News
Batal
KATEGORI
link has been copied
537
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/617851179371664e2b365eb3/cinanisasi-bangunan-masjid-menghilangkan-arsitektur-arab-juga-menimpa-muslim-hui
. Kampanye "cinanisasi (sinicisation)" oleh Pemerintah Komunis Tiongkok telah diterapkan selama bertahun-tahun, sedikitnya sejak 2018, pada bangunan masjid yang dimiliki oleh masyarakat Muslim Hui. Umumnya orang-orang mengira hal itu hanya berlaku pada bangunan masjid yang dimiliki oleh Muslim Uyghur di Provinsi Xinjiang. Cinanisasi bangunan masjid kembali menarik perhatian setelah Mas
Lapor Hansip
27-10-2021 02:03

Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui

icon-verified-thread
.
Kampanye "cinanisasi(sinicisation)" oleh Pemerintah Komunis Tiongkok telah diterapkan selama bertahun-tahun, sedikitnya sejak 2018, pada bangunan masjid yang dimiliki oleh masyarakat Muslim Hui. Umumnya orang-orang mengira hal itu hanya berlaku pada bangunan masjid yang dimiliki oleh Muslim Uyghur di Provinsi Xinjiang.

Cinanisasi bangunan masjid kembali menarik perhatian setelah Masjid Dongguan, yang berusia 700 tahun dan dikelola oleh Muslim Hui di Xining, ibukota Provinsi Qinghai, dilaporkan telah selesai dirombak. Tiongkok menghapus bagian-bagian bangunan bergaya Arab pada masjid tersebut dalam rangka membuatnya tampak lebih "Cina".

Cinanisasi tidak hanya pada bangunan masjid, tapi pada seluruh aspek kehidupan manusia di Tiongkok. Trit ini hanya berfokus pada cinanisasi pada bangunan masjid.


Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim HuiCinanisasi (sinicization) berarti menanamkan pengaruh atau budaya Tiongkok, lebih tepatnya Suku Han, ke suku-suku lain di Tiongkok hingga seluruh dunia. Sumber


Xining adalah ibu kota Provinsi Qinghai di Tiongkok barat yang merupakan rumah bagi Muslim Hui. Jumlah ereka sedikitnya 16 persen dari populasi Xining. Muslim Hui termasuk di antara 55 suku yang diakui oleh China dan mereka membentuk populasi muslim terbesar di negara ini.

Jumlah Muslim Hui hampir 10,5 juta jiwa dan merupakan kelompok suku terbesar ketiga di Tiongkok. Muslim Uyghur di Xinjiang merupakan muslim terbesar secara konsentrasi menurut provinsi di Tiongkok.

Masyarakat Muslim Hui tidak dianiaya seperti Muslim Uighur oleh pihak berwenang Tiongkok karena versi Islam mereka dilaporkan cocok dengan konsep dan praktik yang ditetapkan oleh Pemerintah Komunis Tiongkok.


Selama ini, gaya bangunan pada masjid mereka digambarkan sebagai "bagian dari Cina yang melekat" dan bukan sebagai pengaruh asing. Masyarakat Hui-pun berbicara Bahasa Mandarin dan mencoba untuk terlihat sebagai seorang Tiongkok, bahkan secara tindak-tanduknya.

Namun, Beijing telah mendorong agendanya lebih jauh lagi. Pemerintah Komunis Tiongkok ingin menghilangkan apapun yang tersisa dari identitas Islam mereka. Intoleransipun meluas ke arsitektur Islam.


Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim HuiPenampakan depan Masjid Dongguan, bangunan bersejarah berusia 700 tahun di Xining dengan kubah hijau dan dua menara tingginya, sebelum direnovasi total oleh Pemerintah Komunis Tiongkok pada 2021. Sumber


Masjid Dongguan, berusia 700 tahun di Xining yang terkenal dengan kubah hijau dan putihnya disertai dengan dua menara tinggi, kini telah menghilang. Masjid abad ke-14 tersebut telah mengalami renovasi total. Sekarang, bentuknya menyerupai kantor Partai Komunis Tiongkok. Pemerintah Komunis Tiongkok telah mengubah masjid tsb sepanjang tahun ini menghancurkan paksa kubah dan menaranya demi jargon "integrasi dan persatuan nasional".


Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim HuiPenampakan Masjid Dongguan per September 2021, di mana kubah dan menara-menaranya sudah dihilangkan sehingga lebih mirip kantor Partai Komunis di sana. Sumber


Dari wikipedia berbahasa Mandarin, penulis temukan bahwa Masjid Dongguan telah dimasukkan ke dalam cagar budaya Provinsi Qinghai pada 27 Mei 1986 dan cagar budaya nasional pada 5 Maret 2013. Lalu, peninggalan budaya yang mana yang dilindungi??

Masjid lain di kota yang sama juga telah dirombak total, tetapi tidak dijelaskan lebih lanjut masjid mana yang dimaksud.


Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim HuiPenampakan Masjid Agung Weizhou di Ningxia sebelum mengalami "cinanisasi" sepenuhnya pada 2018. Sumber


Masjid Agung Weizhou
 di Provinsi Ningxia telah benar-benar "di-cina-nisasi". Kubah dan menara masjid telah diganti dengan pagoda ubin dan kaligrafi Islam telah diganti dengan aksara Mandarin. Awalnya, Pemerintah Komunis Tiongkok ingin menghancurkan bangunan masjid tersebut sepenuhnya, tapi mendapat protes dari Muslim Hui yang mengelola masjid tsb.


Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim HuiPenamampakan Masjid Agung Weizhou setelah dipugar total pada 2018. Sumber


Pada satu dari dua bendera yang terlihat pada dinding luar bangunan masjid bertuliskan: “Dengan tegas mendukung Partai Komunis Tiongkok, membela persatuan suku, menjaga kebebasan beragama ”.


Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim HuiGerbang dan menara pada gerbang Masjid Agung Weizhou yang benar-benar berarsitektur Tiongkok sebelum seluruh bangunan masjid itu dihancurkan pada masa Revolusi Kebudayaan 1966 - 1976. Sumber


Bangunan pertama untuk masjid tersebut sebenarnya bergaya Tiongkok dan berusia 600 tahun, namun telah dihancurkan di masa Revolusi Kebudayaan 1966 - 1976 oleh Ketua Mao.


Muslim Hui tidak punya pilihan selain setuju karena segala bentuk protes bisa berarti penjara atau hukuman di salah satu "kamp pendidikan-ulang (re-education camp)" seperti yang telah dilakukan selama bertahun-tahun kepada Muslim Uyghur.

Sejak Peraturan pada Urusan Agama terbaru diterapkan pada Pebruari 2018, Pemerintah Tiongkok telah menerapkan upaya "de-Arabisasi dan de-Saudisasi" di daerah-daerah di Tiongkok yang dipadati muslim, termasuk Muslim Hui.


Muslim Uyghur di Provinsi Xinjiang telah menjadi korban terbesar dari kampanye "sinicisation". Provinsi tersebut adalah daerah yang paling termiliterisasi di negara itu. Pandemi ini memberi kesempatan bagi Tiongkok untuk lebih memperkuat kendalinya atas provinsi tersebut dan sekarang terputus dari seluruh dunia.

Quote:Kamis lalu, 20/10/2021, sebanyak 43 negara anggota PBB telah mengeluarkan pernyataan yang menyerukan agar Tiongkok mengizinkan akses "segera, berarti dan tanpa kekangan" ke Xinjiang. Semua 43 negara tersebut meminta Pemerintah Tiongkok untuk membiarkan pengamat independen mengunjungi tempat itu, termasuk Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia. Pernyataan itu ditandatangani oleh Inggris, AS, Prancis dan Jerman.

Namun, Tiongkok belum menjawab. Mereka membantah tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dan mengatakan telah dipolitisasi oleh negara-negara Barat.

"AS dan beberapa negara lain berusaha keras untuk menutupi catatan hak asasi manusia mereka sendiri yang mengerikan tetapi dunia melihatnya dengan jelas," kata Zhang Jun, Duta Besar Tiongkok untuk PBB.


Masjid Jiaman di Kota Qira, Provinsi Xinjiang, adalah satu dari sekian banyak masjid milik Muslim Uyghur yang telah mengalami cinanisasi total. Kubah, menara dan kaligrafi Arab-nya telah digantikan oleh teks dan arsitektur Tiongkok. Namun, penulis tidak berhasil memperoleh penampakan terbaru masjid tersebut setelah mengalami perombakan total.

Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim HuiMasjid Jiaman di Kota Qira, Provinsi Xinjiang, sebelum direnovasi total oleh Pemerintah Komunis Tiongkok pada 2021. Sumber


Masjid Jiaman pernah menjadi pusat doa yang menonjol bagi umat Islam. Namun, masjid itu sekarang tersembunyi di balik tembok tinggi bertuliskan propaganda Partai Komunis tanpa terlihat tanda-tanda bahwa itu pernah menjadi situs keagamaan.

Pemerintah Tiongkok mengatakan bahwa terdapat lebih dari 20,000 masjid di Provinsi Xinjiang saja tanpa menyediakan data yang menjelaskan secara rinci status semua masjid tersebut, apakah masih berfungsi sebagai rumah ibadah bagi muslim atau tidak sama sekali.

Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim HuiSatu bendera negara Tiongkok (di sebelah kanan pada Gambar) berkibar di luar bangunan bekas Masjid Xinqu di Changji, Urumqi luar, Provinsi Xinjiang. Gambar direkam pada 6 Mei 2021. Sumber


‎Sejak 2017, dilaporkan oleh Londondailydigital, Pemerintah Komunis Tiongkok telah menghancurkan sekitar 16,000 atau 65% dari seluruh masjid di Provinsi Xinjiang, sebagaimana yang diungkap oleh Australian Strategic Policy Institute (ASPI). Lembaga ini menggunakan citra satelit untuk mempelajari penghancuran masjid yang dikunjungi oleh populasi minoritas Muslim Uighur. Ditemukan sekitar 8.500 masjid di antaranya dihancurkan secara langsung. Selain itu, 30% dari situs suci Islam seperti bangunan suci, kuburan dan rute ziarah juga dirobohkan, sementara 28% dari mereka rusak atau diubah.‎

Menghancurkan atau merombak total rumah-rumah ibadah, termasuk gereja, adalah bagian dari cinanisasi agama-agama yang ada di Tiongkok. Dalam kasus Islam berarti gaya Islam atau gaya Arab (Saudi) dihilangkan di seluruh Tiongkok.

Cinanisasi ala Pemerintah Komunis Tiongkok berarti ketundukan pada Partai Komunis dan menghilangkan pengaruh-pengaruh asing, termasuk seni dan arsitekturnya.


Yang menggelitik adalah bagaimana mempertahankan apa yang dimaksud sebagai seni atau arsitektur bangunan Tiongkok itu, sementara bangunan modern di sana semakin atau benar-benar mengadopsi gaya bangunan modern di dunia Barat. Ataukah dunia Barat dengan gaya bangunan modernnya itu yang mencontek gaya bangunan Tiongkok modern?? emoticon-Shutup



Dirangkum dari sejumlah sumber:





Diubah oleh gagal.jadi.nabi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goldchip dan 15 lainnya memberi reputasi
10
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 02:04
Ditujukan secara khusus kepada 50c army lucknutdoraemon dan sejuta klonengannya:

Biasakan bahas topik yang disampaikan di dalam trit.

Mau sejuta masjid dibangun PKT, itu tidak berarti menjadi pembenaran upaya partai komunis itu membuldozer sejumlah masjid, mengubah bangunan masjid menjadi gedung partai dan melarang menggunakannya dan/atau mengubah masjid sesuai dengan selera Suku Han.


Yang dibahas di trit ini adalah:

DISKRIMINASI oleh Komunis Tiongkok pada kegiatan dan budaya masyarakat Muslim Hui dan Uyghur, secara khusus pada bentuk atau gaya bangunan rumah ibadah.

Diskriminasi karena menempatkan selera bentuk atau gaya bangunan ala Tiongkok, notabene Suku Han, di atas selera kelompok suku atau agama lain. Di samping sejumlah bangunan masjid yang dilarang digunakan, apakah telah diubah sepenuhnya jadi gedung biasa atau gedung Partai Komunis, dibiarkan kosong atau selanjutnya dirobohkan rata dengan tanah.

emoticon-Nyepi


Budak-budak Si Jin Pig yang ane anggap sudah melewati batas akan dimasukkan ke dalam ignore list.

Bagi setiap orang yang merasa bhw masjid-masjid di Tiongkok sana harus ikuti selera Komunis Tiongkok atau layak diratakan dengan tanah, maka ana katakan Anda tidak mengerti hidup dalam pluralisme. DULUAN seribu tahun muslim ada di Tiongkok daripada Komunisme yang baru 100 tahun terakhir. Terlepas dari bagaimana sejarah Islam itu masuk ke Tiongkok, kita tidak dapat membenarkan PEMAKSAAN penyeragaman budaya kepada kelompok suku minoritas atau agama, khususnya pada bentuk atau gaya bangunan rumah ibadah.

Perlu diketahui bahwa KOMUNSIME mengajarkan ATEISME sehingga akan selalu bertolak belakang dengan dunia agama, sekalipun negara-negara komunis selalu melakukan false-flag actions untuk mengkelabui dunia luar. Buat yang merasa lebih tahu dari ane, mohon ane dikuliahi.

emoticon-Nyepi
Diubah oleh gagal.jadi.nabi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
homies4life dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 43 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 43 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 02:35

Di negara Komunis saja bisa leluasa ada puluhan ribu Masjid Sunni & Syiah, Gereja, hingga Sinagog

Kalau di Vatikan & Saudi cuma diperbolehkan satu Agama aja gak ada LSM SJW Minions yg ribut

Gausah jauh2 deh Indo sendiri boleh gak berdiri Masjid Syiah & Sinagog ?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
homies4life dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 02:39
Jumlah Masjid di China 39.000 lebih

Sedangkan jumlah tempat ibadah minoritas di Indo (Katedral+Pura+Vihara+Kelenteng) bila ditotal gak sebanyak itu

Jumlah Masjid di negara Eropa Barat + AS + Australia juga kalau ditotal jauh lebih sedikit ketimbang di China sendiri


Kapan ya pemerintah Indo bisa bangun tempat ibadah minoritas (Katedral+Pura+Vihara+Kelenteng) seperti pemerintah China membangun Masjid Agung



Diubah oleh therminust
profile-picture
profile-picture
profile-picture
homies4life dan 7 lainnya memberi reputasi
5 3
2
Lihat 175 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 175 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 05:29
Suka suka yg punya negara...

________emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
homies4life dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 05:45
Di Nusantara banyak bangunan masjid macam itu

Masjid gaya China
Masjid gaya Nusantara

Kelihatan dari atapnya
Diubah oleh Rinka17
profile-picture
profile-picture
profile-picture
homies4life dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 06:32
Quote:Yang menggelitik adalah bagaimana mempertahankan apa yang dimaksud sebagai seni atau arsitektur bangunan Tiongkok itu, sementara bangunan modern di sana semakin atau benar-benar mengadopsi gaya bangunan modern di dunia Barat. Ataukah dunia Barat dengan gaya bangunan modernnya itu yang mencontek gaya bangunan Tiongkok modern?


dulu xi jinping pernah nyinggung banyak bangunan dgn arsitektur yg aneh2 https://www.dezeen.com/2014/10/20/no...ese-president/ . bangunan2 yg disinggung ini rancangannya firma2 arsitektur eropa amerika yg buka kantor di china.

Dulu awal tahun 2000 sampe 2010an ada kebijakan buat kantor2 dari negara barat ini buat berkesempatan buka cabang di China selama 10 tahun. Akhirnya jadilah china ini tempat eksperimen bentukan2 aneh. Para fresh graduate china yg ambil master di eropa/amerika pasti pada pulang buat kerja di firma2 top tier ini, sekalian curi ilmu. Lumayan kan kerja 10 tahun, terus bisa buka kantor baru. Sekarang banyak banget firm2 china yg desainnya setara firma eropa, bahkan juga buka cabang di luar china.
Diubah oleh aldreikonan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 07:02
xinjiang kan kena turki arab, bukan cina aja, ni memang cinasisasi gajelas

di indonesia bagaimana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 07:41
makin lama bukan bangunan nya aja yg berubah, yg disembah jg diganti oleh makhluk dibawah ini...

Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui

Doktrin Anak Usia Dini untuk Benci Tuhan dan Sembah Xi Jinping, Partai Komunis China Kini Beraksi di Sekolah

profile-picture
profile-picture
profile-picture
homies4life dan 6 lainnya memberi reputasi
4 3
1
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 07:57
Yang berubah kan bentuk tempatnya bukan imannya. Cemen kali kalau terusik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
homies4life dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 08:03
tenang sodara gak ada aturan tentang bentuk...yang penting bisa dipakai sujud dan suci itu ajah patokan nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 08:20
Di indo jg banyak bangunan masjid dengan gaya arsitektur china atau gaya nusantara lama(hindu)
profile-picture
gagal.jadi.nabi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 08:39
drun,, ayo kita demo drun,, emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
homies4life dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 08:42
arsitektur asli arab kayak gimana? kubah mesjid kan niru arsitektur kafir
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 08:53
Sejak kapan agama islam berubah menjadi agama arab, dimana semua yang berbau arab = islami dan mendapat pahala lebih, sementara yang tidak berbau arab adalah kurang islami

Cuma para pengikut wahabi dan kaum kadrun yang menyamakan budaya arab dengan ajaran agama islam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
homies4life dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 09:04
Lalu masalahnya dimana ?

Tetap saja itu mesjid blokk

Ada kiblat, ada shof, ada mimbar. Bisa dipakek solat jamaah. Ada quran segalak bisa buat ngaji taraweh itikaf

Ada tempat wudu

Dasar kadal dungu idiot penjilat selangkangan ontak

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh radja.gembel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
homies4life dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 09:06
bentuk ora masalah, yg dipake ibadah

daripada megah mentereng berbau arab isinya kosong pagernya digembok

emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan gagal.jadi.nabi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 09:15
Bentuk mesjid itu mengikuti budaya membangun setempat, bukan harus ke arab-araban. Lihat masjid Witana di keraton cirebon, pakai bahan setempat dan arsitektur jawa

Norak aja kl semua harus mirip arab, Islam itu universal, kl semua harus arab, Tuhan hanya akan menciptakan satu ras, arab. Alam pun cuma gurun saja, ga ada hutan, kutub, tropis. Tuhan tidak sepicik itu sodara

Buat apa masjid bagus kl isinya orang2 mata satu, hanya memandang dr sisi mereka saja, tanpa mau mendengar pendapat orang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 09:23
profile-picture
gagal.jadi.nabi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cinanisasi Bangunan Masjid: Menghilangkan Arsitektur Arab Juga Menimpa Muslim Hui
27-10-2021 09:25
lah emang aturan darimana di al-quran dan hadist yang menyatakan bahwa bentuk bangunan masjid mesti seperti bangunan di tanah arab ? ada dalilnya ? emang islam itu diturunkan di tanah arab karena sang nabi dari bangsa arab, lantas semuanya mesti mengikuti budaya dan tradisi arab ? gak kan.

ISLAM itu UNIVERSAL. tidak terikat dengan tradisi, adat-istiadat, dan budaya bangsa manapun di dunia ini. yang penting aqidahnya benar mengesakan ALLAH SWT sebagai Tuhan yang disembah. Yang penting menurut aurat bagi laki-laki minimal dari atas pusar sampai dengan bawah lutut. sedangkan bagi perempuan auratnya seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Serta melaksanakan rukun iman yang ada 6 butir isinya dan rukun islam yang ada 5 butir isinya. Mematuhi semua perintah ALLAH sesuai situasi dan kondisi yang ada dan kemampuan masing-masing juga serta meninggalkan semua larangannya. Berbuat baik kepada semua manusia dan makhluk lainnya.

tidak ada diatur masalah bentuk bangunan rumah dan masjid atau musholla mesti seperti apa dan warna apa serta coraknya gimana. untuk tempat yang dijadikan dan difungsikan sebagai masjid atau musholla pun yang penting menghadap kiblat (ka'bah di kota mekkah -arab saudi)secara benar. mau bentuk kubus kek, persegi, segitiga, segi lima, atau segi enam dan lainnya, yang penting tempat imamnya jelas menghadap kiblat. tidak ada aturan dan kewajiban mesti pakai kubah dan menara. atau arsitektur bangunan arab yang identik dengan lengkungan. cuma terlihat bagus saja. urusan selera sudah itu. bukan aturan agama.

hakikat islam itu ada di dalam jiwa manusianya. bukan fisiknya. percuma juga fisiknya islami tapi jiwanya jadi budak iblis. apa gunanya. yang diminta pertanggung jawaban nanti itu adalah jiwanya. fisiknya hancur dimakan cacing dan belatung kalau sudah mati. kecuali diberi pengawet secara terus menerus dan tidak dikubur di dalam tanah.

mau bentuknya kayak apapun tuh masjid dan musholla, intinya menghadap kiblat sewaktu sholat.

menjadi muslim bukan berarti harus menjadi seperti bangsa arab. makanya manusia diciptakan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. tidak diminta untuk jadi satu bangsa semua kok. Dia yang ciptakan begitu. kenapa manusia malah memaksakan jadi satu semua. aneh kan. Berarti manusianya jadi saingan Tuhan donk.

emoticon-2 Jempol emoticon-Ngakak

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaizenugroho dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia