Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
28
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a9ee00a213002b222d55d3/jasad-manusia-jadi-bahan-seni-patung-kamu-setuju
Dear kaskuser, Di maret tahun 2021, ada sebuah pameran yang digagas oleh ahli anatomi asal Jerman, Gunther von Hagens dengan pamerannya bertajuk Body Worlds' di Moskow, Rusia, dengan menampilkan seni patung dari jenazah yang sudah meninggal. Namun sebenarnya pameran ini sudah keliling berbagai negara jadi tidak hanya di Rusia. Edan sih ini, lo bayangin aja deh sob patung dari bahan batu mungkin su
Lapor Hansip
03-12-2021 17:14

Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?

icon-verified-thread
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?

Dear kaskuser,

Di maret tahun 2021, ada sebuah pameran yang digagas oleh ahli anatomi asal Jerman, Gunther von Hagens dengan pamerannya bertajuk Body Worlds' di Moskow, Rusia, dengan menampilkan seni patung dari jenazah yang sudah meninggal. Namun sebenarnya pameran ini sudah keliling berbagai negara jadi tidak hanya di Rusia.

Edan sih ini, lo bayangin aja deh sob patung dari bahan batu mungkin sudah biasa tapi patung dari mayat? Apa ini ga bikin kontroversi?

Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?

Ya coba deh lo bayangin aja jika yang dibuat patung adalah saudara kita, istri dan suami kita orang tua kita, anak-anak kita lalu dipamerkan dan dipajang sedemikian rupa, atau tubuh kita sendiri yang dipakai oleh mereka untuk dipamerkan sebagai sebuah seni.

Oke kita lanjut pembahasannya, jadi begini gan Gunther von Hagens melakukan tehnik yang dinamakan Plastinasi yaitu tehnik dalam bidang anatomi untuk pengawetan tubuh, dan mengganti bagian tubuh seperti lemak digantikan dengan bahan plastik.

Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?

Dengan cara ini organ-organ tersebut tidak berbau dan tidak membusuk hingga dapat disentuh, dan jenazah pun lebih mudah untuk dibuat sesuai keinginan sang seniman.

Tidak hanya manusia namun hewan-hewan besar seperti kuda dan jerapah bahkan gajahpun sukses di plastinasi oleh Gunther von Hagens, karyanya cukup unik terutama jenazah tadi dibuat tidak berkulit bahkan otak manusia pun turut diawetkan untuk mendukung seni yang ia buat untuk dipamerkan.

Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?

Gunther von Hagens sendiri memperkerjakan banyak karyawan, 340 orang pada 5 laboratorium di 4 negara yang berbeda, masing-masing laboratorium ini punya hal yang khusus. Seperti di China khusus untuk menggarap binatang, dan yang lainnya juga punya hal yang khusus untuk mewujudkan pameran body world.

Dengan plastinasi juga sebenarnya para dokter bisa mempelajari anatomi tubuh dengan lebih detil, karena detail yang rumit dari otot, arteri, vena, dan saraf tetap dapat dipertahankan.

Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?

Bahkan di Singapura untuk mendukung kegiatan belajar medis juga memesan tubuh yang sudah di plastinasi, walau bisa dibilang kontroversi tapi sudah sejak lama tehnik ini hadir dan diperkenalkan ke publik.

Hasilnya publik dapat menerima karya seni tersebut, wah gimana ya kalau plastinasi ada di Indonesia bisa bikin geger banyak orang kalau tubuh mayat malah dijadikan sebuah seni, padahal budaya di Indonesia ada loh yang membiarkan tubuh mayat tidak dikubur di dalam tanah.

Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?



Nah apa nih pendapat kalian tentang hal ini? Sekian pembahasan kali ini, semoga sukses selalu terima kasih.

Salam from Boyo,

Sumber klik
Diubah oleh .Boyo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariefvisca584 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
Masuk untuk memberikan balasan
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
03-12-2021 17:16
Bonus.

Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
03-12-2021 18:55
The real dark artemoticon-Takut
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
03-12-2021 19:23
Kata ane sih jangan kecuali dia si mayat setujuJasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
profile-picture
profile-picture
.Boyo. dan gepyan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
03-12-2021 19:57
asal sudah disetujui sama yang jadi mayat sih ok2 aja emoticon-Takut
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
03-12-2021 21:59
keren hasilnya…
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
03-12-2021 23:49
jadi inget pelem Hantu Pondok Indah dahemoticon-Gila

ane liat pict orangnya malah kaya patung miripnya
emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh GigiTato.
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
04-12-2021 00:09
Mayatnya dapet honor yg sesuai kg tuh
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
04-12-2021 06:05
this is to much ...
thats Science Xperiment Violated ...!
a'int Art ...

Estetika seni tertinggi /batasanya adalah "MakhlukHidup" ...

Quote:Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, makna dari bentuknya, dan sebagainya), seperti tari, lukisan, ukiran.[1] Seni meliputi banyak kegiatan manusia dalam menciptakankarya visual, audio, atau pertunjukan yang mengungkapkan imajinasi, gagasan, atau keprigelan teknik pembuatnya, untuk dihargai keindahannya atau kekuatan emosinya.[2][3] Kegiatan-kegiatan tersebut pada umumnya berupa penciptaan karya seni, kritik seni, kajian sejarah seni dan estetika seni.
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
04-12-2021 06:14
Ya kan terserah mayatnya.
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
04-12-2021 08:50
jasad mestinya dikubur/dikremasi, bukan untuk seni emoticon-Cape d...
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
04-12-2021 09:03
Ini adalah seni menghidupkan yg sudah mati... salute...👏🍻

Kira2 kapan bikin pameran di Indo bang Gunther???

Daripada jadi Mr. X & Mrs. V mending dikaryakan begini lebih baik buat edukasi anatomi...

Sedikit saran dari ane buat bang gunther...
Cuba dikasih sistem motor dalam tubuhnya, jadi bisa gerak2 itu lebih keren... 👏😍
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
04-12-2021 10:33
Ngilu liat gambar2nya emoticon-Embarrassment
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
04-12-2021 14:43
di bekas smp ane dlu ada kerangka manusia yg di jadiin bahan pembelajaran emoticon-Matabelo
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
04-12-2021 19:41
Seni yang kontroversial dan dirasa ga akan lolos sensor jika ingin diterapkan di Indonesia. nuansanya juga seram.pernah nonton film horor House Of Wax.museum manusia dari lilin. masuk ke dalam atmosfernya begitu menakutkan.apalagi jika terbuat dari mayat beneran.buat inspirasi film horor lokal saja. tambah pakai dukun.tiap malam jumat kliwon pasukan mayat hunting ke segenap pelosok kota
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
05-12-2021 14:54
serem gan liat jasadnya
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
05-12-2021 19:26
Ini baru gregedh emoticon-Takut
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
05-12-2021 21:38
Ngeri ah...
profile-picture
profile-picture
.destroyer. dan .Boyo. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
06-12-2021 20:20
Kalo buat sekedar seni jangan kalo bisa mah emoticon-Smilie
0 0
0
Jasad Manusia Jadi Bahan Seni Patung! Kamu Setuju?
20-12-2021 04:55
ngeri tuh gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.kampak. dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia