News
Batal
KATEGORI
link has been copied
60
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6177afa0931266131571b0d5/dilema-kereta-cepat-turun-di-padalarang-naik-ka-lagi-ke-bandung
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan keberadaan Stasiun Padalarang akan membantu integrasi kereta cepat Jakarta-Bandung dengan moda transportasi lain dan memberikan kemudahan bagi pengguna jasa. Dilansir dari Antara, Sabtu (22/10/2021), Presiden Direktur PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan Stasiun Padalarang akan meningkatkan konektivitas penumpang dari pusat Bandung dan Cimahi
Lapor Hansip
26-10-2021 14:34

Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung

Past Hot Thread
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung

Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung

KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan keberadaan Stasiun Padalarang akan membantu integrasi kereta cepat Jakarta-Bandung dengan moda transportasi lain dan memberikan kemudahan bagi pengguna jasa.

Dilansir dari Antara, Sabtu (22/10/2021), Presiden Direktur PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan Stasiun Padalarang akan meningkatkan konektivitas penumpang dari pusat Bandung dan Cimahi yang akan menggunakan kereta cepat.

"Di Stasiun Hub Padalarang ini, akan terjadi konektivitas yang nyaman bagi penumpang KCJB yang ingin langsung melanjutkan perjalanan ke Kota Cimahi dan Bandung dengan KA Feeder yang dilayani oleh PT KAI," katanya.

Ia menjelaskan penambahan Stasiun Hub di Padalarang dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek, seperti demografi, komersial, dan infrastruktur di area Padalarang, yang memadai dan mampu menyasar penumpang yang berasal dari Bandung bagian barat.

Baca juga: Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang

"Stasiun kereta cepat akan berada di sebelah barat stasiun KA Padalarang. Penumpang yang hendak menggunakan layanan kereta cepat dari Padalarang atau sebaliknya akan disediakan KA Konvektivitas menuju Stasiun Cimahi dan Bandung," katanya.

Ia memaparkan KA Feeder akan menggunakan rangkaian KRD yang didesain seperti KA Bandara, dan melayani rute dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung serta dapat berhenti di stasiun Cimahi.

Menurut rencana, pemberangkatan KA Feeder ini adalah setiap 20 menit pada jam sibuk dan 30 menit di luar jam sibuk atau menyesuaikan operasional kereta cepat.

Durasi perjalanan dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung adalah 18 menit. Jika berhenti di Stasiun Cimahi maka durasi perjalanan menjadi 22 menit.

Baca juga: Kata Faisal Basri, Sampai Kiamat Pun Kereta Cepat Tak Akan Balik Modal

Sementara itu, pengoperasian Stasiun Tegalluar diharapkan dapat menyasar penumpang di Bandung bagian Timur, nantinya akan terhubung dengan Bus Rapid Transit, taksi maupun moda transportasi lainnya.

Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Tegalluar juga memiliki kemudahan aksesibilitas, mulai dari exit tol Padaleunyi arah Jakarta dan aksesibilitas dari dan menuju Stadion GBLA.

Dalam fase awal terdapat empat stasiun yang digunakan untuk melayani penumpang kereta cepat Jakarta-Bandung yaitu Stasiun Halim, Karawang, Padalarang dan Tegalluar.

Nasib stasiun Walini
Terkait Stasiun Walini, Dwiyana memastikan stasiun ini belum dimasukkan menjadi stasiun pelayanan pada fase pertama pengoperasian kereta cepat dengan mempertimbangkan aspek komersial dan kondisi perseroan yang sedang melakukan efisiensi.

Meski terjadi penundaan pembangunan Stasiun Walini, ia menekankan bukan berarti pengerjaan konstruksi di Walini dibatalkan, karena perusahaan bisa melakukan pembangunan di stasiun ini pada fase selanjutnya sesuai arahan pemegang saham.

"Penundaan pembangunan ini bukan berarti pengerjaan konstruksi di Walini batal. Namun hanya ditunda sementara waktu," ujarnya.

Hingga saat ini, PT KCIC terus melakukan percepatan pembangunan di 237 titik konstruksi secara komprehensif.

Fokus konstruksi yang menjadi prioritas antara lain penyelesaian pengeboran tiga terowongan dari 13 terowongan yang ada di trase KCJB, menyelesaikan erection girder untuk konstruksi elevated track, terutama yang berada di daerah Batununggal, Bandung, serta pengerjaan subgrade #18, #19, dan #20 di perbatasan antara Karawang dan Purwakarta.

Selain itu, percepatan pembangunan juga dilakukan di pabrik China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) Sifang yang berada di Qingdao, Tiongkok.

"Selaras dengan upaya percepatan pembangunan KCJB, kami juga melakukan persiapan dokumen-dokumen penunjang operasional dengan melakukan koordinasi bersama kementerian terkait," katanya.

Dijuluki proyek nanggung
Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno, mengatakan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung memang bisa dibilang proyek serba "nanggung".

Ia menyayangkan pemerintah buru-buru membangun Kereta Cepat Jakarta Bandung namun tidak membenahi moda transportasi pendukungnya. Ini karena stasiun kereta cepat berada pinggiran kota.

Kereta Cepat Jakarta Bandung proyek yang nanggung, karena apa? Stasiun terakhirnya ada di pinggiran keramaian di Tegalluar, bukan di Kota Bandung," kata Djoko.

Ia berujar, dengan waktu tempuh Jakarta-Bandung via kereta cepat yang hanya sekitar 46 menit, akan percuma apabila penumpang harus bermacet-macetan menuju pusat Kota Bandung.

Daerah Tegalluar yang masuk Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung juga dikenal sebagai daerah dengan kemacetan parah.

Ini diperparah dengan belum adanya moda transportasi publik yang memadai. Sehingga, penumpang kereta cepat yang menuju ke Kota Bandung justru harus menambah biaya dan waktu.

Lanjut Djoko, kereta cepat yang menghubungkan Jakarta-Bandung yang digadang-gadang hanya butuh waktu sangat cepat, akan percuma jika akses ke tengah kota masih macet.

Ibaratnya lucu, dia kereta cepat sekitar 30 menit dari Jakarta ke Bandung, tapi cuma sampai Tegalluar. Keluar dari Stasiun Tegalluar terus mau ngapain kalau ujungnya tengah Kota (Bandung) macet-macetan berjam-jam," ujar dosen kata Mata Kuliah Jalan Rel tersebut.

Sebagai ilustrasi, jarak dari Tegalluar menuju ke Jalan Asia Afrika yang merupakan jantung Kota Bandung, adalah sekitar 22 kilometer.

https://money.kompas.com/read/2021/1...bandung?page=3

Transit gan
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan harakiri02 memberi reputasi
0
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 14:43
Minimal jadi bisa menghidupkan perekonomian ojol, warung makan, angkot dan tukang parkir d padalarang.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
puja992 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 14:44
proyek gagal nasibnya bakal sama kayak mrt palembang
gw ada baca soal kereta cepat jepang pertama dibangun
biayanya juga bengkak karna mesti rel kereta cepat ternyata mesti lurus yang akhirnya makan biaya bikin flyover baru,terowongan baru,jembatan baru dari tokyo ke osaka
tp dalam tahun pertama sudah hasilin untung ( kalo kata komen ebong2 proyek angkutan massal itu gak ada yang untung )
kenapa gak ikutin itu ?
lagian target market kereta cepat jokowi ini gak jelas
kalo mau nyasar penumpang pesawat ya bikin lebih jau bikin stasiun ditengah kota yang akhirnya penumpang pesawat pindah ke kereta cepat
masalah dana gampang kan ngutang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ykc30 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 14:45
kereta cepat jakarta - tegalluar
profile-picture
gagal.jadi.nabi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 14:48
nyimak komenan buzzer rp emoticon-Big Grin
profile-picture
kalex46 memberi reputasi
1 0
1
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 14:48
Jadi musti pindah kereta yak kayak di stasiun tanah Abang atau Manggarai kalau bawa barang banyak lumayan repot
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 15:01
tu tu tut
siapa hendak turun
ke bandung ke bandung lagi
emoticon-Ngakak
profile-picture
gagal.jadi.nabi memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 15:18
jakarta - padalarang = 40 menit
padalarang - bandung kota = 18 menit

58 menit bisa ke bandung emoticon-Wow

lah ane dari rumah ciamis ke warnet kerja ane di petamburan bisa 3 jem emoticon-Hammer2

bayangin kalo mau toge goreng atau mie nyemek bandung perjalanan cuma sejem emoticon-Frown
Diubah oleh sudarmadji-oye
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 15:18
musti bikin Bandung baru, Jakarta Baru emang
dah kadung rame, susah menatany
kalo sedikit mundur, dulu tata kota ny gmana
0 0
0
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 15:22
klo saya sih mendukung awalnya kereta cepat bandung jakarta, ane aja biasa nyetir bandung jakarta tuh 1,5 jam atau 2 jam. sekarang bisa jadi cma 45 menit.

tapi klo stasiunnya jauh gitu sih ya percuma juga ya. 45 menit + 18 menit. biayanya juga jadi 2x karena harus naik kereta dari tegalluar ke bandung.
profile-picture
anfa.h memberi reputasi
1 0
1
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 15:23
semoga KRD Holec yang lagi dipermak sehat setelah dikirim ke Bandung emoticon-Big Grin

ya walau setahu ane selama dinas sebagai Prameks normal2 aja emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 15:26
Kereta cepat Jakarta-Summarecon Bandung emoticon-Hammer2
profile-picture
kodokodok memberi reputasi
1 0
1
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 15:53
Mungkin ada kaitan nya dgn rencana jangka panjang pemindahan ibukota jawa barat...Tegalluar dan Kertajati kan pilihan dr bbrp alternatif....

Bandung sdh terlalu padat macet..ada berita nya thn 2019 soal wacana pemindahan ibukota jabar...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 16:01
repot amat.. ke padalarang 400rb/org masih bingung nyambung ke bdg, mending sewa avanza sehari 300rb bisa sekeluarga emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
gagal.jadi.nabi dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 17:20
Ane buka lapak dolo,
0 0
0
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 17:38
Setelah baca2 komen yg lain
Yg nyinyir proyek gagal itu kadrun ya wajar mereka kan cari2 kelemahan aja.
Mereka gak tau ya klo Bdg itu yg berkembang pesat sekarang ya Bdg timur. Liat aja kantor pemerintahan, komplek perumahan, dll kan berkembang d Bdg Timur.

Mau ke pusat kota pun bisa pakai kereta lagi via padalarang. Masih lebih cepat kok. Bdg udah macet jalan gak diperlebar mbl trus aja tambah banyak apalagi mbl dari luar kota bertambah jg.

profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 17:57
Njirr jauh ternyata stasiunnya..
0 0
0
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 18:11

Kenapa harus dilema?

KCIC kan bisnisnya juga bisnis properti, bukan hanya bisnis tiket HSR doang.
Makanya cari tanah kosong biar dekat situ bakal dibangun kota TOD-nya.

Kalau bikin di tengah kota mana bisa loh bikin kota TODnya KCIC. Butuh berapa duit buat bebasin lahan?

Bagus malah dibangun di padalarang. Biar kalau ke tengah bandung bisa transit. Dan lagi banyak penumpang argo parahyangan turun di Cimahi. Cimahi ke Padalarang kan gak jauh.
Stasiun Padalarang pun sama aja kayak Halim. Halim kan juga ujung jakarta. Tapi bakal disambung sama LRT jabodebek.

Banyak yg belum tahu juga kalau KAI juga punya saham KCIC, mana sudi bisnis argo parahyangan diembat sama KCIC.

Terus kenapa harus dilema?
Diubah oleh daddydaddydoo
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Dilema Kereta Cepat: Turun di Padalarang, Naik KA Lagi ke Bandung
26-10-2021 18:46
kompas media kadrun. dah itu aja.
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia