News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a5f5629b0021282e72af33/mewaspadai-dan-mengenal-varian-omicron
Permasalahan Covid-19 belum sepenuhnya selesai bahkan saat ini, drama covid masih menggemparkan dunia dengan munculnya varian virus baru yang diberi nama omicron, oleh WHO. Bahkan beberapa hari belakangan, banyak negara yang mulai perketat aturan untuk pergerakan warganya guna mempersempit penyebaran covid-19 dengan mempersulit kedatangan warga negara asing. Dan di masing-masing negara juga melaku
Lapor Hansip
30-11-2021 16:56

Mewaspadai dan Mengenal Varian Omicron

Permasalahan Covid-19 belum sepenuhnya selesai bahkan saat ini, drama covid masih menggemparkan dunia dengan munculnya varian virus baru yang diberi nama omicron, oleh WHO.

Bahkan beberapa hari belakangan, banyak negara yang mulai perketat aturan untuk pergerakan warganya guna mempersempit penyebaran covid-19 dengan mempersulit kedatangan warga negara asing.

Dan di masing-masing negara juga melakukan lockdown di negaranya guna mengurangi penyebaran omicron, karenanya varian terbaru ini pertama dideteksi di Afrika Selatan, bahkan para ahli menyebut, tingkat penularannya lebih hebat dari varian Covid-19 lain-lain.

Dari sini terdapat kekhawatiran dari para pemimpin dunia, berkaitan dengan efikasi daripada vaksin Covid-19 yang telah banyak tersebar dan dikonsumsi oleh para warga, namun tidak terlalu manjur untuk melawan varian Omicron.

Dan dibawah ini adalah fakta yang telah dipelajari para ahli terkait Omicron atau dengan nama ilmiah B.1.1.529. WHO memasukan Omicron dalam daftar Variant of Concern (VOC).

Variant of Concern merupakan varian yang menjadi perhatian karena memiliki tingkat penularan tinggi, virulensi yang tinggi, dan menurunkan efektivitas diagnosis, terapi serta vaksin yang ada.

Omicron bergabung dengan beberapa varian lain yang lebih dulu masuk kategori Varian of Concern WHO yakni varian Alpha, Beta, Gamma, dan Delta.

Saat ini, kasus Covid-19 varian Omicron di Afrika Selatan meningkat di hampir setiap provinsi di negara itu. Kini, varian dengan nomor ilmiah B.1.1.529 itu telah menyebar ke setidaknya delapan negara mulai dari Inggris, Jerman, Belgia, hingga Hong Kong.

Pusat pencegahan dan Pengadilan Penyakit Eropa mengatakan varian Omicron berpotensi lolos kekebalan vaksin dan lebih cepat menular dibandingkan varian Delta.

Mewaspadai dan Mengenal Varian Omicron

Sampai kini, para ahli dan ilmuwan terus meneliti meski belum bisa menjelaskan sedetail apa varian ini apakah lebih cepat menular ataupun mengurangi efektivitas dari vaksin Covid-19 yang telah banyak didistribusikan
 
Salah satu yang menjadi kekhawatiran adalah varian ini mempunyai jumlah mutasi yang amat tinggi, bahkan lebih dari 30 sel kunci protein spike. Jumlah mutasi itu tidak biasa jika dibandingkan dengan varian Covid-19 lainnya selama ini.

Para ilmuwan khawatir tingginya jumlah mutasi Omicron dapat membuat varian Covid-19 ini lebih mudah menular dan mengurangi kekebalan imun.

Para ilmuwan berulang kali menegaskan bahwa mutasi dan varian virus corona akan terus bermunculan. Varian Omicron menjadi salah satu yang menurut para ahli perlu diwaspadai dunia. Segera persiapkan diri dengan asuransi covid 19


0
Masuk untuk memberikan balasan
Mewaspadai dan Mengenal Varian Omicron
03-12-2021 15:58
Meski pandemi sudah satu tahun pandemi ini telah berlalu tapi, virus covid masih ada dan semakin bertambahnya penyebaran kasus, semakin banyak dijumpai variasi mutasi dari virus tersebut, salah satunya varian Omicron, yang pertama kali dijumpai kasusnya di benua Afrika, tepatnya negara Afrika Selatan.

Mari kita aware terhadap Perkembangan Virus ini, dan kita diskusikan bersama di thread ini.

Karikatur mengenai Varian omicron (dikutip dari Instagram Persi Pusat)


Semoga agan and sis sehat2 selalu

emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
asuransiku.id memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia