Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
90
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61700fb023449e6cb33ee7b3/dulu-sampah-sekarang-primadona-5-sejarah-makanan-dan-minuman-elite-dunia
Seiring dengan perkembangan zaman, segala sesuatu mengalami perubahan termasuk gaya konsumsi pada makanan, zaman sekarang seseorang rela membayar mahal hanya untuk porsi kecil makanan yang dianggap mewah dan lezat. Tetapi kamu mungkin tidak akan menyangka jika sebagian hidangan yang sekarang dianggap mewah dan mahal, dulu mereka hanya makanan yang tak berharga. Di masa lalu ada sejumlah kisah trag
Lapor Hansip
20-10-2021 19:46

Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Seiring dengan perkembangan zaman, segala sesuatu mengalami perubahan termasuk gaya konsumsi pada makanan, zaman sekarang seseorang rela membayar mahal hanya untuk porsi kecil makanan yang dianggap mewah dan lezat. Tetapi kamu mungkin tidak akan menyangka jika sebagian hidangan yang sekarang dianggap mewah dan mahal, dulu mereka hanya makanan yang tak berharga. Di masa lalu ada sejumlah kisah tragis yang terjadi sebelum mereka sepopuler sekarang, seperti yang akan kita bahas dalam thread kali ini, makanan ini dulunya hanya dikonsumsi penduduk miskin, narapidana atau bahkan merupakan makanan sisa yang diolah Kembali. Mau tau makanan apa yang naik derajat dan menjadi santapan mewah? Simak berikut ini..

1. Kopi Luwak
Quote:Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
sumber
Siapa yang tidak tau sih dengan kopi yang satu ini, selain rasanya yang enak harganya juga mahal, bahkan di Indonesia iklan kopi ini dibintangi sejumlah artis papan atas, dibalik semua kepopulerannya kopi luwak memiliki kisah miris yang bahkan menjadi kontroversi hingga sekarang, jika berbicara kopi luwak sejarah tak bisa melepaskannya dari zaman kolonial belanda, kopi ini dulu hanya minuman masyarakat miskin yang tak bisa menikmati biji kopi segar karena dijajah, jadilah mereka memunguti satu persatu kopi yang sudah menjadi kotoran karena dimakan hewan bernama luwak. Ternyata eh ternyata kopi dari luwak ini lebih nikmat rasanya sehingga banyak orang yang mau mencoba membuat kopi yang sama, mirisnya sekarang luwak sengaja dibudidayakan untuk dipaksa memakan kopi. Nah cara ini menuai kontroversi karena dianggap mengeksploitasi luwak dan tidak memperhatikan kesejahteraan binatang.


2. Lobster
Quote:Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
sumber
Penyuka seafood pasti tahu dong seberapa mahal harga lobster, sebelum mahal harganya seperti sekarang lobster tak lebih dari makanan yang sering dicaci dan direndahkan, hewan ini juga dianggap sebagai kecoa samudra, santapan orang miskin, narapidana, makanan kucing, umpan untuk memancing serta dijadikan pupuk tanaman. Setelah perang dunia kedua takdir merubah semuanya, yaitu saat kereta api merambat daratan amerika, chef di dalam kereta api memberikan lobster kepada para penumpang mereka, karena ketidaktahuan mereka menganggap lobster sebagai makanan yang sangat enak. Sejak saat itulah lobster naik kelas menjadi makanan para pejabat, selebriti serta orang kaya hingga sekarang harga lobster tetap mahal.


3. Kerang Tiram
Quote:Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
sumber
Sama seperti lobster, tiram punya kisah yang tak kalah kelam. Pada abad ke 19, kerang tiram adalah makanan orang miskin di inggris, makanan ini hanya diberikan kepada tunawisma, santapan para narapidana serta dibeli saat seseorang sudah putus asa dan terdesak keuangannya. Lebih buruk lagi, tiram menyebabkan seseorang mules berkepanjangan, namun pada akhir abad ke 19 pencemaran saluran air membuat banyak tiram mati dan keberadaannya menjadi langka, karena kelangkaan inilah orang mulai mencari tiram dan rela membayar mahal untuk bisa menikmatinya. Hingga sekarang tiram menjadi seafood paling mahal termasuk juga di Indonesia.


4. Mie Instan
Quote:Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
sumber
Mie selalu identik dengan makanan anak kos di akhir bulan untuk mengatasi rasa lapar, ternyata dalam catatan sejarah mie instan memang dibuat untuk mengatasi rakyat yang kelaparan pasca perang dunia 2. Tahun 1945 saat Jepang luluh lantah karena bom yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki, banyak rakyat yang kelaparan dan tidak mampu bertahan hidup oleh karenanya Jepang membuat terobosan makanan yang bisa mengenyangkan tetapi juga cepat pembuatannya, mie instan atau disebut ramen di jepang menjadi sangat populer tidak hanya di negara asalnya tapi juga di belahan dunia lain termasuk di negara kita sendiri.


5. Sushi
Quote:Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
sumber
Walaupun dikenal sebagai makanan khas jepang, ternyata sushi pertama kali dibuat oleh orang tiongkok lho. Sushi awalnya bukan makanan, tetapi nasi sisa yang digunakan untuk mengawetkan ikan dan makanan agar tetap segar dan tidak mubazir. Zaman dahulu beras adalah barang murah sehingga dipilih untuk kemudian difermentasi, setelahnya beras tersebut akan dijual. Pada abad ke-17 hal ini juga dilakukan oleh orang jepang bedanya mereka mengambil cuka beras dari hasil fermentasi untuk kemudian dimakan bersama ikan segar, hasilnya pada abad ke-19 sushi dikenal sebagai makanan populer dan mahal harganya, sushi juga terkenal di berbagai negara termasuk Indonesia.
 
Nah itulah 5 makanan yang dulunya bukan apa-apa, dicaci bahkan dianggap setara dengan sampah tapi sekarang menjadi primadona. Semoga menambah wawasan kita, sampai jumpaa..

Referensi : here
Diubah oleh Si.jonii
profile-picture
profile-picture
profile-picture
politon21 dan 25 lainnya memberi reputasi
24
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 02:10
reservedemoticon-Ngaciremoticon-Malu (S)
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
1 0
1
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 11:08
Nice thread Gan
rate and cendol sent emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
seojoon dan Si.jonii memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 12:06
Ada yg belom pernah makan sushi? kita samaa haahaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
seojoon dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 13:35
Lobster sih enakk bangett, awal nya juga liat bentuk nya agak jijik gt tapi pas ngerasain dagingnya enak bangett
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abepinarno dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 14:01
emang bener bgt sekarang susah bgt nyari kerang tiramm, palingan yg sering ane beli sekarang kerang yg biasa tuh di kramat jati kalo malem banyak
profile-picture
seojoon memberi reputasi
1 0
1
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 14:39
Kopi luwak ini memang benar kalo saat ini banyak luwak yg dibudidaya dipenangkaran.
Cuma kl utk kopinya memang tetap lebih enak yg luwak liar bukan luwak budidaya.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan seojoon memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 14:58
Pizza dlunya dibuat untuk pekerja2 buruh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 15:28
Quote:Original Posted By Si.jonii
Seiring dengan perkembangan zaman, segala sesuatu mengalami perubahan termasuk gaya konsumsi pada makanan, zaman sekarang seseorang rela membayar mahal hanya untuk porsi kecil makanan yang dianggap mewah dan lezat. Tetapi kamu mungkin tidak akan menyangka jika sebagian hidangan yang sekarang dianggap mewah dan mahal, dulu mereka hanya makanan yang tak berharga. Di masa lalu ada sejumlah kisah tragis yang terjadi sebelum mereka sepopuler sekarang, seperti yang akan kita bahas dalam thread kali ini, makanan ini dulunya hanya dikonsumsi penduduk miskin, narapidana atau bahkan merupakan makanan sisa yang diolah Kembali. Mau tau makanan apa yang naik derajat dan menjadi santapan mewah? Simak berikut ini..

1. Kopi Luwaksumber
Siapa yang tidak tau sih dengan kopi yang satu ini, selain rasanya yang enak harganya juga mahal, bahkan di Indonesia iklan kopi ini dibintangi sejumlah artis papan atas, dibalik semua kepopulerannya kopi luwak memiliki kisah miris yang bahkan menjadi kontroversi hingga sekarang, jika berbicara kopi luwak sejarah tak bisa melepaskannya dari zaman kolonial belanda, kopi ini dulu hanya minuman masyarakat miskin yang tak bisa menikmati biji kopi segar karena dijajah, jadilah mereka memunguti satu persatu kopi yang sudah menjadi kotoran karena dimakan hewan bernama luwak. Ternyata eh ternyata kopi dari luwak ini lebih nikmat rasanya sehingga banyak orang yang mau mencoba membuat kopi yang sama, mirisnya sekarang luwak sengaja dibudidayakan untuk dipaksa memakan kopi. Nah cara ini menuai kontroversi karena dianggap mengeksploitasi luwak dan tidak memperhatikan kesejahteraan binatang.


2. Lobster
sumber
Penyuka seafood pasti tahu dong seberapa mahal harga lobster, sebelum mahal harganya seperti sekarang lobster tak lebih dari makanan yang sering dicaci dan direndahkan, hewan ini juga dianggap sebagai kecoa samudra, santapan orang miskin, narapidana, makanan kucing, umpan untuk memancing serta dijadikan pupuk tanaman. Setelah perang dunia kedua takdir merubah semuanya, yaitu saat kereta api merambat daratan amerika, chef di dalam kereta api memberikan lobster kepada para penumpang mereka, karena ketidaktahuan mereka menganggap lobster sebagai makanan yang sangat enak. Sejak saat itulah lobster naik kelas menjadi makanan para pejabat, selebriti serta orang kaya hingga sekarang harga lobster tetap mahal.


3. Kerang Tiram
sumber
Sama seperti lobster, tiram punya kisah yang tak kalah kelam. Pada abad ke 19, kerang tiram adalah makanan orang miskin di inggris, makanan ini hanya diberikan kepada tunawisma, santapan para narapidana serta dibeli saat seseorang sudah putus asa dan terdesak keuangannya. Lebih buruk lagi, tiram menyebabkan seseorang mules berkepanjangan, namun pada akhir abad ke 19 pencemaran saluran air membuat banyak tiram mati dan keberadaannya menjadi langka, karena kelangkaan inilah orang mulai mencari tiram dan rela membayar mahal untuk bisa menikmatinya. Hingga sekarang tiram menjadi seafood paling mahal termasuk juga di Indonesia.


4. Mie Instan
sumber
Mie selalu identik dengan makanan anak kos di akhir bulan untuk mengatasi rasa lapar, ternyata dalam catatan sejarah mie instan memang dibuat untuk mengatasi rakyat yang kelaparan pasca perang dunia 2. Tahun 1945 saat Jepang luluh lantah karena bom yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki, banyak rakyat yang kelaparan dan tidak mampu bertahan hidup oleh karenanya Jepang membuat terobosan makanan yang bisa mengenyangkan tetapi juga cepat pembuatannya, mie instan atau disebut ramen di jepang menjadi sangat populer tidak hanya di negara asalnya tapi juga di belahan dunia lain termasuk di negara kita sendiri.


5. Sushi
sumber
Walaupun dikenal sebagai makanan khas jepang, ternyata sushi pertama kali dibuat oleh orang tiongkok lho. Sushi awalnya bukan makanan, tetapi nasi sisa yang digunakan untuk mengawetkan ikan dan makanan agar tetap segar dan tidak mubazir. Zaman dahulu beras adalah barang murah sehingga dipilih untuk kemudian difermentasi, setelahnya beras tersebut akan dijual. Pada abad ke-17 hal ini juga dilakukan oleh orang jepang bedanya mereka mengambil cuka beras dari hasil fermentasi untuk kemudian dimakan bersama ikan segar, hasilnya pada abad ke-19 sushi dikenal sebagai makanan populer dan mahal harganya, sushi juga terkenal di berbagai negara termasuk Indonesia.
 
Nah itulah 5 makanan yang dulunya bukan apa-apa, dicaci bahkan dianggap setara dengan sampah tapi sekarang menjadi primadona. Semoga menambah wawasan kita, sampai jumpaa..

Referensi : here


tiram apa dulu, setempe gw yang mahal itu Abalone

klo tiram lokal mah ya pretlah
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 15:31
emoticon-Matabelo
ternyata dulu mereka makanan sampahhh
hahaha baru tau ane gan... kalau lobster ane sering makan dulu apalagi ada temen jago menyelam kebetulan rumah ane deket pantai.. hehehehe
jadi bisa makan lobster gratisan yang harganya mahalll
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 15:39
paling enak kopi luwak sama lobster nya gan.....
0 0
0
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 15:56
Ane ngalamin dulu jaman lobster murah, lobsternya masih ditangkep secara tradisional, ditombak.
Paling murah pernah ane dapet jaman dulu jaman ane masih kecil di sukabumi, 50 perak sebiji udah dimasak pula, tinggal makan
profile-picture
Deep_throatx memberi reputasi
1 0
1
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 16:12
Kopi luwak dari dulu sampe sekarang ane demen bgt gan
0 0
0
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 16:29
ayo kembangkan jadi usaha dengan pondasi dari besi sidoarjo dan dana dari pinjaman BPR. Jangan lupa juga kirim ke luar kota dengan ekspedisi laut surabaya dan ekspedisi udara surabaya
0 0
0
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 16:40
Aroma kopi luwak luar biasa enaknya
0 0
0
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 18:05
ane sering banghet makan lobster, setiap kakek ane pulang ngelaut pasti bawa lobsterr, enak banget emang lobster, gapernah bosen kalo makan lobster
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
21-10-2021 19:49
Yang hebat itu mie instant... Dulu sering banget di cela...
0 0
0
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
22-10-2021 05:30
Lobster makanan yang sangat mahal dan bahkan hanya orang kaya yang bisa membelinya.....kalau satya belinya udang saja.
0 0
0
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
22-10-2021 10:38
Kopi luwak ini, ane blm nemu taste nya enak di bagian mana, entah ane bukan ahli perkopian. Tapi kopi sidikalang lebih nikmat.
0 0
0
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
22-10-2021 13:02
Tuak..
Sebelum minuman kelas B bercukai mahal emoticon-Big Grin
0 0
0
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
22-10-2021 13:12
nah ane sendiri tidak doyan dengan yang nomor 5. karena rasa asinnya yang begitu kuat, sehingga menyebabkan tensi darah ane naik drastis. akibatnya timbul rasa sakit di bagian tengkuk dan kepala.

dulu pernah dijamu oleh pelanggan kantor tempat ane bekerja saat berkunjung ke kantor mereka, dihidangkan sushi 1 nampan seharga 500 ribu sebagai cemilan bersama mereka. ane cuma cicip 1 potong langsung berdenyut kepala ane, pusing, sakit kepala.

gak kuat dengan rasa asinnya.

emoticon-Ngakak
profile-picture
politon21 memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia