Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619ce16d642e4868002ea4a1/5-alasan-pentingnya-teliti-saat-mengerjakan-soal
Menjadi pelajar tidak akan pernah lepas dengan yang namanya mengerjakan soal. Baik soal latihan maupun soal ujian, keduanya memerlukan ketelitian dalam mengerjakannya. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru juga dituntut teliti dalam merancang susunannya agar siswa dapat memahami tujuan belajar mereka.   Ketelitian tidak akan pernah lepas dalam kehidupan kita semua. Bagi siswa, terutama mereka yan
Lapor Hansip
23-11-2021 19:41

5 Alasan Pentingnya Teliti Saat Mengerjakan Soal

5 Alasan Pentingnya Teliti Saat Mengerjakan Soal
Menjadi pelajar tidak akan pernah lepas dengan yang namanya mengerjakan soal. Baik soal latihan maupun soal ujian, keduanya memerlukan ketelitian dalam mengerjakannya. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru juga dituntut teliti dalam merancang susunannya agar siswa dapat memahami tujuan belajar mereka.
 
Ketelitian tidak akan pernah lepas dalam kehidupan kita semua. Bagi siswa, terutama mereka yang berada di jenjang sekolah dasar, mereka harus memahami pentingnya ketelitian dalam mengerjakan soal.

Dalam rencana pembelajaran siswa, kita dapat menjelaskan secara rinci bentuk tugas untuk peserta didik. Dalam penyampaiannya, guru bisa menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa agar mereka tidak salah tangkap mengingat fase perkembangan kognitifnya belum seperti mereka yang sudah remaja atau dewasa.

Menurut Ashari (2015) teliti didefinisikan sebagai cermat dan saksama dalam menjalankan sesuatu. Individu yang teliti ditunjukkan dengan cermat, penuh minat, dan berhati-hati dalam menjalankan sesuatu agar tidak terjadi kesalahan, dan mendapatkan hasil yang baik. Ketelitian siswa dalam mengerjakan contoh soal akm dapat mewujudkan nilai yang baik dan memuaskan. Nilai dari mengerjakan ujian akm dapat memenuhi standar internasional, artinya pendidikan di Indonesia dapat lebih maju kedepannya.

Kita perlu tahu, apa sih pentingnya mengerjakan soal dengan teliti? Yuk mari disimak bersama!

Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Tidak perlu diragukan lagi, jika peserta didik mampu mengerjakan soal dengan lebih teliti, jawaban benar akan lebih banyak dibanding yang salah. Jika satu siswa mampu lebih teliti dalam mengerjakan soal, maka ribuan bahkan jutaan siswa di Indonesia dapat menyumbang perbaikan kualitas pendidikan di negara kita.

Melihat contoh rpp merdeka belajar yang beredar di internet, bisa kita simpulkan bahwa rancangan tersebut meski singkat, tetapi berdampak signifikan baiknya. Begitu pula upaya kecil untuk lebih teliti dalam pengerjaan soal, akan memberikan dampak yang luar biasa bagi kemajuan pendidikan bangsa kita.

Membangun Karakter Peserta Didik
Teliti itu hal yang terdengar sepele, namun berdampak besar bagi pelakunya sendiri. Mereka yang membiasakan dirinya teliti, tak hanya dalam mengerjakan soal, maka mereka mempermudah hidupnya. Kok bisa begitu?

Jika segala aspek hidupnya penuh ketelitian, mereka dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya seperti saat mengerjakan soal akm, si A lebih teliti daripada si B, maka dari itu nilai si A lebih bagus meskipun mereka memiliki kapasitas yang sama. Ingat, kepandaian akan kalah dengan ketelitian! Jika kita teliti, maka kita tahu letak kesalahan atau benarnya di mana.

Menghemat Energi
Quote:“Lho? Kok bisa teliti itu menghemat energi?”


Biasanya siswa dengan nilai di bawah KKM akan mengikuti program remedial untuk meningkatkan nilainya, minimal mengejar nilai standar KKM. Padahal jika siswa tersebut prepare lebih matang dan teliti dalam mengerjakan soal, bisa jadi ia tak perlu menjalani program remedial. Artinya ia tak perlu menyediakan waktu dan energi lagi untuk mengerjakan soal untuk stage atau program yang sama. Waktu tersebut dapat dialihkan untuk upgrade skill atau belajar materi lainnya.

Menghindari Termanipulasi Soal
Biasanya mereka yang teliti juga lebih pandai dalam menganalisa situasi. Mereka memperhatikan setiap detail yang ada. Biasanya terdapat soal cerita yang begitu mind-blowing atau manipulatif. Siswa yang teliti akan mudah memahami alur soal dan teknik mengerjakannya. Banyak jenis soal yang menjebak, namun jika siswa teliti, mereka tidak akan termanipulasi oleh bentuk soalnya.

Melatih Fokus dan Mindful
Siswa yang terburu-buru dalam mengerjakan soal biasanya memiliki banyak pikiran di luar proses belajarnya. Mungkin saja mereka memikirkan game, nonton TV, bermain, perasaan tidak nyaman di rumah atau hal di luar pembelajaran. Ajarkan siswa untuk teliti dalam mengerjakan soal agar mereka dapat mencapai mindfulness dan fokus dalam momen tersebut.

Itulah 5 alasan mengapa teliti dalam mengerjakan soal itu penting. Tak hanya berdampak untuk diri sendiri, jika semua siswa mampu meningkatkan ketelitian dan fokusnya dalam mengerjakan soal, tidak menunggu puluhan tahun kualitas pendidikan negara kita akan lebih maju.
0
Masuk untuk memberikan balasan
education
Education
3.3K Anggota • 16.5K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia