volcom77
TS
volcom77
Belajar Dari Punahnya VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie)


Kita tau berapa besar dan kuat nya cengkraman VOC (vereenigde Oostindische Compagnie) di Nusantara. Namun VOC yang lahir sejak 20 maret 1602 akhirnya kandas di peradaban awal revolusi Industri (1788). VOC adalah kongsi dagang para penguasa Belanda yang memperoleh hak membeli dan menguasai rempa dab perdagangan di Nusantara.

Saya tak bermaksud mengangkat kembali sejarah VOC di sini, tetapi mungkin ada yang luput dari pengamatan para sejarawan. Sejarah itu saat ini terulang. Jika VOC kandas ketika dunia menghadapi revolusi Industri, kini sebagian besar perusahaan juga bisa saja kandas menghadapi revolusi digital dan platform-based Conpetition

Para sejarawan, misalnya, mencatat VOC kandas karena beban biaya yang begitu besar yang harus mereka keluarkan dalam menumpas pemberontak di Nusantara. Selain itu, VOC juga menghadapi beban korupsi yang di lakukan Staf-stafnya sendiri.

Saya ajak anda melihat kapal-kapal yang di gunakan VOC dalam menjelajahi Nusantara. Dari foto-foto dan gambar-gambar yang saya pelajari serta melihat sisa-sisa kapal yang di lengkapi layar.

Quote:

Kapal-kapal layar itu di gerakan oleh agin. Lalu, seperti kita ketahui, pada tahun 1860-an dunia mulai mengenal mesin uap, yang kemudian memelopori kapal-kapal baru yang di gerakan oleh mesin uap. Tentunya kapal-kapal itu mampu bergerak lebih cepat.

Saya sering bertanya kepada para eksekutif dan peserta pelatihan Reformasi strategi (di ere disruption) di rumah perubahan, "apa yang harus dilakukan oleh VOC begitu mereka mendapat kabar lawan-lawannya dari Inggris sudah menggunakan kapal bermesin uap?"
Hampir semuanya menjawab dangan baik, "Ganti saja!" Ada satu dua lainnya yang mengatakan begini, "Pasang saja mesin uap di lambung kapal!"
Keduanya sama-sama bagus, tetapi ternyata tidak mudah. Untuk menjawab petama, VOC saat itu ternyata memiliki 4.875 kapal. Bukan sepuluh atau dua puluh. Mengganti ribuan kapal yang antara tahun 1500-1795 telah mengangkut 882.412 orang tentu tak semudah Mengganti sepuluh atau dua puluh kapal. Jumlah kapal VOC adalah dua kali jumlah kapal milik pesaingnya dari Inggris, EIC (East India Company).

Jawaban kedua juga bermasalah. Kapal-kapal yang basis geraknya dengan angin itu menjadi sangat membingungkan saat lambungnya dipasang di mesin-mesin uap. Para awak kapal pun bingung mengemudikannya, antara mengandalkan keterampilan mengendalikan angin atau mengerahkan mesin.
Ini agak persis dengan cara yang di tempuh para pengusaha ketika berhadapan dengan peradaban digital, hampir semua pengusaha besar selalu mengatakan, "siap kami beli!"; "Siap, kita sudah punya."

Memiliki adalah satu hal, menguasai adalah hal lainnya. Perusahaan-perusahaan kebanyakan mengklaim sudah memiliki SAP, digital employee monitoring system, knowledge management system, iflow, smart sharing and learning, sampai talent management system, dan seterusnya. Namun, ketika di dalami, ternyata mereka baru sebatas memiliki.

Demikian pula VOC. Mereka mengklaim sudah memasang mesin uap di Lambung-lambung kapal miliknya. Mungkin tidak semua, tapi berapa. Yang menjadi masalah, kapal-kapal mesin uap itu terus berevolusi. Dari mesin uap ke mesin yang kini kita kenal dengan bahan bakar cair. Setelah itu, ukuran kapal pun berubah, demikian juga mesinnya.

Dunia terus berubah, dan kapal-kapal layar milik Belanda yang begitu berjaya, dengan kompeni-kompeni yang begitu perkasa menekan rakyat Indonesia pada saat penjajahan, terbunuh oleh zaman. VOC terlambat shifting. Kapal-kapalnya kalah hemat dan kalah cepat. Volume angkutnya juga kalah.

Artinya, mereka tidak kompetitif. Ini berbeda sekali dengan Inggris yang perusahaannya (EIC) masih terus hidup hingga dilebur menjadi bagian dari kepanjangan tangan pemerintah Inggris pada 1824.

Demikin sedikit ulasan tentang VOC (vereenigde Oostindische Compagnie) semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat.
emoticon-Toast:terimakasih

Sumber: buku sejarah, Rhenald Kasali, ph.D.
Sumber gambar: tertera di atas

Quote:
Diubah oleh volcom77 24-11-2021 10:52
anameo96Adit.m.nrieed
rieed dan 31 lainnya memberi reputasi
32
8.9K
97
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.