News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a4f3ab5d0b105d7376bbdf/presiden-taiwan-eropa-dan-taipei-harus-pertahankan-demokrasi-bersama
TAIPEI, KOMPAS.com – Taiwan dan Eropa harus bekerja sama untuk mempertahankan demokrasi bersama-sama. Hal tersebut disampaikan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen kepada anggota parlemen dari Lituania, Latvia, dan Estonia yang berkunjung ke pulau tersebut pada Senin (29/11/2021). Tsai berpidato di Kantor Kepresidenan bahwa Taiwan dan negara-negara Baltik tersebut memiliki pengalaman serupa dalam membeb
Lapor Hansip
29-11-2021 22:37

Presiden Taiwan: Eropa dan Taipei Harus Pertahankan Demokrasi Bersama

Presiden Taiwan: Eropa dan Taipei Harus Pertahankan Demokrasi Bersama

TAIPEI, KOMPAS.com – Taiwan dan Eropa harus bekerja sama untuk mempertahankan demokrasi bersama-sama. Hal tersebut disampaikan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen kepada anggota parlemen dari Lituania, Latvia, dan Estonia yang berkunjung ke pulau tersebut pada Senin (29/11/2021). Tsai berpidato di Kantor Kepresidenan bahwa Taiwan dan negara-negara Baltik tersebut memiliki pengalaman serupa dalam membebaskan diri dari pemerintahan otoriter dan berjuang untuk kebebasan.

Pasalnya, ketiga negara Baltik tersebut sempat merasakan menjadi bagian dari Uni Soviet sebagaimana dilansir Reuters. “Demokrasi yang kita nikmati hari ini diperoleh dengan susah payah. Ini adalah sesuatu yang paling kita pahami secara mendalam,” kata Tsai.

Dia menambahkan, kini dunia menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh perluasan otoritarianisme dan ancaman disinformasi. “Taiwan lebih dari bersedia untuk berbagi pengalamannya dalam memerangi disinformasi dengan teman-teman Eropa. Kita harus menjaga nilai-nilai bersama untuk memastikan cara hidup kita yang bebas dan demokratis,” imbuh Tsai.

Matas Maldeikis, pemimpin Kelompok Persahabatan Taiwan parlemen Lituania, mengatakan bahwa kelompok tersebut berada di Taipei untuk mengekspresikan solidaritas mereka dengan pulau itu. “Kebijakan pemerintah Lituania terhadap Taiwan mendapat dukungan luas di masyarakat kami,” ujar Maldeikis. Dia menambahkan, melestarikan kebebasan dan tatanan internasional berbasis aturan adalah kepentingan vital bagi Taiwan dan Lituania.

Selain itu, Maldeikis juga menuturkan bahwa ada banyak peluang kerja sama ekonomi dan budaya yang bisa dijalin antara kedua belah pihak.

Di sisi lain, Lituania menghadapi tekanan dari China sejak negara Baltik tersebut mengizinkan pembukaan kedutaan besar Taiwan secara de facto di ibu kotanya. China selalu menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya. Beijing juga meningkatkan tekanan militer dan diplomatiknya di Taipei untuk menerima klaim kedaulatan China serta membatasi partisipasi internasional Taiwan. Sejauh ini, belum ada negara-negara anggota Uni Eropa yang memiliki hubungan resmi dengan Taiwan. Sementara itu, AS sangat mendukung sekutu NATO-nya, Lituania, dalam perselisihannya dengan China.

https://www.kompas.com/global/read/2...okrasi-bersama
0
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia