News
Batal
KATEGORI
link has been copied
58
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/617a7850092bc45a507d8a2d/sebut-gus-dur-hanya-jago-banyolan-faizal-assegaf-kebetulan-cucu-pemimpin-pbnu
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU Jadi Diklaim Ulama Terkini.id, Jakarta – Kritikus Faizal Assegaf mengatakan bahwa mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur hanya jago banyolan semata. Menurut Faizal Assegaf, Gus Dur hanya kebetulan cucu dari pemimpin PBNU, Hasyim Asy’ari dan kemudian diklaim sebagai ulama. Pada awalnya, Faizal menyoroti
Lapor Hansip
28-10-2021 17:15

Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU

Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU Jadi Diklaim Ulama

Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNUTerkini.id, Jakarta – Kritikus Faizal Assegaf mengatakan bahwa mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur hanya jago banyolan semata.

Menurut Faizal Assegaf, Gus Dur hanya kebetulan cucu dari pemimpin PBNU, Hasyim Asy’ari dan kemudian diklaim sebagai ulama.

Pada awalnya, Faizal menyoroti soal kepindahan agama dari Sukmawati Soekarnoputri.

Menurutnya, sikap Sukmawati itu akibat gaya beragama dari tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Gus Dur.

“Keyakinan keagamaan yang diekspresikan oleh Sukmawati, ini adalah persoalan yang tidak lepas dari doktrin politik pluralisme, sekularisme. Gaya Gus Dur kan yang mengatakan semua agama sama,” ujar Faizal Assegaf dikutip dari Fajar, 28 Oktober 2021.

Ia menjelaskan bahwa Sukmawati berpindah keyakinan karena Gus Dur gagal dalam meyakinkan pengikutnya yang bernama Gusdurian dalam membangun Islam yang rahmatallil’alamin.

“Tapi Gus Dur hanya membawa Gusdurian kepada semangat politik yang cenderung bernuansa kalau dibilang pluralisme juga abal-abal,” jelasnya.

“Dibilang kelompok humanis juga abal-abal, dibilang Gusduriian Islam yang moderat juga abal-abal,” sambungnya.

Ia pun menduga bahwa sikap dari Sukmawati terbentuk dalam satu dinamika Gusdurian yang dia sebut abal-abal itu hingga membuatnya jenuh.

“Di sana (Gusdurian) tidak dapat menggali hikmah-hikmah Islam, pandangan-pandangan islam, kenikmatan-kenikmatan Islam,” paparnya.

“Sehingga dia memilih kejenuhan itu membawa dia secara politik dalam memilih agama lain,” tambahnya.

Faizal pun menyimpulkan bahwa Sukmawati adalah korban dari Gusdurian. Dia jenuh dengan lingkungan Gusdurian.

https://makassar.terkini.id/sebut-gu...diklaim-ulama/

Alm Gus Dur itu tokoh pemikir ...

Banyak yg kagum ama beliau dan itu bukan karena cucu dari tokoh besar islam di indonesia.

Beliau itu cuek dgn gelar apapun yg di beri publik.

Salah klo ente bilang gus dur itu hidup di bawah bayang2 kakeknya.
Gus dur itu di hormati karena beliau tokoh pemikir yg hebat.
emoticon-Traveller

Quote:
Gus Dur kembali ke Jakarta mengharapkan bahwa ia akan pergi ke luar negeri lagi untuk belajar di Universitas McGill Kanada. Ia membuat dirinya sibuk dengan bergabung ke Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) organisasi yg terdiri dari kaum intelektual muslim progresif dan sosial demokrat. LP3ES mendirikan majalah Prisma dan Gusdur menjadi salah satu kontributor utama majalah tersebut. Selain bekerja sebagai kontributor LP3ES, Gusdur juga berkeliling pesantren dan madrasah di seluruh Jawa. Pada saat itu,pesantren berusaha keras mendapatkan pendanaan dari pemerintah dengan cara mengadopsi kurikulum pemerintah. Gusdur merasa prihatin dengan kondisi itu karena nilai-nilai tradisional pesantren semakin luntur akibat perubahan ini. Gusdur juga prihatin dengan kemiskinan pesantren yang ia lihat. Pada waktu yang sama ketika mereka membujuk pesantren mengadopsi kurikulum pemerintah, pemerintah juga membujuk pesantren sebagai agen perubahan dan membantu pemerintah dalam perkembangan ekonomi Indonesia. Gusdur memilih batal belajar luar negeri dan lebih memilih mengembangkan pesantren.

Abdurrahman Wahid meneruskan kariernya sebagai jurnalis,menulis untuk majalah dan surat kabar Artikelnya diterima dengan baik dan ia mulai mengembangkan reputasi sebagai komentator sosial. Dengan popularitas itu,ia mendapatkan banyak undangan untuk memberikan kuliah dan seminar, membuat dia harus pulang-pergi antara Jakarta dan Jombang, tempat Gusdur tinggal bersama keluarganya.

Meskipun memiliki karier yang sukses pada saat itu, Gusdur masih merasa sulit hidup hanya dari satu sumber pencaharian dan ia bekerja untuk mendapatkan pendapatan tambahan dengan menjual kacang dan mengantarkan es


sayang beliau jdi presiden di usia senja dgn fisik dan kesehatan yg kurang baik, klo pada saat beliau masih mudaan saja mungkin indonesia akan lebih maju di tangannya.emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
koi7 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 17:18
Atau mungkin karena doi tak dapat kedamaian di agamanya yg lama.

Bursa transfer hebat nih, sampai kambing hitamkan yg sudah di surga emoticon-Leh Uga
Diubah oleh lupineprince
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 17:25
Klo rizieq jago maki orangemoticon-Stick Out Tongue

Btw si faisal perlu materai 10rb kagag??
Diubah oleh dewars12yo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 17:28
Agama tidak diturunkan
Kecuali untuk perbaiki akhlak kalian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 17:33
Kemaren2 sih ada yg ngata2in alm. Gus Dur, ga lama dipanggil nyusul. Mungkin yg ini mau nyusul jg apa gmn? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 17:35
Buset dah, ini faisal assegaf emang lulusan mane emoticon-Ngakak

Kalo yg ngomong quraisy shihab sih gw percaya, lha elo sape?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
koi7 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 17:39
Bacote faisal sal emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 18:06
faisal iki sopo rek ? kalo dia bilang gus dur jago mbanyol .. lah emang gus dur jago bener ..justru org yg cerdas yg bisa mbanyol... lah kowe sal jago opo ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 18:15
Bodo amat bahas bursa transfer pemain cadangan seperti Sukmawati. emoticon-Leh Uga

Bursa transfer pemain inti misalnya Wulan Guritno, Reza Rahardian, Dedi Kokbuset, Marcell Siahaan, Marsha Timothy, Allice Norin, Rebecca Reijman, dll.
Diubah oleh harakiri02
profile-picture
profile-picture
Kancek24 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 18:20
medianya juga begok komentar perpecahan selalu dinaikin...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hoppx dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 18:20
Klo NU kepancing, terutama banser, dan bertindak anarkis. Gw rasa bakal diberitakan gede-gedean, sepertinya tujuan akhirnya untuk mendiskreditkan NU, terutama generasi tua, supaya yg maju generasi muda seperti UAS buat jadi ketum NU.

Muhammadiyah kan dah disusupi kelompok khilafah, klo NU kan masih kuat, dan kayanya kelompok ini kesulitan buat menghasut NU supaya dukung khilafah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 18:22
dendam amat, orang dah almarhum masih aja dikata-katain.emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
71disini dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 18:28
lol banyak yg gak tau gusdur cucu hasyim asyari sm anak wahid hasyim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 18:54
mau ditampaki Gus Dur dalam mimpi, dibilangin 'ngawurmu'?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 19:20
Bahkan gw yg non kagum sama gus dur sebagai pribadi, 11nya ulama islam yg gw hormati
Diubah oleh p.star7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 19:24
yang pindah sapa..?
yang disalahkan dan dijelekkan siapa..?


somplak apa ya itu otaknya..? belatung, nanah dan kudis isi hatinya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 19:25
Siapa pulak ini pansos sama orang yg udah ga hidup?emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 19:54
Daripada ente...

Nyari panggung...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 20:05
Kalau beliau masih ada, mungkin nggak ada sobat kadal yg hobi bawa bawa agama ke politik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 20:07
Jujur Ana salah satu pengagum beliau

Krn berani bicara langsung "to the point" ndak perlu muter-muter ndak karuan. Hal yang maap santri yang demikian ya hanya Mbah Gus Dur, 11-12 dengan gaya Tim Tempo (Gunawan Muhammad,red), di mana di tahun 90-an sering Ana baca tulisan beliau-beliau ini.

Plus juga humanis sehingga dihormati seluruh dunia n manca-negara,


emoticon-Cool


profile-picture
profile-picture
Sinkhole dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Sebut Gus Dur Hanya Jago Banyolan, Faizal Assegaf: Kebetulan Cucu Pemimpin PBNU
28-10-2021 20:13
Setidaknya Gus-Dur pernah jdi presiden dan dia juga berani mengkritik DPR yg gk lebih dari sekumpulan anak2 TK dan sampai skrng sebutan tsb tdk banyak berubah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alsastrow dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia