News
Batal
KATEGORI
link has been copied
39
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6170217cf145700bb54a1173/apbn-danai-kereta-cepat-pengamat-sebut-berlanjut-sampai-operasional
Pembiayaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara ( APBN ) diperkirakan akan terus berlanjut hingga ke tahap operasional dan perawatan KCJB. Agus Pambagio, pengamat transportasi sekaligus kebijakan publik, menilai alokasi APBN tidak saja digunakan pada konstruksi lanjutan KCJB. Namun, pemerintah akan terus menggelontorkan kas negara
Lapor Hansip
20-10-2021 21:02

APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional

Past Hot Thread
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional


JAKARTA - Pembiayaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara ( APBN ) diperkirakan akan terus berlanjut hingga ke tahap operasional dan perawatan KCJB.

Agus Pambagio, pengamat transportasi sekaligus kebijakan publik, menilai alokasi APBN tidak saja digunakan pada konstruksi lanjutan KCJB. Namun, pemerintah akan terus menggelontorkan kas negara untuk mendanai biaya operasional dan perawatan kereta.


Asumsi tersebut didasarkan pada beberapa indikator. Pertama, pembengkakan biaya (cost overrun). Indikator ini mengacu pada perhitungan PT KAI (Persero) sebagai konsorsium BUMN atau PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI).



Cost overrun KCJB diperkirakan mencapai USD4,9 miliar atau setara Rp69 triliun. Penyebab utama cost overrun adalah biaya capital output ratio (COR) untuk engineering procurement construction (EPC) sebesar USD4,8 miliar atau Rp68 triliun.


Padahal, hitungan awal capital expenditure (capex) KCJB berada di angka USD6,07 miliar. Jumlah itu terdiri dari EPC USD4,8 miliar dan USD1,3 miliar untuk non-EPC.

Menurut Agus, dengan nilai cost overrun yang bombastis itu, maka penggunaan APBN dalam skema penyertaan modal negara (PMN) kepada KAI pun akan sangat besar. Mustahil, kata dia, jika kas negara hanya digelontorkan pada tahap konstruksi kereta saja. Sebab, tidak akan menolong kelanjutan proyek strategi nasional (PSN) tersebut.


"(Kalau hanya untuk konstruksi) Gak bakal menolong kalau menurut saya. Kecuali digelontorkan banyak uang, belum beroperasi, belum perawatan, ini masih membangun. Nanti operasinya mau menambah berapa lagi," ujar Agus saat dikonfirmasi, Senin (18/10/2021).

Sementara, kebutuhan biaya konstruksi diprediksi mencapai Rp120 triliun. Belum termasuk perkiraan pembengkakan yang saat ini tengah diaudit BPKP. Untuk memfinalisasi dan menyukseskan proyek di sektor transportasi itu, pemerintah akan tetap menggunakan APBN sebagai alternatif.


Indikator kedua adalah tidak ekonomis atau menguntungkan. Agus menilai pendapatan dari okupansi penumpang dan biaya operasional dan perawatan kereta tidak seimbang. Biaya operasional kereta per tahun diperkirakan mencapai Rp5 triliun - Rp10 triliun.



"Nanti kalau sudah beroperasi, saya perkirakan itu antara Rp5 triliun-Rp10 triliun per tahun. Itu gimana (cari) duit-nya? Kan ada biaya pembangunan sekarang, terus ada operasi, operasinya siapa yang bayar selulernya, itu duitnya bayarnya berapa? Terus penumpang, sehari katakan delapan kali, itu siapa yang mau naik? Bayar listrik, bayar pegawai, bayar sewa, bayar stasiun berapa, ya dihitung aja," katanya.


Ihwal keuntungan, Kementerian BUMN telah menghitung pengembalian modal proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan diperkirakan terjadi pada 40 tahun mendatang. Perkiraan ini merupakan perhitungan konservatif Kementerian BUMN dengan PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI).


Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, berdasarkan hitungan kasar pengembalian modal KCJB akan sama seperti Mass Rapid Transit (MRT).

"Secara konservatif, hitungan kami tetap payback period untuk equity-nya itu, ini ya 40-an tahun. Tapi kita belum tahu ya, ini hitungannya masih kasar. Ini kan mirip-mirip dengan MRT," ujar Arya.

sumbernya

Biar tekor yang penting kesohor emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gmc.yukon dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
20-10-2021 21:09
Ga beda dgn jual jalan tol yaitu sama2 kontoI
profile-picture
baikapuk memberi reputasi
1 0
1
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
20-10-2021 21:21
pastilah ..
biaya operasional kereta cepet musti di subsidi
(sama spt ~LRT palembang ~ krl jabotabek~mrt bulus monas )
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan gmc.yukon memberi reputasi
2 0
2
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
20-10-2021 22:39
Wasyu boncos
0 0
0
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
20-10-2021 22:42
sohor kan biar kefilih lg drun
inperahstruktur smakin maju ditangan pakede
gigiemoticon-Leh Uga
0 0
0
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
20-10-2021 22:42
Yang katanya ndak balik modal ampe kiamat emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak
profile-picture
skiesman memberi reputasi
1 0
1
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
20-10-2021 22:45
bagi kita dia dongok, namun bagi cina dia bawa hoki.
wkwkwkwk....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
20-10-2021 22:53
Buset BEP nya 40 thn
Minimal 4x ganti presiden baru balik modal
Itu pun kalo itungan nya tepat, kl ada add on kasus korupsi maka BEP nya "kapan-kapan"

Itungan bisnis spt ini disetujui dan dikerjakan dgn percaya diri dan penuh kebanggaan, ampun dah

emoticon-Cape d...

Hampir 1 generasi usia produktif di lewati utk bs BEP
Kl sebuah perusahaan di dirikan dgn itungan spt ini, keburu owner nya mati jg blm BEP

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
20-10-2021 23:05
rangkuman omongan agus dgn presiden:

tanpa tender dan ditunjuk langsung presiden
bunga 2 % pertahun
tidak rasional singgah di satu tempat
mahal tanpa subsidi
disubsidi pun blm tentu ad yg naik
kerugian bisa triliunan

blm lagi dari sisi tempat pemberhentian menurut warga setempat
suka banjir besar, jalanan sempit, jauh

selamat menikmati para JENIUS emoticon-Ngakak

oh ya kata agus, setelah diajak naik kereta sama jinping
OM JENIUS suka makanya minta dibuatin emoticon-Ngakak

model model JENIUS ini yg disukai CHINA
berikutnnya nanti GANJAR
tiba tiba hanyut aja tuh natuna berpindah tangan
Diubah oleh music9000
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skiesman dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
20-10-2021 23:45
Bukan mau ngebela lho ya
Ini penilaian umum saja
Berlaku ke semua kasus Cost overrun proyek apapun

Pertama
Adanya cost overrun itu adalah hal yang sangat wajar
Proyek2 besar hampir semua kena Cost overrun
Jadi sebelum proyek berjalan
Semua pihak seharusnya sudah siap dengan hal ini

Kedua
Berapapun Cost overrun yang terjadi
Harus ada alasan
Dan alasannya masuk akal
Oleh karena itu harus ada audit akan hal ini


Ketiga
Adanya transportasi cepat ini
Pasti ada pro dan kontra
Namun cepat atau lambat kita akan butuhkan
Untuk membelah keruwetan transportasi di masa mendatang
Jalan tol? Kagak selalu bisa diandalkan!


Keempat
Oleh karena itu
Berapapun biayanya
Pastikan wajar!
Pastikan tidak ada markup di luar kewajaran yang dapat merugikan kita


Kelima
Niat sudah baik
Tujuan sudah baik
Optimis saja
Pembagian saham di pihak China lumayan lho persentasenya
Jadi seharusnya kedua belah pihak bisa saling menjaga kepeecayaan
Apalagi ini levelnya presiden ke presiden
Pastikan Cost overrun memang begitu adanya dan wajar
Pastikan audit atas Cost overrun berjalan dengan baik!
profile-picture
xneakerz memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
21-10-2021 01:00
anggaran membengkak hal yg wajar negara lainpun mengalami hal yg sama

pertanyaannya berapa trilyun dan berapa lama akan disubsidi ?

atau dgn pertanyaan lain berapa lama ka cepat ini beroperasi ?

0 0
0
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
21-10-2021 01:48
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
1 0
1
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
21-10-2021 03:42
Arya Sinulingga itu kerjanya ngapain aja... jadi jubir cuman pasang badan
0 0
0
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
21-10-2021 05:28
Quote:Original Posted By loungerkaskus


Biar tekor yang penting kesohor emoticon-Malu


Quote:Original Posted By Aparatkaskus
Ga beda dgn jual jalan tol yaitu sama2 kontoI


Quote:Original Posted By wa2n43
pastilah ..
biaya operasional kereta cepet musti di subsidi
(sama spt ~LRT palembang ~ krl jabotabek~mrt bulus monas )


Quote:Original Posted By localsecurity
Wasyu boncos


Quote:Original Posted By odjay05
sohor kan biar kefilih lg drun
inperahstruktur smakin maju ditangan pakede
gigiemoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By norlandtio
Yang katanya ndak balik modal ampe kiamat emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By keongjalanan
bagi kita dia dongok, namun bagi cina dia bawa hoki.
wkwkwkwk....


Quote:Original Posted By pilemon889
Buset BEP nya 40 thn
Minimal 4x ganti presiden baru balik modal
Itu pun kalo itungan nya tepat, kl ada add on kasus korupsi maka BEP nya "kapan-kapan"

Itungan bisnis spt ini disetujui dan dikerjakan dgn percaya diri dan penuh kebanggaan, ampun dah

emoticon-Cape d...

Hampir 1 generasi usia produktif di lewati utk bs BEP
Kl sebuah perusahaan di dirikan dgn itungan spt ini, keburu owner nya mati jg blm BEP

emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By music9000
rangkuman omongan agus dgn presiden:

tanpa tender dan ditunjuk langsung presiden
bunga 2 % pertahun
tidak rasional singgah di satu tempat
mahal tanpa subsidi
disubsidi pun blm tentu ad yg naik
kerugian bisa triliunan

blm lagi dari sisi tempat pemberhentian menurut warga setempat
suka banjir besar, jalanan sempit, jauh

selamat menikmati para JENIUS emoticon-Ngakak

oh ya kata agus, setelah diajak naik kereta sama jinping
OM JENIUS suka makanya minta dibuatin emoticon-Ngakak

model model JENIUS ini yg disukai CHINA
berikutnnya nanti GANJAR
tiba tiba hanyut aja tuh natuna berpindah tangan


Quote:Original Posted By bagong2018
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional

GIF


Quote:Original Posted By Zedcool
Arya Sinulingga itu kerjanya ngapain aja... jadi jubir cuman pasang badan


Kalo ente2 kaga suka ama Owi , Presiden Indonesia yg terfilih secara adil dan demokrasi

Silahkan ente2 findah dari Indonesia

Gitu aje kok refot

Kaga ferlu samfe mewek kayak anjing terkaing2 berjamaah geto , samfe kesurufan segala

Situ sehat ??

Kebanyakan minum kencing unta made in warga ngarab ??


Yg kaga tahan derita ngeliat Owi jadi Presiden terfilih dan berfrestasi ..silahkan meweq dipojokan emoticon-Ngakak

APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional

APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional



profile-picture
profile-picture
profile-picture
keongjalanan dan 3 lainnya memberi reputasi
0 4
-4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
21-10-2021 05:28
project public infrastructure pasti cost overrun.

goreng terus, ntar bbrp thn kedepan rame bakal auto mingkem
0 0
0
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
21-10-2021 06:18
Tenang masih ada anies dan pormula e ny untuk selalu disalahkan
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
1 0
1
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
21-10-2021 07:04
Public transport operasionalnya makan subsidi wajar saja asal memang betul betul berguna untuk masyarakat. Alias banyak dipergunakan.

MRT , Trans J sampai sekarang juga makan subsidi.

Jangan seperti LRT Palembang atau LRT velodorome. Mahal bangun dan opersionalnya tapi yang memanfaatkan hanya segelintir.




0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
21-10-2021 07:15
Dimaafkan
Besok diulangi ya
0 0
0
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
21-10-2021 07:16
Dulu... di tahun 1986 ... TOL BELMERA diprediksi bakalan rugi. emoticon-Big Grintetapi tetap dibangun oleh pak Harto... emoticon-Big Grin

Emang rugi benaran karena sampai tahun 1988 kenderaan yg lewat sana sedikit sekali....cuma bus doang yg masuk lewat pintu Tj. Morawa keluar pintu Ampelas dan itupun kalau macet total di Tj. Morawa-nya... emoticon-Ngakak (S)

Kalau truk pada ogah lewat jalan tol padahal mempersingkat waktu dari daerah industri Tj. Morawa kalau mau ke Belawan...emoticon-Big Grin bahkan truk tangki CPO PTPN lebih milih jalan umum dari pada bayar TOL... emoticon-Big Grin

Pernah karena penasaran, saya coba hitung dari atas jembatan tol di IKIP Medan... sehari palingan rata-rata 100 menurut saya yg ke Belawan. emoticon-Ngakak (S)


Tetapi... dengan berkembangnya cara berfikir manusia....emoticon-Big Grin
Jalan TOL tersebut ramai sekarang emoticon-Big Grin

Jadi butuh waktu untuk membuat ramai, emoticon-Big Grin
Tergantung pemerintah bagaimana caranya. emoticon-Big Grin

Karena...untuk kasus tol Balmera, bisa rame karena pemerintah ogah-ogahan memperbaiki seluruh jalan alternatif ke belawan, makanya supir" lebih takut patah AS roda belakang daripada keluar duit TOL pada akhirnya .. emoticon-Ngacir
0 0
0
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
21-10-2021 07:33
Wkkk, sekarang narasi pembelaannya "pasti cost overrun"emoticon-Ngakak (S)
Gak pakai narasi sharing teknologi lagi? emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
1 0
1
APBN Danai Kereta Cepat, Pengamat Sebut Berlanjut Sampai Operasional
21-10-2021 10:46
Bucin dan buzzerp serta pendukung garis keras kreta cepat disuruh urunan bayar aja.

Makanya pindah ibukotak harus ditolak. Cuma menguntungkan para bouwheer, oligharkis pemilik tambang batubara dan kebun sawit, serta para spekulan tanah/properti yang udah keluar milyaran rupiah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia