News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a5c8e75041dd3ddb0384d5/manfaat-teknologi-pendidikan-ar-bagi-siswa-dan-pengajar
Seiring berkembangnya teknologi, metode pendidikan tradisional yang kita kenal selama ini menjadi semakin tidak relevan, khususnya di era new normal saat ini yang memaksa harus membatasi kegiatan di ruang kelas. Faktanya, industri teknologi pendidikan (EdTech) khususnya teknologi Augmented Reality (AR) diperkirakan akan mencapai 680,1 miliar USD di tahun 2027 dengan tingkat pertumbuhan tahunan seb
Lapor Hansip
30-11-2021 13:47

Manfaat Teknologi Pendidikan AR bagi Siswa dan Pengajar

Manfaat Teknologi Pendidikan AR bagi Siswa dan Pengajar


Seiring berkembangnya teknologi, metode pendidikan tradisional yang kita kenal selama ini menjadi semakin tidak relevan, khususnya di era new normal saat ini yang memaksa harus membatasi kegiatan di ruang kelas. Faktanya, industri teknologi pendidikan (EdTech) khususnya teknologi Augmented Reality (AR)diperkirakan akan mencapai 680,1 miliar USD di tahun 2027 dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 17,9%. Manfaat teknologi pendidikan AR yang luar biasa menempatkannya pada posisi terdepan dalam industri EdTech, dengan nilai diperkirakan mencapai lebih dari 5,3 miliar USD pada tahun 2023.

Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi tren EdTech ini secara lebih rinci serta memberikan ide-ide segar dan saran ahli tentang penerapan AR dalam pendidikan, sehingga dapat berperan lebih optimal dalam membantu siswa untuk lebih mudah dalam memperoleh, memproses, dan mengingat informasi. Disamping manfaat ARlainnya yang tidak kalah penting yaitu membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Ini juga tidak terbatas pada satu kelompok usia atau tingkat pendidikan, dan dapat digunakan dengan baik di semua tingkat sekolah mulai pendidikan pra-sekolah hingga perguruan tinggi, atau bahkan di tempat kerja.

8 Manfaat Teknologi Pendidikan AR

Manfaat Teknologi Pendidikan AR bagi Siswa dan Pengajar

Materi pembelajaran dapat diakses kapanpun dan dimanapun:Augmented reality berpotensi menggantikan buku teks kertas, model fisik, poster, dan manual cetak. Ini menawarkan materi pembelajaran portabel dan lebih murah. Alhasil, pendidikan menjadi lebih mudah diakses secara mobile.


Tidak perlu peralatan khusus: Tidak seperti VR, augmented reality tidak memerlukan perangkat keras yang mahal. Karena 73% dari semua remaja saat ini memiliki smartphone, teknologi AR segera tersedia untuk digunakan oleh sebagian besar target pengguna.


Tingkatkan keterlibatan dan minat siswa: Pembelajaran AR yang interaktif dan gamified dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi siswa. Itu membuat mereka tetap terlibat sepanjang pelajaran dan membuat pengalaman belajar menjadi menyenangkan dan mudah.


Peningkatan kemampuan kolaborasi: Aplikasi augmented reality menawarkan peluang besar untuk mendiversifikasi dan mengubah kelas yang membosankan menjadi lebih interaktif, dimana semua siswa terlibat dalam proses pembelajaran pada saat yang sama, sehingga membantu meningkatkan keterampilan kerja tim.


Proses belajar lebih cepat dan efektif: Manfaat teknologi pendidikan AR membantu siswa mencapai hasil yang lebih baik melalui visualisasi dan keterlibatan penuh dalam materi pelajaran karena "sebuah gambar bernilai seribu kata". Jadi, alih-alih membaca teori tentang suatu mata pelajaran, siswa dapat melihat dan berinteraksi dengannya dengan mata kepala sendiri.


Pembelajaran praktis: Selain sekolah, pelatihan profesional juga dapat memperoleh manfaat besar dari penggunaan AR. Misalnya, konten AR yang mereproduksi kondisi di lapangan secara akurat dapat membantu menguasai keterampilan praktis yang diperlukan untuk pekerjaan tertentu.


Pelatihan kerja aman dan efisien: Bayangkan bisa berlatih dalam operasi jantung atau mengoperasikan pesawat ulang-alik tanpa membahayakan orang lain atau mempertaruhkan jutaan dolar dalam kerusakan jika terjadi kesalahan. AR dapat melakukan hal itu.


Dapat diterapkan untuk semua tingkat pendidikan dan pelatihan: Baik itu game pembelajaran untuk taman kanak-kanak atau pelatihan di tempat kerja, AR tidak terbatas hanya pada satu kasus penggunaan atau bidang tertentu saja.

Bagaimana AR dalam pendidikan bekerja

AR adalah bagian dari konsep Extended Reality (XR)yang lebih besar, yang juga mencakup teknologi VR dan MR. Augmented reality meningkatkan lingkungan dunia nyata dengan teks, efek suara, grafik, dan multimedia. Dengan kata lain, AR memberi kita versi yang diperkaya dari lingkungan sekitar kita dengan melapisi konten digital di atas representasi grafis dari dunia nyata.

Perangkat keras untuk pembelajaran AR mungkin cukup mendasar, seperti kamera ponsel cerdas untuk memainkan game PokemonGo yang populer. Namun, perangkat keras berupa kacamata ARseperti Google Glass, Dream Glass, dan Vizux Blade bisa dibilang lebih nyaman untuk menghadirkan AR kepada konsumen.

Manfaat teknologi pendidikan AR dan pelatihan sangat beragam dan memungkinkan pengadopsinya untuk belajar saat bepergian menggunakan instruksi waktu nyata.

Teknologi AR dalam Pendidikan

Manfaat Teknologi Pendidikan AR bagi Siswa dan Pengajar

Berikut adalah beberapa contoh luar biasa dari manfaat teknologi pendidikan AR dalam berbagai bidang dan tingkat pembelajaran.

Aplikasi AR untuk anak-anak: Bukan rahasia lagi, anak-anak adalah pengadopsi teknologi inovatif seperti AR. Beberapa aplikasi pendidikan augmented reality yang paling cerdik dibuat untuk pengguna termuda. Terinspirasi oleh kesuksesan PokemonGo, vendor ARtengah giat membangun aplikasi yang mengubah cara anak-anak membaca buku, melihat seni dan poster, belajar sains, dan melakukan eksperimen laboratorium kelas.

Augmented reality di dalam kelas: Mungkin, aplikasi yang paling populer untuk augmented reality dalam pendidikan adalah penggunaan aplikasi AR langsung di dalam kelas. Dalam hal ini, mereka dapat membantu guru menjelaskan suatu mata pelajaran, memberikan representasi visual dari materi, dan membantu siswa menguji pengetahuan mereka dalam praktik.

Anda dapat menerapkan aplikasi AR untuk hampir semua mata pelajaran, termasuk kimia, geometri, zoologi, tata bahasa, dan bahkan pemrograman.

Pembelajaran jarak jauh: Dengan menggunakan augmented reality, siswa dapat belajar bahkan di luar kelas. Terlebih lagi, pembelajaran online atau jarak jauh bisa lebih mudah dan efisien dengan materi pendidikan berbantuan AR.

Marketing sekolah / universitas:Ada potensi besar dalam teknologi AR untuk pemasaran dan periklanan, bahkan di bidang pendidikan. Sejumlah universitas di AS sudah menggunakan tur AR untuk meningkatkan jumlah pendaftaran mahasiswa baru dan membantu mereka menelusuri sekitar kampus.

Misalnya, Community College of Beaver County, Pennsylvania, menggunakan augmented reality untuk menyampaikan berbagai jenis konten, termasuk video, audio, dan publikasi digital. Dengan demikian, aplikasi ini menyediakan cara yang menyenangkan dan informatif untuk menjelajahi kampus. Aplikasi ini juga memiliki elemen gamifikasi untuk membuat pengalaman menjadi lebih menarik.

AR untuk digitalisasi museum:AR semakin banyak digunakan untuk meningkatkan pengalaman museum bagi audiens saat ini yang mendambakan interaktivitas. Dengan menambahkan konten AR ke objek seperti patung dan lukisan, artefak bersejarah, dokumen, dan monumen arsitektur, museum dapat menciptakan lebih banyak keterlibatan dan meningkatkan minat pengunjung terhadap warisan seni atau budaya.

Teknologi AR untuk Pelatihan



Pelatihan Kesehatan:Profesi medis membutuhkan tingkat kemahiran dan akurasi yang tinggi karena kesalahan yang mungkin terjadi dapat berdampak negatif pada kesehatan dan kesejahteraan pasien. Augmented reality dalam pendidikan kedokteran biasanya diterapkan untuk membantu peserta didik belajar melalui representasi visual interaktif, membuat simulasi dan melatih mahasiswa kedokteran, dan mempraktikkan operasi atau prosedur medis lainnya pada pasien virtual.

Misalnya, AnatomyNow adalah aplikasi pelatihan anatomi tubuhyang membantu mahasiswa kedokteran belajar tentang tubuh manusia menggunakan simulasi AR.

Pelatihan Luar Angkasa: Secara historis, industri luar angkasa telah menjadi yang terdepan dalam mengadopsi teknologi baru, dan AR tidak terkecuali. Saat ini, sektor luar angkasa memanfaatkan pembelajaran AR untuk melatih astronot dan insinyur cara melakukan tugas kompleks yang membutuhkan keterampilan teknis dan presisi tingkat lanjut. Mempelajari cara membangun kapsul ruang angkasa, memelihara stasiun ruang angkasa, dan bahkan menjelajahi permukaan planet yang tidak dikenal itu mudah menggunakan instruksi waktu nyata yang diproyeksikan melalui kacamata AR.

Misalnya, NASAsaat ini menggunakan AR untuk mengajari astronot berjalan di permukaan Mars menggunakan gambar digital.

Pelatihan Militer: Sektor militer menawarkan beberapa contoh augmented realityyang paling mengesankan dalam pelatihan. Sebagai aturan, tentara harus pindah ke tempat tertentu untuk pelatihan militer, yang seringkali memakan waktu dan biaya mahal. AR dapat meniru lingkungan, yang sangat mirip dengan situasi dan lingkungan di mana tentara akan beroperasi.

Demikian pula, AR dapat meniru lingkungan pertempuran dengan memproyeksikan gambar digital senjata, musuh, dan kendaraan ke kacamata AR, tanpa membahayakan tentara. Misalnya, marinir AS menggunakan teknologi AR untuk membantu mereka mencapai tujuan pelatihan.

Pelatihan Manufaktur: Beberapa contoh paling spektakuler tentang bagaimana augmented reality dapat digunakan dalam pelatihan dapat ditemukan di sektor manufaktur. Sementara sebelumnya, mempelajari cara mengoperasikan mesin yang rumit membutuhkan persiapan yang lama dan banyak pengetahuan teoretis, pekerja saat ini dapat menyelesaikan tugas mereka menggunakan instruksi waktu nyata yang diproyeksikan pada kacamata AR.

Selain itu, perusahaan sekarang dapat mempekerjakan karyawan dengan keterampilan dan pengalaman dasar dan melatih mereka saat bepergian menggunakan instruksi AR. Siemens, misalnya, menggunakan AR untuk mengajari karyawannya cara mengelas menggunakan simulasi AR.

Kesimpulan

Seperti yang sudah kita bahas di atas, augmented reality dalam pendidikan memiliki potensi yang sangat besar. Dengan adopsi teknologi seluler saat ini dan kemajuan terbaru dalam perangkat keras, AR menjadi lebih mudah diakses dan digunakan secara luas. Oleh karena itu, sekarang adalah saat yang tepat untuk melangkah maju menyambut trend terbaru dalam teknologi pendidikan ini.


0
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia