News
Batal
KATEGORI
link has been copied
36
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61991312faae63275871a230/hina-kerajaann-thailand-perempuan-63-tahun-ini-dipenjara-selama-43-tahun
Di Thailand, sedikitnya semenjak tahun lalu 155 orang dituduh hina kerajaan Thailand. Perempuan 63 tahun yang dikenal  dengan nama Anchan adalah salah satunya. Ia dipenjara 43 tahun lantaran menyebar podcast yang didakwa menghina monarki. Partai oposisi The Pheu Thai pun meminta peninjauan kembali atas undang-undang monarki di negara itu.
Lapor Hansip
20-11-2021 22:24

Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
Sumber: cnn.com


Di Thailand, sedikitnya semenjak tahun lalu 155 orang dituduh hina kerajaan Thailand. Perempuan 63 tahun yang dikenal  dengan nama Anchan adalah salah satunya. Ia dipenjara 43 tahun lantaran menyebar podcast yang didakwa menghina monarki. Partai oposisi The Pheu Thai pun meminta peninjauan kembali atas undang-undang monarki di negara itu.

Soalnya, UU tersebut mengancam penghina kerajaan dengan hukuman penjara 15 tahun. Disadur dari ucanews.com pada 7 Oktober 2021, nyaris separuh dakwaan atas UU monarki dituduhkan terhadap aktivis pro-demokrasi, demonstran, dan orang-orang lain yang mengungkapkan ekspresi secara daring.

Dakwaan-dakwaan ini menindaklanjuti komplain yang dibuat kelompok royalis, penjahat siber, dan pengguna internet lainnya. Gejolak politik dan desakan pro-demokrasi di Thailand mengundang pertanyaan. Apakah sistem monarki masih relevan? Saat ini setidaknya ada 40-an monarki dengan variasi jenisnya di dunia dan memegang peran penting dalam pemerintahan.

Raja Salman di Arab Saudi misalnya, juga memegang posisi sebagai perdana menteri. Namun, ada juga monarki yang mendapat penolakan dari publik. Disadur dari qz.com pada 18 Mei 2018, Spanyol dan Swedia, dua negara yang warganya paling ingin menghapuskan monarki. Salah satu yang kerap jadi argumen buat menolak monarki adalah mahalnya ongkos buat membiayai hidup keluarga kerajaan.

Namun, ada temuan yang menyebut bahwa negara dengan sistem monarki juga memberi dampak ekonomi yang tidak sedikit. Profesor bidang manajemen internasional di Wharton School of University of Pennsylvania, Mauro Guillen mengatakan yang ia temukan, pada dasarnya monarki cenderung lebih baik dalam melindungi hak atas kepemilikan properti, daripada negara republik secara umum, dan khususnya daripada pemerintahan diktator.

Ia melanjutkan, pada akhirnya ini menimbulkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, diukur dari standar hidup warganya. Jadi dengan kata lain, warga yang hidup di bawah monarki cenderung menikmati standar hidup daripada warga yang hidup di bawah negara republik, tepatnya karena monarki melindungi hak atas properti secara lebih baik.

Masalahnya, monarki di negara Thailand berdampingan dengan junta militer yang otoriter. Banyak permasalahan politik Thailand hari ini bermula dari proses demokratisasi yang tidak tuntas pada 1932. Tahun itu, Partai Rakyat melakukan kudeta yang mengakhiri monarki absolut Thailand.

Namun, Partai itu tidak membagi kekuasaan pemerintah dengan kelompok lain. Imbasnya, rakyat Thailand harus menunggu 14 tahun untuk melaksanakan pemilu legislatif dan partai politik alternatif. Kudeta militer yang terjadi pada 1957 membuat posisi kerajaan menguat. Jenderal Sarit Thanarat yang mengambil alih kekuasaan memanfaatkan aliansi dengan kerajaan untuk mengukuhkan kekuasaannya.

Seiring waktu, istana memprovokasi citra kebajikan Raja Bhumibol yang waktu itu berkuasa sebagai identitas sentral Thailand. Persoalan muncul saat Raja Bhumibol meninggal pada 2016. Penggantinya, Raja Maha Vajiralongkorn, memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda. Ia mengkonsolidasi kekuatan politik dan mengambil aset dari perusahaan besar. Unit militer terkuat di Bangkok juga ia ambil alih. Pada tahun-tahun kedepan, tuntutan menghapus monarki di Thailand tampaknya akan tetap masif.

cnn.com

Referensi: ucanews.com
                   qz.com
                   lowyinstitute.org
                    
Sumber Gambar: cnn.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
f3rdinand81 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk untuk memberikan balasan
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
25-11-2021 11:50
Quote:pada dasarnya monarki cenderung lebih baik dalam melindungi hak atas kepemilikan properti, daripada negara republik secara umum, dan khususnya daripada pemerintahan diktator.

Properti para bangsawan ?

Karena properti bangsawan milik absolute, rakyat jelata bekerja sekeras apapun tidak akan mampu membelinya
Karena properti milik bangsawan
profile-picture
yoseful memberi reputasi
1 0
1
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
25-11-2021 16:40
Dia lahir, sekolah, cari makan, kimpoi, beranak pinak, sampai keluarga dia di kubur di Thailand.
Wajar dia harus menghormati raja dan negara nya.
Kl gak suka, khan bisa pindah ke yaman barangkali emoticon-Ngakak
Diubah oleh apawaal
profile-picture
ekastn07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 05:02
Lama amat mah dibui🤦🏻
0 0
0
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 05:07
Raja thailand sekarang emang sepak terjangnya ngawur bet

awas bawah gua di sleding sama ladyboy

emoticon-Baby Boy 1
profile-picture
yoseful memberi reputasi
1 0
1
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 05:11
Jogja masih Monarki noh emoticon-Malu
profile-picture
prabas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 05:29
Inggris dari dulu juga monarki, warganya & negara persemakmurannya ampe skarang damai2 aja tuhemoticon-Cool
profile-picture
badbironk memberi reputasi
1 0
1
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 05:55
Klo disini seenak udelny menghina dan mencaci maki presiden ga di hukum berat mky jd pda songong
profile-picture
prabas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 06:01
Raja thai yg terbaru ini mulai bergaya otoriter, sama spt saudaranya kerajaan absolut di arab saudi, korut, suriah, dsb nya....... Gan...... Ybs jg berniat mau jd monarki absolut jg, makanya bnyk warga thai kini muak ama raja thai terbaru yg sdh tak berwibawa lg di hadapan bnyk rakyat jelata di sono...... Gak heran jk gerakan reformasi anti monarki mulai meluas di kerajaan thai tuk masa skrg dan kedepan nya.......
profile-picture
Mandalorian memberi reputasi
1 0
1
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 06:15
Junta militèr emang dimana2 galak breemoticon-Takut
profile-picture
yoseful memberi reputasi
1 0
1
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 06:47
Makanya pindah sini aja ..
Menghina paling 2 tahun
profile-picture
prabas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 07:57
Definisi membusuk di penjara emoticon-Leh Uga
0 0
0
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 08:08
It's not about the system, it's all about the leader.


Apapun sistem pemerintahan yang dianut, entah monarki atau demokrasi atau otoriter sekalipun, punya kelebihan dan kekurangan masing2. Dengan sistem apapun asal pemimpinmya mampu mendistribusikam keadilan secara merata, pasti negara tersebut akan makmur dan rakyat pun akan turut senang emoticon-Toast
0 0
0
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 08:18
Ga jauh beda disini juga ada uu ite sama penistaan agama
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 08:24
disini malah banyak yang pengen monarki ala ottoman😅
profile-picture
penthouse.3 memberi reputasi
1 0
1
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 08:58
Di hampir semua negara, apalagi negara dunia ke 3 menghina negara & kepala negara ini ada hukumanya, cuma di Indonesia (Amerika sih wajar mereka liberal) menghina kepala negara di jadikan hobby, kalau di tangkap di bilang zalim. Menghina = mengkritik katanya.
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 09:00
Untung gua gak di sana dan bukan asli sanaHina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
profile-picture
profile-picture
indolopdelicia dan adrianfuzagame memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 09:12
Gimana ya ,kalau lihat berita berita Raja Thailand yang sekarang sebelum jadi raja ,wajar sih mereka pada ngamuk ,dulu awal meninggalnya Raja Bhumibol dan naik tahtanya Raja Vajiralongkorn ,banyak banget berita berita tentangnya

Kalau alasan demo mungkin ini salah satunya
Misal dari CNBC :

Raja Thailand Digoyang Demo

Dengan point utama

Kehidupan Raja Thailand Maha Vajiralongkorn bak cerita dalam dongeng gelap. Putra mahkota dari pernikahan ketiga kerajaan Thailand ini menjadi berita utama yang menyeramkan: gelarnya dicopot, orang tua dan saudara laki-lakinya dipenjara karena tuduhan korupsi yang tidak jelas, pamannya dibersihkan dari jabatan polisi seniornya.

Ia juga harus menyelesaikan penyelesaian perceraian. Beruntung ia memiliki akses ke salah satu kekayaan kerajaan terbesar di dunia, yaitu sebuah perusahaan induk rahasia yang sarat dengan saham di perusahaan blue-chip Thailand dan tanah utama di jantung kota Bangkok.

Perusahaan induk rahasia itu menutupi pembayaran yang dilaporkan mendekati US$ 6 juta.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada 2016, pangeran naik takhta. Salah satu tindakan besar pertama Raja Maha Vajiralongkorn adalah mengalihkan semua kepemilikan di perusahaan besar itu, yang dikenal sebagai Biro Properti Mahkota (Crown Property Bureau/CPB), ke kepemilikan pribadinya.

kayaknya Rakyat Thailand agak ga terima penguasaan aset yang ga seharusnya ditangan Raja

selain itu Raja Vajiralongkorn juga hobby banget Ke Eropa ,ya gimana ya Namanya Monarki ,Raja dan penerusnya bisa berbeda sama sekali ,bahkan Inggris pun yang Monarkinya adem ,pun bakal goyang ,Kalau Prince Charless naik tahta karena ya kisah kehidupannya ,settiap bentuk pemerintahan memang punya sisinya masing masingemoticon-Maaf Agan
Diubah oleh mocotapikomen
profile-picture
badbironk memberi reputasi
1 0
1
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
27-11-2021 10:33
asal bisa dibedain aja menghina sama mengkritik emoticon-No Hope
0 0
0
Hina Kerajaann Thailand, Perempuan 63 Tahun Ini Dipenjara Selama 43 Tahun
29-11-2021 10:54
disana mengumpat aja kelar

berbanding terbalik disini mah


emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia