Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
33
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a72ec779fad955465fd7f2/perbedaan-kebiasaan-anak-jaman-dulu-dan-sekarang-dalam-mengolah-emosi
Kebiasaan Remaja jaman dulu itu perlaham mulai hilang dengan perkembangan jaman, padahal kebiasaan Remaja jama dulu ini menurutku lebih positif dibandingkan dengan kebiasaan anak remaja jaman sekarang, dan kebiasaan anak jaman dulu itu tidak merugikan orang lain
Lapor Hansip
01-12-2021 15:13

Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
emoticon-Haiemoticon-HaiHey Ryan balik lagi nih, kali ini Ryan mau bahas tentang tentang hal hal yang dulu pernah dilakukan oleh remaja jaman dulu saat down, ya sekitaran tahun 2000an kebawah lah, yang jelas tidak lebih dari tahun itu, dan yang pasti hal positif yang akan kita bahas kali ini,

Dan kebiasaan kebiasaan Remaja jaman dulu itu perlaham mulai hilang dengan perkembangan jaman, padahal kebiasaan Remaja jama dulu ini menurutku lebih positif dibandingkan dengan kebiasaan anak remaja jaman sekarang, dan kebiasaan anak jaman dulu itu tidak merugikan orang lain, mereka tahu apa yang baik untuk mereka dengan kebiasaan kebiasaan mereka dimasa itu, bahkan mereka lebih pandai mengolah emosi mereka saat sedang down atau sedang dirundung masalah.

Nah mungkin anak anak yang mengalami hal hal dibawah yang akan Ryan bahas pasti akan mengatakan, “ya memang kebiasaan kebiasaan itu sudah tidak banyak dilakukan anak jaman sekarang, padahal itu kebiasaan yang positif”. Dan entah kenapa kebiasaan baik itu malah cenderung dianggap CUPU untuk mengatasi pikiran yang sedang down.

Sebenarnya kebiasaan apa saja sih yang dilakukan anak remaja jaman dulu kok banyak yang menilai kegiatan atau kebiasaan mereka lebih produktif dibandingkan anak jaman sekarang?

Langsung aja yuk kita bahas dari yang nomer 1, yok lah langsung CEEEKKIIBBBRRROOOTT..

1.     Menenangkan Pikiran

Menenangkan Pikiran


Cara anak remaja jaman dulu menenangkan pikiran menurutku sangat berbeda jauh dengan anak remaja jaman sekarang.

Anak Remaja jaman dulu, mereka lebih suka menyendiri terlebih dahulu sambil memikirkan dan merenung untuk masalah yang sedang mereka alami, mereka benar benar merenung sambil memikiran masalah sampai diri mereka tenang dan baru mengambil tindakan.

Sedangkan anak jaman sekarang jika sedang dirundung masalah atau dalam keadaan galau, cenderung mereka akan mendengarkan lagu galau terutama K-POP, dan tak jarang dari mereka juga mencari pelampiasan lain entah apapun itu, namun kebanyakan dari cara mereka kurang memiliki dampak positif untuk dirinya sendiri, dan selalu langsung ke pelariannya yaitu sebuah ponsel.

2.     Media Curhat

Media Curhat


Media penyampaian Curhat yang dipergunakan oleh anak Remaja jaman dulu dan sekarang pun sangat jauh berbeda terutama dalam penyampaiannya dan juga dalam privasinya.

Anak Remaja jaman dulu lebih fokus menuangkan isi Curahan Hatinya melalui sebuah tulisan tulisan yang dituangkan kedalam sebuah buku untuk menjadi buku Diary tersayangnya, dan dalam tulisan tulisan itu banyak mengandung kalimat kalimat puitis yang kalau dibaca berulang kali akan memiliki makna tersendiri.

Beda dengan anak Remaja jaman sekarang, dimana mereka akan meluapkan semua perasaannya didalam instastory atau status di media sosisal, yang alih alih nantinya malah kepo kepo ke status orang lain dan berkeluh kesah kepada teman dunia maya nya dan tidak mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapinya, tulisan yang dihasilkan pun terbilang hanya ceplas ceplos saja dan sarkatis.

3.     Permainan Pelepas Stress

Stress


Permainan untuk melepas kepenatan anak jaman dulu dan sekarang pun sangat berbeda jauh, mengingat saat ini adalah jaman modern dimana semua dimudahkan oleh ponsel.

Anak Remaja jaman dulu saat pikiran mereka mulai stress dengan kegiatan kegiatan yang membuat penat, mereka lebih cenderung ke permainan yang berada di outdoor, seperti bermain gobak sodor, atau  bermain engkrak, dan yang jelas pemandangan yang diliat saat bermain saat itu sangat mempercepat otak anak remaja masa itu untuk segar kembali.

Sedangkan untuk anak jaman sekarang, permainan yang dimainkan adalah melalui console PS atau sejenisnya dan lebih mudah berada di dalam ponselnya, mereka sudah bisa bermain sesuka hati mereka, namun permainan yang mereka mainkan bukannya meredakan pikiran mereka malah justru menambah beban pikiran tergantung dengan permainan yang dimainkan.

4.     Cara Menghilangkan Persoalan Pikiran.

Pola Pikir


Tak jauh berbeda anak jaman dulu dan sekarang, semua pasti memiliki persoalan persoalan yang menjadi beban pikiran mereka, yang tak bisa dipungkiri hal itu akan membuat mereka merasa terbebani jika harus ditampung sendiri, dan tak jarang mereka meluapkan persoalan pikiran itu pada apa yang mereka inginkan.

Tapi anak Remaja dijaman dulu, lebih memilih untuk mencari teman curhat dimana mereka akan berbagi kisah yang membuatnya sudah tidak bisa menahan dengan apa yang mereka rasakan didalam pikirannya sehingga dengan curhat mereka akan mendapat jalan keluar dari teman curhatnya.

Dan berbeda dengan anak jaman sekarang, karena disisi lain sudah teralalu mengumbar masalahnya di media sosial dan banyak dari mereka yang mengetahui masalah yang dihadapinya, justru itu membuat mereka semakin down dengan respon seseorang yang tidak begitu suka dengan mereka, dan tak jarang sebagai pelampisana persoalan pikirannya, mereka berlari ke barang barang terlarang dan mulai terjerumus ke dalam dunia hitam.

5.     Media Musik

Media Musik


Media musik yang digunakan pun menurut TS cukup jauh berbeda bukan soal lagunya tapi cara mereka mendengarkan musiknya.

Anak jaman dulu mereka akan meluapkan rasa emosinya dengan cara main gitar, mereka akan memainkan musik yang dia rasa akan membuatnya merasa tenang, dan hal itu selain membuat diri mereka tenang, mereka juga tanpa sengaja atau tidak sadar sedang melatik kemampuan mereka untuk bermain gitar, makanya anak jaman dulu tidak sedikit yang bisa bermain gitar.

Sedangkan anak Remaja jaman sekarang, mereka lebih memilih simpel dengan menyetel atau memutar musik didalam ponsel atau komputernya dan memutar lagu sesuai suasana hati, memang sih sama, tapi mereka hanya bisa mendengarkan saja tanpa ada skill yang dapat diasah saat itu juga.

Itu dia lah perbedaan kebiasaan kebiasaan anak jama dulu dan sekarang dalam mengatasi masa masa down mereka, memang sudah sangat jauh berbeda karena anak jaman sekarang lebih dimudahkan untuk mengakses hal apapun yang menurutnya bisa membuat suasana hatinya senang kembali.

Nah bagaimana menurut kalian apakah hal itu benar adanya, kalau ada tanggapan lain yang kalian rasakan yuk share di komentar, kita lihat seperti apa saja sih yang kalian rasakan.


Sekian dulu trit kali ini jangan lupa, kasih cendol yang banyak dan Rate bintang limanya hehe, yang belum follow tolong di follow yak, terimakasih yang sudah mampir.


emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk untuk memberikan balasan
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
01-12-2021 15:49
anak-anak jaman now hanya setitik upil di padang pasir
anak-anak jaman old the best,hebat,pintar,gantenk,bisa chord balok,perfect,gantenk.
Diubah oleh piscerian
profile-picture
afryan015 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
01-12-2021 15:53
Ane termasuk anak jadoel...
emoticon-Cool
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
profile-picture
afryan015 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
01-12-2021 16:20
ane udah tuweir gan.... emoticon-Thinking
profile-picture
afryan015 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
01-12-2021 17:19
klo ane mengolah emosi dengan sering2 lah crit..emoticon-Big Grin
profile-picture
afryan015 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
01-12-2021 17:34
Perbedaan paling mencolok ialah anak dulu udah tua dan anak sekarang masih muda...😀
profile-picture
afryan015 memberi reputasi
1 0
1
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
01-12-2021 19:42
Beda emang.. kalo sekarang pas pada putus cinta jadi galau... , Kalau dulu tinggal nyari lagi di sekolah sebelah.. atau kampus sebelah, mentok ya di kolam renang kampus sebelah.
Melepas stress lebih gampang.

Mental Generasi Baywatch emang beda.
Diubah oleh wahgila
profile-picture
afryan015 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
01-12-2021 20:04
cocok kek adek sepupu ane, barang lagi ada masalah bukan dihadapi atau di selesaikan..
malahh nge game / yutuban,,, takut menghadapi konflik.. mental tempe generasi sampah…..
profile-picture
afryan015 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
01-12-2021 20:59
Udeh bunuh2an aja, ribet amat pake mikir2, toh otak udah dibuang ke jamban emoticon-Tai
0 0
0
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
01-12-2021 21:13
Mental tempik
Eh tempePerbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
profile-picture
black.03 memberi reputasi
1 0
1
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
01-12-2021 21:59
Beda zaman beda lingkungan dan instrumen pelepas emosi.

Jaman gw sekolah (70-80) kalo lagi gabut ya maen layangan , gundu, galah asin ama tetangga , maen congklak, uler tangga, monopoli atau petasan.

Dengerin musik RRI keroncong sama lagu daerah. Suara Irama Indah welcome to my world , Catatan si Boy Prambors rasisonia (later period) ...atau Mak Lampir di radio suara kayu manis. Genre musik favorit, ya POP, ROCK, NEWWAVE, CLASSIC, kalo HEAVYMETAL itu kemudian pas mau kuliah...itu aja tau karena radio prambors setiap hari pasang lagu nonstop sd jam 24.00.

Maen instrumen musik? kebetulan ga les musik karena babe pada saat itu ga mampu kasi kita les-les an dan beliin alat musik wkwkwk. Jadi cukup jadi penyanyi kamar mandi aja...dan kita anak2gen pada saat itu rata-rata hafal dengan lirik lagu2 pada saat itu, kenapa bisa? karena kalo ada temen yang beli kaset, liriknya itu langsung dicatet pake tangan....didalem buku khusus untuk lirik-lirik...mau fotokopi duitnya dari mana yah? wkwk

Kalo ga mempan juga gabutnya ilang, ya tidur.

Dengerin kaset cuma orang kaya, kaset harga 500 perak untuk lokal 750 perak untuk lagu asing ga mampu beli. Ongkos bajaj seminggu atau 1 bulan naek bus PPD itu untuk 1 kaset.

Nonton video betamax/vhs apalagi....di 1 kelurahan paling cuma 5-10 rumah yang punya video betamax player, belum harga sewa video-nya selangit, kira-kira 1 judul film/hari itu ongkos sebulan transport naek bus.

Maen game PC ? maenlah kalo PC....itu kemudian diakhir th '86. PC Pentium DX2 / DX4 75-100Mhz. Video card on board..harga 1 pc 7 juta rupiah, sementara untuk mobil toyota corolla DX itu harga barunya sama wkkw. Game yang dimaenkan ya macem2 dari tetris, space invader, KOEI strategy series, Sid Meier....ya kebetulan pas kuliah dibeliin PC. Beli game dimana? ya nitip sama sodara kalo ke luar negeri...dikota mangga besar mana ada yg jualan game pada saat itu.
Untuk ATARI console ya ga mampu lah...harganya edan dan harga kasetnya selangit...jadi cuma miliuner atau anak koruptor yang bisa beli wkkk.

Kalau special occasion kek abis putus sama pacar trus galau ya paling ke rumah temen ngobrol ampe lega.

Kalo gabut larinya ke ganja , minum apalagi narkoba itu biasanya kelakonan anak2 orang kaya dan anak penguasa aja...beda ama jaman sekarang wong kere aja kelakonan nyabu wkkwk emoticon-Big Grin


Salam
Diubah oleh Jazed
0 0
0
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
01-12-2021 22:29
Yang anak jaman dulu udah jadi bapak/ibunya yang anak jaman sekarang
Diubah oleh keeptalking
0 0
0
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
01-12-2021 22:45
ane di jaman thn 90 an dulu kalau sumpek yaitu ada dibawah ini gan :

1.Main Musik Band & Melukis/Gambar Komik2 Lucu dan Meditasi utk latihan sabar dikit..
2.Memperbaiki Mesin Cuci / Setrika rusak / Computer Rusak/Hp jadul rusak gan
3.Belajar Alat2 Bubut gan siapa tahu bisa jualan Senjata Api Rakita di Pasar2 Gelap sama jualan Senjata2 Rahasia Ninjutsu/Shinobi/Suppa dan sejenis itu...
4.Ikut Kejuaraan Hybrid Martial Arts jamanku dulu istilah Beladiri Campuran namanya itu thn 2000 ke atas sekarang diganti UFC/MMA mungkin barangkali....kemarahan dituntaskan di atas ring sama calon musuh ane di Sekolah lain gan....
Diubah oleh golden.baik007
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
02-12-2021 06:50
yang tua2 lupa nih jaman2 dia emo taon 2000an emoticon-Leh Uga
0 0
0
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
02-12-2021 07:25
tahun kelahiran kok 2000 emang bayar parkir
0 0
0
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
02-12-2021 18:46
Anak Zaman dulu katanya lebih kalem n penurut
0 0
0
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
02-12-2021 18:51
Anak jaman skrg... ortu nya adalah anak jaman dulu...

Klo kualitas anak jaman skrg jelek... salahkan ortu yg mendidiknya alias anak jaman old.
0 0
0
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
02-12-2021 22:30
Tergantung lingkungan sih klo mnurut ane..
Klo skrg kbykn maenan medsos..
Lucu aj liatnya, emg uda brubah 😃
0 0
0
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi
03-12-2021 12:23
jadi inget jaman dulu kalau lagi ada masalah atau lagi seneng juga malamnya langsung nulis di buku diary.. sekarang kalau baca buku diary jaman SMP dulu pengen ketawa..hehe...
profile-picture
belibeli69 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia