Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
131
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616f88bfa65f2a3bab2e0755/sambal-teman-makan-yang-tak-boleh-dilupakan-nomor-berapa-favorit-agan-amp-sista
Banyak orang yang beranggapan bahwa makan itu lebih nikmat ditemani sambal. Mau sambal apa pun yang terpenting serasi dengan makanannya maka akan terasa nikmat. Oleh karena itu, hal semacam ini pun tak bisa dilepaskan dari aspek makanan dan lainnya.
Lapor Hansip
20-10-2021 10:10

Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Banyak orang yang beranggapan bahwa makan itu lebih nikmat ditemani sambal. Mau sambal apa pun yang terpenting serasi dengan makanannya maka akan terasa nikmat. Oleh karena itu, hal semacam ini pun tak bisa dilepaskan dari aspek makanan dan lainnya.

Sambal pun banyak macamnya sehingga bisa saja setiap daerah pun mempunyai sambal khasnya masing-masing. Nah, dari itu juga bisa dikatakan bahwa sambal ini letaknya sangat penting dan disukai oleh banyak orang. Memang, sambal pun ada yang terasa sangat pedas atau sedang saja. Akan tetapi, jika semua itu dinikmati dengan nasi hangat atau liwet pun semua itu bisa sangat enak untuk dinikmati.

Banyak orang juga yang memakan sambal ini dengan lalapan atau sayur-sayuran. Oleh karena itu, hal semacam ini pun bisa mejadi salah satu pendukung untuk makanan lainnya agar bisa dinikmati. Salah satu hal penting lagi dari sambal ini adalah banyak kandungan vitamin yang tersembunyi di dalamnya.

Harus bisa diakui bahwa salah satu bahan utama sambal, yaitu cabai pun mempunyai kandungan vitamin yang tinggi. Maka, hal semacam itu pun bisa menjadi salah satu alasan yang membuat banyak orang menyukainya. Sampai-sampai, banyak orang pun suka merasakan ada yang hilang ketika makan tak memakai sambal.

Kemudian, sambal-sambal apa saja yang bisa dibilang sangat enak untuk dinikmati? Inilah beberapa sambalnya:

1. Sambal goang

Quote:


Sambal yang satu ini sangat pas jika dinikmati dengan nasi hangat ditambah lalapan atau sayur-sayuran mentah. Memang, sambal ini sering dibuat dadakan dan berasal dari Sunda. Akan tetapi, kenikmatannya itu sangat mantap apalagi ditemani dengan nasi liwet. Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu dengan cabai, bawang putih, bawang merah, tomat lalu tinggal goreng dan setelahnya tinggal diulek.

Baca Juga: Kacang Goreng, Camilan yang Pas ketika Begadang

2. Sambal terasi

Quote:


Ya, sambal ini terbuat dari bahan pokok terasi dan cabai. Namun, dari itu juga sambal ini terasa nikmat jika ditemani dengan sayuran yang sudah direbus atau dengan jengkol muda pun akan sangat nikmat. Harus bisa disadari bahwa sambal ini pun sangat enak jikalau hanya dicampurkan dengan nasi hangat. Oleh karena itu, sambal yang satu ini pun banyak penggemarnya.

3. Sambal ijo

Quote:


Sambal ini bisa dibilang sambal khas Padang. Ya, bukan tanpa alasan lagi bahwa sambal ini pun selalu menghiasi makanan-makanan Padang. Namun, zaman sekarang, sambal ini pun tak hanya bisa dinikmati dengan masakan Padang saja. Akan tetapi, banyak makanan lain pun bisa dinikmati dengan sambal ijo ini, misalnya ayam goreng sambal ijo dan lainnya. Hal semacam itu pun menjadikan sambal ini menjadi salah satu nilai plus sehingga mudah untuk dimakannya.

4. Sambal matah

Quote:


Mungkin, banyak orang sudah pada mengetahui sambal yang satu ini. Ya, sambal ini berasal dari Pulau Bali. Namun, sambal ini pun sudah mudah ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Memang, harus bisa diketahui bahwa sambal ini matah jadi terbuatnya dari bahan yang mentah. Oleh karena itu, sambal ini pun tak diulek sehingga bisa sangat pas jika ditemani dengan ikan goreng atau ikan bakar. Salah satu yang cukup nikmat dari sambal ini adalah baunya yang sangat khas sehingga bisa mengunggah selera ketika makan.

5. Sambal bajak

Quote:


Sambal satu ini sangat rekomendasi untuk bagi orang yang tak menyukai pedas. Sebab, sambal ini pun tak terlalu pedas dan lebih mirip dengan sambal terasi. Namun, rasa yang terkandung di dalam sambal ini sangat beragam sehingga akan lebih nikmak dimakan dengan nasi hangat dan lalapan.

6. Sambal kacang

Quote:


Sambal ini sudah menjadi salah satu yang tak aneh lagi di lidah orang-orang. Sebab, sambal ini pun mudah ditemui dan mudah dibuat juga. Akan tetapi, sambal kacang ini bisa menjadi pilihan bagi orang yang tak menyukai pedas. Bukan itu saja! Akan tetapi, sambal ini pun sangat nikmat jika dinikmati dengan sayur-sayuran yang sudah direbus.

Baca Juga: Mie Instan, Bisa Menjadi Pilihan Makanan untuk Malam Hari yang Dijamin Enak

Nah, mungkin hanya segitu saja yang bisa dituliskan di sini. Namun, harus bisa diketahui juga bahwa jenis sambal yang lainnya pun masih banyak. Oleh karena itu, mungkin saja setiap orang pun mempunyai selera sendiri terhadap sambal. Maka, sambal-sambal pun bisa menjadi primadona ketika mau makan atau sedang makan.

Hal-hal semacam ini pun bisa menjadi pendukung ketika mau atau sedang makan. Sebab, makan pun harus ada pendorongnya agar bisa lebih nafsu. Nah, salah satu pendorong nafsu makan itu adalah sambal yang enak untuk dinikmati. Bagaimana benar atau tidak?[]


Sumber: 1, 2, dan 3


Cangkir Kopi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
koi7 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
20-10-2021 10:15
No 6, sama sambal mangga & sambal thai (tau bener ga di Thai gitu sambel ny), tu fave gw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kiruchi26 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
20-10-2021 10:26
Favorit ane sambel terasi, kacang, tomat, korek emoticon-Cool
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
20-10-2021 17:19
no 1, 5 & 6 yang ane suka + sambel tomat buatan emak.

adakalanya gak suka sama menu dirumah, maka sambel saset adalah penyelamat wkwkwk....
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
20-10-2021 18:35
Sambal goang..terasi..bajak dan kacang nikmat betul gan..klo yg sambal hijau dan matah lumayan menurut ane..yah,selera orang masing-masing juga sih..emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
20-10-2021 18:48
Sambal tuktuk, sambal rias, sama sambal ikan natinombur....coba deh...
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
21-10-2021 10:02
Favorite ane sambel pencit Gan.
Enak, pedes asem rasanya emoticon-2 Jempol
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
21-10-2021 10:02
Sambal gepuk pak gembus dan sambal belut waroeng ss adalah favorite saya.emoticon-Peace
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
21-10-2021 10:02
sambal korek ga ada? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
21-10-2021 10:08
Sambalado enak bre emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
21-10-2021 10:09
Suka semua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deeazz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
21-10-2021 10:16
Kalo ane suka semua tuh sambel...sama seperti atas ane....emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
deeazz dan black.robo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
21-10-2021 10:16
Sambal Terasi yang paling enak menurut ane emoticon-Jempol
0 0
0
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
21-10-2021 10:23
Sambal buatan emak... emoticon-2 Jempol
0 0
0
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
21-10-2021 10:24
Gw sih penggemar sambel kacang, pas bgt buat makan nasi uduk
0 0
0
Post ini telah dihapus
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
21-10-2021 10:28
sambel terasi ama ikan asin, sayur asem, jengkol...beeuuhhhemoticon-Request
profile-picture
Tomdic memberi reputasi
1 0
1
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
21-10-2021 10:29
ane ketagihan sambel gan. gak bisa makan kalo gak pake sambel. sambel favorit ane sambel terasi sama sambel bajak
0 0
0
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
21-10-2021 10:30
Sambel kecap juga enak gan pake irisan bawang merah putih ama rawitnya yg banyak
profile-picture
byakyo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
21-10-2021 10:32
Klo ane suka sambal terasi & sambal tempoyak.
0 0
0
Sambal, Teman Makan yang Tak Boleh Dilupakan! Nomor Berapa Favorit, Agan & Sista?
21-10-2021 10:39
Kesukaan ane yg pedes" segala jenis sambal,apalagi ada ikan asin bakal nambah terus
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia