Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
135
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a6ba35d8104c33646e372b/cara-untuk-menjalani-dan-mengakhiri-hidup-tanpa-penyesalan
Rasanya tidak banyak orang yang bisa melihat masa lalu dan berkata, "Aku sudah menjalani semuanya dengan maksimal, tidak ada yang perlu kusesali." Bukan berarti tidak ada, tapi sepertinya kebanyakan orang tentu memiliki momen-momen tertentu di masa lalu yang membuat mereka berpikir, "Kalau saja aku bisa mengulang kembali masa itu, aku akan memilih untuk ...." Bukan tanpa alasan
Lapor Hansip
01-12-2021 06:56

Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan

icon-verified-thread
Rasanya tidak banyak orang yang bisa melihat masa lalu dan berkata, "Aku sudah menjalani semuanya dengan maksimal, tidak ada yang perlu kusesali."

Bukan berarti tidak ada, tapi sepertinya kebanyakan orang tentu memiliki momen-momen tertentu di masa lalu yang membuat mereka berpikir, "Kalau saja aku bisa mengulang kembali masa itu, aku akan memilih untuk ...."

Bukan tanpa alasan bahwa salah satu mesin yang sering dikeluarkan Doraemon adalah mesin waktu.
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
Gbr diambil dr hai.grid.id


Bukan tanpa alasan pula jika tema kembali ke masa lalu adalah salah satu tema yang sering muncul dalam berbagai cerita fiksi dari berbagai belahan dunia.
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
Gbr diambil dr www.greenscene.co.id

Tema kembali ke masa lalu dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan menjadi tema yang populer dan muncul berulang karena tema itu adalah tema yang memang dialami oleh banyak orang.

TS sendiri termasuk yang punya penyesalan akan masa lalu.

Dan ini beberapa langkah untuk hidup tanpa penyesalan versi TS pribadi. Syukur-syukur kalau bisa bermanfaat, kalau nggak ya anggap saja sebagai sebuah sharing.

Langkah pertama (menerima kenyataan),
Menerima kenyataan bahwa kita tidak bisa kembali ke masa lalu dan memperbaikinya.

Menurut TS ini salah satu tahapan yang penting, ada satu periode dalam hidup TS di mana TS banyak menyesali masa lalu dan "berkhayal" seandainya bisa memutar waktu.

Sehingga waktu cuma habis untuk menyesali dan memenuhi otak dengan kata "seandainya".

Langkah kedua (ikhlaskan),
Kalau sudah selesai dengan tahap pertama, maka berikutnya kita harus bisa menerima segala bentuk kehilangan yang terjadi akibat kesalahan di masa lalu.

Bahkan terkadang untuk mengambil keputusan yang sifatnya memperbaiki kesalahan di masa lalu pun, kita juga harus siap kehilangan, karena bagaimana pun juga sudah ada waktu yang digunakan untuk membangun/menjalani hal tersebut.

Misalnya kita salah memilih jalur karier, dan satu-satunya jalan yang bisa kita pikirkan adalah memulai karier yang baru, maka artinya untuk memperbaiki kesalahan itu akan ada yang harus dikorbankan. Ada kehilangan yang akan kita alami, sebelum kita bisa mulai melangkah ke arah yang lebih baik.

Tentu saja kita bisa dan sebaiknya berusaha meminimalkan "ongkos" perbaikan tersebut.

Jadi siapkan diri kita untuk menerima segala bentuk kehilangan sebagai konsekuensi dari kesalahan yang sudah terjadi di masa lalu itu.

Langkah ketiga (syukuri),
Kalau di dua langkah sebelumnya, rasanya getir semua, maka di langkah ketiga ini mulai ada rasa manisnya.

Sadari bahwa tidak ada yang tidak berguna kalau kita bisa mengambil hikmahnya.

Termasuk kesalahan di masa lalu ini.

Waktu dan kesempatan yang hilang itu bukan hilang sia-sia. Sebuah pengalaman adalah guru yang paling berharga.

Jadi syukurilah apapun yang sudah kita alami itu, karena itu membuat kita lebih kaya pengalaman hidup. Tidak ada yang tidak bermanfaat, semuanya tergantung cara kita menyikapinya.

Langkah ke-empat, (bersedialah untuk bertanggung jawab dan belajar).
Memang benar orang bijak bisa belajar dari pengalaman orang lain.

Namun kalaupun kita bukan orang bijak, setidaknya jangan pula kita jadi orang bodoh yang bahkan tidak bisa belajar dari pengalaman hidup kita sendiri.

Kita sudah membayar mahal dengan berbagai kehilangan dan kepedihan yang kita alami akibat kesalahan di masa lalu, jadi manfaatkan dan pelajari baik-baik apa yang sudah kita alami itu.

Cari bagaimana seharusnya kita bisa berbuat/berlaku, agar hal yang sama tidak lagi terjadi.

Mungkin ada faktor-faktor dari luar diri kita yang menyebabkan hal itu terjadi, tapi jangan melemparkan tanggung jawab dan dengan demikian menyerahkan hidup kita pada faktor-faktor di luar diri kita.

Ambil tanggung jawab atas kehidupan kita. Cari terus sebab akibatnya sampai kemudian kita menemukan satu titik di mana kita punya kekuatan untuk mengubah hasil akhirnya.

Artinya kita harus sampai pada titik di mana kita bisa berkata, "Saya seharusnya/bisa berlaku/bertindak seperti blablabla, agar hal yang sama tidak berulang."

Menurut TS pribadi, salah satu yang paling buruk yang bisa terjadi pada seseorang adalah ketika dia punya "mentalitas korban", karena di saat yang sama saat kita mencari kenyamanan dengan melepaskan tanggung jawab pada faktor di luar diri kita (salah dia, salah pemerintah, salah sistem, dst); di saat yang sama kita menyatakan bahwa kita sama sekali tidak punya kendali atas hidup kita.

Kalau kita sama sekali tidak punya kendali atas hidup kita, lalu bagaimana kita hendak memperbaiki kehidupan kita?

Langkah kelima (fokus ke masa depan),
Tatap masa depan, masa lalu tidak bisa diulang, tapi masa depan masih bisa diperjuangkan.

Pikirkan dalam situasi saat ini, perbaikan apa yang mungkin bisa kita lakukan untuk membuat hidup kita jadi lebih baik.

Mungkin tidak jauh lebih baik, mungkin hanya sedikit lebih baik, tapi itu tetap lebih baik, iya kan?

Dan kalau kita bisa memperbaikinya sedikit demi sedikit, dari hari ke hari menjadi lebih baik, bukankah pada akhirnya masa depan kita jadi jauh lebih baik?

Buat tujuan hidup jangka panjang, menengah dan pendek.

Pastikan tujuan-tujuan itu saling mendukung. Tujuan jangka pendek harus realistis, sehingga kita tidak jadi putus asa karena tujuan tidak juga tercapai.

Sementara tujuan jangka panjang harus punya arti, supaya motivasi itu bisa selalu terjaga.

Langkah ke-enam, (berani melangkah ke depan, jangan berhenti belajar).
Sadari bahwa kita bukan manusia yang sempurna.

Setelah pernah melakukan kesalahan dan belajar dari masa lalu, bukan berarti kita tidak akan melakukan kesalahan kembali. Entah kesalahan yang sama, atau kesalahan yang lain.

Termasuk ketika kita sebenarnya sedang berusaha memperbaiki kehidupan kita, bisa jadi dalam kita berusaha menggapai masa depan yang lebih baik, kita justru jatuh dalam kesalahan yang lain.

Kalau sudah begitu bagaimana?

Ya tidak apa-apa, ulangi saja dari langkah pertama, kedua, atau langsung langkah ketiga.

Kalau kita terlampau takut pada kesalahan dan tidak berani melangkah, bagaimana kita bisa memperbaiki kehidupan kita?

Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
Gbr diambil dr ebay.com

--+++--

Demikian sharing dari TS.

Salam
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh lonelylontong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 3 lainnya memberi reputasi
2
Masuk untuk memberikan balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
01-12-2021 09:00
yup sama ane juga gan...ane sempet punya penyesalan dan berkhayal ingin kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kesalahan...sampe ke psikolog segala emoticon-Cape d... but alhamdulillah sudah bertahun tahun lalu bangkit..perasaan bersalah itu emang gak akan hilang sih karena kaitannya dengan memori ..tapi ane cuma bisa kubur dalam dalam dan fokus ke masa kini dengan kehidupan ane ...thanks sharingnya
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
01-12-2021 09:35
Syukuri apa yang adaaaaa... Hidup adalah anugeraaaaah... Tetap jalani hidup eniiiiih... Melakukan yg terbaeeeeek...
emoticon-Kaskus Radio
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
profile-picture
profile-picture
black.03 dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
01-12-2021 09:42
banyakin koleksi xnxx....
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
01-12-2021 10:34
gampang diucap, susah dilakukan
emoticon-Tepar
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
01-12-2021 11:06
Sturggling ...

dihabitat dengan sebuah pemikiran dari koloni ...
terpola kalo smua itu harus dilakukan sendiri ...

But it'll never come close
To the rage built up inside of me
Fist in the air, in the land of hypocrisy ...

Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan

profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
01-12-2021 11:43
lah ntar kalo beneran pake mesin waktu ke masa lalu malah jadi timeline alternatif emoticon-Hammer2 tapi kalo kayak teorinya Fujiko Fujio (doraemon) sih malah kita harus melakukan 2x pekerjaan yang sama, memarahi diri sendiri di masa lalu dan mau tak mau dimarahi diri sendiri saat ini
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
01-12-2021 11:57
Seharusnya manusia itu gak perlu ada!

Kita hidup, mati & dilupakan
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 72 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 72 balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
01-12-2021 15:11
Ane ingin ke masa lalu...dan merubah takdir supaya dapat cinta si dia emoticon-Mewek
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
01-12-2021 16:54
Kalau ane sih cuman dua aja.
Selalu pikirkan matang2 tiap keputusan yg diambil, kunci utama disini adalah kecepatan. Belajar ngambil keputusan sebaik dan secepat mungkin di posisi kita saat itu.

Kedua, yah terima konsekwensi, apapun hasil dari keputusan tersebut. Kalau masih kurang puas atau ngerasa salah langkah, ulangi poin pertama, dan fokus sama tujuan hidup, apa yg dimauin dalam hidup.

Suksesnya hidup itu bukan karena kaya, atau kerjaan bagus, rumah mewah dsb. Tapi tercapainya tujuan dalam hidup tersebut.
profile-picture
profile-picture
adri141 dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
01-12-2021 18:01
Ada yg bisa kita kontrol, ada yg diluar kuasa kita.
Memahami keduanya maka menjalani hidup terasa lebih ringan.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
01-12-2021 18:50
gimana kalau ternyata reinkarnasi/tumimbal lahir itu suatu kenyataan ?
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
01-12-2021 20:57
Semua manusia mengalami yg yg namanya
Susah dan senang

Nikmatin aja bro
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
01-12-2021 22:12
Yang paling susah ntu memaafkan diri sendiri
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
01-12-2021 23:18
Makin lama idup justru makin bertambah penyesalannya wkwk
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
02-12-2021 06:08
Wahh baca ini berasa gimana gitu, nasehatnya kena banget buat ane emoticon-Mewek

Penyesalan dalam hidup ane satu"nya g nurut apa yg dikatakan almrhmh ibu ane, klo inget suka nyesek. Kenapa ya gw g nurut, kenapa mesti ngelawan.... Nyesellll banget sumpah

Mungkin hidup ane bakalan jauh lebih baik klo ane nurut,g akan ada sakit hati ato kecewa apalagi penyesalan
karna pilihan ane ternyata salah besar, apa yang ane perjuangkan dulu hasilnya cuma pengkhianatan yang ane dapat

Tp bener kata agan, kita g akan pernah bisa kembali ke masa lalu. Jalani dan syukuri cuma itu yg bisa kita lakukan...
profile-picture
profile-picture
lovely55 dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
02-12-2021 06:24
kalo mengulang masa lalu berarti pikiran kita balik jaman dulu juga dong. kecuali time travel macem back to future
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Untuk Menjalani dan Mengakhiri Hidup Tanpa Penyesalan
02-12-2021 06:51
Menurut gua kenapa ada penyesalan? Karena itu tandanya dalam melakukan sesuatu, kita kurang maksimal
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia