Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/618853e219198c6a872702cf/upaya-untuk-menjaga-kesehatan-mental-dan-imun-di-masa-pandemi
Hari Kesehatan Mental Sedunia (World Mental Health Day) yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober merupakan momentum yang tepat untuk menyadari dan memahami pentingnya menjaga kesehatan mental yang sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik, telebih di masa Pandemi Covid-19 yang menuntut kita untuk tidak leluasa bergerak di luar rumah. Iman Hanggautomo, pendiri Aplikasi KALBU yang merupakan p
Lapor Hansip
08-11-2021 05:32

Upaya Untuk Menjaga Kesehatan Mental dan Imun di Masa Pandemi

Hari Kesehatan Mental Sedunia (World Mental Health Day) yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober merupakan momentum yang tepat untuk menyadari dan memahami pentingnya menjaga kesehatan mental yang sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik, telebih di masa Pandemi

Covid-19 yang menuntut kita untuk tidak leluasa bergerak di luar rumah.
Iman Hanggautomo, pendiri Aplikasi KALBU yang merupakan platform kesehatan mental pertama di Indonesia menuturkan bahwa kesehatan mental merupakan hal yang penting karena kesehatan mental dan kesehatan fisik saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

“Kalau kesehatan mental terganggu bisa menyebabkan masalah pada hipertensi atau jantung. Begitu juga sebaliknya. Maka dua hal ini harus berjalan beriringan,” tutur Iman dalam wawancaranya.
Selain itu, ia menjelaskan bahwa ketidakseimbangan antara mental dan fisik dapat mengakibatkan masalah pada pencernaan seperti maag dan gangguan asam lambung lainnya.

“Kaitan antara kesehatan mental dengan imun itu sangat kuat. Kesehatan mental itu tentang kesejahteraan emosional dan nyaman pada diri kita sendiri. Maka apabila ini baik maka otomatis imun tubuh juga akan baik,” imbuh Iman.
 
Sebagai pemerhati dan penggiat mental health, Iman menyebutkan ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental dan imun, antara lain:

1. Olahraga teratur
Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kekebalan imun dan berdampak baik pada tubuh serta pikiran.

2. Memiliki orang yang dapat dipercaya
Dikutip dari Halodoc, bercerita dan berkeluh kesah kepada orang lain terbukti dapat menurunkan tingkat depresi dan memiliki mental yang lebih sehat. Orang yang dapat dipercaya ini tidak hanya keluarga, tetapi juga bisa sahabat, guru, maupun psikolog.

3. Bersyukur
Berkaitan dengan poin 2, bersyukur merupakan poin yang tidak kalah penting. Mengeluh yang terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan mental. Dengan demikian, kita harus bersyukur dimulai dari hal-hal kecil, seperti masih diberikan kesempatan untuk menghadapi Pandemi Covid-19 dengan baik.

4. Komunikasi yang baik
Komunikasi merupakan kunci dari sebuah hubungan. Membangun komunikasi yang baik dengan keluarga, sahabat, rekan kerja, maupun orang lain di luar lingkungan kita dapat membuat stabil mental dan emosi.
 
5. Meluangkan waktu istirahat
Pola hidup di masa pandemi membuat masyarakat meminimalisasi kegiatan di luar rumah. Beberapa pekerjaan yang semula harus dikerjakan di luar rumah, saat ini dapat dikerjakan di dalam rumah. Istilah Work From Home (WFH) sudah tidak asing didengar. Bagi beberapa orang, perubahan ini dianggap lebih memudahkan, tetapi apabila tidak dikerjakan dengan baik akan berdampak pada waktu istirahat diri sendiri. Oleh karena itu, penting untuk meluangkan waktu istirahat di tengah kesibukan, ya!
 
6. Pola makan yang baik
Selain menjaga kestabilan mental, menjaga imun dan kesehatan fisik dengan pola makan yang baik juga sangat dianjurkan. Mengkonsumsi sayuran, buah, dan karbohidrat yang cukup serta mengurangi fast food merupakan pilihan yang tepat dalam menjaga kesehatan di masa pandemi.
 
7. Vitamin
Konsumsi vitamin setelah mengkonsumsi makanan sehat adalah penutup yang tepat untuk melawan Pandemi Covid-19, karena rantai penyebaran virus ini akan terputus apabila masyarakatnya sehat, baik dalam segi fisik maupun mental yang kuat


Sumber : covid19.go.id
0
Masuk untuk memberikan balasan
health
Health
2K Anggota • 19.7K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia