News
Batal
KATEGORI
link has been copied
148
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a6d350d0f07459f756f30e/sejarah-candi-prambanan-ternyata-bandung-bondowoso-bukanlah-pembuatnya
Sewaktu agan masih kecil pastinya pernah dong mendengar atau membaca cerita rakyat Roro Jonggrang. Nah cerita rakyat ini adalah cerita yang berkembang di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di cerita tersebut diceritakan bahwa ada seorang raja bernama Bandung Bondowoso yang terpikat dengan kecantikan Roro Jonggrang dan ingin menikahinya, Roro Jonggrang membuat persyaratan
Lapor Hansip
01-12-2021 08:43

Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya

Past Hot Thread
Sewaktu agan masih kecil pastinya pernah dong mendengar atau membaca cerita rakyat Roro Jonggrang. Nah cerita rakyat ini adalah cerita yang berkembang di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya Picture : liputan6.com

Di cerita tersebut diceritakan bahwa ada seorang raja bernama Bandung Bondowoso yang terpikat dengan kecantikan Roro Jonggrang dan ingin menikahinya, Roro Jonggrang membuat persyaratan bahwa Bandung Bondowoso harus membangun 1000 candi dalam 1 malam.

Bandung Bondowoso menuruti syarat tersebut dan mulai membangun candi dengan bantuan pasukan jin yang membuat pembangunan candi berlangsung sangat cepat, mengetahui hal tersebut Roro Jonggrang berupaya untuk menggagalkan pembangunan 1000 candi itu. Ia meminta bantuan pada dayang dan perempuan seluruh desa untuk menabuh lesung dan membakar jerami, agar suasananya terlihat seperti pagi hari. Para jin yang mengira bahwa fajar telah tiba membuat para jin pergi dan berhenti membangun candi itu, ternyata candi yang terselesaikan barulah 999, karena mengetahui bahwa semua ini adalah ulah Roro Jonggrang, maka murkalah Bandung Bondowoso yang kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung untuk melengkapi 1000 candi itu.


Namun pada faktanya, ternyata pembangunan candi Prambanan ini tidak ada kaitannya dengan Bandung Bondowoso dan candi Prambanan ini tidak dibangun dalam 1 malam saja. Mulai penasaran ya gan? Yuk simak pembahasan di bawah ini!

SEJARAH CANDI PRAMBANAN

Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya Picture : id.wikipedia.org

Pembangunan candi Prambanan ini diceritakan dalam prasasti Siwagrha, candi ini pertama kali di bangun oleh Rakai Pikatan sekitar tahun 850 Masehi, tujuan pembangunan candi ini adalah untuk memandingi kompleks percandian buddha, yaitu candi borobudur dan candi sewu. Seperti candi pada umumnya, candi Prambanan ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama dalam kepercayaan Hindu, yaitu dewa Brahma, dewa Wisnu dan dewa Siwa.

Sebenarnya nama candi Prambanan ini adalah Siwagrha, diberi nama Prambanan dikarenakan merujuk pada desa tempat candi ini dibangun dan didirikan. Sebenarnya, pembangunan candi Prambanan ini memakan waktu ratusan tahun, pertama kali dimulai oleh Rakai Pikatan, dilanjutkan oleh Raja Lokapala dan kemudian dilanjutkan lagi oleh Raja Balitung Maha Sambu. Tak berhenti di situ saja, candi Prambanan ini terus disempurnakan oleh Raja Raja Medang Mataram lainnya, seperti Raja Daksa dan Raja Tulodng.

ASAL USUL CERITA RAKYAT RORO JONGGRANG

Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya Picture : phinemo.com

Pada abad ke 16 terjadilah gempa bumi yang dahsyat, gempa bumi yang terjadi pada abad ke-16 benar-benar telah meruntuhkan Candi Prambanan. Seiring dengan berlajannya waktu, banyak masyarakat dari luar yang mulai tinggal dan bermukim di sekitar reruntuhan candi Prambanan. Penduduk tersebut mulai mengetahui keberadaan candi Prambanan, namun dikarenakan tidak mengetahui sejarah siapa dan bagaimana pembuatannya, mulailah muncul legenda cerita rakyat dengan segala fantasinya yang melibatkan Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Dari sinilah asal usul legenda cerita rakyat Roro Jonggrang, seperti cerita rakyat pada umumnya, cerita ini merupakan cerita fiksi yang berisi dongeng dongeng saja yang disampaikan turun temurun dari mulut ke mulut, namun kita juga tetap harus menghormati cerita rakyat Roro Jonggrang ini, karena merupakan warisan budaya.

Demikianlah pembahasan dari saya, semoga dengan adanya artikel ini, dapat membuat agan agan mengetahui fakta sejarah dari siapa pembuat candi Prambanan dan proses pembuatan candi Prambanan.

Sekian, terima kasih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
y.santoz245 dan 42 lainnya memberi reputasi
39
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
01-12-2021 10:08
ada fotonya yg masih runtuh juga ternyata. Jarang baca soal Prambanan, sering nemu yg sama ao Borobudur sih.

kalo Prambanan ini pas ditemukannya, tersembunyi kayak Borobudur gak sih ya. kalah kondang juga ma Borobudur.
Penemuannya jaman gubernur voc Rafles juga kah ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
01-12-2021 12:15
Bagus ini emoticon-2 Jempol

Berarti orang jaman dulu sampai sekarang emang pada jago ya bikin cerita, ada yg akhirnya jadi hoak berkepanjangan bernama legenda emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dxbike dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
01-12-2021 12:24
Berarti lebih muda umurnya dari candi borobudur ya
Megaproyek buat nandingin borobudur
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
01-12-2021 15:24
Candi Hambalang sekarang penunggu nya jin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
corobikang dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
01-12-2021 17:12
Cerita2 ginian biasanya buat hikmah pendengarnya aja, tapi menggunakan tempat tertentu buat nguatin alur ceritanya.

Uniknya cerita bandung bondowoso, bikin bangunan sebelum matahari terbit, dikibulin seakan matahari terbit, mirip cerita dari bandung sangkuriang, ngebangun sebelum matahari terbit, buat cewek, kesamaannya, sama2 ada bandungnya wkwkwkwk, becanda gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Adit.m.n dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
02-12-2021 04:36
Kasihan pekerja yg membangun, dianggap Jin emoticon-Mewek
Diubah oleh gamasuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atamlee dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
03-12-2021 00:42
Baru engeh klo Borobudur itu Budha, Prambanan itu Hindu emoticon-Malu
profile-picture
mollyeva memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
03-12-2021 17:06
Candi Prambanan dibangun oleh Bandung Bondowoso oleh bantuan jin untuk memenuhi syarat ke Roro Jonggrang
Candi Borobudur dibangun oleh Nabi Sulaiman dan emang punya kemampuan mengendalikan jin...

Apakah ada benang merah ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
k3nm4st3r dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
03-12-2021 19:08
Cuman pernah sekali pergi ke Prambanan, pertama kali datang bingung banyak tukang kaca mata, ternyata buat ngelindungi mata dari debu/pasir, soalnya anginnya lumayan kencang disana.

ps. tadinya kirain TS bakalan bilang "Candi Prambanan buatan "NABI SULAIMAN" kayak si ono ", untunglah TSnya masih sehat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rhinocerosandro dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
03-12-2021 19:16
Ooh, bgtu cerita aslinya. Mkasih info ringannya Gan emoticon-Shakehand2
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
04-12-2021 01:23
cerita karangan untuk menarik wisatawan.

di daerah ane ada tempat wisata alam gua yang baru dibuka. tiba-tiba langsung muncul cerita mistis aja mengenai gua tersebut.
profile-picture
profile-picture
d112za dan k3nm4st3r memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
04-12-2021 12:17
+1
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
1 0
1
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
05-12-2021 05:01
Semalam saja ya
Bandung Bandawasa
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
05-12-2021 05:11
The Origin of Hoax berarti c erita roro jonggrang itu
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
05-12-2021 05:17
Thanks gan. Candi2 ini bikin bangga, punya leluhur yang bisa bangun tanpa semen kayak minecraft
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
1 0
1
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
05-12-2021 05:20
"Katanya" yg ke prambanan bserta pasangan yg blm menikah, bakalan putus?
Ada yg ngalamin? emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
05-12-2021 05:38
Baru tau soal kebenarannya, thanks buat infonya ganemoticon-Matabelo
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
05-12-2021 05:41
Kalo dulu cerita legenda, kalo sekarang kita menyebutnya hoax. Tapi ya begimana lagi
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
05-12-2021 05:54
Menggambarkan betapa tololnya orang disana emoticon-Leh Uga
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Candi Prambanan, Ternyata Bandung Bondowoso Bukanlah Pembuatnya
05-12-2021 06:14
Waduh berantakan gitu, restorasinya ibarat nyusun puzzle raksasa.
profile-picture
k3nm4st3r memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia