Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
124
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a421af066a1207a056a5ec/ini-perbedaan-komodo-dengan-biawak-yang-ternyata-masih-satu-genus
Perbedaan komodo dengan biawak bisa dilihat dari habitat dan bentuknya yang sedikit berbeda, komodo hanya hidup di sekitar pulau NTT sedangkan habitat biawak berada di sungai atau rawa-rawa di kawasan Asia dan Australia. Dikutip dari Daily Science Journal, komodo dan biawak sebenarnya berasal dari genus yang sama, yakni genus Varanus. Komodo bisa dibilang, salah satu dari 80 spesies karnivora
Lapor Hansip
29-11-2021 07:41

Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus

Past Hot Thread
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus

Perbedaan komodo dengan biawak bisa dilihat dari habitat dan bentuknya yang sedikit berbeda, komodo hanya hidup di sekitar pulau NTT sedangkan habitat biawak berada di sungai atau rawa-rawa di kawasan Asia dan Australia.

Dikutip dari Daily Science Journal, komodo dan biawak sebenarnya berasal dari genus yang sama, yakni genus Varanus. Komodo bisa dibilang, salah satu dari 80 spesies karnivora yang masih satu keluarga dengan biawak dan masuk kedalam genus Varanus Komodoensis.

Komodo pertama kali diketahui ketika orang Eropa menjelajahi Indonesia mengikuti rumor buaya yang hidup di darat di Hindia Belanda (sekarang Indonesia) padatahun 1910.


Makalah pertama tentang komodo diterbitkan dua tahun kemudian ketika direktur Museum Zoologi di Jawa menerima sampel spesimen dari seorang kolektor.

Seekor komodo diketahui membutuhkan waktu hingga sembilan tahun untuk menjadi dewasa dan dapat hidup selama sekitar 30 tahun. Seperti biawak lainnya, komodo berkembang biak dengan kimpoi sekitar kuartal kedua atau ketiga tahun ini (antara Mei dan Agustus) dan kemudian bertelur di lubang bersarang sekitar bulan September.

Satu komodo dapat menghasilkan sekitar 20 telur per musim dan akan mengerami telurnya hingga delapan bulan. Ketika komodo muda lahir, mereka rentan dimangsa komodo lainnya karena reptil ini memang dikenal sebagai hewan karnivora yang buas.

Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus

Berbeda dengan biawak air yang kulitnya digunakan untuk aneka kerajinan tangan, kulit komodo tidak terlalu cocok untuk produk kulit. Kulitnya memiliki tulang kecil yang disebut “osteoderm” yang akan melindunginya dari pemangsa.

Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus

Komodo adalah biawak terbesar yang masih ada, dengan panjang bisa mencapai 3 meter dan berat sekitar 70 kilogram. Sebelum biawak, ada genus Megalania yang punah 50.000 tahun lalu yang memiliki panjang 7 meter dan berat hingga 620 kilogram.

Sebagian besar peneliti percaya bahwa ukuran komodo adalah produk dari evolusi genetik dan gigantisme pulau. Satu teori mengatakan bahwa komodo makhluk purba yang berevolusi sebelum genus lainnya mati mirip dengan cara genus Megalania punah.

Teori lain menunjukkan bahwa karena komodo hanya ada di bagian tertentu di Indonesia sehingga tidak ada karnivora lain untuk bersaing mencari makan sehingga tetap ada sampai saat ini.

Dalam ekosistem tempat keberadaan komodo, ia mendominasi ekosistem tempat tinggalnya. Komodo memangsa apa pun, mulai dari invertebrata hingga mamalia yang ditemuinya.

Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus

Karena lokasinya yang terisolir, komodo kebanyakan memakan rusa timor dan bangkai apa pun yang dapat ditemukannya. Ada banyak laporan di mana seekor komodo menyerang manusia yang ditemuinya.

Dulu diyakini bahwa komodo memiliki racun yang ada di air liurnya, tetapi itu dibantah. Alih-alih racun, kelenjar di air liur komodo sebenarnya adalah antikoagulan yang mencegah pembekuan darah.

Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus

Komodo hidup secara eksklusif di Indonesia, jadi jika Anda yang pernah melihatnya di tempat lain di dunia, itu mungkin diambil dari habitanya di Indonesia.

Secara alami, komodo hanya dapat ditemukan di pulau Rinca, Gili Montang, Gili Dasami, dan Flores. Sebaliknya, spesies biawak atau kadal lainnya dapat ditemukan tersebar di Afrika, Asia, dan Australia.


Meskipun komodo telah menjadi daya tarik wisata di Indonesia, namun pemandu lokal berhati-hati untuk tidak membiarkan wisatawan terlalu dekat. Bagaimana pun komodo bisa berbahaya bagi manusia karena memiliki kemampuan untuk berlari, menyerang, dan bahkan membunuh manusia.

Komodo adalah biawak atau kadal yang mematikan. Meskipun tidak sulit untuk membedakan antara komodo dan biawak lainnya, Anda dapat melihat perbedaan menonjol komodo dalam genus varanus ini
Diubah oleh oviz.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trvldstination1 dan 41 lainnya memberi reputasi
42
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.3K Anggota • 906.2K Threads
Halaman 2 dari 4
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
29-11-2021 16:10
hhmm… menarik
0 0
0
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
29-11-2021 17:55
Komodo ini hewan karnivora yang ngawur ada peneliti dari Australia temen pamanku dulu mengatakan air liur komodo ini semrawut gan dari makanan bangkai - hidup bisa menjadi racun sekelas racun yang dimiliki hewan serigala bernama racun rabies dan denger2 rabies dari komodo ganasnya melebihi serigala...utk itulah ente cerita manusia kyk kita lengah tdk melindungi kaki kita di hutan NTT salah2 kita bisa kena racun air liurnya itu kaki kita dibikin lumpuh total dulu.setelah kita tdk bisa lari maka kawanan komodo bisa memakan kita secara rame2 dan brutal.makannya orang asli NTT kebanyakan bawa Golok takut kakinya digigit juga sama salah 1 dari mereka gan ....emoticon-Takut
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
29-11-2021 18:10
Antikoagulan di air liur itu yang justru berbahaya. Karena sekali kena gigitan, luka ente gak bisa menutup & keluar darah terusemoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan kaskushunters memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
29-11-2021 19:44
Sate biawak emoticon-Ngakak
0 0
0
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 08:04
Biawak oh biawak ternyata masih 1 genus sama komodo. Makanya bentuk nya sama persis😂😂
0 0
0
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 08:14
Ane pernah liat di utube

Komodo makan Rusa yg lagi bunting, dirobek satu2 itu rusa hidup2 sampe anaknya keluar


Trus anaknya ditelan hidup2, baru dilanjutin lg makan emaknya yg masih teriak2

Kata siapa hidup di Kebun binatang ga bahagia emoticon-No Hope
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 08:17
Gw cm gabisa bedain tokek sm gecko gan..wkwkwk
0 0
0
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 08:19
komodo vs biawak emoticon-Matabelo
0 0
0
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 08:22
termasuk hewan purba juga berarti ya ? emoticon-Wow
0 0
0
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 08:26
komodo dragon emoticon-Wow
0 0
0
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 08:33
Pulau Komodo
0 0
0
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 08:38
Biawak lebih kurus deh ane liat emoticon-Big Grin
profile-picture
kaskushunters memberi reputasi
1 0
1
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 08:42
sejenis ini dengan buaya tapi buaya terbesar
0 0
0
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 08:44
Tempat ane kerja banyak banget tuh biawak.. ada yang sampe 2 Meteran lebih.. cuma ya memang biawak secara umum bakal lari kalo ada manusia.. beda ma komodo yang mungkin kitanya yang bakal lari.. nah para sista harus lebih hati hati sama spesies yang lebih berbahaya lagi yaitu MOKONDO... heuheuheu..
0 0
0
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 08:51
komodo
0 0
0
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 09:11
Ekke taunya jl komodo di denpasar mak wkwkwwk
0 0
0
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 09:21
Di judul disebut "perbedaan antara biawak dengan komodo"

Tapi ada tulisan "komodo adalah biawak..."

??????????
??????????
??????????
0 0
0
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 09:38
Nice inpoh gan
profile-picture
yorren memberi reputasi
1 0
1
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 09:38
Kalo biawak gurun masih masuk genus Varanus gak?
0 0
0
Ini Perbedaan Komodo dengan Biawak yang Ternyata Masih Satu Genus
01-12-2021 09:39
emoticon-Jempol
Sudah kuduga kalau mereka 1 Genus karena bentuknya hampir sama...
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia