News
Batal
KATEGORI
link has been copied
84
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a60b483e501a18d9433cb0/minta-menaker-tinjau-ulang-ump-anies-dinilai-salah-alamat
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menilai permintaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar penghitungan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta ditinjau ulang kurang pas jika dialamatkan kepada Kemnaker. Staf Khusus Kementerian Ketenagakerjaan Dita Indah Sari menjelaskan bahwa Kemnaker belum menerima surat dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dikirimkan kepada Menteri
Lapor Hansip
30-11-2021 18:30

Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat

Past Hot Thread
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat

Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menilai permintaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar penghitungan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta ditinjau ulang kurang pas jika dialamatkan kepada Kemnaker.

Staf Khusus Kementerian Ketenagakerjaan Dita Indah Sari menjelaskan bahwa Kemnaker belum menerima surat dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dikirimkan kepada Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah terkait UMP 2022. Pihaknya baru mengetahui dari pemberitaan di media massa.

"Terkait isi surat yang sudah beredar di media massa, kurang pas jika Pak Gub meminta Kemnaker meninjau ulang aturan penghitungan UM (upah minimum) di DKI," katanya melalui pesan singkat kepada detikcom, Selasa (30/11/2021).

Dia menjelaskan bahwa Kemnaker tidak memiliki wewenang untuk mengutak-atik Peraturan Pemerintah (PP), atau mengecualikan wilayah tertentu untuk tidak menjalankan PP yang berlaku.

PP yang dimaksud di sini adalah Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan. Itu merupakan payung hukum yang mengatur formula penghitungan upah minimum di Indonesia.

"Kemnaker tidak punya kewenangan mengubah PP, atau mengecualikan PP untuk tidak dijalankan di wilayah tertentu," jelasnya.

Baca juga:
Kemnaker Belum Terima Surat Anies Minta Tinjau Ulang Perhitungan UMP

Diketahui bahwa surat yang beredar berisi permintaan Anies agar Menaker dapat meninjau ulang formula penetapan UMP untuk tahun 2022. Hal itu disampaikan melalui Surat nomor 533/-085.15 dengan perihal Usulan Peninjauan Kembali Formula Penetapan UMP yang diteken pada 22 November 2021 lalu.

Formula penetapan UMP 2022 sendiri diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 36/2021 tentang Pengupahan. Berdasarkan formula tersebut, kenaikan UMP di DKI Jakarta tahun 2022 hanya naik sebesar Rp 39,749 (0,85%) menjadi Rp 4.453.935 per bulan.

"Kenaikan yang hanya sebesar Rp 38 ribu ini dirasa amat jauh dari layak dan tidak memenuhi asas keadilan, mengingat peningkatan kebutuhan hidup pekerja/buruh terlihat dari Inflasi di DKI Jakarta yaitu sebesar 1,14%," kata Anies dalam surat itu dikutip Selasa (30/11/2021).

Dalam surat itu juga disebut, Anies mengatakan, perubahan formula penetapan UMP diperlukan lantaran dinamika pertumbuhan ekonomi yang tidak semua sektor lapangan usaha mengalami penurunan selama pandemi COVID-19. Bahkan, sebagian di antaranya mengalami peningkatan seperti sektor transportasi dan pergudangan, informasi dan komunikasi, jasa keuangan, jasa kesehatan dan kegiatan sosial.

"Berkenaan hal tersebut, dengan hormat kami mengusulkan dan mengharapkan kepada Ibu Menteri untuk dapat meninjau kembali formula penetapan Upah Minimum Provinsi sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan agar dapat memenuhi asas keadilan dan hubungan industrial yang harmonis, sehingga kesejahteraan pekerja/buruh dapat terwujud," jelasnya.

https://finance.detik.com/berita-eko...i-salah-alamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 18:33
"Kemnaker tidak punya kewenangan mengubah PP, atau mengecualikan PP untuk tidak dijalankan di wilayah tertentu," jelasnya.

Ppppffftttt....

Selalu menimbulkan masalah baru...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diyra4 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 18:38
Ada yang bisa jelaskan hubungan formulasi ya dengan kenaikan upah Jakarta? Apa itu berarti 38rb adalah kenaikan maksimal yang bisa dilakukan dengan formulasi tersebut?
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 18:41
Jadi siapa yang menentukan UMR ? Hantu kah ?
profile-picture
profile-picture
samsol... dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 18:41
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 18:44
Formula eek itu perlu dikaji ulang nis.
Uang sudah dibayar tapi ga tau mau balapan di mana
profile-picture
profile-picture
samsol... dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 18:44
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GEMPAL00 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 18:50
itu buruh oportunistik mana bisa dikibulin pake surat mengarang indah.
dikata masih jaman kartini gitu main kirim-kirim surat inspirasional?emoticon-Ngakak (S)
cuma ngummat seimin yang pasrah nonggeng ditusbol kata-kata indah.
profile-picture
profile-picture
smogal dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 19:00
Terbiasa mengalihkan masalah pada orang lain ya gitu.
profile-picture
profile-picture
samsol... dan servesiwi memberi reputasi
2 0
2
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 19:01
Yang penting udah kirim surat emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
samsol... dan servesiwi memberi reputasi
2 0
2
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 19:08
Wan anus minta menaker be like


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 19:08
hmmmm....
hrs ny ini jd moment penting anis....
saatny jd pahlawan....
naikin aja umr jkt mlebihi kententuan pemrintah....
toh sangsiny paling berat d impeachment.....
emoticon-Cool
jabatan gub tinggal brrp saat lg...
nggk ad ruginy jg....
anis bisa make impeachment itu sbg modal pilpres...
mega n sby udah pke strategi itu dan terbukti berhasil....
bujer jg tugasny lbh gampang...tinggal poles dikit masuk itu barang....
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 19:18
Jadi surat nya belum sampe ke kemnaker?
emoticon-Hammer2
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 19:22
Yahmen amjink ini sllu bkin mslh..
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 19:27
Yg penting lempar dulu ke sebelahemoticon-Leh Uga
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 19:33
wakakakakak .. hayoo lohh sang MC kebingungan lageee... kirim surat ke mentri suruh ubah PP mentri itu cuma keluarin KepMen .. kalo PP .. ya ente naik keatasnya lagi lah ..tanyain ke mister Jack...sang mantan bos brani gak ? .. bud bud .. dongok kok keterlaluan .. emoticon-Wkwkwk
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 19:36
Wan abud wan abud..

emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 19:45
Anis for 2024
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 19:54
Pak anies bakal pimpin demo pemerintah nih kalo begini.... maju pak anies


emoticon-Leh Uga
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 19:58
Oh bagi anies mania, UMP itu singkatan dari Upah Minimum Pemerintah Pusat emoticon-Leh Uga
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Minta Menaker Tinjau Ulang UMP, Anies Dinilai Salah Alamat
30-11-2021 20:14
Serius nanya sebnarnya yang menentukan upah minimum itu siapa sih?
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia