News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619f1e6582cb6b27131c6a3d/penting-nya-digitalisasi-untuk-umkm-di-tahun-2021-atau-masa-depan
selamat pagi || Assalamualaikum gan disini ane mau menjelaskan betapa penting nya kalo ingin usaha umkm agan ingin lebih maju, agan mungkin bisa menerapkan sistem digitalisasi  seperti  ane dan kawan kawan kampus ane. Laundry di kabupaten tangerang sepertinya adalah usaha yang sedang populer saat ini, banyak pengusaha sedang menjalankan bisnis investasi ini dalam jangka panjang, dikarenakan laun
Lapor Hansip
25-11-2021 12:25

Penting nya digitalisasi untuk UMKM di tahun 2021 atau masa depan

selamat pagi || Assalamualaikum gan

disini ane mau menjelaskan betapa penting nya kalo ingin usaha umkm agan ingin lebih maju, agan mungkin bisa menerapkan sistem digitalisasi  seperti  ane dan kawan kawan kampus ane.

Quote:
Laundry di kabupaten tangerang sepertinya adalah usaha yang sedang populer saat ini, banyak pengusaha sedang menjalankan bisnis investasi ini dalam jangka panjang, dikarenakan laundry merupakan suatu kebutuhan yang di butuhkan masyarakat, maka sudah jelas mengapa banyak sekali yang membuka usaha laundry saat ini.
Namun disisi lain, masih saja beberapa laundry menggunakan catatan manual untuk menulis kas pengeluaran dan pemasukan, seperti laundry yang ada di tangerang ini. Seperti yang kita ketahui bahwa kita manusia pasti tidak luput dari kesalahan maupun sifat lupa.
Ketika menggunakan sistem kas manual, yaitu dengan cara menulis nya di buku tulis, akan sangat amat merepotkan karyawan untuk mendata keuangan pada laundry tersebut. Bisa saja tulisan karyawan tersebut tidak bagus, banyak coretan walaupun sudah ada tipe x maupun label untuk meminimalisir kerapihan tulisan manual di buku.
Dan juga sistem penulisan manual ini dirasa penulis sangat amat tidak efektif, dan bisa saja menjadi miss komunikasi di antara karyawan dan bos, diantara nya seperti ada yang belum bayar tetapi karyawan lupa untuk menulis di buku keuangan bahwa kastamer belum bayar, dan dikarenakan sistem nya itu ada yang langsung bayar dan bayar nya nanti setelah selesai, maka akan ada celah lupa jika karyawan tidak menandai di buku keuangan dan akan sangat amat merugikan kedua pihak bagi karyawan dan bos.
Maka dari itu penulis memberikan suatu solusi yaitu dengan mendigitalisasi kan sistem pengeluaran dan pemasukan dengan menggunakan teknologi web PHP,Javascript,HTML,CSS,SQL.
Dengan adanya sistem digitalisasi kas ini, tidak akan ada lagi yang namanya miss komunikasi, atau minus pada pencatatan pendapatan pengeluaran. Dan akan sangat efesien di karena kan karyawan hanya membutuhkan 1 device smartphone. yang pasti nya hampir semua orang punya smartphone. karyawan hanya tinggal membuka web aplikasi kas ini, lalu tinggal menginput sesuai penjualan hari ini, dan sesuai pengeluaran hari ini. Cukup sangat mudah untuk karyawan, karena tidak perlu kerja dua kali lagi untuk menulis manual, dan juga akan lebih menghemat waktu, dikarenakan sistem ini sudah meng otomasi menghitung semua total dari pendapatan dan pengeluaran pada laundry, lebih keren nya lagi, karyawan tidak perlu menghafal pada kastamer yang setia melaundry, dikarenakan semua data penjualan akan di simpan dalam database, yang dimana nanti nya kastamer yang loyal akan terdata, dan di laundry penulis ini ada promo yaitu dengan mencuci 9x kastamer bisa mencuci gratis sebanyak 6kg.
 
Pasti nya karyawan tidak perlu mengingat lagi nama kastamer yang loyal dan akan ada notifikasi pada saat menginput penjualan jika kastamer ini sudah beberapa kali melaundry ditempat ini. Pemberitahuan Seperti “ kastamer ini sudah melaundry sebanyak 6x, 3x lagi kastamer ini dapat free laundry 6kg “.
Dan juga nantinya ada analisis beberapa paket apa saja yang sering di pesan kastamer, seperti bulan ini paket laundry 6kg paling banyak di minati kastamer.
Kedepan nya penulis berharap dengan adanya aplikasi ini, dapat mendorong pengusaha UKM laundry lain nya untuk bisa memakai aplikasi ini, dan bisa mengoptimal kan waktu sebaik mungkin, meng efesienkan waktu sebaik mungkin.



segitu saja gan pendapat saya tentang usaha umkm saat ini, mungkin sudah banyak aplikasi aplikasi lain seperti B*ku W*rung ( nama di sensor ya gan menghindari iklan emoticon-shakehand ), akan tetapi jika agan ingin mengkustomisasi dengan keinginan agan sendiri, design sendiri, dan sistem yang agan ingin buat sendiri, mungkin agan bisa hire seorang programmer ( seperti saya emoticon-linux ) untuk bisa mewujudkan apa yang agan ingin kan.
untuk yang mau demo nya silahkan pm ane ya gan emoticon-Big Grin

itu aja sekian dari thread sederhana ane gan, semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi umkn lain nya untuk bisa lebih maju dan menggunakan sistem digitalisasi ( no manual manual clab ya gan emoticon-Wowcantik)

oh iya thread ini di buat untuk melengkapi selesai nya kerja praktek ane bersama kawan kawan gan, jadi mohon di komentar ya gan, positif atau negatif tetep ane terima kok

Thanks kaskuser emoticon-Shakehand2


0
Masuk untuk memberikan balasan
bisnis
Bisnis
5.9K Anggota • 68.2K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia