Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
139
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a62656c7bb1403302f191b/bajing-loncat-di-zaman-orde-baru-hilang-tinggal-nama
Hi gan, gimana hari ini selalu sehat selalu. Jangan lupa olahraga, mandi serta istirahat yang cukup. Sebelum baca thread ini pastikan sikat gigi, pakai masker bila diluar lalu ketatkan ikat pinggang, jangan lupa pakai celana dan cekicrot.
Lapor Hansip
30-11-2021 20:25

Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama

Dear kaskuser,

Hi gan, gimana hari ini selalu sehat selalu. Jangan lupa olahraga, mandi serta istirahat yang cukup. Sebelum baca thread ini pastikan sikat gigi, pakai masker bila diluar lalu ketatkan ikat pinggang, jangan lupa pakai celana dan cekicrot.

Kali ini gw mau bahas tentang bajing loncat, bahasa lain dari maling yang mengambil barang-barang dari dalam kendaraan yang sedang melintas.

Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama

Bajing loncat adalah para preman yang sering melakukan tindakan kejahatan, terutama di wilayah Sumatera lintas timur bahkan di Pantura sebelum ada jalan tol aksi mereka menjadikan rasa ketakutan tersendiri bagi pengguna jalan raya yang melintas.

Aksinya bisa dibilang nekat, terkadang menghentikan truk yang sedang melintas dijalan dan tak segan melukai korbannya selain menjarah barang berharga yang dibawa sang korban.

Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama

Biasanya mereka meloncat ke dalam truk dan mengancam sang supir dengan senjata tajam, atau langsung menjarah isi barang truk yang sedang berjalan. Maraknya aksi ini disebut dengan nama bajing loncat. Karena mereka sangat lincah seperti bajing yang loncat dari pohon satu ke pohon lainnya dengan mudah.

Fenomena bajing loncat ini memang sudah lama ada, maka untuk menanggulangi hal ini pada masa orde baru dilakukanlah tindakan Petrus untuk menekan angka kriminalitas tinggi di tahun 1980an.

Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama

Penembakan Misterius terjadi dari tahun 1983 hingga 1985, dan sukses menekan angka kejahatan yang dilakukan para pelaku kriminal atau kejahatan, seperti preman, perampok, bajing loncat, begal, jambret dan lain-lain. 

Suksesnya petrus membuat sistem ini diteruskan hingga tahun-tahun berikutnya, bahkan mereka yang rambutnya gondrong dan bertato lamgsung menghapus tato dan potong rambut.

Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama

Situasi memang aman namun Petrus dinilai melanggar HAM, karena mengadili seseorang sebelum melakukan tindakan kejahatan baru terindikasi langsung dihilangkan nyawanya.

Akibat tekanan dari pihak Internasional taktik ini dihentikan pada tahun 1985, setelah orde baru runtuh kejahatan kembali marak dan bajing loncat mulai kembali beraksi.

Quote:

Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama

Lo bayangin aja deh gan, peristiwa Petrus ini membuat angka kejahatan menurun secara signifikan, khususnya tahun 1983. 

Kejahatan kekerasan di Yogyakarta menurun dari 57 menjadi 20 dan Semarang menurun dari 78 menjadi 50. 

Dari kasus ini, pada 1983, tercatat sebanyak 532 orang tewas dan 367 tewas karena luka tembak. 

Kemudian, pada 1984, ada 107 tewas dan pada 1985 sejumlah 74 orang tewas, 28 di antaranya tewas karena ditembak. 

Sumber https://www.kompas.com/stori/read/20...SUFrbw..#page2



Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama

Kalau sekarang, pelaku begal yang tewas hukum bisa mengarah kepada korban yang menjadi tersangka. Bahkan hukum saat ini terkesan tidak tegas, bahkan bajing loncatnya sendiri adalah penegak hukum dimana tilang bukan sim yang ditahan malah minta bawang.

Kacaw...kacaw....

*****




Nah apa nih pendapat kalian tentang hal ini? Sekian pembahasan kali ini, semoga sukses selalu terima kasih.

Salam from Boyo,

Sumber klik
Diubah oleh .Boyo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Uprutz dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
30-11-2021 20:27
Bonus

Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
0 0
0
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
30-11-2021 21:41
Skrg begalBajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
01-12-2021 13:59
sebuah hal yang sulit dipercaya tapi benar2 ada emoticon-Takut
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
01-12-2021 14:55
Salah satu keunggulan zaman orba "petrus"
Diubah oleh keeptalking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 21:04
hrs ada petrus lg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
habibpalsu14756 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 21:10
Repot ntar polisi teges dikit manjanya minta ampun trs diviralkan biar dibelain netizen
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 21:10
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imamarbai dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 84 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 84 balasan
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 21:13
kalo dari pemerintah sendiri sih gak bakalan berani ngaktifin petrus lagi...mungkin disini ada yg mau jadi pahlawan bertopeng?emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 21:13
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decepticon2301 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 21:14
Ya silahkan main hakim sendiri kalau punya nyali, ga usah balik ke masa lampau atau ngarep ke aparat yang ga becus itu, solusi itu dibikin jangan dibacotin...emoticon-Ngacir
0 0
0
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 21:17
Di tanjung priok masih ada tuh. Biasanya incar truck tangki berisi BBM. Kerannya di buka dan nampung pakai plastik atau dirigen dalam keadaan truck masih berjalan di kecepatan rendah.
profile-picture
profile-picture
Uprutz dan aan1984 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 21:19

Daftar preman jogja yg selamat

Kintoko
Gunjack
Cak Abu



Ketiga diatas almarhum semua / mati tua
profile-picture
arsitek78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 21:20
Berburu bajing selain ditembak diapain emoticon-Bingung
profile-picture
aan1984 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 21:29
klo sekarang emg udah jarang berita bajing loncat malah lebih banyak berita begal p*yudara..😂😂
0 0
0
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 21:55
Gotham city masih marak nih, apalagi sekitar Belawan emoticon-Wakaka
0 0
0
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 21:56
yap setiap hal pasti ada plus minus, era otoriter kek soeharto w akuin keamanan negara terjamin banget sih, kek dari palembang ke jakarta berangkat jalur darat jam malem atau dini hari aman-aman aja, pas era reformasi malah begal, genk motor, dll di daerah lampung situ malah jadi banyak banget kan. Ya plusnya itu minusnya itu bisa disalah gunain misal aparatnya punya kepentingan pribadi atau kepentingan politis sih paling.
profile-picture
haekalxt memberi reputasi
1 0
1
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 21:57
tahun dimana petrus beraksi ga ada orang tattoan, kalopun ada ga akan diperlihatkan...karena tatto dijaman itu identik dengan preman, karena biasanya para residivis mendapat oleh2 tatto dari penjara atau ada kelompok preman yang pakai tatto tertentu untuk identitas..tapi itu dulu...
lah sekarang..punya tatto dilengan kalo kemana-mana pake kaos buntung biar tattonya keliatanemoticon-Ngakak
Diubah oleh byakyo
profile-picture
profile-picture
makarovsergey dan haekalxt memberi reputasi
2 0
2
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 22:06
pemuda goblok yang kena asumsi dari orang goblok yang mengatasnamakan ekonomi. Jauh lebih mulia elu ngamen coeg daripada Maling. otak ama dengkul sama sama kosong.

Minta batanya hu emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
haekalxt dan 6 lainnya memberi reputasi
2 5
-3
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 23:07
Pernah liat pas kecil lgsung pke mata sendiri.
Ada di atas truk belakang ada motor.

Dkira lagi ngapain, dijelasin sma bokap itu bajing loncat
Masih kecil masih biasa aja dulu liatnya ga ngerti wkwkw
profile-picture
haekalxt memberi reputasi
1 0
1
Bajing Loncat, Di Zaman Orde Baru Hilang Tinggal Nama
04-12-2021 23:21
bajing luncat emoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia