Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
68
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6177a1af9ca0371e0206f824/berhentilah-membesar-besarkan-masalah-kecil
Saat saya kecil saya suka menonton serial Kera Sakti: Perjalanan ke Barat. Dari seluruh episode ada dua buah petuah yang paling saya suka. Yang pertama adalah petuah dari master cinta Chu Pat Kai, Sejak dahulu memang beginilah cinta, deritanya tiada akhir. Dan petuah kedua adalah dari biksu Tong Sam Cong, Masalah besar dianggap kecil, masalah kecil dianggap tiada.
Lapor Hansip
26-10-2021 13:35

Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil

Saat saya kecil saya suka menonton serial Kera Sakti: Perjalanan ke Barat. Dari seluruh episode ada dua buah petuah yang paling saya suka. Yang pertama adalah petuah dari master cinta Chu Pat Kai, Sejak dahulu memang beginilah cinta, deritanya tiada akhir. Dan petuah kedua adalah dari biksu Tong Sam Cong, Masalah besar dianggap kecil, masalah kecil dianggap tiada.

Disini saya ingin bahas sedikit tentang petuah kedua yakni mengenai cara kita menanggapi masalah kecil. Dulu ada salah satu pelanggan saya (nenek-nenek) yang komplain bahwa isi dari biskuit yang dia beli ternyata remuk di dalam dan itu membuatnya mengoceh selama beberapa menit. Kendati saya sudah menawarkan untuk mengganti barang atau malah mengembalikan uangnya dia tetap saja mengoceh.

Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil

Jika ditelusuri lebih jauh, mungkin saja dia marah-marah kepada saya karna tak ada orang lain yang mau mendengarkannya. Tak ada siapapun di rumah yang bisa dia ajak bicara, tak ada anak cucunya yang mengunjunginya dan satu-satunya yang bisa dia lakukan di rumah hanyalah menonton sinetron yang payah sembari memakan biskuit yang ternyata remuk. Memang menyebalkan.

Namun sebenarnya, ocehannya itu sama sekali tak ada gunanya. Demi Tuhan! itu hanya biskuit murah seharga 5 ribu rupiah, bahkan bila dia mengoceh pun biskuit itu tidak akan menjadi lebih enak. Padahal yang perlu dia lakukan hanya bicara baik-baik dan saya akan menukarnya dengan biskuit yang bagus. Masalah selesai. Namun dia ternyata lebih memilih mengurusi masalah kecilnya.

Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil

Di dunia ini ada begitu banyak orang yang suka mengurusi hal-hal kecil. Hal-hal kecil itu pun dibakar hingga menjadi kobaran api yang besar dengan kemarahan dan hasilnya masalah kecil itu pun menghancurkan kita semua. Nenek pembeli biskuit itu memilih untuk marah-marah pada saya meskipun hasil akhirnya tidak akan berubah. Dia hanya membuang-buang energi dan saya pun harus membuang waktu meladeninya.

Orang-orang yang begitu peduli pada hal-hal kecil ini biasa disebut sebagai perfeksionis. Pada umumnya perfeksionis memiliki standar yang tinggi dan selalu menuntut kesempurnaan. Meskipun menjadi perfeksionis memiliki kelebihannya tersendiri namun sangat jarang ada perfeksionis yang bisa hidup bahagia.

Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil

Contohnya dalam memilih pasangan. Jika saya seorang perfeksionis maka saya akan membuat standar bahwa pasangan saya harus punya tinggi badan 10 senti lebih pendek dari saya, rambut 10 senti diatas pinggang, bulu mata sepanjang 10 milimeter, gigi yang sangat rapi, pinggang yang melengkung mengikuti lekukan gitar spanyol, kulit yang mulus tanpa noda (dan tanpa tahi lalat maupun pori-pori), jari-jari yang lentik dengan panjang mengikuti standar internasional dan yang paling penting lebih muda dari saya. Jika ada satu faktor saja yang kelebihan meski satu milimeter maka berhentilah mengharapkan kelangsungan hubungan kita.

Jika saya memasang standar seperti ini maka bisa dipastikan masa depan saya akan suram (sumpah, gelap banget). Maksudnya, ayolah, itu cuma bulu mata, siapa yang peduli kalau bulu mata Anda panjangnya 10 milimeter?

Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil

Namun seorang perfeksionis akan peduli dan inilah akar dari gelapnya hidup.
Mempermasalahkan hal-hal kecil berarti menghabiskan waktu dan tenaga untuk memikirkan hal tersebut dan jika kita terus memusingkan semua hal kecil maka kita tak akan punya sisa tenaga untuk peduli pada sesuatu yang benar-benar penting. Dibanding memusingkan masalah kecil akan lebih baik bila Anda mencoba untuk memahami mengapa mereka melakukan hal itu.

Mengapa seorang perfeksionis peduli pada panjang bulu mata? Mungkin dia mengenal seseorang dengan bulu mata terlalu panjang sampai-sampai bulu mata itu masuk ke matanya dan berakhir pada kebutaan. Mengapa seseorang membunyikan klakson dengan begitu keras di lampu merah? Mungkin dia sedang buru-buru karna istrinya hendak melahirkan. Mengapa seseorang membuang puntung rokoknya ke halaman Anda? Mungkin dia ingin membakar rumah Anda secara sembunyi-sembunyi. Hal-hal tersebut terjadi setiap saat dan Anda tak perlu memusingkannya.

Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil

Hal tersebut juga berlaku untuk seorang perfeksionis. Tak ada apapun di dunia ini yang sempurna dan itu artinya Anda perlu berdamai dengan ketidaksempurnaan. Jika Anda tak bisa melakukan ini dan terus terpaku pada masalah-masalah kecil maka Anda tidak akan punya sisa tenaga untuk menyadari betapa indahnya dunia ini.

Seperti kata Tom Sam Cong, anggaplah masalah-masalah kecil itu seolah tidak ada, niscaya masalah besar pun akan terlihat kecil. Saat Anda berhasil melakukannya itu adalah satu langkah menuju hidup yang lebih baik.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
26-10-2021 13:38
Dan seperti kata Elsa
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
Diubah oleh ih.sul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kasbondosa dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
26-10-2021 14:15
Sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit 🐾🐾🐾
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bedulhunter69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
26-10-2021 14:42
tidak ada masalah besar atau masalah kecil, jika anda bisa mengkategorikan besar dan kecil, dengan apa anda mengukur sebuah masalah itu besar atau kecil???, besar bagi seseorang, belum tentu besar bagi orang lain, tetapi mungkin masalahnya sama,namun cara penyelesaiannya akan berbeda, berbeda dalam menerima penyelesaiannya

ada yang membesar-besarkan masalah kecil, karena itu kecil buat anda tapi besar bagi orang tersebut, bukan hak kita menghakimi.."itu masalah kecil gak usah dibesar-besarkan"...gak bisa seperti itu, yang terjadi adalah yaa seperti koruptor bansos minta keringanan, padahal masalahnya sudah merugikan banyak orang, itu masalah besar atau kecil?

jadi apapunu masalahnya, segera selesaikan dengan baik agar tidak semakin banyak pihak yang dirugikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
26-10-2021 15:31
Begitupun juga jangan mengecil ngecilkan masalah besar. Karena menyelesaikan masalah itu pasti ada masalah bukan kayak pegadaian, menyelesaikan masalah tanpa masalah.
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan ih.sul memberi reputasi
2 0
2
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
26-10-2021 16:05
Kalok bwt Ane sih, ada masalah disenyumin aja... emoticon-Big Grin

Dan ndak lupak bergoyang...
emoticon-Goyang
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
26-10-2021 17:17
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
26-10-2021 17:53
Pekerjaan besar dan kecil akan terasa ringan jika tidak dikerjakan emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bedulhunter69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
26-10-2021 21:04
Ya, masalah kecil mah tiba2 dibesar2kan, lucunya negri ini wkwk land
0 0
0
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
27-10-2021 04:24
Hati2 juga dgn teori jendela pecah

Ketidakteraturan kecil jika dibiarkan akan memicu ketidakteraturan dlm skala yg lebih besar
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
1 0
1
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
27-10-2021 07:09
Nasehat yg sangat bijak
0 0
0
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
27-10-2021 08:40
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
0 0
0
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
27-10-2021 10:22
Wanita paling suka tuhBerhentilah Membesar-Besarkan Masalah KecilBerhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
27-10-2021 20:08
hal ini sering terjadi deh di hubungan suami istri, terutama dengan usia perkimpoian yang sudah lama, tingkat kejenuhan, dan romantisme yang mulai memudar membuat hal ini sering terjadi. sebaiknya masalah kecil segera diselesaikan, dan kalau bisa hal besar dibuat kecil.
0 0
0
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
27-10-2021 20:08
Saiya sukak mulusnyaemoticon-Genit
0 0
0
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
27-10-2021 20:09
Sudah sudah emoticon-Traveller
0 0
0
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
27-10-2021 20:13
level besar kecil permasalahan tergantung cara masing2 juga sih. siapa tau emg dari dulu itu nenek2 punya trauma sama kue yang remuk. jadi ngoceh mulu ga berenti2. klo udah kaya gini anggap aja ocehan itu bukan masalah yang besar. dengerin sampe dia cape sendiri, ntar kan selesai sendiri. sama-sama ga masalah kan?
0 0
0
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
27-10-2021 20:15
Berguru pada filosof @ih.sul
0 0
0
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
27-10-2021 20:16
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
27-10-2021 20:19
kalo dari ilustrasinya sih, lebih baik membesarkan toket aja
profile-picture
online.addict memberi reputasi
1 0
1
Berhentilah Membesar-Besarkan Masalah Kecil
27-10-2021 20:26
ilustrasi nya bikin penasaran

Kirain di dalem nya banyak

Mulustrasi emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia