News
Batal
KATEGORI
link has been copied
85
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a35b43933d351d773f73cd/dukung-sumur-resapan-jakarta-ahli-itb-empat-syarat-harus-terpenuhi
Guru Besar Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan di Institut Teknologi Bandung (ITB) Indratmo Soekarno mendukung pembuatan sumur resapan seperti di DKI Jakarta. Menurutnya, sumur resapan punya banyak manfaat di musim hujan. “Tapi empat syaratnya harus terpenuhi,” katanya saat dihubungi Tempo, Selasa 23 November 2021.
Lapor Hansip
28-11-2021 17:34

Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi

Past Hot Thread
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi

TEMPO.CO, Jakarta - Guru Besar Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan di Institut Teknologi Bandung (ITB) Indratmo Soekarno mendukung pembuatan sumur resapan seperti di DKI Jakarta. Menurutnya, sumur resapan punya banyak manfaat di musim hujan. “Tapi empat syaratnya harus terpenuhi,” katanya saat dihubungi Tempo, Selasa 23 November 2021.

Indratmo mengatakan, sumur resapan berfungsi mengurangi debit air saat musim hujan. Cara kerjanya, air dari atap rumah, jalan, pekarangan, dimasukkan ke sumur resapan sehingga aliran langsung air berkurang. “Cara itu sekaligus bisa untuk mengisi air tanah,” kata dosen di Kelompok Keahlian Teknik Sumber Daya Air ITB itu.

Menurutnya, kondisi sebagian Jakarta yang bermasalah dengan air tanah bisa dibantu dengan sumur resapan. Masalahnya seperti penurunan tanah akibat pengambilan air tanah, sementara daerah yang turun itu menjadi pusat genangan air alias banjir. “Secara prinsip gerakan sumur resapan sangat baik,” kata Indratmo.

Untuk pembangunan sumur resapan, menurutnya, ada empat syarat. Pertama terkait dengan kondisi tanahnya yang harus cukup porus atau mudah melewatkan air. Ciri tanah seperti itu mengandung pasir atau kerikil. “Kurang cocok kalau tanahnya kedap air seperti jenis lempung karena kecepatan mengalirkan airnya rendah,” ujar dia.

Syarat kedua berhubungan dengan kondisi muka air tanah. Jika air tanahnya sedalam 3-4 meter, sumur resapan efektif berfungsi menampung air. Sebaliknya jika ketinggian air tanahnya rendah atau dangkal sekitar 0,5 atau 1 meter.

Syarat ketiga dari sisi topografi. Sumur resapan harus berada di lokasi yang lebih rendah dari sekitarnya sehingga air bisa mengalir secara gravitasional. Adapun syarat keempat, yaitu air yang mengalir tidak bersama sampah atau material sedimentasi agar tidak membuat sumur resapan mampet. “Kalau banyak sedimen sebelum masuk ke sumur resapan harus ada penyaringannya sehingga mudah dikuras,” kata Indratmo. Kalau tidak begitu, sumurnya akan berumur pendek.

https://tekno.tempo.co/read/1531759/...arus-terpenuhi

Dukung gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TuanLi dan 6 lainnya memberi reputasi
3
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 17:39
Apakah sumur resapan yang sudah dibuat oleh pemprov Jakarta sudah memenuhi semua syarat yang diperlukan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 17:40
Quote:Syarat ketiga dari sisi topografi. Sumur resapan harus berada di lokasi yang lebih rendah dari sekitarnya sehingga air bisa mengalir secara gravitasional.Adapun syarat keempat, yaitu air yang mengalir tidak bersama sampah atau material sedimentasi agar tidak membuat sumur resapan mampet. “Kalau banyak sedimen sebelum masuk ke sumur resapan harus ada penyaringannya sehingga mudah dikuras,” kata Indratmo. Kalau tidak begitu, sumurnya akan berumur pendek.


Bikin lubang atas trotoar??.. emoticon-Malu (S)

Bikin lubang d tengah jalan??.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
habibpalsu14756 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 17:41
Di atas Aspal, di atas trotoar..........
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 17:47
Enjoy biopori dkiemoticon-raining
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Skyland999 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 17:50
Sumur resapan memang mantul
Pelaksanaan amburadul
profile-picture
m0de83g0 memberi reputasi
1 0
1
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 17:56
blom lagi bikin sumur resapan di tanah yg sengaja dipadatkan untuk jadi jalan.

opsinya cuma dua

sumurnya jadi gak efektif, atau jalannya jadi ambrol

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 17:59
Sumur resapan apaan tuh... Lebih baik Drilling 1-2 lubang pakai Rig 750 Hp untuk MENCARI ZONA LOSS. Begitu dapet langsung kasih Wellhead lalu potong, tutup cellar nya lagi pakai semen jadi Wellhead pas di surface. Mau ujan seperti monsoon seasons juga, air hujan masuk semua ke Zona Loss tanpa bikin dampak di surface.

Ingat ini mahal tapi bisa bertahan berabad-abad..
Sebagai gambaran:
Biaya sewa Rig secara garis besar adalah US$ 55 per horse power per day.
Rig 750 HP biaya sewa per hari : 750 x 55 = US$ 41250

Itu baru Rig belum hitungan untuk cementing unit, mud service, Running casing.. Etc


profile-picture
profile-picture
profile-picture
pleciden.kakus dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 18:07
Quote:Original Posted By valkyr9
Bikin lubang atas trotoar??.. emoticon-Malu (S)

Bikin lubang d tengah jalan??.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By dewars12yo
Di atas Aspal, di atas trotoar..........


Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 18:18
Mau di buat resapan segede gaban..yo ndak efektif .. wong kota nya tenggelam pelan2 ..nanti dki cuma nyisa kepulauan seribu ama jakarta selatan doank .. ha ha ha ..

https://en.tempo.co/read/1501970/jakartas-muara-baru-may-sink-4-6-meters-below-sea-level-in-2050
profile-picture
profile-picture
dewars12yo dan whitepoint memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 18:24
Ada contoh negara yg berhasil pake lubang buaya kek gini gak?
Serem kalo kejeblos kedalam..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 18:42
ati² muncul sink hole
profile-picture
dewars12yo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 18:45
yaman goblok...u mending bikin situ situ...lebih efektif...pembebasan lahan buat bikin situ....gitu aja susah amat...belajar sama belanda yang pinter kelola negara di bawah permukaan air laut....yaman goblok cuma cuap cuap gak guna...agama buat mainan politik....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 19:03
ini jelas si ahli belum lihat foto2nya


Untuk pembangunan sumur resapan, menurutnya, ada empat syarat. Pertama terkait dengan kondisi tanahnya yang harus cukup porus atau mudah melewatkan air. Ciri tanah seperti itu mengandung pasir atau kerikil. “Kurang cocok kalau tanahnya kedap air seperti jenis lempung karena kecepatan mengalirkan airnya rendah,” ujar dia.


Quote:Original Posted By extreme78

https://mobile.




itu tanah liat drun !!
tanah liat itu identik lempung sifatnya karena partikelnya lebih kecil dari pasir.



Syarat kedua berhubungan dengan kondisi muka air tanah. Jika air tanahnya sedalam 3-4 meter, sumur resapan efektif berfungsi menampung air. Sebaliknya jika ketinggian air tanahnya rendah atau dangkal sekitar 0,5 atau 1 meter.



Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi


itu kira2 berapa meter drun muka air tanahnya ?

yang bawa wagub bener2 gak ada ahklak !! emoticon-Marah


Syarat ketiga dari sisi topografi. Sumur resapan harus berada di lokasi yang lebih rendah dari sekitarnya sehingga air bisa mengalir secara gravitasional.


Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi

aernya disuruh loncat drun ? emoticon-Bingung (S)
Diubah oleh lettu.joko
profile-picture
profile-picture
profile-picture
peternakkadrun dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 19:03
Program manusia gurun memang gak jelas
profile-picture
dewars12yo memberi reputasi
1 0
1
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 19:10
Proyekan cacat, jalan yg awalnya mulus sekarang jd bopeng2 gegara nih lobang. Bahaya banget buat orang yg lagi berkendara, udah gitu ada yg bopengnya dalem banget lagi duh bisa bikin celaka orang emoticon-Hammer
profile-picture
dewars12yo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 19:15
Tempo sekarang gini banget. emoticon-DP Pakai catut ahli ITB tanpa jelasin kacaunya pelaksanaan di lapangan. Ane yg alumni jijik bacanya emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 19:17
buzzer lebih ahli dari guru besar?? lulus sma aja gue ga yakin itu para buzzer, bisa"nya minteri guru besar yg udah ahli

bacotan buzzer depan komputer buat apa didengerin
profile-picture
peternakkadrun memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 19:20
Harus dibarengi dengan penggunaan PDAM. Jakarta itu padat banget. Hujan itu tidak turun tiap hari, sedangkan pemakaian air itu tiap hari.
Dalam sikon padat kayak 'gitu, air tanah sebisanya cuma dipakai untuk perawatan taman-area hijau serta untuk dinas pemadam kebakaran.
Untuk menatanya mungkin persektor, pusat dulu, kemudian utara dan seterusnya. Pusat dulu yang didahulukan, sebagai percontohan.
0 0
0
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 19:50
Orang gurun lu pasrahin ngelola banjir...
Yang ada kalo ada masalah dia ngumpet
Padahal seharusnya dia yg ambil kebijakan
Dia pula yg seharusnya jawab berbagai pertanyaan
Bukan malah lepas tangan

Sumur resapan itu bagus
Namun bukan tanpa syarat
Diubah oleh xrm
profile-picture
dewars12yo memberi reputasi
1 0
1
Dukung Sumur Resapan Jakarta, Ahli ITB: Empat Syarat Harus Terpenuhi
28-11-2021 20:07
4 syarat yg harus terpenuhi...

Emang sudah sesuai 4 syarat ?

_______emoticon-Ngacir
profile-picture
akumidtorc memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia