Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/618855315585774aa57317cd/pengaruh-kesehatan-mental-masyarakat-di-era-pandemi
Kesehatan mental dan fisik merupakan satu kesatuan yang berjalan beriringan. Keduanya saling berkaitan dan berpengaruh satu sama lain. Iman Hanggautomo, pendiri aplikasi KALBU yang merupakan platform kesehatan mental pertama di Indonesia menyebutkan bahwa ketidaksehatan mental dapat memicu permasalahan pada kesehatan fisik. “Seperti halnya fisik yang sakit harus diobati, maka mental yang sakit j
Lapor Hansip
08-11-2021 05:37

Pengaruh Kesehatan Mental Masyarakat di Era Pandemi


Kesehatan mental dan fisik merupakan satu kesatuan yang berjalan beriringan. Keduanya saling berkaitan dan berpengaruh satu sama lain. Iman Hanggautomo, pendiri aplikasi KALBU yang merupakan platform kesehatan mental pertama di Indonesia menyebutkan bahwa ketidaksehatan mental dapat memicu permasalahan pada kesehatan fisik.

“Seperti halnya fisik yang sakit harus diobati, maka mental yang sakit juga harus mendapatkan penanganan dari para ahlinya. Misalnya, melalui konsultasi dan terapi,”ucap Iman.

Iman mengungkapkan ada beberapa kelompok masyarakat yang dinilai lebih rentan dalam keseimbangan mental di era pandemi, antara lain kelompok usia dini seperti anak dan remaja, kalangan pekerja terutama masyarakat yang kurang penghasilan dan kehilangan pekerjaan , serta orang tua atau pasangan yang terlalu sering diharuskan dalam satu tempat yang sama karena adanya pembatasan kegiatan.

Iman menegaskan akan ada dampak yang muncul apabila kesehatan mental tidak diatasi dengan baik. Selagi membicarakan mengenai kesehatan mental, Iman menyarankan untuk melakukan konsultasi psikologis pada platform online yang menyediakan jasa psikolog profesional.

“Kita harus menghilangkan stigma negatif tentang konsultasi psikologis, bahwa kesehatan mental bukanlah hal yang tabu. Edukasi pentingnya kesehatan mental juga harus ditingkatkan sejak dini, misalnya dengan menyisipkan pendidikan tersebut ke dalam pelajaran sekolah,”ungkap Iman.

Terdapat tiga dampak yang dapat ditimbulkan akibat buruknya kesehatan mental seseorang, antara lain:

1. Hubungan menjadi tidak harmonis

Hubungan yang tidak harmonis merupakan dampak ringan dari ketidakstabilan mental. Emosi yang tidak dapat diatur mengakibatkan awal dari perpecahan hubungan dengan orang lain.

2. Kesehatan fisik terganggu

Kesehatan mental dan fisik yang saling berkaitan dapat mempengaruhi satu sama lain. Apabila kesehatan mental tidak dapat dijaga, kesehatan fisik juga akan terganggu dan menimbulkan komplikasi penyakit yang tidak dapat dihindari.

3. Bunuh diri

Bunuh diri merupakan hal yang tabu di dalam masyarakat. Bagi sebagian orang, pembahasan ini menjadi sensitif dan sangat dihindari. Akan tetapi, ini dapat menjadi dampak terburuk akibat kesehatan mentak yang terganggu. Penting bagi kita untuk mengamati lingkungan sekitar dan orang lain untuk saling menjaga satu sama lain.


Sumber : covid19.go.id


0
Masuk untuk memberikan balasan
health
Health
2K Anggota • 19.8K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia