News
Batal
KATEGORI
link has been copied
87
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61aa2c8f4bcc7b44c417cead/mensos-risma-minta-anak-tunarungu-berteriak-orangtua-merasa-sakit-hati
Iies Arum Wardhani, ibu dari anak penyandang disabilitas mendapatkan undangan untuk hadir dalam acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang digelar oleh Kementerian Sosial (Kemensos) pada Rabu (3/12/2021).
Lapor Hansip
03-12-2021 21:41

Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati

Past Hot Thread

Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
Mensos Risma hadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional (Twitter)


Iies Arum Wardhani, ibu dari anak penyandang disabilitas mendapatkan undangan untuk hadir dalam acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang digelar oleh Kementerian Sosial (Kemensos) pada Rabu (3/12/2021).

Perasaan yang awalnya senang karena bisa hadir sekaligus melihat anaknya tampil pada acara tersebut, Iis justru kecewa setelah melihat penyelenggaraannya.

Sebelum berangkat, Iies sudah berharap kalau acara bisa berjalan hangat dan memanusiakan anak-anak disabilitas. Menurutnya, anak-anak disabilitas tunarungumendapatkan alat bantu dengar (ABD) di awal acara.

Setelah itu ia terkejut karena anak-anak tersebut diminta untuk berbicara.

"Awalnya ada penyerahan alat bantu dengar. Itu kemudian didorong (berbicara), ‘ayo kamu berkata hore," kata Iies dalam acara Konferensi Pers Koalisi Organisasi Penyandang Disabilitas Anti Audism secara virtual, Jumat (3/12/2021).
Sakit hati Iies rasakan ketika Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta anak-anak disabilitas tunarungu untuk berbicara setelah mengenakan ABD.

Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit HatiMensos, Tri Rismaharini. (Dok: Kemensos)

"Ketika itu, beliau (Risma) mengatakan, ‘ayo berteriak seperti ini’. Itu benar-benar sangat menyakiti hati saya," ujarnya.

Iies menjelaskan bahwa dalam proses mengasuh anak-anak tunarungu itu bukan hanya sebatas dipasang alat bantu dengar saja. Menurutnya banyak proses untuk mengajarkan anak-anak tunarungu bisa mendengar.
"Anak-anak ini tidak hanya untuk berteriak saja. Anak-anak ini butuh informasi, pengetahuan yang mereka dapatkan dari bahasa isyarat, salah satunya, ya."

Sebelumnya, Risma dikritik seorang pria Tunarungu karena dinilai memaksa seorang anak yang menyandang tunarungu untuk berbicara di hadapan publik.
Dalam video yang tayang di kanal Youtube Kemensos RI tampak Risma meminta seorang anak penyandang tunarungu untuk berbicara di acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional.

Hal itu lantas dikritik oleh pria yang juga menyandang tunarungu. Pria tersebut bernama Stefanus, perwakilan dari Gerakan untuk Kesejahteraan tunarungu Indonesia (Gerkatin).
Pria tersebut tampak berbicara menggunakan bahasa isyarat yang kemudian diterjemahkan langsung oleh juru bicara bahasa isyarat.

"Ibu. mohon maaf, saya mau berbicara dengan ibu sebelumnya. Bahwasanya anak tuli itu memang menggunakan alat bantu dengar tapi tidak untuk kemudian dipaksa bicara. Tadi saya sangat kaget ketika ibu memberikan pernyataan. Mohon maaf, Bu, apa saya salah?" ucap Stefanus.
"Nggak, nggak," jawab Risma.
"Saya ingin menyampaikan bahwasanya bahasa isyarat itu penting bagi kami, bahasa isyarat itu adalah seperti mata bagi kami, mungkin seperti alat bantu dengar. Kalau alat bantu dengar itu bisa mendengarkan suara, tapi kalau suaranya tidak jelas itu tidak akan bisa terdengar juga," kata Stefanus.

Risma pun menjawab kritik dari Stefanus. Ia mengaku memaksa para penyandang tunarungu yang ada di lokasi itu untuk berbicara.
"Stefan, ibu tidak mengurangi bahasa isyarat, tapi kamu tahu Tuhan itu memberikan mulut, memberikan telinga, memberikan mata kepada kita. Yang ingin ibu ajarkan kepada kalian terutama anak-anak yang dia menggunakan alat bantu dengar sebetulnya tidak mesti dia bisa, sebetulnya tidak mesti bisu," ujar Risma.

"Jadi karena itu kenapa ibu paksa kalian untuk bicara? Ibu paksa memang, supaya kita bisa memaksimalkan pemberian Tuhan kepada kita, mulut, mata, telinga. Jadi ibu tidak melarang menggunakan bahasa isyarat tapi kalau kamu bisa bicara maka itu akan lebih baik lagi," lanjut Risma.

Risma mengaku terinspirasi oleh sosok Angkie Yudistia yang merupakanvpenyandang disabilitas tunarungu dan saat ini menjadi Staf Khusus Presiden Joko Widodo. Risma menyebut Angkie giat berlatih berbicara hingga mencapai hasil yang memuaskan.

Video tersebut ramai diperbincangkan oleh warganet di Twitter. Mereka lantas menuliskan pendapat mereka terkait sikap Risma yang memaksa penyandang tunarungu untuk biccara.
"Bukan tidak menghargai pemberian Tuhan tapi kitalah yang harus belajar menghargai dan menyadari bahwa pemberian Tuhan untuk masing masing manusia itu berbeda dan punya tujuan, salah satunya agar kita tidak angkuh dan memukul rata semua orang tanpa melihat keterbatasannya," komentar salah seorang warganet.

"Nangis banget nontonnya," sahut warganet lain.
"Nggak semua difable itu nggak bisa ngobrol, tapi nggak semua difable juga bisa dipaksa untuk bisa ngobrol," tulis salah satu warganet.

"Makin kesini bu Risma makin arogan menurut gue... Ya ga tau juga sih apakah biar namanya tetap disebut oleh netizen atau emang udah wataknya seperti itu," ujar warganet lain.
"Nyuruh orang buat maksa ngomong, tapi telinganya nggak dipakai buat dengerin kritik orang," komentar salah satu warganet.


https://www.suara.com/news/2021/12/03/211340/mensos-risma-minta-anak-tunarungu-berteriak-orangtua-merasa-sakit-hati 

MUNGKIN BELIAU KURANG PENGETAHUAN TENTANG DUNIA DISABILITAS


DIKIRA DIA YG TADINYA TAK BERBICARA, BISA BICARA BERKAT PERTEMUANNYA

Diubah oleh nevertalk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ntapzzz dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
03-12-2021 21:43
emoticon-Wkwkwk BEGINI NIH KWALITAS PARTAI MERAH
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bugster45 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
03-12-2021 21:49
Kalo Risma minta anak itu mendengar barulah ortu boleh sakit hati.

Lha wong anatomi bicaranya normal.
Yang nga normal itu fungsi pendengarannya.

Kalo Risma paksa anak itu mendengar barulah itu pelecehan.

Ah elah bray. emoticon-Baby Boy 1
profile-picture
profile-picture
ghavedior dan penggugatmk memberi reputasi
0 2
-2
Lihat 33 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 33 balasan
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
03-12-2021 21:58
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan tosca.green memberi reputasi
2 0
2
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
03-12-2021 22:00
jadi ketahuan kualitasnya kalau dipanggung yang besar hahaha

selama di sby risma adalah walikota 100% pencitraan
muncul di tempat2 yang ada masalah demi exposure media

yang tidak terkespose media adalah:
semua pembangunan di sby itu kontraktornya adalah suami dan anak cewenya, meliputi pedestrian, jalan raya, taman, dll dan kualitasnya? hancur
semua perijinan bangunan2 di sby itu melalui anak cowonya, saking semua tertutup karena media hanya mengekspose risma saat dia mengatur lalu lintas saat macet, banjir, dll, tapi kerjanya sebagai walikota? 0
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
03-12-2021 22:25
Kasihan anak ituMensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
profile-picture
hantuair3222222 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
03-12-2021 22:25
politisasi terus , bentar lagi ada yg :

1. menuntut laporan ke polisi ( biasa bounty hunter yang kerjanya cari2 kesalahan orang lain, ujung2nya minta duit buat damai .. tai orang kayak gini makan duit haram )

2. demo pesanan berjilid2, muncul orang2 dari ormas2 yang lama maupun ormas baru bawa2 poster bertulisan yang "aneh" berkelompok 10-20 orang berjejer di jalan2 yang mengaku sakit hati , terluka , terhina dan lain2. ( ini tergantung DANA nya , semakin besar semakin banyak pasukan dan posternya serta mau berapa JILID )

4. ntar ada yg ngaku2 dari ujung kulon ntah branta ikutan demo

5. nuntut mundur , dan sebagainya


ah dah kebaca .. bosen. ga ada yang lain apa yah ?emoticon-Wkwkwk


Diubah oleh v.jaya
profile-picture
profile-picture
crot113 dan serapionIeo memberi reputasi
2 0
2
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
03-12-2021 22:50
Enaklah Risma cuma sekali ketemu suruh tuh anak teriak, ortunya yang mesti ngurus tetek bengeknya seumur hidup...ga mikir apa emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bugster45 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
03-12-2021 23:00
Ga tau kenapa pas liat risma jadi mentri malah ga resep, di tambah sering blunder...
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
03-12-2021 23:01
Si stefanus agamanya apa??
Berani mengkritik saya??

Eh.. bukan gitu ya konsepnya
0 0
0
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
03-12-2021 23:03
Wajah aslinya mulai terlihat....
profile-picture
profile-picture
bugster45 dan hantumasam memberi reputasi
2 0
2
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
03-12-2021 23:06
harusnya sambil nyapu dan berteriak mungkin lebih sukses
profile-picture
profile-picture
si_homer dan penggugatmk memberi reputasi
2 0
2
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
03-12-2021 23:31
Ancur udah

Sama kayak Ahok dulu, ancur karena ga bisa bersikap dengan baik di depan umum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bugster45 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
03-12-2021 23:53

Memalukan, padahal jabatan mentri sosial. Ibarat ngambil sampel data 1 orang, sudah bisa menyimpulkan semua disabiilitas itu sama

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ntapzzz dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
04-12-2021 00:30
sifat aslinya perlahan-lahan keliatan
emoticon-Traveller
profile-picture
hantumasam memberi reputasi
1 0
1
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
04-12-2021 00:56
Ni orang sebenernya dah keliatan seberapa kualitasnya dari dulu cuman nastaik ebong aja yang mengagung-agungkannya bak juru selamat emoticon-Traveller
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
04-12-2021 04:39
Akibat sering merasa paling benar emoticon-Traveller rasakan kau, kalau kedepannya masih aja blunder, apa yg bisa diharap.
0 0
0
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
04-12-2021 05:33
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Nah tuh orang tuanya aja kecewa. Ya wajar saja. Semua kan butuh proses, butuh waktu. Ga bisa tiba2 instan disuruh ini itu mengharapkan tau2 ada mukjizat.

Ga dicek dulu itu anak kemampuannya sudah sampai mana, diajarin apa saja. Langsung dipaksa ngomong. Ibaratnya anak SD dipanggil di depan orang banyak suruh ngerjain soal kalkulus ya mana bisa, mana ditambahin: "Tuhan sudah kasih otak. Dimanfaatkan dong." Padahal emang dia belum diajarin. Kan ga bagus buat mentalnya.

Kalo memang care, Bu Risma ini harusnya ngomongnya ke pengajar dan orang tua supaya juga mengajarkan bicara. Bukan maksa si bocahnya.

Dan masih berkelit
merasa benar
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bugster45 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
04-12-2021 06:29
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati

Bagaimana tanggapan sang pendukung?
0 0
0
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
04-12-2021 06:40
Risma bisa nih kena tuntut
emoticon-Leh Uga
Udah paling bener ngurusin taman emang
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mensos Risma Minta Anak Tunarungu Berteriak, Orangtua Merasa Sakit Hati
04-12-2021 06:48
pencitraan yang mebagongkan
profile-picture
bugster45 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia