Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
131
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619d16e5b80a122e9b2d9c90/tips-irit-bensin-cara-cerdas-mengemudi-kendaraan-matic-paling-manjur-nih
Kendaraan jenis metic utamanya roda empat memang semakin menggeliat dan diterima oleh masyarakat. Meski teknologi mesin matic ini dibilang modern rupanya ada beberapa perhatian paling menonjol yang sering dikeluhkan, yaitu lebih boros bahan bakar dibanding mesin manual.
Lapor Hansip
23-11-2021 23:29

Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)

[ HT# 856 ]

Kendaraan jenis metic utamanya roda empat memang semakin menggeliat dan diterima oleh masyarakat. Meski teknologi mesin matic ini dibilang modern rupanya ada beberapa perhatian paling menonjol yang sering dikeluhkan, yaitu lebih boros bahan bakar dibanding mesin manual.

Ya, saya sih termasuk meyakini juga keluhan matic itu boros, tapi bukan berarti yang manual lebih baik, karena pada intinya mau mesin manual atau matic adalah bagaimana kita pandai membawa kendaraan, menjaga torsi, dan kaki-kaki harus tertib.

Tapi hasil dari beberapa referensi yang saya dapatkan dari komunitas yang saya ikuti ada beberapa hal yang cukup membantu agar kendaraan jenis metic ini jadi lebih irit bensin, setidaknya konsumsi bahan bakarnya terhitung normal bahkan mungkin bisa lebih irit daripada mesin manual.

Nah, agar lebih mudah dipahami berikut saya rangkum secara singkat saja, semoga saja informasi ini berguna buat pemilik kendaraan terutama mobil jenis matic.

Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)

PERTAMA
Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, menjaga torsi atau berada di kecepatan yang stabil tidak sering-sering 'bejek" pedal gas dalam-dalam adalah cara paling mudah untuk dilakukan, baik kendaraan manual termasuk matic.

Mau tidak mau kaki-kaki harus tertib, tidak sruntulan atau potong sana sini macam angkot sedang kejar penumpang. Karakter matic yang membutuhkan momentum tepat di torsi tertentu membuat pengemudi harus ekstra sabar beberapa detik agar bisa bergerak lebih cepat.


KEDUA
Lagi-lagi ini soal perilaku kaki-kaki pengemudi yang harus tertib, kuncinya ya menjaga rpm di gigi sesuai dengan kecepatannya. Misalkan jalan santai umumnya rpm akan manteng di 2.000 - 2.500rpm, atau jika ingin sedikit lebih cepat usahakan tidak lebih dari 3.000rpm. Cara termudah dengarkan suara deru mesin bila mulai terdengar bising maka turunkanlah kecepatan dan tetap konstan dikecepatan terbaiknya tadi.

Menjaga posisi rpm di mobil matic sebetulnya lebih mudah daripada manual. Karena hanya ada dua pedal rem dan gas tanpa pedal kopling maka kerja perpindahan gigi jadi lebih praktis mengikuti kedalaman injakan kaki pada pedal gas. Tapi dalam prakteknya karena terlalu nyaman kaki jadi sering injak gas dalam yang akibatnya bensin jadi lebih boros.


KETIGA
Ketika berhenti cukup lama sebaiknya pindahkan gigi di posisi netral. Ini sangat membantu memperingan kerja mesin dan efeknya bensin jadi lebih sedikit terbuang.

Pengguna mobil matic yang maunya langsung bergerak cepat setelah lampu hijau menyala umumnya meletakan gigi di posisi D. Asal tahu saja gigi diposisi D ini bahan bakar terus dibuang meskipun kendaraan dalam keadaan berhenti. Maka mulai saat ini gunakan transmisi di posisi Netral meskipun hanya berhenti sesaat, ya.


KEEMPAT
Ketika kendaraan berjalan cepat tentu membutuhkan bahan bakar lebih banyak, maka akan boros juga ketika mobil sering berjalan stop and go serta melakukan pengereman mendadak.

Untuk bergerak dari titik nol tentu membutuhkan daya dorong lebih besar yang otomatis memerlukan bahan bakar lebih dari biasanya. Pentingnya menjaga kecepatan rata-rata akan membuat pengereman tidak bekerja ekstra keras dan menghindari mobil berjalan dari titik nol lagi.

Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)

KELIMA
Langkah ini sebenarnya sudah ada sejak lama termasuk pada mobil bermesinkan manual, yaitu mengurangi beban kendaraan dari barang-barang atau aksesoris yang berlebihan, tekanan ban yang sesuai standar pabrikan, pemilihan jenis/karakter ban, permukaan kembang ban yang masih baik, menghindari jalan yang sering rusak/tanah basah yang dalam/menanjak dan macet, tahu jalan shortcut untuk mencapai tujuan, matikan ac ketika jalan terlalu menanjak.

Ya, memang karena penilaiannya kali ini adalah mendapatkan angka irit dalam perjalanan maka kondisi kendaraan secara standar pabrikan adalah yang paling direkomendasikan, termasuk tidak mengubah bagian pengapian dan karakter mesin adalah bagian untuk mengirit bahan bakar mobilmu.


Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)

Sebuah opini, komunitas ts
Img. Gugel

Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dickyb21 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
23-11-2021 23:29
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
profile-picture
profile-picture
combustor dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
23-11-2021 23:32
Apakah Gan @c4punk1950... dan Gan @iskrim janjian ngebahas matic???
emoticon-cystg
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
profile-picture
profile-picture
jlamp dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 01:28
Matic jaman now responsif karena dah canggih dan pinter (IMHO)

Ga kaya matic jadul yg lemot perpindahan giginya, ada jalan nanjak mesti kick down, matic skg ga perlu kickdown klo jalan nanjak ato torsi berkurang otomatis turun gigi

Tapi mungkin ga semua mobil matic saat ini sperti itu, tergantung kelas mobilnya (cmiiw)
profile-picture
profile-picture
iskrim dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 05:07
Hell yeah bro. Ane pny matic 2000cc cukuplah pake pertamax 500rb per bulan. Irit kan? Lha iya dipake cuma sekali seminggu doank, itu jg dalam kota. Dah 5 thn cuma 18k km wkwkwk...
profile-picture
profile-picture
iskrim dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 07:42
Nice thread Om krim..

Btw, Beberapa kendaraan baru (mobil/motor) ada fitur ECO indicator... Boleh digunakan tuh, ada juga fitur idling stop...

Attau beli mobil hybrid untuk keiritan level selanjutnya.

Hahahaha.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dieq41 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 09:12
gerobak cilok ane matic, isi solar busuk irit bree, yang boros orangnya ga boleh liat gerobak siomay, mau nya jajan mulu...

emoticon-Traveller
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 09:14
Yang gue masih bingung, kenapa yak rem mendadak bisa dibilang jadi boros bensin. Padahal rem, mau mendadak atau nggak kan nggak makan bensin ? Kecuali sesudah rem mendadak langsung bejek gas iya jadi boros. emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
iskrim dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 09:43
ngemudi yg barbar2 yg disalahin mobilnya yg boros emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
indrab12432 dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 09:43
emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
zeze6986 dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 09:47
balik jg ke mobilnya biarpun udah "sekolah" kakinya, klo mobilnya boros gak bisa dilawan pake ilmu apapun emoticon-Big Grin
banyak kan mobil2 yg dijual disini yg cc nya 2000 dan sekitarnya cuma dapet 1:10 (ini juga uda bagus). dibanding mobil2 mewah cc besar buatan eropa malah bs dapet 1:14, blom klo rute tol kecepatan stabil makin irit lagi. tenaga lebih besar tp lebih irit
profile-picture
profile-picture
iskrim dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 09:55
KEENAM : saat angkatan pertama jangan di stater, di tuntun aja biar makin iritemoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0 0
0
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 09:56
Quote:Original Posted By aim.haris
ngemudi yg barbar2 yg disalahin mobilnya yg boros emoticon-Ngakak

Kasihan mobilnya jadi kambing item emoticon-Big Grin padahal mah bisa irit kalau gak dipake2..

Quote:Original Posted By bebemania
balik jg ke mobilnya biarpun udah "sekolah" kakinya, klo mobilnya boros gak bisa dilawan pake ilmu apapun emoticon-Big Grin
banyak kan mobil2 yg dijual disini yg cc nya 2000 dan sekitarnya cuma dapet 1:10 (ini juga uda bagus). dibanding mobil2 mewah cc besar buatan eropa malah bs dapet 1:14, blom klo rute tol kecepatan stabil makin irit lagi. tenaga lebih besar tp lebih irit


Jangan lupa boros bisa karena memang karakter mesinnya dan membandingkannya harus dengan apple to apple... ini yg sering orang lupa
0 0
0
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 09:57
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
profile-picture
profile-picture
proficiat dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 10:53
kalo mau efektif sih mending dituntun aja maticnya
emoticon-Ngakak
0 0
0
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 11:07
ane pengguna mesin matic 2000 cc cvt dalam tol masih dapet 1:13 yg penting rpm mesin harus stabl d antara 2000-2500 rpm
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 11:18
Mobil matic jaman sekarang udah ga kalah irit ama manual kok kalo karakter penggunanya sama.
Grid oto pernah bahas kalau ujicoba avanza veloz 2020 a/t & m/t malah lebih irit a/t sekitar 0.5 km/l
Diubah oleh willz.smith
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 11:29
gasnya diurut emoticon-Big Grin jadi ngayun kyk kurva emoticon-Big Grin yg enak CVT sih matic klo mau incer irit, tapi ya itu responnya g instan biarpun dibejek emoticon-linux2 mau lebih irit lagi? pake mobil matic diesel atau hybrid sekalian emoticon-Leh Uga
Diubah oleh gusmi21
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 11:29
point ke 3 jujur bikin bingung
ada youtuber yg ngerti otomatif justru ga menyarankan posisi N kalo lagi berhenti
karna dianggapnya justru mesin malah bekerja keras emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
agam69 dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 12:40
Wah jadi tambah ilmu nih

Jadi bisa makin irith bbm emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
iskrim dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Tips Irit Bensin, Cara Cerdas Mengemudi Kendaraan Matic (Paling Manjur, Nih)
24-11-2021 13:28
intinya kalo gas itu diurut jangan dibejek....
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia