Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
52
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6172a460e188db56ed33a3e0/apa-writers-block-itu-nggak-ada
Hola Selamat Malam penduduk kaskus di jagat raya di dunia nyata maupun di dunia maya. Pernahkah Gansist membuat tulisan lalu merasa mentok dan kesulitan meneruskannya? Jika iya, maka hal tersebut biasanya dinamakan dengan Writers block. Hmm, jika memang demikian, kenapa penulis merasa
Lapor Hansip
22-10-2021 18:45

Apa Writers Block Itu Nggak Ada?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Apa Writers Block Itu Nggak Ada? gambar

cara menulis

Hola Selamat Malam penduduk kaskus di jagat raya di dunia nyata maupun di dunia maya. Pernahkah Gansist membuat tulisan lalu merasa mentok dan kesulitan meneruskannya? Jika iya, maka hal tersebut biasanya dinamakan dengan Writers block.



Namun semakin kesini apakah Gansist merasa bahwa writers block itu benar-benar ada?



Hmm, jika memang demikian, kenapa penulis merasa kesusahan sekali ketika hendak menuliskan sesuatu yang padahal idenya sudah mengendap lama, bahkan sudah ditulis dalam note?



Beberapa bulan yang lalu Ane mengikuti live instagram bersama seorang penulis bernama Okky Mandasari yang domisilinya sekarang adalah di Singapura. Ceritanya Ane yang orang kepo dan akhirnya menelusuri ternyata beliau adalah penulis senior yang memang sudah menelurkan beberapa buku yang sangat recommended untuk dibaca loh.



Dalam menulis kata Mbak Okky, sebenarnya tidak tidak ada yang namanya Writers Block atau mentok dalam menulis. Tentu alasannya karena semua sudah dipersiapkan melalui outline atau diagram penulis atau imajinasi memang tak terbatas.


Bagaimana agar Writers Block Itu Nggak Ada?


1. Penulis Suka Membaca

Apa Writers Block Itu Nggak Ada? gambar

Seseorang penulis memang harus suka membaca, karena penulis senior sekelas bunda Asma Nadia telah menyatakan bahwa, "Membaca adalah kuliahnya penulis."


Namun memang ada trik-trik khusus yang perlu dilakukan oleh penulis ketika dia memutuskan untuk menulis buku atau menulis cerita, sehingga besar kemungkinan tidak akan terjadi yang namanya writers block.


2. Penulis Pandai Memilih Konflik

Apa Writers Block Itu Nggak Ada? gambar

Writers block sendiri bisa disiasati dengan memilih konflik terlebih dahulu, sehingga penulis terlebih dahulu disarankan untuk menulis konflik dalam sebuah note sebelum memutuskan menulis cerita.



Konflik pilihan di sini dalam sebuah cerita yang baik harus berhubungan dengan karakter tokoh. Di mana fungsi konflik ini akan membuat cerita menegangkan, juga tidak membosankan, sehingga pembaca akan tertarik untuk membaca cerita yang telah penulis buat.


3. Penulis Menuliskan Realita dalam Karya Fiksi

Apa Writers Block Itu Nggak Ada? gambar

Bisa dibilang bahwa writers block itu tidak ada karena penulis bisa menggunakan imajinasinya untuk menghubungkan realita saat akan menulis cerita. Untuk sangat ditekankan adalah jangan lupa cerita harus berdasarkan logika atau tidak cacat logika. Selain itu tulisan hendaknya memiliki pengetahuan. Harapannya tentu saja memungkinkan pembaca dapat mengambil kesimpulan yang berkesan, sehingga juga tidak menganggap bahwa penulis hanya halu aja. emoticon-Smilie


4. Penulis Punya Sikap Empati

Apa Writers Block Itu Nggak Ada? gambar

Seorang penulis agar tidak mengalami writers block, maka dalam dunia nyata dia dituntut untuk mempunyai sikap empati atau di manapun dirinya berada. Konon dengan demikian maka menulis akan seperti air yang mengalir saja.



Hingga menulis akan sangat mudah atau dalam hal ini namanya unsur intrinsik dalam diri penulis sendiri. Untuk memunculkan empati ini– membuat seseorang berkesadaran dalam memunculkan emosi-emosi tokoh. Tokoh dituliskan dengan cenderung emosional sehingga pembaca mampu merasakan debaran saat membaca cerita yang telah penulis buat.



5. Penulis Membuat Cerita dengan Menggunakan 2 Karakter yang Bertolak Belakang

Apa Writers Block Itu Nggak Ada? gambar

Kemudian untuk menghindari writers block yang lain adalah dengan membuat cerita menggunakan dua karakter yang bertolak belakang. Tujuannya agar cerita menjadi bagus. Misalnya jika kita menggunakan tokoh protagonis itu memiliki sifat pandai, maka protagonis yang lain kita harus membuatnya terlihat bodoh.




Sejurus kemudian pesan Mbak Okky yang lain untuk belajar menulis cerita, penulis bisa membaca novel dari Mbak Okky yang berjudul Pasung Jiwa di sana menjelaskan tentang (sisi lain–perasaan tertekan tokoh–yang orang biasanya melihat mereka baik-baik saja padahal sejatinya mereka punya masalah).



Yeah Gansist apa trick ini cukup membantu? Yuk komen di bawah!🙌 Ane juga lagi belajar nih supaya ke depannya bisa membuat tulisan dan cerita yang bagus sekaligus menarik. emoticon-Smilie


Thread murni olahan @qoni77

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Okutet dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Post ini telah dihapus
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
21-11-2021 17:06
Quote:Original Posted By kitasiapa0
gila keren bener dah gan emoticon-Stick Out Tongueaket
hajhaha kek kamu Gan:goyang

Quote:Original Posted By bagicinta9
jadiin motivasi ane ni nih yang begini gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Yuk ah modifikasi emoticon-Peluk
Quote:Original Posted By koytoas
akhirnya ada thread yg model gini sesuai ma selere ane gan hehe emoticon-Kaskus Banget


Hahhaha maacih Gankuhemoticon-Malu
0 0
0
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
01-11-2021 17:02
nice info gannemoticon-Cendol Gan
profile-picture
yourbadboy memberi reputasi
1 0
1
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
27-10-2021 23:10
Quote:Original Posted By indrag057
Bebaskan imajinasi, buang segala yang menjadi beban, kunci ane sebagai tukang nulis amatiran sih gituemoticon-Malu


Quote:Original Posted By qoni77
Hebat emoticon-Jempol


Hebat apaan, yang ada hasilnya acakadulemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan wahyujayasagita memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
27-10-2021 21:06
Quote:Original Posted By satriyasegala
Inspirasi ane
George rr martin
George Lucas
Garth Ennis

Dah gak bakal berhenti kalo ngerti cara2 mereka

Kuncina di penguatan seluruh tokoh

Tokoh jahat, baik, abu2, gakmau tau, tukang resek

Alur anti mainstream

Ane kurang paham Gan

Btw thank's sharingnya emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By mypurplesaturn
Wah, Okky Madasari. Ane udah baca bukunya yang berjudul 86.

Yg nomor satu, udah paham. Tapi masalahnya ane suka nggak fokus juga kalau baca. Jadi beneran kesusahan. Solusi ane sih biasanya kalau lagi bener-bener mood nulis ane nulis sebanyak-banyaknya. Kalau ada ide buat bikin cerita lain ane tulis juga.

Masih berjuang ini buat nyelesaiin apa2 yg udah ane mulai.


Suka selingkuh bacaan ya Gan?
Wah semoga tetap semangat berjuang ya Gan emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By indrag057
Bebaskan imajinasi, buang segala yang menjadi beban, kunci ane sebagai tukang nulis amatiran sih gituemoticon-Malu



Hebat emoticon-Jempol
profile-picture
indrag057 memberi reputasi
1 0
1
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
26-10-2021 21:56
Quote:Original Posted By qoni77
Apa Writers Block Itu Nggak Ada? gambar

cara menulis

Hola Selamat Malam penduduk kaskus di jagat raya di dunia nyata maupun di dunia maya. Pernahkah Gansist membuat tulisan lalu merasa mentok dan kesulitan meneruskannya? Jika iya, maka hal tersebut biasanya dinamakan dengan Writers block.



Namun semakin kesini apakah Gansist merasa bahwa writers block itu benar-benar ada?



Hmm, jika memang demikian, kenapa penulis merasa kesusahan sekali ketika hendak menuliskan sesuatu yang padahal idenya sudah mengendap lama, bahkan sudah ditulis dalam note?



Beberapa bulan yang lalu Ane mengikuti live instagram bersama seorang penulis bernama Okky Mandasari yang domisilinya sekarang adalah di Singapura. Ceritanya Ane yang orang kepo dan akhirnya menelusuri ternyata beliau adalah penulis senior yang memang sudah menelurkan beberapa buku yang sangat recommended untuk dibaca loh.



Dalam menulis kata Mbak Okky, sebenarnya tidak tidak ada yang namanya Writers Block atau mentok dalam menulis. Tentu alasannya karena semua sudah dipersiapkan melalui outline atau diagram penulis atau imajinasi memang tak terbatas.


Bagaimana agar Writers Block Itu Nggak Ada?


1. Penulis Suka Membaca

Apa Writers Block Itu Nggak Ada? gambar

Seseorang penulis memang harus suka membaca, karena penulis senior sekelas bunda Asma Nadia telah menyatakan bahwa, "Membaca adalah kuliahnya penulis."


Namun memang ada trik-trik khusus yang perlu dilakukan oleh penulis ketika dia memutuskan untuk menulis buku atau menulis cerita, sehingga besar kemungkinan tidak akan terjadi yang namanya writers block.


2. Penulis Pandai Memilih Konflik

Apa Writers Block Itu Nggak Ada? gambar

Writers block sendiri bisa disiasati dengan memilih konflik terlebih dahulu, sehingga penulis terlebih dahulu disarankan untuk menulis konflik dalam sebuah note sebelum memutuskan menulis cerita.



Konflik pilihan di sini dalam sebuah cerita yang baik harus berhubungan dengan karakter tokoh. Di mana fungsi konflik ini akan membuat cerita menegangkan, juga tidak membosankan, sehingga pembaca akan tertarik untuk membaca cerita yang telah penulis buat.


3. Penulis Menuliskan Realita dalam Karya Fiksi

Apa Writers Block Itu Nggak Ada? gambar

Bisa dibilang bahwa writers block itu tidak ada karena penulis bisa menggunakan imajinasinya untuk menghubungkan realita saat akan menulis cerita. Untuk sangat ditekankan adalah jangan lupa cerita harus berdasarkan logika atau tidak cacat logika. Selain itu tulisan hendaknya memiliki pengetahuan. Harapannya tentu saja memungkinkan pembaca dapat mengambil kesimpulan yang berkesan, sehingga juga tidak menganggap bahwa penulis hanya halu aja. emoticon-Smilie


4. Penulis Punya Sikap Empati

Apa Writers Block Itu Nggak Ada? gambar

Seorang penulis agar tidak mengalami writers block, maka dalam dunia nyata dia dituntut untuk mempunyai sikap empati atau di manapun dirinya berada. Konon dengan demikian maka menulis akan seperti air yang mengalir saja.



Hingga menulis akan sangat mudah atau dalam hal ini namanya unsur intrinsik dalam diri penulis sendiri. Untuk memunculkan empati ini– membuat seseorang berkesadaran dalam memunculkan emosi-emosi tokoh. Tokoh dituliskan dengan cenderung emosional sehingga pembaca mampu merasakan debaran saat membaca cerita yang telah penulis buat.



5. Penulis Membuat Cerita dengan Menggunakan 2 Karakter yang Bertolak Belakang

Apa Writers Block Itu Nggak Ada? gambar

Kemudian untuk menghindari writers block yang lain adalah dengan membuat cerita menggunakan dua karakter yang bertolak belakang. Tujuannya agar cerita menjadi bagus. Misalnya jika kita menggunakan tokoh protagonis itu memiliki sifat pandai, maka protagonis yang lain kita harus membuatnya terlihat bodoh.




Sejurus kemudian pesan Mbak Okky yang lain untuk belajar menulis cerita, penulis bisa membaca novel dari Mbak Okky yang berjudul Pasung Jiwa di sana menjelaskan tentang (sisi lain–perasaan tertekan tokoh–yang orang biasanya melihat mereka baik-baik saja padahal sejatinya mereka punya masalah).



Yeah Gansist apa trick ini cukup membantu? Yuk komen di bawah!🙌 Ane juga lagi belajar nih supaya ke depannya bisa membuat tulisan dan cerita yang bagus sekaligus menarik. emoticon-Smilie


Thread murni olahan @qoni77



Kadang tuh penulis suka selingkuh sama naskah ceritanya yang lain, atau nemu ide baru yang tiba-tiba aja muncul, eh pas nulis sampe kelupaan sama naskah sebelah yang belom kelar dan berujunglah ide buntu, tapi juga bisa sih karena idenya penulis emang lagi mentok, atau juga bisa karena si penulisnya lagi mager ngetik padhal mah idenya ngalis selancar air terjun. Hahaha
0 0
0
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
25-10-2021 11:56
Quote:Original Posted By ushirota
cakep tuh sis modelnya, bule yg foto pertama, pacarnya ya?

Hahha tahu ajeh Ganemoticon-Malu
Quote:Original Posted By awixcool
Langsung praktekin aja gan

Yuk capcus emoticon-I Love Kaskus

Quote:Original Posted By sickteenjun
bacaanya kaskus doang, udah gitu yang ht doang


Hahaha hidup emang pilihan Ganemoticon-Bingung
profile-picture
ushirota memberi reputasi
1 0
1
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
24-10-2021 18:19
betul banget gan. bahkan nulis skripsi pun harus banyak baca.
0 0
0
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
24-10-2021 15:06
Thread yg menarik emoticon-2 Jempol
0 0
0
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
24-10-2021 11:53
Bebaskan imajinasi, buang segala yang menjadi beban, kunci ane sebagai tukang nulis amatiran sih gituemoticon-Malu
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
24-10-2021 11:04
Konsep apa lagi nih writers block.

Aneh2 aja.


Nitip survey ya

Kami sekelompok peneliti, memiliki beberapa pertanyaan untuk melengkapi penelitian kami mengenai perilaku untuk melakukan transaksi online terkait hobi. Adapun partisipan yang terpilih mengikuti survey ini akan mendapatkan saldo Ovo/GoPay. Link nya : https://bit.ly/303q0TP
0 0
0
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
24-10-2021 09:27
sambil nunggu pacar baca ini seru juga bre emoticon-anjing
0 0
0
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
24-10-2021 09:26
wah ane paling seneng kalo lihat orng bikin thread kek gini gan emoticon-Stick Out Tongueencet
0 0
0
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
24-10-2021 09:03
Wah, Okky Madasari. Ane udah baca bukunya yang berjudul 86.

Yg nomor satu, udah paham. Tapi masalahnya ane suka nggak fokus juga kalau baca. Jadi beneran kesusahan. Solusi ane sih biasanya kalau lagi bener-bener mood nulis ane nulis sebanyak-banyaknya. Kalau ada ide buat bikin cerita lain ane tulis juga.

Masih berjuang ini buat nyelesaiin apa2 yg udah ane mulai.
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
24-10-2021 08:19
Inspirasi ane
George rr martin
George Lucas
Garth Ennis

Dah gak bakal berhenti kalo ngerti cara2 mereka

Kuncina di penguatan seluruh tokoh

Tokoh jahat, baik, abu2, gakmau tau, tukang resek

Alur anti mainstream
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
24-10-2021 08:08
bacaanya kaskus doang, udah gitu yang ht doang
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
24-10-2021 06:40
Langsung praktekin aja gan
Diubah oleh awixcool
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
24-10-2021 04:34
cakep tuh sis modelnya, bule yg foto pertama, pacarnya ya?
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Apa Writers Block Itu Nggak Ada?
24-10-2021 00:59
akhirnya ada thread yg model gini sesuai ma selere ane gan hehe emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia