News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
210
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619e036ca30496325566208a/mengenal-the-origin-of-species-karya-fenomenal-charles-darwin-yang-penuh-kontoversi
Charles Robert Darwin dalam bukunya The Origin of Species yang diterbitkan pada 24 November 1859, memperkenalkan teori ilmiah tentang populasi yang berevolusi dari generasi ke generasi melalui proses seleksi alam. Buku tersebut merupakan hasil dari ekspedisi laut Darwin dengan kapal layar HMS Beagle pada 1830an. Kemudian ia melanjutkan penyelidikan dan eksperimen setelah kembali dari ekspedisi.
Lapor Hansip
24-11-2021 16:18

Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi

Past Hot Thread
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi

Charles Robert Darwin dalam bukunya The Origin of Species yang diterbitkan pada 24 November 1859, memperkenalkan teori ilmiah tentang populasi yang berevolusi dari generasi ke generasi melalui proses seleksi alam.

Buku tersebut merupakan hasil dari ekspedisi laut Darwin dengan kapal layar HMS Beagle pada 1830an. Kemudian ia melanjutkan penyelidikan dan eksperimen setelah kembali dari ekspedisi.

Pelayarannya selama lima tahun dalam ekspedisi membuatnya dikukuhkan sebagai ahli geologi terkemuka. Observasi dan teorinya saat itu mendukung ide uniformitarian Charles Lyell.

Namun, pada awalnya Darwin ragu untuk menerbitkan hasil pemikiran dan hasil observasinnya yang sangat radikal, terutama saat itu Inggris pada zaman Victoria. Bertahun-tahun Darwin menyimpan idenya dan hanya berbicara pada teman sekerjanya yang ia percaya.

Selanjutnya, karena dorongan yang diberikan oleh Alfred Russel, Darwin akhirnya menerbitkan buku The Origin of Species pada 24 November 1859, dengan penuh kontroversi. Namun tak disangka, setelah diterbitkan buku tersebut laku keras.

Tetapi disisi lain, timbul banyak kontroversi dan pertentangan teorinya. Dalam Teori Evolusi dijelaskan bahwa manusia memiliki nenek moyang yang sama dengan monyet. Sontak isi dalam buku ini menimbulkan kontroversi, karena menentang teori penciptaan menurut kepercayaan agama.

Dalam teori kepercayaan agama disebutkan, bahwa makhluk hidup termasuk manusia diciptakan secara tiba-tiba dalam bentuk yang sempurna dan tidak berubah wujudnya sejak awal penciptaan.

Teori Darwin tersebut didasarkan pada pengamatan penting, hasil dari simpulan mengenai teori tesebut diantaranya:

1. Spesies pada dasarnya memiliki fertilitas yang sangat tinggi. Jumlah keturunan yang dilahirkan lebih banyak dari keturunan yang bisa mencapai usia dewasa.

2. Populasi kira-kira tetap berjumlah sama, namun sedikit perubahan.

3. Sumber makanan adalah terbatas, tetapi relatif stabil dalam jangka waktu lama.

4. Oleh karena itu terjadi perjuangan secara implicit untuk bertahan hidup.

5. Pada spesies yang melakukan reproduksi secara seksual, biasanya tidak ada dua individu yang identik.

6. Beberapa variasi dalam spesies secara langsung mempengaruhi kemampuan individu untuk bertahan dalam kondisi alam tertentu.

7. Sebagian dari variasi ini bersifat turunan.

8. Indivdu yang kurang sesuai dengan lingkungan tempat tinggalnya memiliki kemungkinan bertahan hidup lebih kecil dan lebih banyak melakukan reproduksi.

9. Individu yang selamat kemungkinan besar akan menurunkan ciri-ciri yang dimilikinya.

10. Proses yang menyebabkan perubahan ini meghasilkan populasi yang perlahan-lahan bisa beradaptasi dengan lingkungan, yang terus-menerus dapat membentuk keragaman baru dan spesies baru.

sumber

Kadang ada benarnya juga sih teori Darwin
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kyukyunana dan 16 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
sejarah--xenology
Sejarah & Xenology
2.7K Anggota • 5.4K Threads
Halaman 2 dari 2
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
28-11-2021 22:08
emoticon-Betty
Nomer 8: udah tau hidupnya miskin dan susah masih aja produksi anak yang banyak...
emoticon-Najis
Diubah oleh ora.w4r45
0 0
0
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
28-11-2021 22:23
Ane sama sekalu gak melihat adanya pertentangan antara teori Darwin dan agama.

Dari segi timeline-nya saja sudah berbeda.
Teori Darwin mengemukakan teori tentang bagaimana "bakal manusia" berevolusi selama jutaan tahun menjadi "manusia".
-Faktanya hari ini : Fosil "bakal manusia" tertua adalah Homo Erectus dari Afsel yg berusia 2 juta tahun. Sedangkan fosil homo Sapiens sapien (spesies kita) yg tertua berasal dari Maroko dan berusia 300 ribu tahun.
-Mungkin akan ditemukan spesies lain yg lebih tua dari homo erectus tsb.
-Yang jelas homo Sapiens dari 300 ribu tahun yg lalu itu, betapapun primitif nya, sudah memiliki volume otak sama spt kita saat ini. Mereka cuman bernasib sial, lahir di era hukum rimba total.emoticon-Big Grin

Sementara di sisi lain,agama bicara tentang memberadabkan manusia biadab dengan naluri binatang menjadi manusia yg bernaluri sbgmn manusia yg seharusnya. Sesuatu yg dirintis homo Sapiens sapien asal Iraq yg bernama Adam, "hanya" sekitar 8000 tahun yg lalu.emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan double.jump memberi reputasi
2 0
2
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
28-11-2021 22:39
Teori darwin jelas salah.. Soalnya sampe skg masih ad tuh manusia purba.. Para pemuja baliho dan got bertoa...
0 0
0
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
28-11-2021 22:47
kalo hanya sekedar teori, ya ga usah diambil pusing. toh darwin sendiri jg ga yakin teorinya bener
0 0
0
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
28-11-2021 22:55
Jaman udah moder masih percaya kau sama si darwin gila ini, emoticon-Wkwkwk

Goblok amat kau emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
28-11-2021 23:02
Kenapa bisa manusia sekarang cuma tinggal 1 spesies?

monyet aja masih banyak macem spesiesnya?

kenapa manusia purba² lain punah tapi monyet masih ada?

Apa manusia purba kalah sama monyet, berarti manusia emang lebih culun dari monyet
0 0
0
Post ini telah dihapus
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
29-11-2021 05:14
Mau manusia dari monyet kek, dari planet namec kek, dari lempung tanah liat kek...intinya org mah bebas berceloteh dengan memaparkan "bukti" menurut mereka....
Teori seorang gue....
Manusia itu berasal dari bulan dan kita semua hijrah ke bumi setelah ada pertolongan dari captain marvel buat menghancurkan spesies reptil yg menguasai bumi saat itu..
0 0
0
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
29-11-2021 05:17
mungkin darwin melihat manusia2 dengan wajah mirip monyet, jadi muncullah teorinyaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
29-11-2021 09:39
Thread spt ini biasanya langsung men trigger "self acclaimed expert" utk komen mengenai evolution and natural selection yg ga based on scientific knowledge 😌
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
29-11-2021 09:51
teori paling absurd yet masih banyak juga yang percaya emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
29-11-2021 10:09
charles darwin..

haha

teorinya
0 0
0
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
29-11-2021 17:28
Boleh juga
0 0
0
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
29-11-2021 22:11
Quote:Original Posted By dragunov762mm
-Faktanya hari ini : Fosil "bakal manusia" tertua adalah Homo Erectus dari Afsel yg berusia 2 juta tahun. Sedangkan fosil homo Sapiens sapien (spesies kita) yg tertua berasal dari Maroko dan berusia 300 ribu tahun.

Bicara soal genus Homo (manusia), yang tertua adalah habilis.
Fosil yang lebih tua biasa dari genus berbeda, misal dari genus Australopithecus.

Quote:Original Posted By NetralNeo
Teori darwin jelas salah.. Soalnya sampe skg masih ad tuh manusia purba.. Para pemuja baliho dan got bertoa...

Hargai para manusia purba.
Disamakan dengan kaum yang agan sebut itu penghinaan yang amat kejam! emoticon-Mad (S)

Quote:Original Posted By bangunjatuh123
kalo hanya sekedar teori, ya ga usah diambil pusing. toh darwin sendiri jg ga yakin teorinya bener

'Sekedar teori'?
Sedang teori ilmiah yang bisa menjelaskan asal keanekaragaman makhluk hidup hingga saat ini cuma ada 1, yakni teori evolusi (meski bukan murni teori Darwin lagi). Gak ada alternatifnya.

Quote:Original Posted By r1pper
Jaman udah moder masih percaya kau sama si darwin gila ini, emoticon-Wkwkwk

Goblok amat kau emoticon-Wkwkwk

ngapain teori ilmiah dipercaya?
Teori itu buat dipahami.
Toh mau lu maki juga lu gak bisa ngasih sanggahan ilmiah.
Jika sudah gitu, siapa yang goblok sebenarnya? emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By rajatuyul
Kenapa bisa manusia sekarang cuma tinggal 1 spesies?

monyet aja masih banyak macem spesiesnya?

kenapa manusia purba² lain punah tapi monyet masih ada?

Apa manusia purba kalah sama monyet, berarti manusia emang lebih culun dari monyet

Perbandingannya gak apple to apple.
Manusia itu genus.
Monyet itu grup dalam ordo primata yang mencakup monyet dunia lama dan monyet dunia baru. Tingkatan taksonominya beda.
Dan manusia sendiri memang sulit bertahan hidup hingga mereka mampu mendomestikasi hewan dan tumbuhan belasan ribu tahun silam, dan baru setelah itu populasinya meningkat pesat.

Manusia masih mending, sisa satu genus.
Platypus lebih malang, dari keluarga Ornithorhynchidae, cuma sisa spesies mereka.

Quote:Original Posted By ushirota
mungkin darwin melihat manusia2 dengan wajah mirip monyet, jadi muncullah teorinyaemoticon-Leh Uga

"Sekedar melihat" bukan cara yang bisa digunakan dalam bilogi.
Jika cuma sekedar melihat kemiripan, entar belut dan kadal tanpa kaki akan dianggap sama dengan ular.

Quote:Original Posted By nonakriwil
Thread spt ini biasanya langsung men trigger "self acclaimed expert" utk komen mengenai evolution and natural selection yg ga based on scientific knowledge 😌

Ga based on scientific knowledge?
Lu bicara soal kreasionisme dan variannya, (un)intelligence design?

Quote:Original Posted By banksymonkey
teori paling absurd yet masih banyak juga yang percaya emoticon-Ngakak

Mau lu tuduh absurd juga, evolusi sudah jadi cabang resmi biologi, biologi evolusioner.
Jika lu bisa mematahkan teori evolusi, Nobel aja cuma sekedar hadiah kecil.
Jadi, lu bisa nyanggah?
Atau sekedar ketawa doang?
Atau lu mau lebih absurd dengan nyodorin kisah penciptaan manusia?
Entah dari tanah liat, entah dari pohon, entah dari batang kayu?
Diubah oleh shinhikarugenji
profile-picture
profile-picture
sav.grezza dan dragunov762mm memberi reputasi
2 0
2
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
30-11-2021 18:42
Penasaran apakah buku ini ada terjemahan indonesia nya atau tidak. Saya terus terang ingin beli, Hany sekedar ingin tahu apakah benar perkataan Darwin kalau nenek moyang manusia adalah monyet. emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
02-12-2021 20:22
Gile Piwan masih demen aja ngebales konspirasi pemuja tanah liat, udah 10 taun lebih emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
07-12-2021 05:43
Jejak dulu


emoticon-Traveller
0 0
0
Mengenal The Origin of Species, Karya Fenomenal Charles Darwin yang Penuh Kontoversi
17-12-2021 09:35
Terus apa hubungannya antara Charles Darwin dengan Charles Xavier? emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia