Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616e9c47ab23b6639706bc61/4-kesalahpahaman-umum-perusahaan-mengenai-gps-tracker
1. “Harga sistem GPS tracker mahal, biaya operasional saya jadi lebih tinggi.” Seperti pada banyak bisnis lainnya, ada biaya awal saat agan mulai berlangganan layanan GPS tracker. Biaya ini wajar, karena ada banyak komponen yang agan “sewa” dari penyedia layanan, seperti software, hardware, server dan jaringan dalam sistem, data security, kartu SIM khusus, jasa pemeliharaan sistem d
Lapor Hansip
19-10-2021 17:21

4 Kesalahpahaman Umum Perusahaan Mengenai GPS Tracker

4 Kesalahpahaman Umum Perusahaan Mengenai GPS Tracker

1. “Harga sistem GPS tracker mahal, biaya operasional saya jadi lebih tinggi.”

Seperti pada banyak bisnis lainnya, ada biaya awal saat agan mulai berlangganan layanan GPS tracker. Biaya ini wajar, karena ada banyak komponen yang agan “sewa” dari penyedia layanan, seperti softwarehardwareserver dan jaringan dalam sistem, data security, kartu SIM khusus, jasa pemeliharaan sistem dan pemutakhiran software, layanan pelanggan, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, biaya tersebut jauh lebih rendah dibandingkan manfaat dan pengembalian investasi (ROI) yang bakal agan dapatkan.

Penggunaan GPS tracker dapat mengurangi konsumsi bahan bakar, mengurangi kerugian akibat kecelakaan dan kerusakan kendaraan, mengurangi biaya telepon, meningkatkan jumlah penyelesaian pengiriman, mencegah pencurian dan fraud, dan meningkatkan kepuasan pelanggan agan. Seluruh manfaat ini tentu akan mendatangkan keuntungan besar bagi perusahaan armada kendaraan agan, dengan ROI bahkan hingga 3X lipat. Pengaplikasian GPS tracker dan software-nya tidak menjadikan biaya operasional agan lebih tinggi, tetapi justru lebih efisien.

2. “Saya tidak butuh GPS tracker. Ponsel cukup untuk berkomunikasi dan melacak status pekerjaan di lapangan sehari-hari.”
GPS tracker justru menggantikan fungsi pemantauan manual yang dilakukan operator armada melalui komunikasi telepon. Proses pemantauan yang demikian sangatlah tidak efisien, mengingat pengemudi tidak dapat selalu aktif menggunakan ponsel. Kalau agan menggunakan GPS tracker, siapa pun yang punya akses platform pemantauan dapat melacak keberadaan kendaraan dan progres pengiriman kapan saja, tanpa perlu menelepon pengemudi atau kurir yang sedang berada di jalan.

Tak hanya itu, pemantauan dengan GPS tracker juga memberi informasi mengenai jam kendaraan agan masuk-keluar area, pengisian bahan bakar (volume, waktu, dan lokasi), temperatur kargo pendingin, waktu dan lokasi buka-tutup pintu kargo, dan lain-lain. GPS tracker menangani isu komunikasi paling signifikan yang dihadapi perusahaan armada kendaraan saat ini. Dengan GPS tracker, melacak status pekerjaan di lapangan menjadi lebih mudah dan efisien, baik dari segi waktu, proses, maupun biaya. Operator pun dapat lebih produktif dengan memiliki banyak kesempatan untuk melakukan pekerjaan lainnya.

3. “Pengemudi saya tidak nyaman bekerja jika terus dipantau dengan GPS tracker.”
Dalam lingkup perusahaan armada kendaraan, singkirkan persepsi bahwa GPS tracker merupakan alat pengintai rahasia. GPS tracker digunakan sebagaimana alat bisnis lainnya yang bertujuan mengukur efisiensi dan memberikan wawasan untuk peningkatan bisnis. Manajer, operator, pengemudi, General Affair, administrasi, bahkan tim finance dan HR akan mendapatkan manfaat melalui penerapan sistem pengelolaan armada berbasis GPS tracking.

Penting bagi pihak manajemen untuk mengedukasi pengemudi dengan baik mengenai tujuan pengaplikasian GPS tracking. Bagi pengemudi, teknologi ini membantu mereka untuk bekerja lebih produktif, berkendara lebih aman, dan menyelesaikan pengiriman lebih lancar. Data pemantauan perilaku mengemudi dapat digunakan untuk menyusun materi pelatihan bagi pengemudi secara tepat sasaran. Sistem insentif tambahan pun dapat diterapkan untuk pengemudi paling efisien dan aman berdasarkan beberapa parameter penilaian dari sistem.

4. “Bisnis saya tidak cukup besar untuk membutuhkan sistem GPS tracker.”
Jika bisnis agan bergantung pada armada kendaraan, agan perlu mengetahui bagaimana kinerjanya, di mana kendaraan agan berada, dan apa saja aktivitasnya. Terlepas dari besar-kecilnya ukuran armada agan, sistem pemantauan kendaraan real-time dapat memproteksi aset perusahaan agan & mencegah risiko kerugian akibat pencurian dan penyalahgunaan kendaraan, menurunkan biaya asuransi, dan menurunkan biaya operasional.

Dengan teknologi GPS, agan membangun sistem manajemen armada yang efisien sebagai fondasi bisnis. Saat bisnis agan semakin berkembang, agan tak akan kesulitan dalam mengelola armada yang lebih besar. Hal ini dikarenakan agan telah memiliki sistem yang fleksibel untuk beragam ukuran armada, kecil hingga besar. Fungsi automasi dari sistem manajemen armada berbasis GPS tracking ini memberikan agan kesempatan lebih besar untuk mengoptimalkan dan mengembangkan perusahaan armada kendaraan agan.

Cartrack GPS Tracker dapat membantu perusahaan armada kendaraan agan lebih efisien dalam operasional, administrasi, dan biaya. Tak perlu ragu untuk menggunakan Cartrack pada armada perusahaan agan, karena sistem pemantauan kendaraan Cartrack dapat diterapkan baik untuk armada berskala besar maupun kecil. Cari tahu lebih lanjut tentang manfaat Cartrack dan dapatkan DEMO GRATIS dari kami!




Diubah oleh cartrackid
0
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia