News
Batal
KATEGORI
link has been copied
23
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/617040b1f0db0e4ae226a88d/update-mbt-oplot-untuk-as--rudal-balistik-korut--frigate-kanada-di-selat-taiwan
Segmen update kembali hadir untuk menghilangkan kegabutan agan dan sista, kali ini ada tiga berita menarik dari dunia militer, mari kita simak beritanya Kabar terbaru datang dari Amerika Serikat, dikabarkan bahwa Paman Sam kini telah menerima MBT (Main Battle Tank) Oplot dari Ukraina. Laporan ini diberitakan oleh Defence Blog, sekitar seminggu yang lalu Ukraina telah mengirimkan Oplor kepada AS.
Lapor Hansip
20-10-2021 23:15

[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan

Past Hot Thread
Segmen update kembali hadir untuk menghilangkan kegabutan agan dan sista, kali ini ada tiga berita menarik dari dunia militer, mari kita simak beritanya emoticon-Cendol (S)


Berita Pertama: AS Mendapatkan MBT Oplot


Quote:
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan

Foto: Vasyl Shurupov


Kabar terbaru datang dari Amerika Serikat, dikabarkan bahwa Paman Sam kini telah menerima MBT (Main Battle Tank) Oplot dari Ukraina. Laporan ini diberitakan oleh Defence Blog, sekitar seminggu yang lalu Ukraina telah mengirimkan Oplor kepada AS. Vadim Nozdrya, direktur umum Ukrspetseksport, mengatakan bahwa tank itu dikirim ke Amerika Serikat dalam rangka kontrak untuk kendaraan tempur baru.

Tank utama Oplot memiliki berat sekitar 51 ton. Tank dapat membawa tiga awak, dan mampu digeber sampai kecepatan maksimum 70 km/jam. Tank ini dikembangkan oleh Kharkiv Morozov Machine Building Design Bureau (KMDB) untuk Angkatan Bersenjata Ukraina. MBT ini dilengkapi dengan Duplet built-in Explosive Reactive Armor (ERA) dari generasi baru, yang mampu melindungi awak tank dari hulu ledak tandem. Tank ini juga dilengkapi dengan sistem penanggulangan Shtora, yang mengurangi kemungkinan serangan sistem senjata anti-tank yang dipandu (ATGW) musuh dengan panduan semi-otomatis.

Tank tempur utama Oplot dipersenjatai dengan meriam smoothbore 125 mm yang sepenuhnya distabilkan, dilengkapi dengan autoloader tipe carousel. Kendaraan ini mampu menembakkan rudal anti-tank berpemandu 9K119M Reflex (Kode NATO: AT-11 Sniper-B). Seri Oplot ini juga disebut sebagai T-84 Oplot-M (Bulwark) oleh Ukraina. Oplot-M sendiri dikembangkan dari basis tank T-80 era Uni Soviet.

Pengiriman tank ke AS bukan yang pertama kalinya, pada tahun 2003 Pemerintah AS telah memperoleh 4 tank tempur utama T-80UD dengan sistem perlindungan aktif (APS) Drozd yang terpasang dari Ukraina. Empat tank T-80UD tiba di Pusat Uji Aberdeen Angkatan Darat AS sepanjang Desember 2003 dan Januari 2004. Tank-tank tersebut digunakan untuk latihan oleh tentara AS. Sementara itu Oplot-M mulai memasuki layanan Angkatan Darat Ukraina tahun 2009, sementara itu pada September 2011 Thailand memesan 49 Oplot-M.


Berita Kedua: Korut Luncurkan Rudal Balistik ke Perairan Lepas Pantai Jepang


Quote:
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan

Daftar rudal Korut dan perkiraan jarak jangkauannya.

Foto: CSIS Missile Defense Project



Mengutip laporan BBC News Korea Utara telah meluncurkan rudal balistik menuju wilayah perairan Jepang, hal itu dilaporkan terjadi pada hari Selasa (19/10/2021). Pada hari Selasa Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan satu rudal telah diluncurkan dari pelabuhan Sinpo, wilayah yang terletak di timur Korea Utara di mana Pyongyang biasanya menempatkan kapal selamnya. Rudal itu dikabarkan mendarat di Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang. Namun, pihak Korea Selatan tidak memberi rincian yang jelas apakah rudal itu ditembakkan dari platform kapal selam atau kapal permukaan.

Mereka mengatakan senjata itu diduga sebagai rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam. Sementara itu media Korea Selatan melaporkan bahwa rudal khusus ini diyakini telah menempuh jarak sekitar 450 km (280 mil) pada ketinggian maksimum 60 km. Di lain pihak, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan bahwa, ada dua rudal balistik telah ditembakkan, menyebut peluncuran itu "sangat disesalkan." Mereka saat ini masih meganalisa apakah rudal itu termasuk jenis SLBM atau bukan.

Sebelumnya pada Oktober 2019, Korea Utara telah menguji rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam, mereka berhasil menembakkan rudal yang disebut sebagai Pukguksong-3 dari platform kapal selam. Pada saat itu kantor berita Korut KCNA mengatakan bahwa, rudal telah ditembakkan dari sudut yang tinggi untuk meminimalkan "ancaman eksternal." Namun, jika rudal diluncurkan pada lintasan standar, bukan vertikal, ia bisa menempuh jarak sekitar 1.900 km. Hal itu akan menempatkan Korea Selatan dan Jepang dalam jangkauan tembak rudal tersebut. Rudal yang diluncurkan dari kapal selam dapat membuat rudal lebih sulit dideteksi serta memungkinkan mereka untuk lebih dekat ke target lain.

Sementara itu, kepala intelijen Korea Selatan, Jepang dan AS bertemu di Seoul untuk membahas Korea Utara. Utusan AS untuk Korea Utara, Sung Kim, saat ini sedang dalam perjalanan ke kota tersebut untuk membahas bagaimana memulai kembali dialog dengan Pyongyang, termasuk apakah harus ada deklarasi resmi berakhirnya Perang Korea.

Dalam 24 jam terakhir, dia juga telah menegaskan kembali sikap pemerintahan Presiden AS Joe Biden bahwa mereka tetap terbuka untuk bertemu dengan Korea Utara tanpa syarat. Sebelumnya pembicaraan antara AS dan Korea Utara gagal karena ketidaksepakatan mendasar tentang denuklirisasi. AS ingin Korea Utara menyerahkan senjata nuklirnya sebelum sanksi dapat dilonggarkan, tetapi Korea Utara sejauh ini masih menolak usulan tersebut. Saat ini perlombaan membuat rudal telah mencapai klimaksnya di semenanjung Korea, baik kubu Selatan dan Utara masing-masing telah menguji coba rudal mereka pada dua bulan terakhir.


Berita Ketiga: Frigate Kanada Sambangi Selat Taiwan, China Geram


Quote:

[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan

Dek HMCS Winnipeg.

Foto: The Canadian Press/Jimmy Jeong


Setelah kapal mata-mata Prancis dilaporkan telah melintasi selat Taiwan, kini giliran kapal frigate milik Kanada melintasi selat tersebut. Melintasnya kapal dari negeri yang sangat jauh itu sempat membuat China geram. Mengutip laporan CP24 pihak militer AS mengatakan bahwa, kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke USS Dewey berlayar melalui jalur air sempit yang memisahkan Taiwan dari tetangga raksasanya China bersama dengan frigate Kanada HMCS Winnipeg pada hari Kamis dan Jumat (14 dan 15 Oktober 2021).

“Transit Dewey dan Winnipeg melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen Amerika Serikat dan sekutu serta mitra kami untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” pernyataan oleh militer AS.

Sementara itu Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mengatakan pasukannya terus memantau kapal-kapal dan "berjaga-jaga" di sepanjang perjalanan mereka. "Amerika Serikat dan Kanada berusha untuk memprovokasi dan menimbulkan masalah... sangat membahayakan perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan," katanya.

"Taiwan adalah bagian dari wilayah China. Pasukan China selalu menjaga tingkat kewaspadaan yang tinggi dan dengan tegas melawan semua ancaman dan provokasi." Tutup pernyataan tersebut.


Quote:
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan

HMCS Winnipeg.

Foto: Wikipedia



Dilaporkan bahwa kapal-kapal Angkatan Laut AS telah transit di selat itu kira-kira setiap bulan yang memicu kemarahan Beijing, mereka menuduh Washington memicu ketegangan regional. Sekutu AS kadang-kadang juga mengirim kapal melalui selat itu, termasuk Inggris bulan lalu. Sementara ketegangan di Selat Taiwan telah meningkat, belum ada pesawat China yang memasuki wilayah udara Taiwan lagi. Kini China memusatkan aktivitas mereka di bagian barat daya ADIZ (zona pertahanan udara Taiwan).

Sekilas tentang HMCS Winnipeg, kapal frigate ini masuk dalam Kelas Halifax. Frigate Halifax sendiri dibuat oleh Kanada pada pertengahan 1980-an, tepatnya pada tahun 1987 kapal pertama mulai dibangun. Total ada 12 kapal yang dibangun Kanada dalam kelas ini, di mana Winnipeg merupakan kapal ke-9. HMCS Winnipeg dibangun pada 20 Maret 1993, diluncurkan tanggal 25 Juni 1994, serta resmi memasuki layanan Angkatan Laut Kanada pada 23 Juni 1996.

Menurut Wikipedia kapal ini punya panjang 134.1 m, lebar 16.4 m, dan tinggi 4.9 m. Kapal punya berat mencapai 4.770 ton. Kapal dalam Kelas Halifax dengan sistem propulsi CODOG dengan 2 × turbin gas LM2500 seta 1 × SEMT Pielstick mesin diesel. Kapal mampu digeber sampai kecepatan maksimum 30 knots dan punya daya jelajah mencapai 17.600 km.

Untuk persenjatannya meliputi 24 × torpedo Honeywell Mk 46, 16 × rudal permukaan-ke-udara Sea-Sparrow, 8 × rudal permukaan-ke-permukaan Harpoon RGM-84, 1 × Bofors 57 mm Mk3, 1 × 20 mm Vulcan Phalanx CIWS, 6 × .50 caliber machine guns. Untuk helikopter yang dibawa adalah satu unit CH-148 Cyclone.

Sejak Agustus 2021 HMCS Winnipeg telah dikerahkan ke kawasan Indo-Pasifik. Kapal tersebut akan melakukan kerjasama serta berpartisipasi dalam latihan angkatan laut internasional dengan negara-negara sekutu dan mitra hingga Desember 2021. Pada tanggal 11 sampai 13 Oktober 2021 kapal ini juga sempat menyambangi Filipina. Dengan ketegangan yang terus meningkat di kawasan antara Taiwan dan China, lantas negara mana lagi yang akan hadir di Indo-Pasifik ?


---------



Nah, demikian sedikit informasi update berita militer pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa emoticon-Angkat Beer





Referensi Tulisan: Defence Blog, BBC News, CP24, Wikipedia
Ilustrasi Foto: Vasyl Shurupov, CSIS Missile Defense Project, Wikipedia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
politon21 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk untuk memberikan balasan
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan
20-10-2021 23:16
Jangan lupa komeng gan, TS izin menyumbang mulus ya emoticon-Toast


[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan


[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan


[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan
20-10-2021 23:20
1. Brita mbt oplot dr kiev ke pentagon, tuk jd kelinci percobaan spt nya, gan.....

2. Raja KJU msh juga nekad ganggu negara2 tetangga sekitar nya dgn bbrp mainan rudal terbaru nya, tp jk di balas dgn latgab militer ama negara2 tetangga nya itu, nanti ybs mlh biasa playing victim....

3. Kekaisaran xi masih delusional dan paranoid yg parah thd kemerdekaan taiwan.... Mngira jk pulau formosa tsb msh milik pribadi nya, serta ketakutan atas negara2 blok barat akan mnginvasi nya seperti abad ke 19 yg itu.....

Sudah sewajar nya jk warships nya negara2 blok barat bs istirahat dan mondar mandir dgn bebas di negara berdaulat, taiwan, gan.....
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan
21-10-2021 00:34
Frigate Kanada jalan ke Taiwan ehh RRC geram.
Pengen lihat reaksi RRC kl F-16V yg diminta Taiwan benar dikabulkan sama US & dikirim ke Taiwan.
emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan
21-10-2021 07:28
tank Oplot buat latihan semacam agressor gitu yah..??

pengen yg real sampe beli emoticon-Big Grin
padahal dulu cuma pake M-551 Sheridan yg dirombak tampilannya aja jadi mirip T-80..
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan

sopiler
Diubah oleh jagotorpedo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan
21-10-2021 08:42
Tumben asu impor alutsista
Pdhl udh tingkat produsen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan
21-10-2021 09:06
Banyak juga yak Korut rudalnya... Diluncurkan dari kereta, permukaan, kapal, nah ini disinyalir dari kapal selam.

Jong Un seneng banget main rudal-rudalan gini.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan
21-10-2021 10:31
Gak tau ya... gw kayaknya agak kasihan juga sama Jepun buat sekarang2 sama kedepannya. Korut keliatan lagi tegang2 sama Korsel, Jepun kena serempet juga. China lagi tegang2 sama Amrik/Barat, Jepun yang jadi garda terdepan di Timur China. Manalagi rakyat Jepang lagi menyusut + mental pacifist, jadi kalau bener2 perang pecah bakal tergantung banget ma Amrik ini Jepun.

Atau karena kebetulan ada 4 kapal induk sekarang yang parkir di Military Base Okinawa jadi sasaran ajang pamer otot blok timur juga? emoticon-Leh Uga
Diubah oleh PhaantomPain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan
21-10-2021 13:24
LCS akan selalu memanas emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan
21-10-2021 16:38
Terserah mau pakai tank apa tapi yg pasti kalau negara lain menyerang indonesia, Medium Tank Harimau akan membela tanah air
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan
21-10-2021 18:51
misil korut 1 namanya nodong
misil kedua namanya nyopet
misil ketiga namanya nyolong
emoticon-Wakaka
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh sontoloyo81
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan
21-10-2021 23:34
Semakin memanas saja situasi disana.....wkwkwkw


Ada ajang uji coba, ada ajang adu kekuasaan dan ajang adu kekuatan
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
2 0
2
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan
22-10-2021 10:57
Quote:Original Posted By yoseful
1. Brita mbt oplot dr kiev ke pentagon, tuk jd kelinci percobaan spt nya, gan.....

2. Raja KJU msh juga nekad ganggu negara2 tetangga sekitar nya dgn bbrp mainan rudal terbaru nya, tp jk di balas dgn latgab militer ama negara2 tetangga nya itu, nanti ybs mlh biasa playing victim....

3. Kekaisaran xi masih delusional dan paranoid yg parah thd kemerdekaan taiwan.... Mngira jk pulau formosa tsb msh milik pribadi nya, serta ketakutan atas negara2 blok barat akan mnginvasi nya seperti abad ke 19 yg itu.....

Sudah sewajar nya jk warships nya negara2 blok barat bs istirahat dan mondar mandir dgn bebas di negara berdaulat, taiwan, gan.....


Selat Taiwan memang lebih memanas kini gan dibanding LCS, entah kapal mana lagi nanti yang mampir emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By black.robo
Frigate Kanada jalan ke Taiwan ehh RRC geram.
Pengen lihat reaksi RRC kl F-16V yg diminta Taiwan benar dikabulkan sama US & dikirim ke Taiwan.
emoticon-Ngacir2


F-16V memang sudah dikabulkan gan, kalau nggak salah Taiwan pesan 66 unit. mulai dikirim tahun 2023, cmiiw



Quote:Original Posted By jagotorpedo
tank Oplot buat latihan semacam agressor gitu yah..??

pengen yg real sampe beli emoticon-Big Grin
padahal dulu cuma pake M-551 Sheridan yg dirombak tampilannya aja jadi mirip T-80..
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan

sopiler


kemungkinan begitu gan, sejauh ini nggak ada informasi rinci apakah akan digunakan sebagai aggresor. cmiiw

baru tahu kalau AS juga mendandani ranpurnya mirip ranpur blok Timur emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By redemption878
Tumben asu impor alutsista
Pdhl udh tingkat produsen


bagian dari diplomasi politik gan, mereka juga sempat membeli truk militer buatan Ukraina pada tahun ini. selain itu impor senjata ini merupakan wujud dukungan AS untuk industri militer Ukraina gan, cmiiw emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black.robo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan
22-10-2021 11:08
Quote:Original Posted By jlamp
Banyak juga yak Korut rudalnya... Diluncurkan dari kereta, permukaan, kapal, nah ini disinyalir dari kapal selam.

Jong Un seneng banget main rudal-rudalan gini.. emoticon-Big Grin


Pak Jong Un memang fokus di pengembangan rudal saat ini gan dibanding alutsista yang lain emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By PhaantomPain
Gak tau ya... gw kayaknya agak kasihan juga sama Jepun buat sekarang2 sama kedepannya. Korut keliatan lagi tegang2 sama Korsel, Jepun kena serempet juga. China lagi tegang2 sama Amrik/Barat, Jepun yang jadi garda terdepan di Timur China. Manalagi rakyat Jepang lagi menyusut + mental pacifist, jadi kalau bener2 perang pecah bakal tergantung banget ma Amrik ini Jepun.

Atau karena kebetulan ada 4 kapal induk sekarang yang parkir di Military Base Okinawa jadi sasaran ajang pamer otot blok timur juga? emoticon-Leh Uga


posisi Jepang memang kurang menguntungkan, ditambah minat untuk menjadi tentara juga menyusut gan. Jepnang tak sekuat era PD2 lagi, sepertu kata agan, mengandalkan kekuatan sekutu menjadi pilihan.

hal ini berbanding terbalik dengan China, mereka populasinya banyak, yang jadi tentara juga banyak, alutsistanya pun saat ini dalam jumlah yang banyak pula emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By gabener.edan
LCS akan selalu memanas emoticon-Recommended Seller


terutama Selat Taiwan gan


Quote:Original Posted By kabulsuprawoto
Terserah mau pakai tank apa tapi yg pasti kalau negara lain menyerang indonesia, Medium Tank Harimau akan membela tanah air


uwoo bravo harimau emoticon-Wow


Quote:Original Posted By sontoloyo81
misil korut 1 namanya nodong
misil kedua namanya nyopet
misil ketiga namanya nyolong
emoticon-Wakaka
emoticon-Leh Uga


wah boleh juga nih gan namanya emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By pannotia.server
Semakin memanas saja situasi disana.....wkwkwkw


Ada ajang uji coba, ada ajang adu kekuasaan dan ajang adu kekuatan


perlombaan senjata kembali dimulai gan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
jlamp dan sontoloyo81 memberi reputasi
2 0
2
[UPDATE] MBT Oplot Untuk AS | Rudal Balistik Korut | Frigate Kanada di Selat Taiwan
22-10-2021 13:13
Hadir tuk meminyak lagi bre emoticon-Toast
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia