Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
30
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a939df2fa2ea7b86246eb3/mengapa-ada-banyak-sekali-bahasa-di-dunia-beginilah-kira-kira-penjelasannya
Pernahkah ente bertanya-tanya kenapa apel bisa bernama apel dan bakso bisa bernama bakso? Untuk memahami itu semua kita perlu mengetahui bahasa itu asal mula dari mana sih. Jika kita ingin mencari tahu asal mula manusia menemukan api, bagaimana sejarah dinosaurus atau bentuk manusia purba, kita bisa mencari apa yang mereka tinggalkan atau yang mereka hasilkan ketika mereka melakukan kegiatan
Lapor Hansip
03-12-2021 04:25

Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya

Pernahkah ente bertanya-tanya kenapa apel bisa bernama apel dan bakso bisa bernama bakso? Untuk memahami itu semua kita perlu mengetahui bahasa itu asal mula dari mana sih. Jika kita ingin mencari tahu asal mula manusia menemukan api, bagaimana sejarah dinosaurus atau bentuk manusia purba, kita bisa mencari apa yang mereka tinggalkan atau yang mereka hasilkan ketika mereka melakukan kegiatan tersebut. Tetapi bagaimana ya kalau kita pengen mengetahui asal mula bahasa?

Bahasa sendiri bukanlah sesuatu yang berbentuk dan langsung hilang setelah di katakan. Kita tidak akan pernah bisa menemukan apa kata pertama yang diucapkan atau fosil percakapan seseorang. Tetapi hal ini tentu tidak menghentikan para peneliti untuk berspekulasi bagaimana bahasa pertama bisa muncul. Sejauh ini ada 4 teori mengenai bahasa, yang pertama di dunia yaitu bahwa teori yang menganggap kata-kata pertama bermula dari imitasi dari teriakan hewan-hewan liar atau burung.

Quote:Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya


Yang kedua buku teori yang menganggap kata-kata pertama berasal dari respon suara terhadap rasa sakit, takut maupun kaget. Yang ketiga teori yang meyakini bahasa muncul dari suatu kegiatan bersama yang membutuhkan koordinasi. Contohnya suara yang berasal dari mulut saat sedang merasakan sensasi bermain atau bermusik. Para peneliti meyakini bahwa semua bahasa sederhana tersebut berawal dari satu zaman prasejarah di benua afrika, yakni 2.000 tahun yang lalu dan menyebar ke seluruh dunia saat para leluhur kita bermigrasi sekitar 70.000 tahun kemudian.

Tapi sekarang timbul pertanyaan kalau semua bahasa berawal dari akar yang sama, kenapa ya sekarang bahasa bisa berbeda-beda? Ribuan tahun yang lalu setelah leluhur kita menyebar ke seluruh dunia dengan bekal bahasa yang sederhana tersebut, mereka mulai mengalami kesulitan untuk menyebut suatu benda ataupun alat yang mereka gunakan ketika mereka berinteraksi satu sama lain setiap hari. Kemudian mereka berinisiatif untuk memberi sebutan pada setiap benda yang mereka gunakan.

Berawal dari satu orang yang memiliki istilah pada suatu benda, kemudian memakai istilah tersebut setiap hari, lama-kelamaan orang lain pun mengikuti dan menggunakan istilah tersebut deh. Penggunaan istilah tersebut menyebabkan pekerjaan sehari-hari mereka menjadi lebih efektif dan efisien. Mantep. Fenomena ini terjadi pada setiap kelompok manusia yang tersebar di seluruh dunia.

Quote:Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya


Oleh karena itu ada yang menyebut apel dengan sebutan meila dan juga ada yang menyebut apel dengan sebutan eipel. Seiring berjalannya waktu sekelompok manusia ini bertemu satu sama lain. Ketika mereka bertemu mereka perlu membuat kesepakatan bahasa baru agar bisa saling memahami satu sama lain. Interaksi ini terjadi terus selama ribuan tahun dan berkembang hingga menjadi bahasa yang kita kenal saat ini. Ada sekitar 6.500 bahasa di dunia yang setiap hari diucapkan. Walaupun demikian separuh dari populasi di dunia hanya menggunakan sekitar 20 bahasa aja.

Bahasa yang banyak digunakan adalah bahasa mandarin dengan 955 juta pengguna, diikuti bahasa spanyol dengan 470 juta pengguna dan bahasa inggris dengan 360 juta pengguna. Uniknya adalah masing-masing bahasa tersebut memiliki aksen yang berbeda di setiap daerahnya. Contohnya nih bahasa inggrisnya warna versi british akan berbeda dengan aksennya amerika. Gak usah jauh-jauh di daerah kita aja beda. Sama-sama di jawa timur tapi beda aksen antara aksen surabaya dan malang.

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane dilingkungan sosial aja ya gan. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
Referensi: Opini pribadi & Googling
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021
Diubah oleh abdulqadirz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bararadeyeuh dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 04:26
Begitulah kira-kira penjelasannya gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 04:26
Purba dulu masih bunyi2qn mungkin ya bahasa mereka hehe
0 0
0
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 04:38
Mulai dari 2000 tahun lalu?
Menyebar 70000 tahun lalu?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
anangf memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 05:44
Bukan karena menara Babel, gitu?
0 0
0
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 05:45
ane pernah baca ada penelitian anak baru lahir dikumpulin di suatu tempat gt sampe gede mereka bikin bahasa sndr gan, tp ane gatau kalo itu bener atau hoax emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
valentine5 dan nandaramdhan690 memberi reputasi
1 1
0
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 07:40
70 rebu tahun...
emoticon-Matabelo
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
Diubah oleh adolfsbasthian
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 08:20
Jangankan beda daerah, satu daerah saja hanya dalam waktu ga sampai ratusan tahun saja bisa menghasilkan bahasa yang mulai berbeda.

Contoh paling gamblang ya bahasa aksen anak jaksel yang bergaya bule londo kesasar di indo, bisa di bilang mereka ini menciptakan sub bahasa tersendiri, mirip2 bahasa yang sempat dipopulerkan oleh kaum bencong taman lawang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nandaramdhan690 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 09:31
Sekarang aja anak-anak alay punya bahasa sendiri, lom lagi para banci juga menciptakan bahasa sendiri....dan gak perlu ribuan tahun prosesnya
0 0
0
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 09:40
je... ga usah maksa kalo emang ga bisa bikin trhred ilmiah ....

yg kmu paham ae ...
kyak kmaren kmu bikin thread pedos ...terlihat mendalami betul ...
gausah buru2 pinter ..,kalo dipaksa malah tumpul otakmu je ...
tp terserah ...silahkan dipilih ...Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
0 0
0
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 09:42
Kalo yang beragama Samawi, pasti paham Nabi Adam telah diajarin berbahasa dengan baik dan benar oleh Tuhan.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 09:48
Jawabanku yang realistis sesuai keyakinanku yaitu kasus Sodom dan Gomorah akhirnya bahasa Manusia semrawut tdk jelas.Dikacaukan Allah gan Karena mereka menyembah2 Djin,Dewa2 tdk jelas dan sejenisnya....
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 10:00
Jawa Tengah sama jawa barat bahasanya bisa beda jauh banget,
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 10:03
percaya apa gak, itu akibat kesombongan/salah manusia setelah jaman air bah, bisa di cek di Bible/kitab org2 kristen
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 11:30
pembahasan yang menarik, gan TS
ane suka belajar bahasa asing
emoticon-Keep Posting Gan
0 0
0
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 12:53
ty gan tambah pengetahuanemoticon-Cool
0 0
0
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 12:55
dan sampai sekarang pun bahasa terus berubah
0 0
0
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 13:42
bahasa anak jaksel mana nih?
0 0
0
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 15:27
ada yg versi mitologi karena menara babel , bacaan yg bagus tu emoticon-Ngakak
0 0
0
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 15:37
2000 tahun lalu dan menyebar 70000 tahun kemudian
0 0
0
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya
03-12-2021 16:41
ini yang dipelajari dlm ilmu linguistics
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia