News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/617f8e9c58160625a4114edc/jurusan-ilmu-perpustakaan-kerjanya-cuma-nyusun-buku-doang
      Selamat siang Sista dan Agan-agan yang berbahagia. Kali ini saya mau membawa keresahan yang selama ini saya rasakan sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan. Program studi Ilmu Perpustakaan masih  terdengar asing ditelinga kita, banyak orang bertanya-tanya; “jurusan ilmu perpustaakan,  emang ada ya?" “Jurusan ilmu perpustakaan, palingan kerjanya nyusun buku doang.” “Kala
Lapor Hansip
01-11-2021 13:52

Jurusan Ilmu Perpustakaan, kerjanya cuma nyusun buku doang?

      Selamat siang Sista dan Agan-agan yang berbahagia. Kali ini saya mau membawa keresahan yang selama ini saya rasakan sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan. Program studi Ilmu Perpustakaan masih  terdengar asing ditelinga kita, banyak orang bertanya-tanya;

“jurusan ilmu perpustaakan,  emang ada ya?"

“Jurusan ilmu perpustakaan, palingan kerjanya nyusun buku doang.”

“Kalau Cuma nyusun buku , ngapain jadi sarjana?”

Telinga saya rasanya sudah bosan mendengar pertanyaan di atas. Ada benarnya, kalau cuma  nyusun  buku doang buat apa kuliah namun, masalahnya pekerjaan lulusan ini bukan seremeh itu.

Saya yakin bukan hanya ditempat saya saja, pengelola perpustakaan disekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Menengah Atas  diisi oleh guru mata pelajaran padahal  untuk mengelola buku tersebut memerlukan keahlian khusus. Perpustakaan adalah gudangnya ilmu, semua informasi tersimpan di dalamnya. Perpustakaan merupakan jantungnya sebuah instansi dan lembaga sedangkan pustakawan adalah jantungnya perpustakaan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan tentunya yang pertama kali dibenahi adalah perpustakaannya, bagaimana sebuah perpustakaan bisa menyediakan informasi yang relevan dan mengikuti perkembangan zaman. Dan tenaga ahli yang menangani perpustakaan sangat dibutuhkan saat ini.

Program studi ilmu perpustakaan bukan hanya bekerja sebagai pustakawan  jurusan ini erat kaitannya dalam pengolahan dokumen atau data, lulusan ini juga bisa bekerja sebagai arsiparis.

Buat kamu yang masih bertanya-tanya mengenai program studi Ilmu Perpustakaan ini Yuk! kita kenalan dulu dengan jurusan ini.

ilmu  perpustakaan itu apa sih?

Bidang studi ilmu perpustakaan adalah bidang interdisipliner yang menggabungkan ilmu sosial dengan ilmu hukum dan ilmu terapan. Ilmu ini juga melibatkan keahlian dalam bidang informasi teknologi, manajemen dan pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan dan menyimpan data. lulusan ini akan memiliki keahlian dalam mengelola data dan mengklasifikasikan data. Coba anda bayangkan setiap lembaga atau institusi tentunya memiiki ribuan data atau dokumen yang harus disimpan dan sewaktu waktu akan dibutuhkan. Maka bagaiamana cara kita mencari data tersebut? Apakah dengan membongkar semua data atau mengeluarkan satu per satu isi dokumen? Tentunya hal tersebut akan memakan waktu yang sangat lama sedangkan kita dituntut untuk menemukan data dengan cepat. Nah, dari sinilah kemampuan klasifikasi seorang pustakawan sangat  dibutuhkan. Bukan hanya itu, setelah belajar ilmu ini kita akan memiliki wawasan dan cara berfikir yang sisitematis, teliti dan mampu mengembangkan ide dan gagasan baru. Ilmu perpustakaan juga erat dengan ilmu informasi sebab seorang pustakawan haruslah memilik wawasan yang luas.

Apa saja yang dipelajari di jurusan ilmu perpustakaan?

Nah, di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana mengolah data, memecahkan permasalahan ilmiah  dan upaya pengembangan bidang ilmu perpustakaan tingkat nasional dan internasional. Mata pelajarannya beragam seperti; manajemen kelembagaan informasi, manajemen pengetahuan, metadata, taksonomi, layanan perpustakaan dan di sini kamu juga akan diajari bagaimana cara membuat database.

Kerjanya nanti di perpustakaan doang ya?

Saat memasuki  jurusan ini Aku juga berfikiran bahwa nantinya lulusan ini hanya bisa bekerja diperpustakaan saja. Tentunya nanti target utama yang dicapai yaitu menjadi seorang pustakawan. Pekerjaan Seorang pustakawan  bukan hanya nyusun buku doang ya kalau untuk jaga perpustakaan saja mungkin orang biasa juga  bisa. Pekerjaan seorang pustakawan  tidak dapat dianggap remeh karena mereka bertugas menerjemahkan data menjadi informasi yang kemudian disebearluaskan untuk pengguna, pustakawan bertanggung jawab dalam menghimpun dan mengelola koleksi ,menyerbaluaskan informasi, pengelolaan perpustakaan, pelayanan perpustakaan pelyanan teknis dan pelayanan pemustaka dan Merencanakan pengembangan koleksi perpustakaan. Prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan bukan hanya menjadi pustakawan, lapangan pekerjaan yang dapat dimasuki jurusan ini sangat  luas. Kebutuhan akan lulusan ilmu perpustakaan di dunia kerja mulai meningkat. Berikut ini adalah peluang kerja  lulusan ilmu perpustakaan;

1.      Pustakawan

2.      Arsiparis

3.      Instansi Pemerintah

4.      Pegawai BUMN

5.      Sekretaris

6.      Sekretaris Redaksi Penerbit

7.      Tenagan Pengajar, dan

8.      Staf Administrasi

 

Wah, ternyata peluang kerjanya bukan main ya, coba aja agan dan sista bayangkan  disemua instansi atau lembaga tentunya tidak bisa lepas  dengan  yang namanya dokumen. dan tentunya untuk mengolah data atau dokumen tersebut perusahaan membutuhkan tenaga ahli  dalam bidang manajemen arsip dan pendokumentasian yang dipelajari di jurusan ilmu perpustakaan. dan teryata  jurusan ilmu perpustakaan bukan seperti yang kalin bayangkan selama ini ya bukan cuma nyusun buku doang dan nga selalu bekerja di perpustakaan Agan dan Sista bisa bekerja disemua instansi swasta maupun negri, bisa jadi pengusaha dan tentunya menantu idaman yaitu jadi PNS. Gimana nih masih ada yang menganggap remeh-temeh jurusan ini?

 

0
Masuk untuk memberikan balasan
education
Education
6.3K Anggota • 18.2K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia