ea4def48e734875e259/rusia-mengirim-sistem-rudal-anti-kapal-bastion-ke-pulau-kuril-yang-disengketakan
Sebuah alarm sudah berbunyi semakin keras untuk Jepang saat ini, alarm itu mengingatkan Jepang dengan perselisihan dengan Rusia terkait Kepulauan Kuril yang letaknya ridak jauh dari Hokkaido. Mengutip laporan Defence Blog Rusia telah menempatkan sistem rudal anti kapal Bastion ke Kepulauan Kuril pada hari Kamis (02/12/2021).
Lapor Hansip
03-12-2021 21:50

Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Sebuah alarm sudah berbunyi semakin keras untuk Jepang saat ini, alarm itu mengingatkan Jepang dengan perselisihan dengan Rusia terkait Kepulauan Kuril yang letaknya ridak jauh dari Hokkaido. Mengutip laporan Defence BlogRusia telah menempatkan sistem rudal anti kapal Bastion ke Kepulauan Kuril pada hari Kamis (02/12/2021).

“Rusia bebas menempatkan senjata di wilayahnya yang dianggapnya (perlu), dan di wilayah negara kita yang dianggap pantas. Ini adalah hak kedaulatan kami, ini adalah hak negara bagian mana pun, tidak mungkin dapat ditentang oleh siapa pun,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Peskov juga menambahkan bahwa Rusia menghargai hubungan dengan Jepang, tetapi ada masalah dengan mereka. “Dan kami mempertahankan kemauan politik untuk melanjutkan dialog komprehensif dengan mitra Jepang kami untuk menemukan cara menyelesaikan masalah mendasar ini,” tutupnya.


Quote:
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan

Foto: defenceblog.com



Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi menyuarakan "keprihatinan serius" atas peningkatan aktivitas militer oleh Rusia dan China di dekat Jepang kata sumber pemerintah. Pernyataan itu muncul setelah Moskow dan Beijing mengirim armada kapal angkatan laut di sekitar Jepang dan melakukan patroli pesawat pengebom bersama di perairan terdekat dalam beberapa pekan terakhir dalam upaya unjuk kekuatan yang nyata terhadap Tokyo.

Menurut Kementerian Luar Negeri Jepang, kedua negara sepakat untuk memajukan negosiasi perjanjian damai yang telah terhenti karena pertikaian teritorial yang sudah berlangsung lama antara keduanya. Saat ini, Jepang mengklaim pulau Kuril bagian selatan yang dikuasai Rusia oleh Tokyo diaebut sebagai Wilayah Utara.

Perselisihan antara kedua negara terkait Pulau Kuril telah berlangsung cukup lama, dan sampai saat ini belum ada kesepakatan damai yang dibuat. Menurut Wikipedia Pulau Kuril membentang ke arah timur laut dari Hokkaido, Jepang, hingga Kamchatka, pulau ini memisahkan Laut Okhotsk dari Samudra Pasifik Utara.

Kepulauan Kuril telah dihuni lama oleh suku Ainu, sebuah kelompok etnis pribumi di Hokkado, Kepulauan Kuril, dan sebagian besar Sakhalin. Hingga mereka diusir dari bagian paling utara oleh Rusia pada abad ke-18. Jepang kemudian menguasai wilayah ini pada 1875 (Pakta Saint Petersburg) dengan syarat harus menyerahkan Sakhalin kepada Rusia. Rusia memperoleh kembali Kepulauan Kuril setelah Perang Dunia II (Pakta San Francisco), tetapi Jepang hingga kini mengklaim empat pulau yang letaknya di bagian paling selatan, yang dinamakan Teritorial Utara Jepang.


Quote:
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan

Ilustrasi: orientals.web.fc2.com



Kepulauan Kuril membentuk busur pulau vulkanis sebagai akibat pergerakan lempeng tektonik. Kepulauan Kuril sebenarnya adalah puncak gunung berapi dasar laut yang timbul dari permukaan bawah laut. Selain terkenal dengan tebalnya kabut, Kepulauan Kuril juga kaya akan rumput laut dan kehidupan dasar laut. Pulau di bagian paling utara, Pulau Atlasov (versi Rusia) atau disebut Oyakoba (versi Jepang), merupakan gunung berapi yang bentuknya menyerupai kerucut; keindahannya menjadi inspirasi sastra Jepang seperti haiku.

Nah, itu tadi sekilas tentang Pulau Kuril, sekarang TS akan membahas sedikit tentang Bastion, sebuah sistem rudal anti kapal mobile yang ditempatkan Rusia di pulau itu. Sebenarnya TS sudah membuat thread tentang Bastion, bagi yang belum membaca silakan disini.

Sekilas tentang alutsista ini, juga disebut sebagai Bastion-P atau Rusia biasa menyebutnya sebagai "K300-P", sementara NATO memberi nama kesayangan SSC5-Stooge. Sistem rudal pertahanan pantai ini juga biasa dikenal dengan nama Coastal Defence Missile System. Sistem rudal pertahanan pantai milik Rusia ini dipasang pada chasis kendaraan MZKT-7930 8x8, seluruh kendaraan yang dijadikan platform pengusung rudal dibuat diatas chasis tersebut. Chasis kendaraan 8x8 ini adalah buatan Belarus.

Bastion pertama kali dioperasikan oleh Angakatan Laut Rusia pada tahun 2010, ketiga sistem tersebut kini disebar di beberapa wilayah, satu diantaranya kini bertugas di Armada Laut Hitam atau Black Sea Fleet. Sementara 2 sistem lainnya saat ini bersiaga di Armada Utara Rusia. Pada 2 Maret 2011, Bastion-P juga sempat disiagakan di Kepulauan Kuril yang menjadi sengketa antara Jepang dan Rusia, selain itu sistem rudal ini juga pernah di tempatkan di Krimea. Dan pada tanggal 15 November 2016, Rusia juga telah mengerahkan Bastion ke Suriah.


Quote:
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan

Foto: Ha Je/Pinterest



Yang patut diwaspadai Jepang dari Bastion adalah rudalnya yang bernama Onyx, digunakan oleh Rusia pada tahun 1999, versi ekspor dari rudal Onyx diberi nama Yakhont. Rudal Onyx memiliki panjang 7.9 m dengan diameter 0.7 m, beratnya sendiri mencapai 3 ton dengan membawa hulu ledak 300 kg. Rudal Onyx merupakan rudal anti-kapal yang digunakan untuk menghancurkan kapal permukaan, kapal induk, kapal pendarat amfibi serta target diam. Daya jangkau rudal ini mencapai 300 km dengan kecepatan maksimal sampai Mach 2.5 (3026 km/jam).

Rudal Onyx mampu terbang pada ketinggian 5-14.000 meter di atas permukaan laut. Selain punya daya jangkau yang cukup jauh, rudal juga dapat bermanuver dengan kecepatan supersonik sebelum mengenai target. Untuk menghajar target secara tepat sasaran, Onyx menggunakan GLONASS (sistem satelit Rusia) pada tahap penerbangan awal dan kemudian memakai panduan radar aktif saat sudah mendekati target. Rudal Onyx sendiri juga masih mampu beroperasi pada kondisi Sea State 7, artinya Onyx masih bisa mencari target saat posisi gelombang laut berada di ketinggian 6-9 meter.


Apakah Sang Polisi Dunia akan ikut membantu Jepang "juga" dalam sengketa dengan Rusia kali ini ?



Quote:















Referensi Tulisan: Defence Blog& Wikipedia
Sumber Foto & Ilustrasi : sudah tertera
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jazed dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
03-12-2021 21:50
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan


Alarm untuk Jepang sudah berbunyi ?


Tambahan:



Quote:Original Posted By gonugraha76
Sistem rudal pertahanan pantai Bastion P 3K55 merupakan hasil kerjasama Russia dan Belarusia dan mulai aktif pada tahun 2010 sebagai generasi penerus 3K44 Redut.
Ada 2 jenis launch base :

1. Mobile base : K 300P Bastion P.
2. Silo base : K 300S Bastion S.

Untuk versi export : K 300E Bastion E

Untuk rudalnya ada 3 jenis :

1. 3M55 Oniks untuk Bastion P dan S.
300 kg warhead, range 600 km.
2. 3M55 Oniks M untuk Bastion P dan S.
300 kg warhead, range 800 km.
3. P 800 Yakhnot untuk Bastion E.
200 kg warhead, range 300 km.

Sistem rudal pertahanan pantai 3K55 Bastion P dirancang untuk menghancurkan berbagai jenis kapal permukaan atau target keras di darat di radius 500 km.
Saat ini Russia mempunyai 40 unit 3K55 Bastion P dan beberapa diantaranya masih ditempatkan di wilayah konflik.
Sistem ini terdiri dari :

1. 1 - 2 unit K380R Command n Control / C2 vehicle
2. 1 unit radar vehicle
3. 2 - 4 unit K 340P TEL launcher yang masing masing unit berisi 2 launcher tube.
4. 4 unit K 342R transloader.
5. 1 Unit support vehicle.

Keunggulan dari sistem Bastion P adalah waktu persiapan singkat : 5 menit sejak tiba di lokasi, mobile TEL dapat ditempatkan di range 25 km dari C2 vehicle, interval antar peluncuran 2 - 5 detik, sulit untuk diintercept karena melesat di ketinggian hanya 5 meter diatas permukaan laut / sea skimming dan mampu bertahan di kondisi sea state 7. Sistem rudal dapat bertahan hingga 30 hari bila disupport penuh logistiknya dengan total crew 10 personel.

Selain Russia, Bastion E juga digunakan oleh Vietnam, Syria dan kemungkinan Mesir.
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
03-12-2021 22:54
#1 emoticon-Cool

Asu psti ikutan
Taw sndiri kan
Preman dunia

Ini konflik lama yg kembali panas y emoticon-Ngakak
Diubah oleh redemption878
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
03-12-2021 23:30
Buset...bakal gede ini gesekan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
03-12-2021 23:45
Sudah saat nya kekaisaran japan, mmbuat dan atau membeli serta mnggunakan rudal2 yg serupa dgn rudal2 milik tsar rusia tuk di hadapkan ke wilayah sengketa dgn tsar putin tsb di sono, gan......

Para hansip japan jg hrs nya bs segera dan secepatnya tuk memiliki bnyk rudal jelajah jarak jauh, kalo perlu pasang ICBM jg sbg perisai besi tuk melawan ancaman rudal2 dari kerajaan KJU, kekaisaran xi, serta tsar putin....
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
04-12-2021 01:22
Naga naganya bakalan rame nih, om Biden ga ngirim rombongan patroli ke Jepang nih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
04-12-2021 02:10
wah pada ga sabaran buat lepasin rantai kaijuu ya

ntar kalo kaijuu udh bangkit jgn mewek ya emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 10 lainnya memberi reputasi
9 2
7
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
04-12-2021 04:16
Sistem rudal pertahanan pantai Bastion P 3K55 merupakan hasil kerjasama Russia dan Belarusia dan mulai aktif pada tahun 2010 sebagai generasi penerus 3K44 Redut.
Ada 2 jenis launch base :

1. Mobile base : K 300P Bastion P.
2. Silo base : K 300S Bastion S.

Untuk versi export : K 300E Bastion E

Untuk rudalnya ada 3 jenis :

1. 3M55 Oniks untuk Bastion P dan S.
300 kg warhead, range 600 km.
2. 3M55 Oniks M untuk Bastion P dan S.
300 kg warhead, range 800 km.
3. P 800 Yakhnot untuk Bastion E.
200 kg warhead, range 300 km.

Sistem rudal pertahanan pantai 3K55 Bastion P dirancang untuk menghancurkan berbagai jenis kapal permukaan atau target keras di darat di radius 500 km.
Saat ini Russia mempunyai 40 unit 3K55 Bastion P dan beberapa diantaranya masih ditempatkan di wilayah konflik.
Sistem ini terdiri dari :

1. 1 - 2 unit K380R Command n Control / C2 vehicle
2. 1 unit radar vehicle
3. 2 - 4 unit K 340P TEL launcher yang masing masing unit berisi 2 launcher tube.
4. 4 unit K 342R transloader.
5. 1 Unit support vehicle.

Keunggulan dari sistem Bastion P adalah waktu persiapan singkat : 5 menit sejak tiba di lokasi, mobile TEL dapat ditempatkan di range 25 km dari C2 vehicle, interval antar peluncuran 2 - 5 detik, sulit untuk diintercept karena melesat di ketinggian hanya 5 meter diatas permukaan laut / sea skimming dan mampu bertahan di kondisi sea state 7. Sistem rudal dapat bertahan hingga 30 hari bila disupport penuh logistiknya dengan total crew 10 personel.

Selain Russia, Bastion E juga digunakan oleh Vietnam, Syria dan kemungkinan Mesir.
Diubah oleh gonugraha76
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
04-12-2021 05:51
Beruang merah pasti menangemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
04-12-2021 14:51
Ini mah masalah lama yang muncul kembali....naga naganya bakalan ada dukungan buat Jepang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
04-12-2021 16:25
ngomong mulu, kalo damai cepetan damai selamanya, kl perang ya langsung ajaemoticon-Lempar Bataemoticon-Bolaemoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
05-12-2021 19:27
Kemungkinan besar mah US pasti ikutan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
06-12-2021 09:54
perang dingin semakin seru, adalah letusan tembakan pertama, kita lihat nanti. setelah perang biologi sekarang, rupanya pengendali dunia tetap akan melancarkan perang proyektil. seluruh wilayah benua sudah saling di persenjatai.
akankah sejarang seratus tahunan akan di pentaskan lagi. bisa diterka di pertengahan abad akan ada tatanan baru dengan baterai sebagai komoditas utamanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
12-12-2021 07:18
Oalah nama karakter overwatch kayanya ya inspirasi nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
12-12-2021 07:18
Cocok buat ditaruh di natuna itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
12-12-2021 07:21
Ormas terkuat di dunia gak ikutan nih ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
12-12-2021 07:39
China pun bersiap ambil posisi.. karena itu Paman Sam mungkin ngeliatin dari jauh emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
12-12-2021 07:56
solusinya gampang, mudah, murah, cepat dan pasti => panggil amerika emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
12-12-2021 08:13
Mamarika be like: masi ogud pantau emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
12-12-2021 08:14
mejengemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Rusia Mengirim Sistem Rudal Anti Kapal Bastion ke Pulau Kuril yang Disengketakan
12-12-2021 08:18
Waduh...... ane kira masalahnya kini sdh selesai di meja perundingan, lah..... trnyata msh bersengketa terus itu antara tsar rusia vs kekaisaran japan dlm hal kep kuril itu, gan.....
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia