News
Batal
KATEGORI
link has been copied
191
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a96915eb937d71a722c691/tersinggung-aksi-risma-komunitas-tunarungu-sebut-langgar-uu
Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) mengaku tersinggung atas tindakan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang meminta anak tuli berbicara. Organisasi ini menilai Risma telah melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang mengatur penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan terhadap hak penyandang disabilitas.
Lapor Hansip
03-12-2021 07:47

Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU

Past Hot Thread
Jakarta, CNN Indonesia -- Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) mengaku tersinggung atas tindakan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang meminta anak tuli berbicara.
Organisasi ini menilai Risma telah melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang mengatur penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan terhadap hak penyandang disabilitas.

"Kami merasa tersinggung, bahkan merasa heran karena omongan Ibu Risma itu mencerminkan pelanggaran UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas," kata Gerkatin dalam keterangan tertulis, Kamis (2/12).

Menurutnya, Mensos Risma mestinya bisa menghormati penyandang disabilitas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Pasalnya penyandang disabilitas rungu memiliki hak untuk berekspresi dengan bahasa isyarat.

"Intinya ada pasal penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas rungu/tuli, hak berekspresi dan hak memperoleh informasi dan komunikasi," ucapnya.

Merespons kasus yang viral ini, Risma mengaku sedih dan tidak berniat untuk memaksa disabilitas rungu untuk bicara.

"Saya enggak maksa [dia bicara], untuk apa saya maksa? Itu pilihan. Tapi saya ingin dia di kondisi tertentu bisa menyelamatkan dirinya. Tidak ada niat apapun dari saya, sedih saya terus terang," kata Risma di Kantor Kemensos, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (2/12).

Padahal, sebelumnya mantan Wali Kota Surabaya itu mengaku memaksa meminta anak tuli berbicara di depan banyak orang saat peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021.

"Kenapa ibu paksa kalian untuk bicara? Ibu paksa memang, supaya kita bisa memaksimalkan pemberian Tuhan kepada kita, mulut, mata, telinga. Tapi saya berharap kita semua bisa mencoba," aku Risma saat itu.

Sumur:
cnnindonesia.com


g main paksa didepan umum jg buk caranya
apa susahnya sih minta maaf?
emoticon-No Hope

Quote:Original Posted By Quadpixel
Risma sudah jelas memaksa orang disabilitas untuk melakukan sesuatu diluar kemauannya sendiri

Walaupun benar , ada orang tuna rungu yang bisa berbicara , tapi kemampuan itu tidak sama,dan tidak bisa dipaksakan,
sebagai seorang mentri, seharusnya Risma lebih tahu itu dan tidak merasa benar sendiri


Quote:Original Posted By saya.kira
{thread_title}
Diubah oleh hantupuskom
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 32 lainnya memberi reputasi
31
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 07:52


"Kenapa ibu paksa kalian untuk bicara? Ibu paksa memang, supaya kita bisa memaksimalkan pemberian Tuhan kepada kita, mulut, mata, telinga. Tapi saya berharap kita semua bisa mencoba," aku Risma saat itu.

udah melecehkan orang disabilitas, trus apa dia gak mikir tuh orang bisa sampai ke panggung, ntah usaha apa yg telah dia dan keluarganya telah lakukan bertahun tahun? bener bener gak menghargai

hati hati amukan pasukan mak drama baperemoticon-Takut
Diubah oleh masamune007
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tungtararatung dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 07:59
Hail megatron! Lanjutkan 3 periode.

Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 08:03
oawalah bu bu .. piye tho ? org cacad , apapun jenis cacadnya .. sudah terpaksa dan maksa dirinya sendiri utk terima kekurangan tsb .. use your logic bu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tungtararatung dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 08:07
tujuan nya bagus dengan cara yang salah...karena hanya melihat satu sisi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 08:14
sebenarnya risma mau menyamakan sama stafsus milenial jkw, yang memang sudah berusaha bicara

tp kemampuan difabel khan beda2 juga buk emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 08:17
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 08:18
Blunder menurut saya sih ini si ibuk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KelinciManies dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 08:18
Gak bisa mendengar bukan berarti gak bisa bicara.
Bisa bicara memang lebih baik krena ada lebih banyak cara komunikasi, ketimbang sekedar bahasa isyarat yang mayoritas orang gak paham. Tapi gak mesti dipaksa juga...

Mereka bukan Helen Keller...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 08:25
Dikit2 baper..

Yg cacat aja ga baper

emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 10 lainnya memberi reputasi
2 9
-7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 08:32
Apa salahnya minta maaf toh ada yg ngerasa tersinggung.. ni bu Risma sepeti mengidap sindrom apa ya namanya yg dia suka dan senang sekali marah-marah, memaksa selalu kehendak dia, dan menganggap dia selalu berada pada sisi kebenaran.

Kalau di Boboboi itu karakternya mirip Papa Zola.
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 08:37
Tapi ini bener gak sih? Gw dulu punya temen yg tuli, jadinya otomatis bisu juga. Tapi terus dia diajarin buat bersuara sama gurunya, kata ibunya sih supaya bisa teriak kalo ada apa2. Ya sejatinya dia selalu bawa peluit gitu (soalnya emang orang cacat itu rentan dijahatin), tapi buat jaga2 kalo lagi ga bawa peluit, jadinya disuruh belajar teriak. Dan let's face it aja sih, orang2 Indo ga paham sama arti peluit tanda bahaya, yg ada malah disangka tukang parkir.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 27 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 27 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 08:39
Bukan anis, kagak seru buat di hujat. emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 08:40
Sesungguhnya
Baik tidaknya perbuatan
Tergantung dari niatnya
Diubah oleh xrm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bikepacker dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 08:42
Organisasi ini menilai Risma telah melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang mengatur penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan terhadap hak penyandang disabilitas.

Emng sih .kyke masuk.... yah moga aja damai.
Eh tapi mlh bu rismanya bukannya melunak, mlh tmbh nyolot, bilang ndak maksa... emoticon-Cape d...
Hadeh, kecewa sekelas mentri lho ini...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tungtararatung dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 08:45
harusnya yg dissna bilang. otak juga pemberian tuhan buk, cb dipake itu otaknya sebelum bertindak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ferbriantw925 dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 08:47
Risma sudah jelas memaksa orang disabilitas untuk melakukan sesuatu diluar kemauannya sendiri

Walaupun benar , ada orang tuna rungu yang bisa berbicara , tapi kemampuan itu tidak sama,dan tidak bisa dipaksakan,
sebagai seorang mentri, seharusnya Risma lebih tahu itu dan tidak merasa benar sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tungtararatung dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 08:53
{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 09:00
gimana tunarungu kesinggung?
kan ngga denger 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tungtararatung dan 20 lainnya memberi reputasi
2 19
-17
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 09:13
Minta maaf aj lh, kagak ada ruginya
Wajar kita sewaktu2 pasti berbuat salah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 09:16
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
profile-picture
profile-picture
imatz dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia