News
Batal
KATEGORI
link has been copied
52
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61881923d011fa4c95641421/sejarah-pabrik-gula-pundong
Sejak zaman kolonial, Pundong dijadikan daerah perkembangan dibidang pertanian. Pada akhir abad 18, Belanda membuat pabrik gula yang diberi nama Pabik Gula Pundong Beberapa fasilitas pendukung dibuat, seperti jalur rel kereta api yang menghubungkan Stasiun Ngabean dan daerah Pundong, serta terminal, dan stasiun. Dahulu, Pundong merupakan daerah pemberhentian terakhir jalur rel yang ada di kawasan
Lapor Hansip
08-11-2021 01:21

Sejarah Pabrik Gula Pundong

Past Hot Thread
Sejak zaman kolonial, Pundong dijadikan daerah perkembangan dibidang pertanian. Pada akhir abad 18, Belanda membuat pabrik gula yang diberi nama Pabik Gula Pundong

Sejarah Pabrik Gula Pundong

Beberapa fasilitas pendukung dibuat, seperti jalur rel kereta api yang menghubungkan Stasiun Ngabean dan daerah Pundong, serta terminal, dan stasiun. Dahulu, Pundong merupakan daerah pemberhentian terakhir jalur rel yang ada di kawasan Bantul sekarang (sekarang Kabupaten Bantul)

Sejarah Pabrik Gula Pundong

Rumah Belanda juga banyak di buat pada abad itu seperti di kawasan pinggir pabrik gula (sekarang SMA N 1 Pundong), kawasan perempatan Pundong (sekarang KUD Tani Rejo) dan timur Pasar Pundong yang berupa gudang garam (Sekarang menjadi rumah pribadi)

Sejarah Pabrik Gula Pundong

Sejarah Pabrik Gula Pundong

Abad 19 pabrik gula milik Belanda bangkrut. Akhirnya seluruh fasilitas tidak digunakan lagi. Pada zaman Jepang rel kereta banyak yang dipindahkan ke Thailand untuk digunakan sebagai besi penopang jembatan. Akhir abad 19 Pundong dilanda banjir besar akibat luapan sungai Opak

Sejarah Pabrik Gula Pundong

Akibatnya ribuan rumah terendam banjir dan rusak. Pada Saat itu, Sri Sultan Hamengkubuwono IX merencanakan pembuatan tanggul raksasa di pinggir sungai Opak. Sejak tanggul selesai dikerjakan, kawasan Pundong terbebas dari banjir.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Kesultanan Ngayogyokarta melebur dengan NKRI. Hal tersebut membuat kawasan tersebut harus dibagi menjadi kabupaten, kecamatan dan desa. Awalnya Kecamatan Pundong dan kretek menjadi kecamatan baru bernama Kecamatan Kretek, namun pada orde baru, daerah Pundong memisahkan diri dari Kecamatan Kretek dan membentuk Kecamatan Pundong.

Pada tahun 2006, tepatnya tanggal 27 Mei 2006. Yogyakarta dan sekitar diguncang gempa berkekuatan 6,2 sekala richter. Salah satu daerah terparah dilanda gempa adalah Pundong

Ribuan nyawa melayang serta hampir seluruh rumah di wilayah ini rusak berat dan rata dengan tanah. Hal ini akibat dari rapuhnya tanah di bawah Pundong serta berdekatan dengan sesar Opak. Rehabilitasi pasca gempa membutuhkan waktu sampai 2 tahun

Tahun 2008, di bekas pabrik gula, didirikanlah Pusat Rehabilitasi Terpadu Penyandang Cacat. Rumah sakit ini dikhususkan untuk korban gempa

***


Sumber text: Wikipedia
Sumber foto: KITLV Leiden, Delpher
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prabas dan 25 lainnya memberi reputasi
24
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Sejarah Pabrik Gula Pundong
08-11-2021 07:45
Ane sukak sejarah...
emoticon-Merdeka
Sejarah Pabrik Gula Pundong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
08-11-2021 12:01
Pundong panase pooll
Apalagi kalo musin ujan, Di siang hari kaga ada angin Babar blas

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
08-11-2021 15:06
Wah berarti udah ga ada ya itu pabrik gulanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
09-11-2021 06:14
Thanks infonya. Banyak daerah di Jawa yg jaman dulu jd pusat kegiatan perekonomian sekarang tidak lagi menonjol.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
09-11-2021 19:21
nama daerah pundong banyak banget, ane juga tinggal di pundong, tapi di jawa barat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
10-11-2021 15:53
Nice info gann
profile-picture
profile-picture
samsol... dan payungpink memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
10-11-2021 19:39
bekas pabrik gula pundong itu yg sekarang jadi Dinas sosial itu gan?emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
13-11-2021 19:24
Dulu waktu pkl ke sokaraja lewat bekas pabrik gula Belanda.. bangunan nya awet banget ya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
14-11-2021 19:06
Wah, rusak semua yg karena bencana alam

______________________________________
mampir ke Hot Thread ane gan emoticon-Ngacir

Mengenal Brainwave Software


Semoga bermanfaat untuk semuanya

emoticon-Paw
Diubah oleh greasemonkey09
profile-picture
profile-picture
payungpink dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Sejarah Pabrik Gula Pundong
14-11-2021 19:24
trit keren...sumprit dah agan tsemoticon-Recommended Seller
profile-picture
payungpink memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
14-11-2021 19:46
Yg pabrik karung dong gan..
profile-picture
profile-picture
payungpink dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
14-11-2021 19:50
Skrg bnyk, lokasi pabrik gula era belanda, telah berunah bmyk jd bukan pabrik gula lg pd masa kini, gan...... emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
payungpink dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
14-11-2021 19:58
Kalau gak salah dekat Pundong ada juga pabrik gula Madukismo
profile-picture
profile-picture
payungpink dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
14-11-2021 21:10
Nice info emoticon-Toast
profile-picture
payungpink memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
14-11-2021 22:03
Wih bantul nih
profile-picture
payungpink memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
15-11-2021 00:11
Harusnya tetep dimanfaatin sih bangunannya
profile-picture
payungpink memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
15-11-2021 06:56
wew. sayang pabrik gula peninggalan Belanda cuma beberapa saja yang masih beroperasi
profile-picture
payungpink memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
15-11-2021 10:05
Ada jalur rel kereta tebu nya ngga? Edan sepur monitor... emoticon-Smilie
profile-picture
payungpink memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
15-11-2021 10:42
kt misua ane, suka bau ga enak klo lewat sini (ampas gula keknya) emoticon-Hammer
profile-picture
payungpink memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Pabrik Gula Pundong
15-11-2021 11:20
ternyata zaman dulu maskapai atau maatschappij, artinya perusahaan. sekarang menjadi lebih sempit sebatas perusahaan penerbangan
profile-picture
payungpink memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia