News
Batal
KATEGORI
link has been copied
232
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/617012c28e6e055ca1234309/jaksa-polisi-bunuh-anggota-fpi-dengan-tembakan-jarak-dekat
Jakarta, CNN Indonesia -- Terdakwa pembunuhan enam anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI) yang adalah polisi dari Polda Metro Jaya disebut melakukan penembakan yang mematikan dalam jarak dekat, yakni kurang dari satu meter hingga hanya beberapa sentimeter. Jaksa Penuntut Umum Zet Tadung Allo dalam dakwaannya yang dibacakan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengungkapkan beberapa penembakan me
Lapor Hansip
20-10-2021 19:59

Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat



Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat

Jakarta, CNN Indonesia -- Terdakwa pembunuhan enam anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI) yang adalah polisi dari Polda Metro Jaya disebut melakukan penembakan yang mematikan dalam jarak dekat, yakni kurang dari satu meter hingga hanya beberapa sentimeter.

Jaksa Penuntut Umum Zet Tadung Allo dalam dakwaannya yang dibacakan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengungkapkan beberapa penembakan mematikan itu dilakukan saat polisi dan enam anggota FPI sedang melakukan aksi kejar-kejaran dan saat anggota FPI yang tersisa dibawa ke Pplda Metro Jaya tanpa diborgol.

Dalam penuturan Zet, tembakan mematikan pertama dilakukan oleh Ipda Elwira Priadi Z (almarhum) menggunakan senjata api merk SIG SAUER 58C155749 KAL 9 MM saat mobil Toyota Avanza silver milik polisi sejajar di sekitar Jembatan Badami, Jalan Interchange, Karawang, Jawa Barat.

"Ipda Elwira Priadi Z (almarhum) juga melakukan penembakan terarah dan mematikan," kata Zet dalam dakwaan yang dibacakan, Senin (19/10).

Mobil FPI kemudian tetap melaju dan berhasil membuat jarak dengan mobil polisi meski ban depannya sudah kempes akibat ditembak Bripka Faisal Khasbi Alaeya. Saat posisi kedua mobil kembali sejajar, Ipda Mohammad Yusmin Ohorella dan Briptu Fikri Ramadhan turut serta melakukan penembakan mematikan.

"Saksi Briptu Fikri Ramadhan, turut serta melakukan dengan sengaja merampas nyawa orang lain dengan cara melakukan penembakan tanpa memperkirakan akibatnya bagi orang lain," tutur Zet.

Selain Elwira (almarhum) dan Fikri, Yusmin juga turut melakukan penembakan hingga beberapa kali. Tindakan Yusmin ini kembali diikuti oleh Fikri. mereka mengarahkan tembakan ke penumpang jok tengah mobil anggota FPI.

"(Menembak) bagian kiri dengan jarak penembakan yang sangat dekat kurang lebih satu meter," terang Zet.

Setelah peristiwa penembakan mematikan itu, dua anggota FPI ditemukan sudah tewas saat mereka berhenti di Rest Area KM 50. Dua orang itu adalah Andi Oktiawan dan Faiz Akhmad Syukur.

Berdasarkan Visum et Repertum, pada tubuh Andi ditemukan dua buah luka tembak masuk pada dada, satu luka tembak masuk mata kiri, dan dua luka tembak keluar pada punggung, satu luka tembak keluar pada pelipis kiri, patah tulang kepala dan iga, serta robeknya selaput keras dan lunak otak, dan lainnya.

Sementara, pada tubuh Syukur ditemukan luka tembak masuk dada kiri, satu luka tembak masuk lengan bawah sisi depan, satu luka tembak di paha luar, serta dua buah luka tembak keluar pada punggung kiri dan lainnya.

Adapun aksi penembakan jarak dekat selanjutnya adalah saat Elwira, Yusmin, dan Fikri membawa empat anggota FPI yang masih hidup ke Polda Metro Jaya tanpa diborgol.

Saat itu, empat anggota FPI menempati bagian belakang mobil yang joknya telah dilipat, Fikri di tengah, Elwira di depan sebelah kiri, sementara Yusmin mengemudi. Baru beberapa ratus meter dari KM 50, empat anggota FPI yang tidak diborgol atau diikat itu menyerang, mencekik Fikri dan berupaya merebut senjatanya.

Merespon hal ini, Elwira meminta Yusmin memperlambat laju mobil. Ia lantas melepaskan tembakan mematikan sebanyak empat kali ke dada kiri Luthfil Hakim hingga menembus pintu mobil yang mereka bawa.

Belum berhenti, Elwira kemudian menembakkan timah panas ke dada kiri Ahmad Sofiyan sebanyak dua kali hingga tembus ke kaca bagasi belakang mobil.

"(Elwira) sengaja merampas nyawa orang lain dengan melakukan penembakan tanpa memperkirakan akibatnya," ujar Zet.
Setelah Luthfil dan Sofiyan sudah tak bernyawa, kondisi FIkri sudah aman. Dua anggota FPI yang tersisa, Muhammad Suci Khadavi Poetra dan M. Reza tidak lagi melakukan perlawanan.

Namun, tiba-tiba Fikri membalikkan badannya, berlutut di atas jok mobil, dan menembakkan peluru tajam ke dada kiri Reza sebanyak dua kali dalam jarak hanya beberapa sentimeter. Proyektil peluru itu tembus ke pintu bagasi belakang. Belum berhenti, Fikri kemudian menembak dada kiri Suci sebanyak tiga kali hingga membuatnya tewas.

"Entah apa dalam benak terdakwa tanpa rasa belas kasihan dengan sengaja merampas nyawa orang lain," kata Zet.

"Sambil berlutut di atas kursi pada jarak hanya beberapa senti meter saja dari M. Reza maupun Muhammad Suci Khadavi Poetera senjata api yang ada di tangannya langsung menembakkan peluru tajam," tambah Zet.

Menurut Zet, seharusnya mereka tidak sampai menembak mati anggota FPI yang tersisa. Saat Fikri diserang, semestinya Yusmin yang kedudukannya berada di atas lainnya menepikan mobilnya dan menghentikan pengeroyokan.

Adapun tindakan yang boleh dilakukan hanyalah membuat para anggota FPI itu lumpuh dan bukan membuat mereka tak bernyawa.

Hal ini sebagaimana pasal 44 ayat (2) Perkap RI nomor 8 tahun 2009 tanggal 22 Juni 2009 tentang Implementasi prinsip dan standar hak asasi manusia dalam penyelenggaraan tugas Kepolisian RI.

"Bukan membiarkan IPDA Elwira Priadi (almarhum) memanfaatkan senjata apinya dan langsung mengarahkan ke arah Lutfil Hakim kemudian menembak ke sasaran yang mematikan di dada kiri sebanyak 4 kali hingga tembus di pintu mobil," tuturnya.

Karena tindakannya, Fikri, Elwira, dan Yusmin menjadi tersangka kasus pembunuhan ini. Jaksa lantas mendakwa Yusmin dan Fikri melanggar pasal 338 KUHP tentang pembunuhan secara disengaja juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Selain itu, mereka juga didakwa Pasal 351 ayat 3 juncto Pasal 55 KUHP tentang penganiayaan yang mengakibatkan kematian. Sementara, Elwira dinyatakan meninggal dalam kecelakaan yang terjadi pada Januari lalu. Namun kedua polisi pembunuh anggota FPI itu tidak ditahan sampai hari ini.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...x=1634696077-1


Investigasi mengenai kejadian alur dari Rudi Valinka yang mewawancarai salah satu polisi yang terlibat kejadian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
9
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 20:02
Itu kenapa si IPDA elwira belum diadili langsung matik. Nutupin perintah siapa sampe doi dilenyapkan ?

Bahkan saat diumumkan polisi ini jadi tersangka, polisi belum bilang si IPDA ini mati. Tiba2 pas ditengah penyidikan plokis bilang orangnya udah mampus sebelum diumumkan jadi tersangka emoticon-Ngakak (S)


Kok ditutup2in begitu
Diubah oleh capres.banjir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penggugatmk dan 11 lainnya memberi reputasi
6 6
0
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 20:19
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 26 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 20:23
Lebih baik lu yg mati daripada gue yg mati emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 20:30
namanya juga jaksa penuntut umum :iinux2:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 20:30
ya iyalah jarak dekat , kalo jarak jauh sniper..,wlwlwllwwlkkwkk

si rijek badannya masih muluss tapi.

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 20:33
Quote:Original Posted By tarzan.hutan
ebong pembunuh umat = tanda Pancisilais , kebasukian , telorasin

emoticon-Christmas



Kagak usahh mewekk gituu njingg .... emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fadil.rama.10 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 20:38
Alhamdulillah, seneng rasanya kalau baca kronologi teroris dimampusin.
emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 20:40
jadi bener ya ada kejar-kejaran sambil menembakkan senjata api

gw dulu ngiranya ditembak pas di km 50
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 33 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 33 balasan
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 21:10
Let them fight
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b.omat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 21:23
Sayang hanya 6
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 28 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 28 balasan
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 21:23
Nikmat ganjaran surga manalagi yg engkau dustakan ya akhi matek ditembak toghutemoticon-Angkat Beer
Diubah oleh trimusketeers
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 21:25
Mau jarak dekat kek, mo jrk jauh kek.. penting 6 binatang kilapuk berandalan tolol bisa lenyap. Hrsny kaum ini di ghetto kan aja, smcm dibante masal gitu ky pki dulu.. ane ikut klo ada pmbantaian semi legal thd anggota efpeik..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 21:31
klo sudah mati syahid jgn di persekusi dong, kan kasian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 21:35
lah bukanya mereka auto syahid dan bawa 37 orang sanak keluarga ke sorga karena melindungi cucu nabi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 21:37
JPU nya..tanpa merasa bersalah..
emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
lha emang didikan militer kek gitu...dikira copet digebukin massa mewek
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
itu 2 kalo dibawa hidup hidup malah jadi saksi hidup dr kubu lawan bukan??
liat temennya ketembak mati aja langsung lemes...ngomongin jihad
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 21:43
Kenapa msh jd masalah sih habisin 6 sampah teroris???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 21:47
Ana dukung Pak Pol.

Dalam kes ini jelas sekali bahwa korban dari awal memang niat menghadang petugas dalam "tugas Negara".

Catet! emoticon-Cool


profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Jaksa: Polisi Bunuh Anggota FPI dengan Tembakan Jarak Dekat
20-10-2021 21:50
sementara rijik mesra sama firjah.

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia