News
Batal
KATEGORI
link has been copied
31
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a8d02760491a63777e98e4/super-hornet-tersingkir-dari-program-ffcp-kanada
Ada kabar terbaru dari Kanada terkait pengadaan pesawat tempurnya, mengutip laporan TheDrive.com bahwa pesawat F/A-18E/F Super Horner telah tersingkir dari kompetisi pesawat tempur masa depan negara itu. Berita tersebut juga sudah dikondirmasi melalui Governtment of Canada pada hari Rabu (01/12/2021). Hal itu tentu saja membut Boeing merasa kecewa berat karena gagal mengamankan kontrak bernilai
Lapor Hansip
02-12-2021 20:54

Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ada kabar terbaru dari Kanada terkait pengadaan pesawat tempurnya, mengutip laporan TheDrive.combahwa pesawat F/A-18E/F Super Horner telah tersingkir dari kompetisi pesawat tempur masa depan negara itu. Berita tersebut juga sudah dikondirmasi melalui Governtment of Canada pada hari Rabu (01/12/2021). Hal itu tentu saja membut Boeing merasa kecewa berat karena gagal mengamankan kontrak bernilai fantastis dari negara tersebut.

Kanada sendiri meluncurkan program bernama Future Fighter Capability Project (FFCP) pada Oktober 2018, program ini bertujuan untuk mencari pesawat tempur baru untuk menggantikan armada CF-18 Hornet mereka yang sudah menua. Kanada menggelontorkan dana sekitar US$ 14 miliar untuk membeli pesawat tempur baru, di mana mereka dikabarkan mengincar sekitar 88 jet tempur baru.

Pada tahun 2018 Kanada menrerbitkan proposal pra-kualifikasi kepada beberapa manufaktur pesawat tempur ternama, tercatat ada lima manufaktur yang ikut dalam program FFCP. Kelima manufaktur itu antara lain Boeing yang menawarkan F/A-18E/F Super Hornet Block III, Saab menawarkan Gripen, Lockheed menawarkan F-35, Rafale buatan Prancis, serta Eurofighter Typhoon buatan konsorsium negara-negara Eropa. Dari kelima peserta tersebut, Typhoon dan Rafale akhirnya mengundurkan diri sebelum program itu dimulai.


Quote:
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada

F/A-18E Super Hornet Block III.

Foto: US Navy



Tidak tepilihnya manufaktur pesawat asal Eropa yang terlibat dalam FFCP pun mengundang berbagai kecurigaan, beberapa manufaktur pesawat di Eropa menuduh jika kompetisi yang dilakukan Kanada bertujuan hanya untuk memberi kesempatan kepada manufaktur asal Amerika. Ditambah dengan eratnya hubungan AS dan Kanada dalam hal pertahanan, membuat negara ini sulit untuk tidak membeli pesawat buatan AS.

Tapi hal menarik dari program FFCP Kanada adalah lolosnya Gripen dalam program ini, menjadikannya sebagai satu-satunya pesawat asal Eropa yang masih bertahan. Namun, jika yang tersingkir justru Super Hornet, maka lawan Gripen saat ini adalah F-35. Dan kemungkinan Gripen untuk terpilih sangat kecil, meski pesawat ini menawarkan biaya operasional dan harga jual yang lebih murah.


Program Pesawat Tempur Kanada Membingungkan


Walaupun TS bukan warga Kanada, tapi melihat proses pengadaan pesawat tempur negara tersebut, TS jadi ingat program pengadaan pesawat tempur di negeri sendiri yang tak kalah membingungkan. Sebagai tambahan informasi gan, Kanada sendiri sebenarnya juga masih terlibat dalam proyek "Joint Strike Fighter" yang melahirkan F-35. Tapi yang menarik, meski Kanada terlibat dalam proyek JSF, mereka justru tidak terikat kontrak untuk membeli pesawat tersebut. Mereka hanya berpartisipasi dalam bentuk investasi uang dan kerja sama pembuatan suku cadang F-35.

Menurut TheDrive.com Kanada telah menjadi anggota program F-35 sejak awal, tetapi hanya sebagai mitra industri “Level 3” tanpa komitmen kuat untuk membeli pesawat. Kontrak ini membantu perusahaan kedirgantaraan Kanada mengamankan lusinan kontrak terkait dengan pengembangan dan produksi Joint Strike Fighter. Pada tahun 2010, pemerintah yang dipimpin Partai Konservatif Kanada mengumumkan rencana untuk membeli 65 F-35. Namun, prosesnya berjalan lambat dan mendapat banyak kritik dari partai-partai oposisi.

Dan ketika Partai Liberal memenangkan pemilihan pada tahun 2015, Perdana Menteri baru Justin Trudeau bersumpah untuk membatalkan kesepakatan pembelian pesawat tersebut dan membuka kembali program tender pengadaan pesawat tempur. Sementara itu, pihak Lockheed Martin terasa tidak ikhlas dan keberatan jika Kanada membuka tender pengadaan pesawat tempur baru pada tahun 2018 lalu. Mereka berharap agar Kanada berkomitmen penuh pada program JSF, karena mereka sudah ikut program ini sedari awal, dan pada akhirnya Lockheed ingin Kanada memilih F-35 daripada pesawat yang lain.


Quote:
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada

CF-18A+.

Foto: Royal Canadian Air Force



Pada tahun 2017 Perdana Menteri Justin Trudeau mememparkan wacana mengakusisi Super Hornet sebagai pesawat sementara sembari mencari pesawat tempur apa yang layak digunakan Angkatan Udara Kanada di masa depan. Namun, apesnya pada tahun 2017 terjadi perselisihan terkait perjanjian perdagangan antara Boeing dan perusahaan pesawat Kanada Bombardier, yang akhirnya menyebabkan berbagai ancaman sanksi ekonomi baik dari Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Kanada Trudeau. Kanada kemudian membeli F/A-18A/B Royal Australian Air Force untuk melengkapi CF-18 yang ada, keputusan ini pada akhirnya menuai kritik keras di dalam negeri.

Perselisihan itu pada akhirnya mengakhiri kesepakatan yang sudah direncanakan untuk membeli sejumlah F/A-18E/F baru sebagai jet tempur sementara. Dan setahun kemudian Kanada baru meluncurkan program FFCP, di mana Boeing masuk dalam tender tersebut. Dan sejak saat perselisihan itu, Boeing telah menghadapi tantangan spesifiknya sendiri dalam memasukkan Super Hornet ke dalam kompetisi jet tempur Kanada. Kemungkinan perselisihan pada tahun 2017 adalah salah satu faktor penyebab tersingkirnya Super Hornet.


Quote:
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada

Gripen E milik Brazil.

Foto: Linus Svensson/Saab



Menurut Boeing, angka untuk biaya operasional Super Hornet sekitar US$ 18.000 pada tahun fiskal 2020, sementara F-35 menghabiskan biaya operasional US$ 33.600 pada tahun fiskal yang sama. Boeing juga telah lama menggembar-gemborkan bahwa penawaran Super Hornet ke Kanada akan memberi kemampuan yang akan menjadi nilai khusus bagi negara tersebut, terutama untuk misi domestik dan asing, termasuk tangki bahan bakar yang disesuaikan dan sistem sensor pencarian dan pelacakan inframerah (IRST) pod. Perusahaan juga menekankan bagaimana infrastruktur CF-18 milik RCAF yang ada sekarang akan dengan mudah diintegrasikan ke Super Hornet. Selain itu Boeing juga menjamin tersedianya 250.000 lapangan pekerjaan baru di Kanada untuk 4 dekade mendatang.

Sementara itu, Gripen yang menjadi kandidat satu-satunya asal Eropa sepertinya akan menawarkan proses pengembangan dan produksi suku cadang Gripen bersama dengan Kanada. Hal tersebut sebelumnya telah sukses mereka terapkan kepada Brazil, di mana kini Brazil mulai memproduksi Gripen di dalam negeri serta ikut mengembangkan Gripen F varian dua kursi.



F-35 Akan Terpilih Lagi


Sementara itu dua pesaing Eropa lainnya, Eurofighter Typhoon, dan Dassault Rafale, keduanya meninggalkan kompetisi sebelum dimulai, mereka mengeluh bahwa proses tersebut menguntungkan perusahaan AS. Dan dengan demikian, mungkin diharapkan bahwa F-35A sekarang akan menjadi favorit untuk program FFCP, terutama karena Kanada masih terus membayar program F-35 sebagai mitra industri.

Mengutip laporan skiesmag.com Kanada sampai saat ini masih membayar uang program F-35 untuk mempertahankan posisinya sebagai negara-negara yang berpartisipasi dalam program pembangunan yang dipimpin AS. Pembayaran terakhir sebesar US$ 71,7 juta terjadi pada bulan Juli 2021, sehingga total investasi Kanada dalam program F-35 menjadi US$ 613 juta sejak tahun 1997. Pemerintah mengatakan investasi tersebut menghasilkan kontrak senilai US$ 2 miliar untuk pertumbuhan bisnis Kanada.

Memang agak aneh jika Kanada membuka tender pesawat baru di saat mereka sudah berpartisipasi selama 24 tahun dalam program JSF, dan selama hampir lebih dari dua dekade sebenarnya mereka bisa meningkatkan status mereka dalam program JSF ini. Ditambah dengan semakin banyaknya negara yang ingin meminang F-35, tentu pundi-pundi dollar akan mengalir terus ke kas Kanada setiap tahunnya. Dan meski Gripen masih masuk dalam nominasi, sepertinya pesawat ini tidak akan terpilih. Mengingat Kanada selalu memakai pesawat tempur buatan AS untuk memudahkan mereka dalam misinya bersama AS.


Lalu, apa yang sebenarnya diinginkan Kanada dari program Future Fighter Capability Project ?


Quote:
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada

F-35A

Foto: USAF







Referensi Tulisan: TheDrive.com, Governtment of Canada& skiesmag.com
Sumber Foto: sudah tertera di atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asamboigan dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
02-12-2021 20:55
Lagu yang pas untuk menggambarkan perasan Boeing saat ini.





Trimo mundur timbang loro ati (lebih baik mundur daripada sakit hati) ambyar !!! emoticon-Ngacir


Tambahan:



Quote:Original Posted By jagotorpedo
Typhoon sama Rafale udah jelas mengundurkan diri...emoticon-Big Grin
Pengaruh AS di Kanada kuat bgt, pasti produk mereka yg terpilih. Apalagi Kanada ikutan proyek F-35..

sopiler


Quote:Original Posted By gonugraha76
FFCP Kanada menyisakan 2 kandidat : SAAB Gripen E dan Lockheed Martin F 35 Lighting II.
FFCP mempertimbangkan 3 hal : kemampuan pespur, biaya dan dampak ekonominya. Berdasarkan beberapa hal yang ada, maka sepertinya Lockheed Martin F 35 Lighting II akan menjadi kandidat terkuat menjadi pemenang FFCP Kanada.
Ada beberapa alasan :

1. Tahun 1997, Kanada berkomitment support dana pengembangan F 35 Lighting II awal sebesar USD 10 juta dan tahun 2002 kembali berkomitment menambah support dana pengembangan sebesar USD 150 juta yang dibayarkan secara bertahap selama 10 tahun. Tahun 2009 Kanada kembali berkomitment sebesar USD 551 juta yang akan dibayarkan secara bertahap sampai tahun 2051.
Saat ini dalam JSF, Kanada berada di posisi tier III dengan status industrial partner.
2. Project JSF F 35 Lighting II punya dampak ekonomi luar biasa bagi Kanada karena ada 144 kontrak kerja senilai USD 490 juta yang telah ditanda tangani dan dikerjakan oleh industri, universitas dan pemerintah Kanada. Diperhitungkan antara thn 2013 - 2031 kontrak ini akan memberikan keuntungan sebesar USD 4 - 6 milyar.
3. Apabila Kanada tidak segera menempatkan order F 35 Lighting II maka Kanada terancam akan dikeluarkan dari project JSF, kehilangan penyertaan modal yang telah disetorkan dan kehilangan kontrak kerja yang telah ditanda tangani.
4. Secara teknologi, F 35 Lighting II jelas lebih unggul dari Gripen E dan sebagai pespur generasi baru tentu F 35 Lighting II juga akan mempunyai masa operasional yang lebih lama dan tentu akan disertai berbagai penyempurnaan dan pengembangan teknologi yang berarti akan memperkuat kapabilitas pespur itu sendiri.
5. Faktor hubungan baik antara US dan Kanada yang sudah terjalin dengan baik secara militer dan non militer tentunya juga menjadi pertimbangan.

Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada

Kontroversi :

1. Walaupun sempat menyatakan akan memesan 65 unit F 35 Lighting II tahun 2010 tetapi sampai hari tidak ada tindak lanjut akibat kerasnya penolakan dari parlemen Kanada yang beranggapan project JSF F 35 Lighting II terlalu berlebihan dan tidak menguntungkan bagi militer Kanada.
2. Banyak pihak meyakini bahwa Kanada ikut project JSF karena faktor ekonomi dan alih teknologi bukan karena ingin memesan F 35 Lighting II.
3. Gripen E vs F 35 Lighting II ?
Bisa ditebak : FFCP Kanada tidak lebih dari upaya DoD Kanada untuk melegalkan pengadaan F 35 Lighting II melalui tender pengadaan sejak thn 2017. Siapapun pemenangnya akan mempunyai legal standing dan memperoleh kontrak pengadaan 88 pespur baru senilai USD 15 - 19 milyar.
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
02-12-2021 21:04
Selamat tuk AU kanada..... Sukses dpt skuadron2 jet tempur terbaru ala gripen dr swedia......

Eh, beneran toh mreka yg menang tender proyek pengadaan jet2 tempur terbaru itu.....

Serta, yg tabah ya boeing atas f18 hornet nya.......kegagalan adlh kesuksesan yg trtunda, gan.......
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
02-12-2021 21:26
Segen x ama f35,plng mahal tp bnyk troubleny emoticon-Ngakak

Msh bnyk yg worth y gak justin emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
02-12-2021 22:04
Ga heran sih kl yg bakalan dipilih F-35, lagian Kanada juga tmsk di dlm negara2 pengembang progam F-35...ya pasti tar dpt diskon gede lah ya. Pas momen akhir tahun pulaemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
03-12-2021 07:01
Typhoon sama Rafale udah jelas mengundurkan diri...emoticon-Big Grin
Pengaruh AS di Kanada kuat bgt, pasti produk mereka yg terpilih. Apalagi Kanada ikutan proyek F-35..

sopiler
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
03-12-2021 09:07
Kanada ama amerika bagaikan saudara kembar. Sedangkan Inggris sebagai abangan.....yah dah tau lah arahnya kemanaemoticon-Big Grin

Walau dikaata banyak masalah, demi saudar kembar gw gpp lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
03-12-2021 09:07
FFCP Kanada menyisakan 2 kandidat : SAAB Gripen E dan Lockheed Martin F 35 Lighting II.
FFCP mempertimbangkan 3 hal : kemampuan pespur, biaya dan dampak ekonominya. Berdasarkan beberapa hal yang ada, maka sepertinya Lockheed Martin F 35 Lighting II akan menjadi kandidat terkuat menjadi pemenang FFCP Kanada.
Ada beberapa alasan :

1. Tahun 1997, Kanada berkomitment support dana pengembangan F 35 Lighting II awal sebesar USD 10 juta dan tahun 2002 kembali berkomitment menambah support dana pengembangan sebesar USD 150 juta yang dibayarkan secara bertahap selama 10 tahun. Tahun 2009 Kanada kembali berkomitment sebesar USD 551 juta yang akan dibayarkan secara bertahap sampai tahun 2051.
Saat ini dalam JSF, Kanada berada di posisi tier III dengan status industrial partner.
2. Project JSF F 35 Lighting II punya dampak ekonomi luar biasa bagi Kanada karena ada 144 kontrak kerja senilai USD 490 juta yang telah ditanda tangani dan dikerjakan oleh industri, universitas dan pemerintah Kanada. Diperhitungkan antara thn 2013 - 2031 kontrak ini akan memberikan keuntungan sebesar USD 4 - 6 milyar.
3. Apabila Kanada tidak segera menempatkan order F 35 Lighting II maka Kanada terancam akan dikeluarkan dari project JSF, kehilangan penyertaan modal yang telah disetorkan dan kehilangan kontrak kerja yang telah ditanda tangani.
4. Secara teknologi, F 35 Lighting II jelas lebih unggul dari Gripen E dan sebagai pespur generasi baru tentu F 35 Lighting II juga akan mempunyai masa operasional yang lebih lama dan tentu akan disertai berbagai penyempurnaan dan pengembangan teknologi yang berarti akan memperkuat kapabilitas pespur itu sendiri.
5. Faktor hubungan baik antara US dan Kanada yang sudah terjalin dengan baik secara militer dan non militer tentunya juga menjadi pertimbangan.

Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada

Kontroversi :

1. Walaupun sempat menyatakan akan memesan 65 unit F 35 Lighting II tahun 2010 tetapi sampai hari tidak ada tindak lanjut akibat kerasnya penolakan dari parlemen Kanada yang beranggapan project JSF F 35 Lighting II terlalu berlebihan dan tidak menguntungkan bagi militer Kanada.
2. Banyak pihak meyakini bahwa Kanada ikut project JSF karena faktor ekonomi dan alih teknologi bukan karena ingin memesan F 35 Lighting II.
3. Gripen E vs F 35 Lighting II ?
Bisa ditebak : FFCP Kanada tidak lebih dari upaya DoD Kanada untuk melegalkan pengadaan F 35 Lighting II melalui tender pengadaan sejak thn 2017. Siapapun pemenangnya akan mempunyai legal standing dan memperoleh kontrak pengadaan 88 pespur baru senilai USD 15 - 19 milyar.
Diubah oleh gonugraha76
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
03-12-2021 11:34
condong ke strategi dan politik rupanya ketimbang teknis. yup benar juga dalam hal ini canada dan indonesia mirip2 lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
03-12-2021 13:19
Nitip BPKB dulu pak. Nanti balik lagi. Sedang menghadiri pertemuan direksi emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
03-12-2021 16:49
Dah masuk sphere of influence nya amrik rasanya gak mungkin kagak belanja produk2 amrik

lagian sih daerah kanada udah masuk juridiksi NORAD jadi kalau gak punya pespur yang mumpuni pun sudah pasti dicover sama amrik... jadi tahun kebelakang2 ini kayaknya cuma politik doang kanada nurunin belanja militer ny

emoticon-Ngacir
Diubah oleh PhaantomPain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
03-12-2021 19:33
Quote:Original Posted By yoseful
Selamat tuk AU kanada..... Sukses dpt skuadron2 jet tempur terbaru ala gripen dr swedia......

Eh, beneran toh mreka yg menang tender proyek pengadaan jet2 tempur terbaru itu.....

Serta, yg tabah ya boeing atas f18 hornet nya.......kegagalan adlh kesuksesan yg trtunda, gan.......


baca lagi gan, kurang teliti nih.
Kanada masih belum ambil keputusan soal jet tempurnya. kemungkinan bakal beli F-35 emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By redemption878
Segen x ama f35,plng mahal tp bnyk troubleny emoticon-Ngakak

Msh bnyk yg worth y gak justin emoticon-Angkat Beer


sepertinya bakal tetap beli F-35 gan emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By banditos69
Ga heran sih kl yg bakalan dipilih F-35, lagian Kanada juga tmsk di dlm negara2 pengembang progam F-35...ya pasti tar dpt diskon gede lah ya. Pas momen akhir tahun pulaemoticon-Toast


aneh juga ketika sudah ikut JSF tapi buka tender pesawat tempur baru emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By jagotorpedo
Typhoon sama Rafale udah jelas mengundurkan diri...emoticon-Big Grin
Pengaruh AS di Kanada kuat bgt, pasti produk mereka yg terpilih. Apalagi Kanada ikutan proyek F-35..

sopiler


AS tidak ingin negara lain maju emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
03-12-2021 19:41
Quote:Original Posted By pannotia.server
Kanada ama amerika bagaikan saudara kembar. Sedangkan Inggris sebagai abangan.....yah dah tau lah arahnya kemanaemoticon-Big Grin

Walau dikaata banyak masalah, demi saudar kembar gw gpp lah


sudah fix bakal beli pesawat buatan AS gan, seperti yang agan bilang, dua negara ini layaknya sudara emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By gonugraha76

3. Apabila Kanada tidak segera menempatkan order F 35 Lighting II maka Kanada terancam akan dikeluarkan dari project JSF, kehilangan penyertaan modal yang telah disetorkan dan kehilangan kontrak kerja yang telah ditanda tangani.


salah satu pertanyaan ane terkait program FFCP terjawab, ternyata kalau tidak segera order bakal ditendang ya om ?

btw terima kasih tambahannya emoticon-Cendol (S)


Quote:Original Posted By TuanLi
condong ke strategi dan politik rupanya ketimbang teknis. yup benar juga dalam hal ini canada dan indonesia mirip2 lah


sudah ikut program JSF, sulit bagi Kanada untuk tidak membeli F-35 gan



Quote:Original Posted By direktur.muda
Nitip BPKB dulu pak. Nanti balik lagi. Sedang menghadiri pertemuan direksi emoticon-Smilie


terima kasih sudah hadir pak emoticon-Cendol (S)


Quote:Original Posted By PhaantomPain
Dah masuk sphere of influence nya amrik rasanya gak mungkin kagak belanja produk2 amrik

lagian sih daerah kanada udah masuk juridiksi NORAD jadi kalau gak punya pespur yang mumpuni pun sudah pasti dicover sama amrik... jadi tahun kebelakang2 ini kayaknya cuma politik doang kanada nurunin belanja militer ny

emoticon-Ngacir


setuju gan, sulit bagi Kanada untuk tidak membeli alutsista AS, karena hubungan keduanya cukup erat baik militer maupun non militer emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
03-12-2021 23:32
Akhirnya yg namanya satu kapal emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
yoseful dan banditos69 memberi reputasi
2 0
2
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
05-12-2021 07:34
Duh. Sepawat y
0 0
0
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
05-12-2021 07:37
Ya jelas saja hornet tersingkir karena kanada dan AS bisa dibilang sudara dekat. Sedangkan sama rusia tetangga jauh dan hubunganya juga tdk begitu baik menurut saya sih.
0 0
0
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
05-12-2021 07:57
[url]SENSOR/CbHp[/url]
0 0
0
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
05-12-2021 10:36
kanada pesawat tempur canggih untuk apaan?
0 0
0
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
05-12-2021 12:42
Ibaratnya emak-emak punya budget cukup,
Cari barang yg perfect banget,
Mahal tapi irit,
Irit tapi bukan murahan,
She just can't figured her mind.emoticon-Leh Uga
0 0
0
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
05-12-2021 13:43
Kalo liat penjelasan TS, sptnya kanada mau ambil untung dobel.
Dari JSF untung profit sharing,dari FFCP untung beli murah + operasional murah.

Secara ancaman militer terhadap kanada relatif kecil
Diubah oleh sagarmatha08
0 0
0
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
05-12-2021 16:07
nais inpo gan mayan buat nambah bacaan emoticon-Jempol
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia