News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
171
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6199ab94e48d6e01483ff513/mengenal-agama-asli-nusantara
Agama asli Nusantara atau kepercayaan adat adalah agama-agama suku (agama bersahaja atau etnis) pribumi yang telah ada sebelum agama-agama asing masuk ke Nusantara. Kerohanian asli pada umumnya juga meliputi sejumlah aliran/organisasi kepercayaan baru yang didirikan di Nusantara.
Lapor Hansip
21-11-2021 09:14

Mengenal Agama asli Nusantara

Past Hot Thread
Agama asli Nusantara atau kepercayaan adat adalah agama-agama suku (agama bersahaja atau etnis) pribumi yang telah ada sebelum agama-agama asing masuk ke Nusantara.

Kerohanian asli pada umumnya juga meliputi sejumlah aliran/organisasi kepercayaan baru yang didirikan di Nusantara.

Agama/kepercayaan nenek moyang suku bangsa Austronesia serta bangsa Papua yang telah ada di Nusantara sebelum masuk agama-agama asing dari subbenua India (Hindu dan Buddha), Arab (Islam), Portugis (Kristen Katolik), Belanda (Kristen Protestan), dan Tiongkok (Konghucu).

Sebelum Nusantara didiami bangsa berkulit cokelat (Austronesia), bangsa proto Melanesia (berkulit hitam) menganut kepercayaan monoteistik yang sekarang dikenal dengan nama kapitayan. Seiring dengan datangnya orang-orang Austronesia, kepercayaan itu turut dianut oleh mereka.

Mengenal Agama asli Nusantara

Kepercayaan masyarakat purba telah mempunyai mitologi kaya serta wiracarita, memuliakan dewa-dewi, roh leluhur dan roh kekuatan alam yang menghuni air, gunung, hutan. Hakikat tak terlihat yang memiliki kekuatan supernatural ini disebut oleh orang Jawa, Sunda, Melayu, Bali sebagai Hyang dan oleh suku-suku Dayak sebagai Sangiang.

Beberapa dari agama asli masih hidup baik yang murni maupun telah gabungan (sinkretis) dengan agama asing, umpamanya agama Hindu Bali, Kejawen serta Masade (Islam Tua). Akan tetapi kepercayaan asli yang telah hilang bisa hidup sebagai agama rakyat di antara umat Islam atau Kristen di dalam praktik adat di luar agama resmi, misalnya syamanisme Melayu dan kepercayaan kaum Abangan Jawa.

Keagamaan asli juga meliputi sejumlah aliran/organisasi kepercayaan baru (gerakan spiritual) yang didirikan di Nusantara pada abad ke-19–21-an dan terkait dengan agama-agama asli, yakni Saminisme, Subud, Sumarah, dll. Namun, gagasan universal aliran kepercayaan di Indonesia sebagai sumber dari Tuhan YME dan hubungan pribadi dengan Dia tidak menyiratkan mengikuti wajib kepada adat agamawi etnis.

Hingga kini, tak satu pun agama-agama asli Nusantara yang diakui di Indonesia selaku agama, hanya sebagai aliran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Sekaligus sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 dan Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia tertanggal 7 November 2017 dengan No. 97/PUU-XIV/2016, para penghayat kepercayaan dapat mencantumkan nama “penghayat kepercayaan” dalam dokumen kependudukan mereka dan memiliki hak yang sama-sama seperti para penganut enam agama.

Untuk melegalkan status mereka, beberapa agama asli (Aluk Todolo, Kaharingan, Pemena, dan Tolotang) pada tahun 1970-an dan 80-an berada di bawah naungan agama resmi Hindu sebagai aliran-alirannya.

Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Indonesia (MLKI) adalah wadah tunggal sebagai payung bagi kumpulan-kumpulan kepercayaan.

Berikut ialah daftar agama kuno asli Nusantara yang masih hidup:

1. Adat Musi (suku Talaud, Sulawesi Utara)
Mengenal Agama asli Nusantara
Tempat suci penghayat ADAT Musi.
Isi


2. Adat Papua (suku Asmat dll, Papua)
Mengenal Agama asli Nusantara
Tengkorak nenek moyang Asmat
Isi
Diubah oleh LordFaries4.0
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hippopotamus93 dan 52 lainnya memberi reputasi
53
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
sejarah--xenology
Sejarah & Xenology
2.8K Anggota • 5.5K Threads
Halaman 2 dari 5
Mengenal Agama asli Nusantara
21-11-2021 16:30
skrg terusir yah
miris sama yg selalu tereak2 peribumi
profile-picture
profile-picture
kentutz dan LordFaries4.0 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Mengenal Agama asli Nusantara
21-11-2021 16:46
Keren.... Up jgn sampai tenggelam...

Gairahkan gerakan kembali kepelukan ibu pertiwi...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengenal Agama asli Nusantara
21-11-2021 16:58
Mantap thread nya bosqueeh
profile-picture
LordFaries4.0 memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Agama asli Nusantara
21-11-2021 17:50
emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
hoodieabu dan LordFaries4.0 memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Agama asli Nusantara
21-11-2021 19:54
Keyakinan/kepercayaan itu cenderung terkait dengan apa yang diketahui dan yang tidak diketahui.
Terkait yang diketahui itu merupakan pengetahuan-fakta, dimana itu bisa diturunkan kepada generasi penerus. 'Nggak peduli generasi ke berapa.

Sedangkan yang tidak diketahui, cenderung menjadi mitos (bila sifatnya cenderung negatif dan/atau netral) dan harapan (bila sifatnya positif).
Dengan sendirinya bila yang dulunya tidak diketahui penyebabnya, sekarang telah diketahui (seperti penyakit yang datangnya karena virus/bakteri, keracunan makanan karena alergi atau jenis penyakit lainnnya, seperti kanker, tumor), maka ada yang perlu untuk dikoreksi.

Sedangkan yang terkait harapan itu ...
Dulu masa ada orang berangan-angan untuk hidup bermewah-mewah ala jaman sekarang ?
Tehnologi terus berganti, dengan sendirinya harapan itu juga akan berubah pula menyesuaikan. Sekalipun tidak diniati untuk bermewah-mewahan, hidup "normal/biasa" pada jaman sekarang di perkotaan, bisa dikategorikan hidup mewah menurut persepsi orang jaman bahuela. emoticon-Big Grin

...
Mungkin bisa dijadikan tambahan namun ini datangnya dari luar negeri ...




Diubah oleh bingsunyata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Agama asli Nusantara
21-11-2021 20:19
agama yg bener dan baik...
beda dg agama.import padang pasir yg sampai skarang cuma bantai orang2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengenal Agama asli Nusantara
21-11-2021 20:44
Tritnya panjang tapi bagus.Bedanya apa "Agama" dengan "penghayat kepercayaan"??Bukankah orang beragama itu juga menghayati apa yg dipercayainya?This is my question.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan LordFaries4.0 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Mengenal Agama asli Nusantara
21-11-2021 20:53
kalau mundur ke sebelum pengaruh hindu buddha biar "nusantara banget" ya kepercayaan di indonesia mayoritas didominasi antara:
1. Menyembah/mengagung2kan leluhur(ini paling banyak, malah pas ada hindu buddha banyak di fusion sama ajaran hindu-buddha),
2. Animisme lokal kek dewa pohon tertentu, dewa yg nguasain wilayah laut tertentu, dsb--mirip-mirip sama peradaban2 era hunting and gatheringnya di afrika dan mesopotamia waktu awal2 dlu.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan LordFaries4.0 memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Agama asli Nusantara
21-11-2021 22:24
Klo orang hindu bali misal di medan atau lg di india apa cocok ibadah di kuil hindu? Soalnya ada temen ane orang keturunan india krn susah nyari kuil di mari, jadi akhirnya ke pura cuman gataudeh gmn2nya wkwk
profile-picture
profile-picture
salvation101 dan MemoryExpress memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Agama asli Nusantara
21-11-2021 22:27
Btw gw rasa agama hindu, buddha lebih effort nerima aliran2 ini. Tho kl dilihat sejarah, sewaktu hindu buddha menguasai nusantara, agama2 ini lanjut aja.. tapi tinggal kembali ke penganutnya aja deh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Agama asli Nusantara
22-11-2021 09:11
Masih banyak yg pada bingung atau bahkan gk tau, apa itu AGAMA, AJARAN, KEPERCAYAAN, KEYAKINAN, PENGHAYATAN , 😁
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Agama asli Nusantara
22-11-2021 10:06
Jejak di trit baru forsex puh, ditunggu updateny
profile-picture
LordFaries4.0 memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Agama asli Nusantara
22-11-2021 11:05
kasian yang begini dibilang murtad dan debunked. padahal semua agama sama2 saling berbeda dan semua rata sudah banyak debunk nya bisa dicari lewat google doang. ngapain mencibir mencaci kalau kamu juga melakukan hal yang sama persis? sesama ateis pun kalau ada yg mencibir agama lain saya tegor sih. masalah nya kebebasan kepercayaan itu kan salah satu hak asasi manusia selama gak merugikan orang lain. apa yg ada di dalem kepala mau mikir jorok mau memuja tuhan bodo amat itu hak masing2 individu.

dari kesemua nya yang paling dekat dari saya palingan kejawen, karena saya di pulau jawa. gak banyak juga praktisi taat serius nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Agama asli Nusantara
22-11-2021 11:09
Ikut nimbrung Gan

Kebetulan ane dinas di Talaud sekarang sejak awal pandemi 2020. Kepercayaan nomor 1 yang Agan TS sampaikan, nyatanya ga pernah ane lihat di sini, baik secara upacara spiritual, filosofi, maupun implementasinya di masyarakat setempat. Yang ada cuma simbol2 atau jabatan2 ketua adat yang sama sekali ga punya power karena kalo mau dilihat sebagai masyarahat hukum adat, kriterianya ga masuk sama sekali. Mungkin dulu ada, tapi jejak2 peninggalannya ga ane temuin sama sekali. Kalopun bener ada, entah ajaran luhur itu hilang ke mana karena masyarakat sini kenyataannya lebih suka iri hati kalo tetanggnya ketimpa rejeki lebih, jadi besar kepala kalo dapat jabatan (jadi honorer aja sombongnya minta ampun), kalo ada masalah juga ga bisa selesai secara kekeluargaan (cara komunikasi dan dialektika masyarakat sini kurang banget dalam menghadapi masalah). Contoh: dihina dikit lapor polisi, padahal saling ejek dan hina adalah sesuatu yang biasa kalo di tempat kita (anjing, babi, monyet, tai, dll dll hahaha) selama itu ga main fisik. Masyarakat sini juga lebih liberal tapi ga paham ma konsekuensinya. Contoh: anak SD-SMP udah ngerti ngentiau, begitu hamil, ortunya cuma bisa pasrah padahal dari awal yang ngebolehin pacaran dan sampe nginep di rumah pacarnya ya ortunya sendiri.

Oya, mayoritas adalah pemeluk agama kristen protestan, gereja udah kaya indomaret di mana2 ada. No offense, salam dari binjai emoticon-Wowcantik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ronny398 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengenal Agama asli Nusantara
22-11-2021 11:13
Indonesia hebat bgt yah gan kalo masalah kebudayaan nyaa emoticon-Jempolemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
LordFaries4.0 dan MemoryExpress memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Agama asli Nusantara
22-11-2021 13:14
Sekarang malah yang agama pribumi dikafir kafirinemoticon-Sorry
profile-picture
double.jump memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Agama asli Nusantara
28-11-2021 05:08
Kejawwn islam bukan agama asli. Tetep aja bawaan pedagang arab yg nyebarin islam.
Aslinya mereka ya memeluk agama hindu buddha. Kejawen islam itu masa transisi mereka dicekokin agama islam makanya kebiasaan mereka memberi sesajen/dupa/kemenyan yg ada di hindu masih terbawa
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan pilotugal2an541 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengenal Agama asli Nusantara
28-11-2021 05:11
Ortu ane masih praktekin kejawen mandiin benda pusaka

Ditulis nya lengkap aja sama ts, kayak baca wikipedia
profile-picture
LordFaries4.0 memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Agama asli Nusantara
28-11-2021 05:28
Kok gua ga liat ada badaknya ? emoticon-Malu
0 0
0
Mengenal Agama asli Nusantara
28-11-2021 05:31
makin jarang thread sebagus ini di kaskus
emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
jiresh dan LordFaries4.0 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia