Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
314
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a5799cbf66a1519e3e6169/kalau-ganja-dilegalkan-setuju-atau-tidak
Pagi-pagi TS nonton TV sambil makan mie instant, isi tayangannya tentang Nia Rahmadhani dan Ardi Bakrie yang baru saja selesai menjalani rehabilitasi. TS jadi berpikir tentang masalah narkoba ini, utamanya jenis ganja atau mariyuana.
Lapor Hansip
30-11-2021 08:08

Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
Gbr diambil dr Harian9.com

Pagi-pagi TS nonton TV sambil makan mie instant, isi tayangannya tentang Nia Rahmadhani dan Ardi Bakrie yang baru saja selesai menjalani rehabilitasi.

TS jadi berpikir tentang masalah narkoba ini, utamanya jenis ganja atau mariyuana.

Di Indonesia memang sudah jelas penggunaan ganja itu melanggar hukum.

Namun di dunia ini, ada beberapa negara yang justru melegalkan ganja. Termasuk beberapa negara maju seperti Belanda, Kanada dan Australia. Mereka melegalkan pemakaian narkoba ganja atau mariyuana, dengan berbagai batasan, termasuk penggunaan harian yang tidak boleh melebihi batas tertentu.

Ada beberapa alasan yang diajukan mereka yang pro terhadap dilegalkannya ganja.

Menurut mereka yang pro, dari sisi kesehatan mariyuana atau ganja tidak terlalu berbahaya. Bahkan katanya memiliki efek positif bagi penderita penyakit kanker, mulai dari sekedar meringankan mual setelah kemoterapi, sampai ada yang berpendapat ganja bisa menyembuhkan atau membunuh sel kanker.

Dari sisi ekonomi, apabila dilegalkan artinya pemasukan pajak bagi pemerintah dan juga lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Itu beberapa argumen dari mereka yang pro untuk dilegalkannya ganja.

Namun apa tidak ada efek negatif dari ganja? Kalau tidak ada efek negatifnya kenapa kemudian ganja termasuk barang yang terlarang?

Pertama ada efek adiktif dalam penggunaan ganja. Artinya penggunaan cenderung meningkat seiring makin seringnya mengonsumsi dan akan muncul efek ketergantungan.

Kemudian penggunaan ganja akan mempengaruhi kerja otak, kemampuan berpikir dan kemampuan mengingat.

Penggunaan ganja dalam jumlah kecil, atau untuk tujuan kesehatan mungkin tidak masalah. Akan tetapi begitu penggunaan ganja dilegalkan, bagaimana cara kontrol agar orang-orang tidak mengonsumsinya secara berlebihan?

Efek penggunaan ganja yang berlebihan sudah jelas buruk, baik bagi individu maupun masyarakat.

Bisa jadi nanti timbul permasalahan sosial yang lebih berat dari keuntungan yang didapatkan dengan melegalkan ganja. Pengawasan agar penggunaannya tak melewati batas yang diijinkan, tentu sama sulitnya, kalau tidak malah lebih sulit dari penegakan hukum untuk melarang penggunaan.

Jadi kalau menurut TS memang sudah tepat bila ganja termasuk sebagai obat terlarang.

Meski tentu perlu kebijakan khusus dalam hal penggunaannya untuk kesehatan.

Apalagi kalau terbukti ada kandungan dalam ganja yang bisa menyembuhkan kanker.

Kalau menurut gansists sekalian bagaimana?


Sumber referensi :
1. https://m.rri.co.id/humaniora/info-p...legalkan-ganja

2. https://m.liputan6.com/citizen6/read...anker-payudara

3. https://m.liputan6.com/health/read/4...nja-pada-tubuh

4. https://litbang.kemendagri.go.id/web...-tumor-kanker/



Beberapa Komentar yg nggak setuju dan alasannya.

Quote:Original Posted By meridianasyl
Secara pribadi? maka ya.
Secara sosio ekonomik? maka ga.

Kalau masyarakat aja udah terbilang gak produktif, ditambah lagi beginian yah makin gak produktif dan menambah tingkat kriminalitas., jika seluruh rakyat bukan pemalas yah gak masalah. work hard play hard.


kalau ada yang bilang "lah kan bawaan 'high'nya beda ganja lebih tenang bla bla bla jadi gak mungkin melakukan tindak kriminal" yah jawabannya bukan karena kondisi highnya yang saat itu dialami menambah keinginan orang untuk berbuat tindak kriminal, karena beberapa minuman juga bikin tenang, turned on, ataupun tidur.
Tetapi dikarenakan akan jauh lebih banyak orang yang melakukan tindakan kriminal untuk bisa menikmati kondisi High/Mabuk itu sendiri.


Kebanyakan orang yang melakukan tindak kejahatan itu sadar atau setengah sadar loh, kalau gak sadar maka mereka tidur.


Quote:Original Posted By makarovsergey
Untuk saat ini sih nope, gini gan okelah secara medis emang ganja punya banyak manfaat dan itu mungkin yg jadi pertimbangan dilegalkan di malaysia untuk keperluan medis. Loh klo gitu legalin juga di indo buat keperluan medis aja lah ? masalahnya indonesia kompleks banget gan, kkn tuh dah berurat berakar di indo. Contoh aja batan yg notabene badan negara yg kudunya punya ketelitian dan kehati2an paling tinggi dalam penanganan limbah radioaktif, justru ngejual beliin hal tsb(illegal) dan sisanya dibuang sembarangan. Petugas pcr bandara juga bisa kita liat di bandara medan kmaren terbukti ngadalin make test kit bekas biar cuan. Udah bobrok indo tuh sampe ke akar2nya, jadi kalau misal ganja dilegalin di indo, gapake waktu setahun paling itu udah beredar luas di masyarakat kelas bawah karena banyaknya "oknum" yg ngejualin ganja tsb secara illegal. Ya mirip kaya sertif vaksin aja banyak yg malsuin kan karena peluang cuannya gede, apalagi ganja wkwk.


Quote:Original Posted By senopati_raja
mungkin lebih tepatnya PEMANFAATAN GANJA gan..
karena stigma yang muncul selama ini kalau mendengar legalisasi ganja itu adalah orang bebas menghisap ganja dimana saja..

PEMANFAATAN GANJA itu sebenarnya bukan hal baru kalau mau di lakukan, sama seperti PEMANFAATAN HEROIN untuk MEDIS atau kalau karena ADIKTIF nya kita juga udah memanfaatkan NIKOTIN di MINUMAN ENERGI atau di ROKOK..

Kalau kita bahas efek samping, semua juga punya efek samping. ROKOK malah menyebabkan kematian, BIR atau ALKOHOL juga tidak lebih baik dari GANJA. Semua kan tergantung penggunaannya.

Untuk PEMANFAATAN GANJA ini lebih pada ketakutan tidak bisa mengontrolnya, karena ada beberapa lapisan yang "tidak tegas" dalam menjalankan fungsinya.

kalau aku secara pribadi, setujua aja dalam PEMANFAATAN GANJA dengan TUJUAN YANG JELAS karena secara sejarah telah dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari


Quote:Original Posted By Fey1985
kalau ganja dilegalkan dinegara kita ini saya tidak setuju gan, dengan alasan berikut..

Ganja yang dilegalkan diluar seperti negara Belanda atau Kanada merupakan negara yang sudah maju baik secara finansial, taraf hidup, teknologi medis dan teknologi bidang lainnya serta paling utama Pendidikan dan Karakter/Kepribadian Individunya. Negara tersebut bisa melegalkan ganja karena sudah memiliki masyarakat yang sadar dan takut dengan aturan serta dampak bila melanggar aturan tersebut bukan takut dengan petugas hukumnya (singkatnya sudah tertanam dalam diri mereka berupa besarnya rasa takut "Melanggar Berarti Hukuman Menanti"), sudah bisa antri dengan sabar, sudah "cerdas" penduduknya tidak menyerap segala yang mereka lihat atau dengar termasuk memilah banyaknya informasi Internet yang sangat menyesatkan, dll emoticon-Cool

sedangkan negara ini tanpa saya jabarkan secara panjang pun sudah pasti paham bagaimana kondisi negara saat ini terutama secara Pendidikan dan Karakter/Kepribadian Individunya yang masih "Kuno". Masih rebutan antrian, menyelesaikan masalah dengan cara kekerasan dan minum2 dulu untuk menambah keberanian emoticon-Ngakak (S), kesenggol dikit emosinya udah seperti istri diembat orang, dll emoticon-Big Grin

Jadi sangat tidak setuju ganja dilegalkan disini, dinegara maju saja masih ada yang melanggar walau minim. Apa kabar dinegara berkembang bila ganja dilegalkan emoticon-Angkat Beer

even Jepang sendiri tidak melegalkan ganja dinegaranya sendiri yang notabene sudah maju dan memiliki penduduk yang terkenal smart emoticon-Angkat Beer

btw, ane cuma mau tanya yang suka pake ganja mmg bikin kecanduan yah ?
ane sebagai mantan pengguna dulu lama sekali waktu sekolah/kuliah engga kecanduan sih gan, tapi entah bila efek pada tiap orang mungkin berbeda emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By dickyb21
Ya sama kayak nangkep maling HP terus pilihannya
-> Dibunuh
-> Dilepas
sama2 ga solutif emoticon-Big Grin

Ganja juga jangan dilarang atau dilegalkan gitu aja,
karena dulu gua dilingkungan pemake, ya gua tau emang seberapa ngga produktif temen2 gua.,
Masalahnya kan bukan di ganja nya tp di produktifitasnya yang mempengaruti tingkat PDB/GBP yang menyebabkan kerugian terhadap warga

coba legal tp terkontrol, kek yg boleh beli cuma orang yg memiliki produktifitas tinggi, track nya pake app kek pedulilindungi

win win solution


Quote:Original Posted By hengkidermawan
lah dibeberapa obat medis kan ada kandungan kanabis nya, seperti obat pereda nyeri/sakit. bahkan dulu di beberapa jamu tradisional ada kandungannya (merk = sensor).
ane lebih setuju regulasi seperti sekarang, gan. bahan aditiv harus seizin orang yg lebih tahu (kemenkes/POM contohnya). kalau bebas takut disalahgunakan.

(ingin menghancurkan indonesia perlahan !! cukup musnahkan generasi penerusnya, minimal dibuat blo'on otak dan mentalnya)


Quote:Original Posted By tengkyu
Hanya karena bermanfaat dalam dunia medis , terus dilegalkan di Indonesia ? It's a big No....ga ada jaminan bakal ga ada penyalahgunaan, disini lem aja buat ngefly, miras aja masih out of control...gila aja kalo sampe cimeng dilegalkan...pemanfaatan/penggunaan dalam bidang yang terbatas mungkin masih ada toleransi, tapi sekali lagi pelegalan is a BIG NO.....


Quote:Original Posted By pulpe
orang yg mikirin duit pasti 100% setuju........


"efek ketergantungan.". ini yg bahaya..... dan pasti akan dimanfaatkan org picik untuk mencari budak terutama cewek......


belum lagi utk penyembuhan ketergantungan butuh waktu yg lama dan ga cukup 1 orang yg mengawasi........

dampak buruknya lebih besar emoticon-Ngacir


-----------

Yg setuju :

Quote:Original Posted By wanco
emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Harusnya di legalkan karna manfaatnya
Semua tumbuhan pasti ada baik dan buruknya..kadang kitanya aja yang suka berlebihan
emoticon-Big Grinemoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By tuankompeni
Ganja medis setuju.
karna pangsa pasarnya gede bgt
gak kebayang indonesia mgkn bs jadi eksportir ganja untk kebutuhan medis terbesar d Dunia.

Apalagi kualitas ganja nusantara gokil2


Quote:Original Posted By wen12691
rokok yang lebih racun dari ganja aja bisa legal kok
harusnya ganja dilegalin aja


Quote:Original Posted By didi_skywalker
Banyak yg komen takut disalahgunakan

Disalahgunakannya gimana ya? Gw kaga pernah liat org yg nyimenk trus bikin kriminal...

Klo mabok obat atau minuman buanyak, berantem, bacok2kan, perkosa you name it


Quote:Original Posted By Namikazemaru
Setuju.

Alkohol lebih berbahaya dari Ganja, tapi masih bebas diperjual-belikan.

Lagian, kayaknya gw gak pernah denger ada tindak kriminal atau kecelakaan gara2 ngisep ganja. Kebanyakan klo gak pengaruh alkohol, ya dasarnya psikopat aja pelakunya.

Di film2, orang yg ngerokok ganja pasti keliatan lebih chill gitu dibanding pemabuk yg kesannya jadi agresif setelah minum alkohol.


Quote:Original Posted By black.03
Dilegalin boleh2 saja tp dengan pembatasan yg ketat, betul ngga @banditos69 @jenggalasunyi @penthouse.3
damai bersama


Quote:Original Posted By vlir
Apakah ada yg prnh mati krn ganja?

Silahkan googling


Quote:Original Posted By jipop
Jelas setuju 100% lahh gan


Quote:Original Posted By terjengkang
setuju. alkohol nyatanya bikin orang makin rusak, ganja mah bikin hepi2 emoticon-Ultah


Quote:Original Posted By jenggalasunyi
L E G A L K A N G E N ZO


kalai genzo dilegalkan dijamin damai negri ini...wkwkwkwk.

Genzo itu banyak di pakai jg buat pngobatan. Obat depresi
Ada ga org od genzo? Ada ga org kriminal setelah ngebags?
Malah di bbrp negara di dunia genzo bisa jadi pemasukan teebesar buat negara


Quote:Original Posted By jenggalasunyi
Ga ada yg namanya adiktif dan ketergantungan dr ganja.apalgi sampe naek dosis..bullshit.
Gw dah belasan taun biasa aja tuw. Ada ya pake..ga ada yg selow aja. Bocah norak kmrn ingusan itu mah yg gegayaan suggest kena genzo.
Jauh lbh parah adiktif dan ketergantungan ROKOK lah...


Quote:Original Posted By jenggalasunyi
Ga ada kerja otak jd terpengaruh..org mah dah lemot ya lemot aja..ngapain genzo di salahin..tmn gw jg partner gw ngebags..ttp aja dr klas 1-3 juara kelas.dpt pmdk pulak...

Kontrol nya blinyankudu di apotik. Kudu 21+, bli dibatesin misal sehari 10 gram , tiap bli kudi nunjukin Ktp dan ktp itu harus udah ngelink di tiap apotik ygbdi tunjuk oleh oemerintah. Jd dia mau bli di apotik mana aja udh kedata..klo dianudh bli di apotik ini itu.jd close. Pemakain ga bolwh di luar rumah. Dlm bwkweja ga boleh ngegenzo.ntar dokter laginoperasi ktawa2 kan ga lucu.hukum mngenai ini mati tegas.
Ya yg namanya celah mah pasti ada aja . Org di cari2 kok celah nya itu. Tp swtidaknua meminimalisir terlalu bebas nya peredarann.

Di sumatra sana..genzo ini dipakai untuk bumbu pelezat makanan..penikmat kopi..

yg aneh nya..hukum ganja ini lbh berat dr shabu dllnya..lucu

LEGALKAN GANZA..


Quote:Original Posted By pantat.berapi
Yah lebih baik ganja sih dripada Rokok dan alkohol...

Tingkat adiktif lebih rendah dibandingkan Rokok dan alkohol...

Tidak menyebabkan pengguna menjadi agresif kayak alkohol...

Terbukti tidak membuat penggunya berpotensi terkena kanker kayak rokok...

Komoditas ekspor yang lebih menjanjikan daripada Tembakau... (Larangan tembakau udah dimana2 tuh... Malah negara yang me legalkan ganja makin bertambah)

Stress relief paling mujarab...


------

Setuju tp terbatas utk medis :

Quote:Original Posted By goldchip
pd pernah denger ga kasus di negara ini, lupa ane di kalimantan ato lombok yah kejadiannya... jd si istri kena sakit apaaa gitu, berobat ke dkter ga sembuh2, trus di suami search gugel n ternyata pengobatannya memang membutuhkan ganja dosis ringan. mulailah si suami membeli ganja utk pengobatan istri, jln bbrpa waktu si istri mulai pulih kesehatannya karena efek pengobatan ganja ini... tp masalahnya karena keseringan beli ganja, si suami mulai terendus aparat n akhirnya ditangkap pulisi. walopun pas di pengadilan si suami udah jelasin duduk perkaranya, tetep hukum di indo tidak memperbolehkan transaksi ganja dgn dalih apapun. masuk penjara lah di suami, n setelah bbrpa bulan meninggallah si istri karena ga mendapatkan pengobatannya.... trus kalo udah gini gimana dunk??
ane sih 101% anti narkoba yah, tp knpa para petinggi ga mau buka mata buka hati lbh lebar dlm melihat sebuah perkara tp tetap berada dlm kehati2an dlm membuat peraturan?

Quote:Original Posted By amatir30
kalau buat obat ane setuju gan, wajib resep dokter. kalau buat rekreasi (jd rokok) ane gak setuju, soalnya pengawasan rokok di kita bisa dibilang gak ada sama sekali. anak2 aja banyak yg ngerokok. orang tuanya gak peduli, kalau kita yang tegur malah jadi panjang urusannya. negara juga kelihatan gak ada tindakan yg jelas buat hadapin rokok ini.


Quote:Original Posted By wolfzmus
Kalau di legalkan untuk KEDOKTERAN ane setuju (pastinya ada aturannya gitu jadi gak bisa di gunakan secara bebas)
Tp kalau di legalkan untuk hal yg lain, ane gak setuju.


Quote:Original Posted By tottorotooot
Nambahin aja, legalitas ganja di beberapa negara di dunia, dibagi menjadi beberapa tahap atau jenis.
Full legal, termasuk buat alasan rekreasional, misal diudud.
Buat semi pengobatan, dimana bentuk akhir dibatasi dan konsentrasinya juga dibatasin, misal cbd oil.
Buat pengobatan resmi, ini didukung sama dunia farmasi dan disetujui sama badan yg berwenang di negara tersebut.
Buat kosmetik.

Menurut ane sih kalaupun di kita boleh, harus sangat dibatasi buat pengobatan resmi, yg dikontrol dan terkontrol dan telah terbukti juga.
Walaupun gini, nanti menurut ane yg beratnya bakalan di regulasi pertanian dan distribusinya.


Quote:Original Posted By mothlink
untuk medis sama pemakaian terkontrol mungkin akan ada manfaatnya


Quote:Original Posted By Reeio
Kalau untuk pengobatan sih ok, tp umum? jgn deh....


Quote:Original Posted By junoon
Saya setuju ganja untuk kepentingan medis. Jadi pembeliannya pun terbatas dan harus dengan surat izin baik itu dari RS atau dari Kemenkes.

Saya masih belum setuju ganja digunakan untuk kepentingan rekreasi entah itu nyimeng dsb.

Hanya untuk kepentingan medis.


Quote:Original Posted By mussup
Medical only aja bre emoticon-Jempol


Quote:Original Posted By Rinka17
Seharusnya boleh untuk pengobatan dalam pengawasan ketat dari dokter yang berwenang
Diubah oleh lonelylontong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pmbbersatu dan 40 lainnya memberi reputasi
39
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 10
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 08:20
Waaah... Ane harus menanyakan hal enih sama Gan @c4punk1950...... Beleau yg paham masalah bijinian...
emoticon-Ngacir2
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 08:36
setubuh banget deh klo di legalin...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 08:46
org indo belum mampu kontrolnya, nanti lebih marak disalahgunakan daripada dpt manfaatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 08:47
Setuju, karena barang ini banyak manfaatnya juga emoticon-Peace

Diubah oleh andree.hehasaaa
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 08:47
kalo dilegalin si mantap.tiap weekend fly diiringi lagu mbah surip emoticon-Ngakak cuman kuatirnya anak-anak remaja ikut-ikutang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 08:55
klo ane setuju aja klo dilegalin,
ini kn produk dr alam, bnyak jg sbenernya manfaatnya klo bener cara makenya.

tapi tau sendiri kn penegakan aturun di indo gmana modelnya emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 08:55
Legal namun terbatas kali yaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 09:06
SDM indo belum mampu...bertanggung jawab...pasti 10000% disalahgunakan untuk pribadi , bisnis dll...

Ngurus papa minta pulsa aja ga becus...apalagi ngurus ginian emoticon-Big Grin
Diubah oleh lexia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 09:11
jos jos jos lag ini mahh hahhahahha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 09:12
pd pernah denger ga kasus di negara ini, lupa ane di kalimantan ato lombok yah kejadiannya... jd si istri kena sakit apaaa gitu, berobat ke dkter ga sembuh2, trus di suami search gugel n ternyata pengobatannya memang membutuhkan ganja dosis ringan. mulailah si suami membeli ganja utk pengobatan istri, jln bbrpa waktu si istri mulai pulih kesehatannya karena efek pengobatan ganja ini... tp masalahnya karena keseringan beli ganja, si suami mulai terendus aparat n akhirnya ditangkap pulisi. walopun pas di pengadilan si suami udah jelasin duduk perkaranya, tetep hukum di indo tidak memperbolehkan transaksi ganja dgn dalih apapun. masuk penjara lah di suami, n setelah bbrpa bulan meninggallah si istri karena ga mendapatkan pengobatannya.... trus kalo udah gini gimana dunk??
ane sih 101% anti narkoba yah, tp knpa para petinggi ga mau buka mata buka hati lbh lebar dlm melihat sebuah perkara tp tetap berada dlm kehati2an dlm membuat peraturan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gorgeousrainbow dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 22 balasan
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 09:14
Banyak negara sudah melegalkan, rata2 karena untuk keperluan medis. Mungkin ada baiknya dipertimbangkan untuk melegalkannya sepanjang untuk kebutuhan medis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 09:17
Pertanyaannya salah sebenernya yang kayak gini dari dulu, mestinya:

"Sanggup tidak melegalkan ganja?"

profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 09:18
kalau disalah gunakan semua bisa jadi ilegal donk. kuncinya kan "penyalahgunaan".

kalau tidak disalah gunakan untuk hal yang negatif atau buruk , ya bisa jadi legal dan bermanfaat.

pada dasarnya semua yang diciptakanNya di alam semesta ini "tidak ada yang sia-sia". semua ada manfaatnya. cuma akal kita yang belum sampai untuk menemukan manfaatnya. karena begitu banyaknya, sehingga kita kesulitan untuk mempelajari dan menelitinya.

emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 09:27
Untuk medis iya
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 09:34
Nggak legal ganja udah chaos gini, apa lagi legal... hahaha

Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?

Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?

Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak? Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak? Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?

profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 09:40
alkohol memabukkan, bikin kecanduan, dan legal untuk medis/industri.
dengan logika yg sama, seharusnya ganja juga legal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 09:40
approved for treatments ...
the big curing problems was the legalizes ...
hard to say ...i'm here ...but ,i had big no idea ...

raw
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 09:43
3 btg perhari sih blh aja gan, kalau kebanyakan bahaya utk syaraf otak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 09:43
Jangan dulu, nanti di salahgunakan. Dimari mah lem aibon sama komix aja dipake mabok emoticon-Gila
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
30-11-2021 09:44
kalo dilihat dari sisi regulasi, kepatuhan dan penegakkan hukum ane rasa belum siap gan di Indonesia. Contoh kecil aja, masih bisa tuh anak kecil disuruh beli rokok sama bapaknya dan si penjual tetep kasih dengan alasan buat bapaknya.

Jadi lebih banyak mudharatnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia