News
Batal
KATEGORI
link has been copied
67
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616f79957cddfb76da6f6081/cerita-polisi-artis-dimutasi-di-balik-viral-geledah-ponsel-warga
Jakarta - Aipda Monang Parlindungan Ambarita dimutasi ke Bidang Humas Polda Metro Jaya. Polisi yang dikenal sebagai Tim Raimas Backbone ini dimutasi setelah viral video aksinya memeriksa handphone warga saat patroli. Tindakan Aipda Ambarita dinilai melanggar SOP kepolisian. Atas hal itu Ambarita juga diperiksa Propam Polda Metro Jaya. Berikut fakta-fakta soal Ambarita yang dimutasi gegara periksa
Lapor Hansip
20-10-2021 09:06

Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga

Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga

Jakarta - Aipda Monang Parlindungan Ambarita dimutasi ke Bidang Humas Polda Metro Jaya. Polisi yang dikenal sebagai Tim Raimas Backbone ini dimutasi setelah viral video aksinya memeriksa handphone warga saat patroli.
Tindakan Aipda Ambarita dinilai melanggar SOP kepolisian. Atas hal itu Ambarita juga diperiksa Propam Polda Metro Jaya.

Berikut fakta-fakta soal Ambarita yang dimutasi gegara periksa HP warga:

Aksi Periksa HP Viral di Medsos

Aksi Ambarita menggeledah paksa HP seorang pemuda itu viral di media sosial. Tidak jelas kapan peristiwa itu terjadi, tetapi Ambarita mendapat banyak kritikan karena menggeledah tanpa surat perintah.

Dalam video itu, Aipda Ambarita terlihat ngotot dan beralasan petugas kepolisian memiliki wewenang untuk memeriksa HP pemuda tersebut. Meski pemuda itu tampak sudah menolak saat dilakukan pemeriksaan paksa oleh Aipda Ambarita, Ambarita memaksanya.

Ambarita lalu mencecar pemuda itu soal tugas dan wewenang polisi. Menurut Ambarita, polisi punya wewenang identitas masyarakat. Untuk diketahui, peristiwa ini terjadi saat Tim Jaguar Polres Metro Jakarta Timur melakukan patroli dan direkam video.

"Wewenang polisi memeriksa identitas, identitas. Tahu kau definisi identitas itu apa? Harus tau kami siapa kau," kata Ambarita.

Ambarita tidak memberi kesempatan pemuda itu untuk berbicara, namun justru terus mencecarnya.

"Kalau ada perencanaan pembunuhan di situ? Memang saya kenal sama kau?," ujar Ambarita dengan nada tinggi.

Kompolnas Tegaskan Penggeledahan Ranah Privasi Harus Ada Surat

Menanggapi kejadian tersebut, Komisioner Kompolnas Poengky menilai tindakan Aipda Ambarita tersebut keliru. Poengky mengatakan pemeriksaan terhadap barang privasi milik seseorang harus berlandaskan perintah dan izin pengadilan.

"Terkait tindakan anggota kepolisian yang langsung ambil HP milik orang lain tanpa ada dasar hukum dan surat perintah, itu keliru. Bahkan, di KUHAP, untuk penyitaan barang yang diduga berkaitan dengan kejahatan saja harus dengan izin pengadilan. Pemeriksaan juga harus ada surat perintah. Tidak boleh main ambil begitu saja," ujar Poengky saat dihubungi detikcom, Selasa (19/10/2021).

Poengky menyarankan pemuda itu melapor ke Divisi Propam jika merasa dirugikan atas tindakan polisi tersebut. Tujuannya, agar dilakukannya pemeriksaan lebih lanjut.

"Saya sarankan lapor ke Propam Presisi agar Propam dapat melakukan pemeriksaan," terang Poengky.

Aipda Ambarita Dimutasi ke Humas

Menyusul viral video tersebut, Ambarita dimutasi ke Bidang Humas Polda Metro Jaya. Tak hanya Ambarita, Aiptu Jakaria alias Jacklyn Choppers atau Bang Jack juga ikut dimutasi ke Humas.

Mutasi Aiptu Ambarita dan Aiptu Jack itu tertuang dalam Surat Telegram bernomor ST/458/X/KEP./2021 per 18 Oktober 2021. Telegram tersebut ditandatangani oleh Karo SDM Polda Metro Jaya Kombes Putra Narendra atas nama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan ditujukan kepada Kabid Humas Polda Metro Jaya, Dirreskrimum Polda Metro Jaya, dan Kapolres Metro Jakarta Timur.

Dalam telegram tersebut, tertulis Aiptu Jakaria, yang menjabat Banit 9 Unit 2 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Metro Jaya, dimutasi sebagai Bintara Bid Humas Polda Metro Jaya. Selain itu, ada Aipda Monang Parlindungan Ambarita, yang menjabat Banit 51 Unit Dalmas Satsabhara Polres Metro Jaktim, dimutasi sebagai Bintara Bid Humas Polda Metro Jaya.

Dimutasi untuk Perkuat Humas

Yusri mengatakan, Ambarita dan Jacklyn Choppers dimutasi ke Bidhumas Polda Metro Jaya untuk memperkuat fungsi kehumasan. Kedua polisi 'artis' yang memiliki banyak followers di media sosialnya ini diharapkan dapat memperkuat Humas Polda Metro Jaya.

"Kenapa ke Humas? Pak Jacklyn ini salah satu orang yang punya bakat bermain di medsos. Boleh lihat followers Pak Jacklyn bagus nggak? Kita butuh orang-orang yang expert di bidangnya. Expert di bidangnya, beliau senang bermain medsos kebetulan pengelola medsos di Polda Metro Jaya ini adalah humas," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Selasa (19/10/2021).

Jack dan Ambarita nantinya akan ditempatkan di Sub Bidang Multimedia.

"Kami punya namanya Subbid multimedia. Kami butuh orang seperti Pak Jacklyn untuk bisa membantu kami bermain di Humas, untuk mengelola Humas ini. Yang kedua Pak Ambarita sebenarnya sama, punya kelebihan yang sama, coba lihat followers-nya, cuma memang ada viral sedikit di medsos," jelas Yusri.

Ambarita Diperiksa Propam

Aksi Ambarita memeriksa HP warga itu berujung pemeriksaan Propam. Kombes Yusri Yunus mengatakan pemeriksaan Ambarita dilakukan atas dugaan adanya pelanggaran SOP dalam penggeledahan HP.
"Sekali lagi saya katakan, memang betul kita akui ada dugaan kesalahan SOP. Sehingga sekarang ini Pak Ambarita kita lakukan pemeriksaan di Propam," terang Yusri kepada wartawan, Selasa (19/10/2021).

Yusri menegaskan polisi memiliki kewenangan pemeriksaan maupun penggeledahan handphone, selama hal itu dilakukan sesuai dengan SOP.

"Apakah polisi boleh melakukan pengecekan HP? Ya boleh, tergantung sesuai nggak dengan SOP. Contoh beliau dari Resmob menangkap pelaku penadahan misalnya, bisa nggak memeriksa HP? Boleh, kalau sesuai dengan SOP," jelas Yusri.

Terkait kasus Ambarita ini sendiri, Yusri menyampaikan adanya dugaan pelanggaran SOP yang ia lakukan. Yusri mengatakan pihaknya akan menindak jika Ambarita terbukti melakukan pelanggaran disiplin.

"Makanya dugaan terhadap Pak Ambarita ini akan kita lakukan pemeriksaan oleh teman-teman dari Propam. Kalau memang ada kesalahan disiplin, akan kita lakukan tindakan tegas," tuturnya.

Profil Ambarita

Lalu, siapakah Ambarita dan bagaimana sepak terjangnya? Ambarita adalah polisi Sabhara yang merupakan pentolan dari Tim Raimas Backbone Polres Metro Jakarta Timur.

Ambarita eksis di beberapa program televisi swasta. Dalam program tersebut, Ambarita dan tim memperlihatkan proses penangkapan pelaku kejahatan maupun ketika melakukan patroli ketika menemukan adanya gangguan kamtibmas.

Aipda Ambarita diperlihatkan sebagai sosok polisi yang tegas dalam melakukan penindakan. Melalui akun YouTube Raimas Backbone Official, Aipda Ambarita tampak ikut serta mengisi konten. Bahkan, jumlah subscriber akun YouTube tersebut terbilang banyak, yakni 1,39 juta, melebihi akun YouTube resmi Polda Metro Jaya .

Aipda Ambarita sendiri diketahui memimpin Raimas Backbone sejak 2017. Tim Raimas Backbone bertugas mengurai, membubarkan, dan melokalisasi massa yang melakukan tindakan perusakan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Meski begitu, kariernya sebagai anggota Raimas Backbone kini telah berakhir. Wajah Ambarita mungkin tak akan menghiasi lagi YouTube Raimas Backbone.

sumber

Untuk hal ini sih ane setuju agar di rapikan masalah SOP pengeledahan privasi ini, di sisi lain patroli seperti raimas backbone tetap diperlukan. Namun mungkin agar tidak sembarangan mengeledah ponsel sebab jika bukan TO ataupun perintah pengadilan dan membawa surat tugas tidak dapat mengeledah isi handphone orang lain (asas praduga tak bersalah).

terlepas dari masalah ini trims buat anggota raimas backbone terutama Pak Ambarita dan Pak Jack terima kasih sudah membuat daerah jakarta timur semakin aman karena preman-preman ataupun begal jauh berkurang sekarang ini.
Diubah oleh DPRD
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 09:11
Serba salah sih
Sop nya jelas ngawur ngecek hp suka suka

Tp secara pribadi gua sih seneng toh yg ditangkap bocah bocah epep sama nolep mostly yg pengganguran keluyuran xixixixi...
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan Mosta2011 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 09:15
Banyak tuh di tayangan mirip mirip 86...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mosta2011 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 09:34
Nah bikin kayak di amerika aja... susah diajak kerjasama tembak.. walaupun peluru karet..

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
amekachi dan Judess memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 09:38
Ya salaaam ...

Ebong baru dicek hape nya aja sdh ribut ..emoticon-Marah


Gmn ceritanya klo hape nya di sita ....













Kagak dibalikin emoticon-Leh Uga
profile-picture
Judess memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 09:42
Padahal acara tipi 86 sudah lama ada, sering priksa hp orang

Kenapa baru viral sekarang ?

Dan

Kenapa viral baru diperiksa bila sejak dulu menyalahi aturan ?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 09:45
Polisi sebenernya tau kalo melihat isi HP adalah salah. Makanya mereka cm berani sama alay2 aja yg dirasa ga paham hukum, tp kali kemaren salah sasaran.
FYI, di iphone bahkan ada shortcut khusus mengunci secara cepat, bila si empunya dalam bahaya (diintimidasi polisi). Fungsinya agar si polisi tidak bisa mengakses isi hape tsb.
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan adamyvon memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 09:52
harusnya dinonaktifkan untuk penyelidikan malah dimutasi, ke humas pula, ini maksudnya apa? polisi yg melanggar hukum jadi citra kepolisian? kacau blundernya.
profile-picture
profile-picture
byakyo dan servesiwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 10:24
liad jawaban polkis kayak gini ya masih melindungi anggotanya...

basically ga viral ga diurus lah seperti biasa...



para netijen yang baca juga udah tau cara 'ngeles' nya polkis...



emoticon-Leh Uga
profile-picture
Adit.m.n memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 10:29
Risiko artis emoticon-Ultah
0 0
0
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 10:34
mutasi ke tempat parkir
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 10:42
Merasa di atas angin karena banyak yang belain. Untung cuma dimutasi
0 0
0
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 10:45
Presiden nya suka ngeprank

Polisi nya blunder trs

Dahlah
Sudah tepat Monas jual ke cina

Kasian aye lihat +62 gini terus
profile-picture
profile-picture
larapeequer dan Mosta2011 memberi reputasi
0 2
-2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 10:48
Sebaikmya dibekali dulu soal pemahaman penggeledahan
0 0
0
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 10:59
Bbrp kali liat tayangan nya pak pol ini kan patroli nya mlm sampe dini hari...yg di cek hp nya yg dicurigai melakukan tindakan kejahatan misal motor nya disuruh berhenti mau diperiksa mlh kabur...bocil2 yg pake brg terlarang..

Apa kali ini salah sasaran ya...soalnya setau ane acara nya dah lama jg di tv...kdg ada adegan lucu bocil2 bengal yg lg dinasehatin.emoticon-Big Grin

Ane sependapat sm komen TS..
Patroli ttp diperlukan cm penggeledahan hp yg mngkin sop nya dirapikan...
Diubah oleh diinamasaia
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan shaumi memberi reputasi
2 0
2
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 11:13
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Penggeledahan ilegal cem gitu rawan sekali disalahgunakan. Bisa jadi malah buat meres.

Misalken ketemu video mantep2 si cowok sama pacarnya. Bisa2 malah meres ikut mantep2. Kek kasus kapolsek mesum yg meres anak tersangka.

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
hantupuskom memberi reputasi
1 0
1
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 11:15
HP ane juga pernah diperiksa di kantor imigrasi di Indonesia
0 0
0
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 11:27
We gw nonton ni pas yg episode ni , si remaja nya memang nyolot ga pengen di periksa karena merasa tu isi hp adalah privasi dia, dan Ambarita nya nyolot masalah wewenang
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 12:02
Raimas ntu jauh lebih besar dari ambarita, tanpa ambarita pun masih bisa gerak

Udah betul tuh dipindahin ke kantor biar mereka punya waktu buat belajar lagi tentang tugas-tugas doi
Diubah oleh chigo.ji3
0 0
0
Cerita Polisi 'Artis' Dimutasi di Balik Viral Geledah Ponsel Warga
20-10-2021 12:22
Mane video nya?
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia