Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
141
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/617667dc2ed6c818425728af/mengapa-minat-baca-buku-di-indonesia-rendah
Pada tahun 2017, The World's Most Literate Nations (WMLN) merilis peringkat negara-negara dengan tingkat literasi tertinggi di dunia yang mana negara Finlandia menyabet peringkat pertama dengan hasil yang mengagumkan. Sebaliknya, Bostwana menduduki peringkat terakhir dari 61 negara yang masuk dalam survey dan berkat Bostwana lah Indonesia tidak sampai jatuh ke posisi terakhir.
Lapor Hansip
25-10-2021 15:16

Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?

Pada tahun 2017, The World's Most Literate Nations (WMLN) merilis peringkat negara-negara dengan tingkat literasi tertinggi di dunia yang mana negara Finlandia menyabet peringkat pertama dengan hasil yang mengagumkan. Sebaliknya, Bostwana menduduki peringkat terakhir dari 61 negara yang masuk dalam survey dan berkat Bostwana lah Indonesia tidak sampai jatuh ke posisi terakhir.

Tingkat literasi di suatu negara ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya Perpustakaan, surat kabar, pendidikan dan ketersediaan komputer. Fakta bahwa negara Indonesia menduduki peringkat kedua terbawah adalah bukti bahwa jumlah perpustakaan dan tingkat pendidikan Indonesia masih amat rendah.

TAPI, jangan cepat-cepat menyalahkan penduduk negara atas hasil survey tersebut. Meskipun minat baca di negara ini memang patut di pertanyakan namun mari kita melihat fakta-fakta lain yang sepertinya mendukung kurangnya minat baca di Indonesia ini.

Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?

Yang pertama adalah jumlah buku bacaan di Indonesia. Menurut pantauan Gramedia, jumlah buku yang terbit di Indonesia masih tergolong rendah, hanya sekitar 18 ribu judul buku pertahun. Jumlah ini amat kalah jauh dari Jepang yang dalam hal jumlah penduduk maupun luas wilayah jauh lebih kecil dari Indonesia. Kenyataan yang lebih parah adalah bahwa jumlah total eksemplar buku yang beredar di perpustakaan Indonesia kurang dari 25 juta eksemplar, bahkan tak sampai 10 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. (Data Perpusnas)

Selain itu persebaran buku itu sendiri tidaklah merata. Bisa dibilang 90 persen dari total perpustakaan di Indonesia ada di pulau Jawa dan persebaran di pulau Jawa pun terpusat di jakarta. Dengan perbandingan seperti itu maka jangan heran kalau orang Indonesia kekurangan bacaan gratis. Jika tidak ingin menunggu lama dari perpustakaan maka orang-orang harus beli buku sendiri dan disinilah masalah kedua.

Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?

Harga buku di Indonesia itu MAHAL. Oh ya, harga buku memang tidak sebanding dengan harga kopi di Starbuck atau harga makanan di restoran bintang 2 namun menurut standar internasional harga buku di Indonesia itu tergolong mahal dan alasannya adalah PAJAK.

Tere Liye, seorang penulis Best Seller, pernah mengeluh tentang tingginya pajak menulis di Indonesia. Dia menyebutkan bahwa diantara seluruh pekerjaan di Indonesia, pajak penghasilan yang dibebankan pada penulis adalah yang tertinggi, lebih tinggi dibandingkan artis maupun PNS. Tere menyebutkan bahwa pajak penulis 24 kali lebih besar dibanding pelaku UMKM dan yang lebih parah penulis sama sekali tak bisa menutupi penghasilannya (karna diatur oleh penerbit) sedangkan profesi lain bisa dengan mudah berbohong tentang income mereka.

Tere Liye menambahkan bahwa meskipun dia sudah menyurati pemerintah namun tetap tak ada tanggapan dari atas dan saat postingannya virallah baru ada tanggapan dari Sri Mulyani. Pajak yang begitu mencekik inilah yang membuat para penulis merasa malas untuk menciptakan karya-karya baru. Namun keadaan ini sudah mulai membaik sejak Agustus 2020 yang mana pemerintah mengumumkan akan menanggung pajak kertas untuk media cetak (meski begitu tetap saja pajak penulis tidak menurun).

Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?

Dan masalah terakhir yang membuat survey minat baca Indonesia rendah adalah banyaknya orang yang lebih memilih membaca secara online. Mungkin saja sebenarnya masih banyak orang di negara ini yang gemar membaca namun karna mahalnya harga buku mereka lebih memilih untuk 'membajak.' Pembajakan buku, meski bukunya dibaca dalam bentuk online, sama sekali tidak memberikan kontribusi pada perhitungan minat membaca. Selain pembajakan buku, membaca artikel online semacam ini juga tidak berkontribusi apapun pada tingkat literasi Indonesia.

Dan dengan pengaruh ketiga faktor diatas maka tidak aneh bila Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara dalam masalah tingkat literasi. Meski demikian hal yang paling mengerikan disini adalah bagaimana cara untuk meningkatkannya.

Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?

Memperbanyak produksi buku sama sekali tidak berguna jika tak ada orang yang ingin membacanya dan memproduksi lebih banyak kertas sama dengan menebang lebih banyak pohon. Dua masalah inilah yang perlu dipecahkan terlebih dahulu yakni meningkatkan minat baca (tentunya membaca buku cetak) dan mencari alternatif untuk tidak lagi menebang pohon demi memproduksi kertas (kebayang nggak kalau di masa depan kertas dibuat menggunakan plastik?)

Peradaban semakin maju dan teknologi internet terus melesat. Apakah industri buku cetak sanggup bertahan dalam revolusi industri ini? itu andalah yang memutuskan jawabannya. Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumursumur
Diubah oleh ih.sul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rarajasa dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 5
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
27-10-2021 19:52
jangan malas baca ya anak universitas malang
0 0
0
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
27-10-2021 22:01
Sok tau
Coba baca punya enny arrow
Pasti semangatMengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
profile-picture
69banditos memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
27-10-2021 22:46
Karena lebih banyak yang suka mendengar dan menonton
0 0
0
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
28-10-2021 07:30
Ane masih suka baca buku fisik, sampe rak buku penuh wkwk
Tapi lebih seneng buku novel sama materi2 kuliah dulu sih.. seru aja ada feeling buka lembar demi lembar halaman, nyium aroma kertasnya buku ori.. kalo buku bajakan bau kertasnya aja udah gaenak wkwk
0 0
0
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
28-10-2021 10:32
minatnya baca komik gan
0 0
0
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
28-10-2021 11:01
padahal problem utama di negeri ini adalah darurat literasi. tidak melibatkan kebiasaan dan budaya literasi pada masyarakatnya. mungkin dibalik itu juga banyak pihak yang "sengaja" memelihara kebiasaan tsb.
0 0
0
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
28-10-2021 12:51
0 0
0
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
28-10-2021 13:33
lah harga buku baru aja sekarang udah kek barang mewah buat kalangan menengah kebawah. minat baca cuman buat kalangan atas berduit yang beli buku baru bagi mereka kek beli kacang emoticon-Wakaka
0 0
0
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
28-10-2021 15:40
menurut ane buku tetap ada pasarnya dan gw rasa tingkat percetakan buku pasti disesuaiin ama demand. ga mungkin produsen ga make data dalam mencetak buku.

Suka suka sedih juga banyak buku yg ga dibaca padahal saudara2 kita di pelosok banyak ingin membacanya tapi tidak ada akses atau dana.

semoga kementrian pendidikan bisa lebih memperhatikan isu minat baca bangsa kita yang rendah ini.

0 0
0
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
28-10-2021 17:20
Salah satu yang membuat malas membaca adalah buku yang di baca kurang menarik, contoh saja buku tentang pelajaran. Mungkin bisa menjadi sebuah terobosan agar buku bisa lebih menarik sehingga ketika dibaca tidak mbosen i.
0 0
0
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
29-10-2021 07:56
Harga buku mahal? Heleh, baca blog aja di potong - potong. Salah sangka malah ngomen gak jelas. emoticon-Hammer2
0 0
0
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
29-10-2021 22:58
Pembaca di sfth aja udah berkurang
0 0
0
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
30-10-2021 02:23
Gw...gw...senin - jumat pasti baca kerjaannya.
Baca laporan..baca resume..baca baca..baca...ampe jereng mata ini...wkwkwkwk
0 0
0
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
30-10-2021 08:38
ini jadi salah satu faktor kenapa dalam konteks finansial, masyarakat indonesia selalu terbuai dengan bujukan skema cepat kaya, cara mudah jadi kaya, jalur instan jadi kaya, dan semacamnya.

karena literasi masyarakat rendah dan terlalu mudah percaya orang lain.
0 0
0
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
31-10-2021 14:24
menurut ane kembali ke selera lagi sih ada yang hobby membaca, ada yang menonton, ada yang mendengar. Dan tentunya belajar juga variatif ya sekarang dengan kemajuan teknologi semakin pesat
profile-picture
yourbadboy memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
31-10-2021 16:05
semoga kedepannya minat baca indonesia semakin tinggi. Amin.



janganlah tergoda dengan kemaksiatan dan duniawi, di akhir jaman ini. Waspada dengan musuh utama kita yaitu dajjal, syaiton, dan iblis yg sedang giat2nya mericuh2 umat manusia. :'(

kudoakan yg terbaik untuk kalian generasi muda. Tetaplah semangat para penerus bangsa.
Masa depan kalian masih cerah.

semoga di indonesia tak terjadi yg aneh2...
semoga perekonomian indonesia bisa segera pulih dari hal buruk apapun. Amin. Terjadilah. Allahuakbar.
0 0
0
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Mengapa Minat Baca Buku di Indonesia Rendah?
03-11-2021 17:25
Bener mahalnya buku itu, kadang mikir mending beli kuota drpd buku🤣 aku termasuk orang yg mau beli buku tp ttp aja dikeranjang ga di checkout2. Trs ya kan kalo utk orang umum gaada perpustakaan yg bisa baca gratis. Trs kalo d gramed kadang capek hrs berdiri
0 0
0
Post ini telah dihapus
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia