News
Batal
KATEGORI
link has been copied
54
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616d667cd2b3af7b9e695ad3/turki-ingin-membeli-40-f-16-dan-80-kit-modernisasi-ke-paman-sam-akankah-dikabulkan
Setelah dikeluarkan dari program pengembangan F-35, Turki kini sedang mencoba mencari pengganti pesawat tersebut, kabar terbaru dilaporakan oleh Reuters pada 8 Oktober 2021. Dalam artikel yang mereka tulis, Reuters menyebut bahwa Presiden Recep Tayyip Erdogan mengajukan permintaan kepada AS untuk membeli 40 jet tempur F-16 buatan Lockheed Martin dan hampir 80 kit modernisasi untuk pesawat tempur
Lapor Hansip
18-10-2021 19:20

Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Setelah dikeluarkan dari program pengembangan F-35, Turki kini sedang mencoba mencari pengganti pesawat tersebut, kabar terbaru dilaporakan oleh Reuterspada 8 Oktober 2021. Dalam artikel yang mereka tulis, Reuters menyebut bahwa Presiden Recep Tayyip Erdogan mengajukan permintaan kepada AS untuk membeli 40 jet tempur F-16 buatan Lockheed Martin dan hampir 80 kit modernisasi untuk pesawat tempur yang ada. Sekutu NATO itu berupaya memodernisasi Angkatan Udaranya setelah pembelian jet F-35 gagal, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Ankara telah memesan lebih dari 100 jet tempur F-35, yang juga dibuat oleh Lockheed Martin Corp, dengan pemesanan dalam jumlah banyak industri pertahanan Turki pun mendapat kesempatan untuk terlibat dalam proses pengembangan F-35. Tetapi mimpi indah Turki itu pupus tatkala mereka dikeluarkan dari program F-35 pada 2019 setelah Turki mengakuisisi sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia.

Saat ini kemitraan puluhan tahun antara sekutu NATO telah mengalami gejolak yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam lima tahun terakhir karena ketidaksepakatan tentang kebijakan Suriah, hubungan yang lebih dekat antara Ankara dengan Moskow, ambisi angkatan lautnya di Mediterania timur, tuduhan AS terhadap bank milik negara Turki, ditambah hak dan kebebasan di Turki.


Quote:
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?

Foto Erodgan oleh Vladimir Smirnov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP.
Foto F-16 oleh Angkatan Udara Turki



Dalam beberapa bulan terakhir Erdogan telah menekan pemerintahan Biden untuk mengirimkan dua F-35 yang sudah dibuat untuk militer Turki atau mengembalikan uang mereka senilai 1,4 miliar dolar (setara Rp 20 Triliun) untuk pembayaran terhadap 5 pesawat F-35. Selain mengungkit-ungkit masalah F-35, Erdogan kini juga meminta opsi lain sebagai ganti F-35 pesanan mereka, yakni dengan meminta pembelian 40 F-16 Viper ditambah dengan 80 kit modernisasi. Secara tegas Erdogan mengatakan: "kembalikan uang kami atau kirim pesawat kami."

Permintaan jet tersebut kemungkinan akan mengalami kesulitan persetujuan dari Kongres AS, di mana sentimen terhadap Turki telah memburuk selama beberapa tahun terakhir, terutama karena pembelian S-400 oleh Ankara dan rekam jejak hak asasi manusianya yang bermasalah. Pembelian S-400 oleh Ankara juga memicu sanksi AS. Pada Desember 2020, Washington memasukkan daftar hitam Direktorat Industri Pertahanan Turki, kepalanya, Ismail Demir, dan tiga karyawan lainnya.

Sejak itu AS telah berulang kali memperingatkan Turki agar tidak membeli persenjataan Rusia di masa mendatang. Namun pekan lalu, Presiden Erdogan mengindikasikan bahwa Ankara masih berniat membeli batch kedua S-400 dari Rusia, sebuah langkah yang dapat memperdalam keretakan dengan Washington.

Menurut Reuters ada dukungan bipartisan di Kongres AS untuk mendorong pemerintahan Biden agar memberikan tekanan lebih lanjut pada Ankara, terutama atas pembelian senjata Rusia dan rekam jejak hak asasi manusianya. Sementara itu Ankara mengatakan pihaknya berharap untuk hubungan yang lebih baik dengan AS yang saat ini di bawah komando Presiden Joe Biden.


Jika Amerika Memberikan F-16 Kepada Turki, Apakah Hal Itu Akan Melemahkan Aturan CAATSA ?


Amerika benar-benar sedang dilema, selain mengurus masalah Pasifik dan China, kini mereka dipusingkan dengan permintaan yang sulit dari sekutunya. Turki sendiri sedang terkena sanksi CAATSA, sebuah undang-undang yang melarang sebuah negara sekutu/non-sekutu membeli alutsista Rusia yang dibeli "label haram" oleh AS. Jika nekat membeli maka akan diberi sanksi embargo senjata, dalam kasus Turki alutsista yang dimaksud adalah S-400.

Menurut artikel The National Interest Turki menandatangani kontrak pengiriman S-400 pertamanya pada tahun 2017, hal itu memicu badai diplomatik yang menyebabkan mereka ditendang dari program mitra F-35 dan kemudian mendapat sanksi AS yang bernama Countering America’s Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA). Ketua Hubungan Luar Negeri Senat AS Robert Menendez juga mengancam Turki dengan sanksi CAATSA tambahan awal bulan ini jika Ankara melanjutkan niat membeli tambahan S-400 terbarunya.

Seperti yang sudah banyak diberitakan, Presiden Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah melakukan pertemuan bilateral pada hari Rabu (29/09/2021) di Sochi. Pada pertemuan itu Erdogan mengungkapkan bahwa Moskow dan Ankara sedang menjajaki peluang kerja sama pertahanan tambahan di luar S-400. Salah satunya adalah dalam hal produksi mesin pesawat, serta kemungkinan untuk kerja sama dalam pembuatan kapal dan teknologi kapal selam. Yang menarik, sehari setelah pertemuan itu Turki mengumumkan secara resmi niat mereka untuk membeli F-16 dari Amerika.


Quote:
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?

Pertemuan Presiden Erdogan dan Presiden Valdimir Putin.

Foto: Sputnik/Vladimir Smirnov/Pool via Reuters



Sementara itu pihak Rusia telah berulang kali menyatakan minatnya untuk bekerja sama dengan Turki dalam proyek pesawat tempur generasi kelima mereka yang disebut TF-X, dengan produsen Rusia menawarkan untuk menyediakan teknologi mesin untuk pesawat tempur baru Ankara. Erdogan sebelumnya juga mengatakan bahwa ada kemungkinan Turki juga akan membeli pesawat tempur superioritas udara Su-35S dan versi ekspor dari pesawat tempur siluman generasi kelima Su-57. Tetapi sampai saat ini tidak ada indikasi bahwa Moskow dan Ankara terlibat dalam pembicaraan terkait hal tersebut. Jika Turki gagal mendapat F-16 Viper, maka kedua pesawat buatan Rusia itu bisa menjadi alternatif bagi mereka.

Sementara itu jika Amerika memberikan F-16 kepada Turki, itu artinya memang ada celah untuk mengakali sanksi CAATSA. Di lain sisi keteguhan AS untuk memegang aturan CAATSA pun bakal dipertanyakan jika Turki berhasil mendapatkan F-16 Viper dan kit modernisasinya. Dan kedepannya akan ada anggapan bahwa undang-undang CAATSA Amerika masih bisa dilemahkan. Sementara jika Amerika tidak memberikan F-16 kepada Turki, Erdogan akan meneken kesepakatan untuk membeli Su-35S dan Su-57 dari Rusia, hal itu tentu akan membuat badai diplomatik berhembus semakin kencang diantara sekutu NATO yang lain.


Turki Punya 245 F-16


Kemungkinan pembahasan terkait F-16 Turki akan dibicarakan dalam KTT G-20 di Roma pada akhir bulan ini. Dan dalam acara tersebut baik Erdogan dan Biden akan membicarakan lebih lanjut soal F-16 dan mengapa mereka memilih membeli sistem S-400 dari Rusia. Meski beberapa media saat ini sudah menyebut bahwa AS akan memberikan F-16 sebagai kompensasi atas F-35, tetapi belum ada pernyataan resmi dari Gedung Putih atau anggota Kongres terkait masalah tersebut.

Sebagai tambahan informasi, Turki saat ini memiliki 245 unit F-16, hal itu menjadikan pesawat single engine tersebut sebagai tulang punggung udara Negeri Ottoman saat ini. Sementara itu indomiliter.com mengatakan jika armada F-16 Turki terdiri dari F-16 C/D (Block 30/40 dan Block 50). Mulai dari suku cadang, senjata, dan beberapa perangkat F-16 telah berhasil dibuat oleh industri dalam negeri Turki, namun ada elemen kunci F-16 di mana Turki masih butuh Amerika untuk yang satu ini. Namun, Turki tidak menyebut secara rinci elemen apa yang dimaksud.

Pada Februari 2021, industri pertahanan Turki telah meluncurkan program untuk upgrade 130 unit F-16. Di mana ,asing-masing pesawat akan ditingkatkan jam terbangnya, dari 8 ribu jam menjadi 12 ribu jam. Selanjutnya upgrade 30 unit F-16 Block 50 juga akan dimulai di fasilitas Turkish Aerospace Industries.


Quote:
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?

Armada F-16 Turki saat ini.

Foto: Angkatan Udara Turki



Harus diakui Turki memang memiliki rencana yang matang untuk merapat ke sisi Barat atau Timur. Dalam artikelnya indomiliter.com menyebut bahwa pada akhir 2019, Turki telah mengamankan rantai suku cadang untuk F-16 saat keputusan membeli S-400 diambil. Dua pejabat Turki yang tak disebutkan namanya mengatakan bahwa telah ditempuh langkah antisipasi bila sanksi embargo senjata dijatuhkan AS.

Menurut indomiliter.com, langkah mengantisipasi embargo senjata dari AS itu salah satunya dengan menyimpan stok suku cadang untuk F-16. Tidak diketahui mulai kapan aksi penimbunan suku cadang F-16 dilakukan, namun hal itu memang sengaja dilakukan sebagai langkah antisipasi bila embargo senjata diberikan AS terkait pembelian S-400. Hal itu pun terbukti efektif, dan sampai saat ini F-16 Turki masih mampu digunakan dengan baik. Sementara itu saat ini Turki juga sedang berjuang untuk membangun TF-X, jet tempur pertamanya, dan berencana untuk menerbangkan pesawat siluman itu pada tahun 2025 atau 2026. Defense News mengatakan bahwa, rencananya pada tahun 2035 armada F-16 Turki akan mulai dipensiunkan secara bertahap untuk digantikan dengan T-FX.

Sementara itu ketika Turki diancam dan ditekan akan mendapat sanksi CAATSA tambahan terkait pembelian batch kedua S-400, Erdogan dengan tegas tidak takut dengan sanksi CAATSA tersebut. Ia sempat membuat pernyataan sebagai berikut atas ancaman sanksi tersebut: "Tidak ada negara yang bisa mengatur Turki untuk membeli senjata dari negara manapun."


Menghadapi tuntutan Turki untuk membeli F-16, lantas langkah apa yang akan diambil Paman Biden kedepannya ?

Demikian sedikit pembahasan singkat terkait hubungan Turki dan AS, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa emoticon-Angkat Beer






Referensi Tulisan: Reuters, The National Interest, indomiliter.com, Defense News
Ilustrasi Foto: Sputnik, Reuters, Angkatan Udara Turki
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 21 lainnya memberi reputasi
20
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
18-10-2021 19:20
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?

"Tidak ada negara yang bisa mengatur Turki untuk membeli senjata dari negara manapun."


Kasih jempol buat pernyataan Pak Erdogan yang ini emoticon-Jempol

Jangan kasih kendor Pak ! emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
18-10-2021 19:25
"Tidak ada negara yang bisa mengatur Turki untuk membeli senjata dari negara manapun."

---- > lho, yg jd masalah, kesultanan turki itu alutsista nya selama ini, berikut semua program dan latihan nya, berdasarkan acuan NATO..... Lah kok kmarin2 malah mbalelo, coba2 dgn ambil rudal s400 dr tsar putin..... Coba skrg.... Akhirnya, maju kena mundur kena..... Berantem terus tentara nya turki melawan pasukan rusia, baik dlm kasus libya dan suriah serta azerbaijan ...... Di musuhi ama negara2 blok barat lain nya, dlm kasus suku kurdi di suriah, kasus libya, yunani, kasus kudeta 2016, dsb...... Ya skrg trima saja resiko nya..... Sultan erdogan.....

Tinggal gimana opa joe, melunak ama ancaman sultan erdogan ato tidak tuk skrg dan kedepan nya....
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
18-10-2021 21:48
Kenapa US sangat marah pada saat Turki akusisi S-400. Apakah hal ini dianggap Turki sebagai sekutu mau membelot ke Rusia?

Kenapa US tdk kalem aja sama Turki. Barangkali malah US dpt akses utk melihat S-400. Bisa² malah kayak jaman dulu US bisa dpt MiG-21 dari Indonesia.

emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
18-10-2021 22:29
Kasus bank turki apa nih

Duitny d pegang barang gk ada
Saaatttt jg asu

Klo gk dksh
Y siap2 aja plng beli ama rusia

Rasain lo asu ,mumet kan lo emoticon-Ngakak

Btw turki kaya jg y
Pesawatny 200an emoticon-Amazed
Diubah oleh redemption878
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
19-10-2021 04:14
untuk hal ini gue dukung turki. kalo berhasil cara ini bisa dipake indonesia buat nego" ke US. kasih F-15 atau kami beli SU-35 emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
19-10-2021 07:52
Kecil kemungkinan Turki mendapat F 16 Viper dan upgrade kitnya karena kerasnya penolakan kongres US apalagi sampai meminta jatah 2 unit F 35 Lighting II karena kekhawatiran US soal perlindungan teknologi bila melihat adanya proyek pespur gen 5 TF-X Turki dan kedekatan Turki dan Russia saat ini.
Turki sendiri memang tak punya banyak pilihan bila ingin memodernisasi pespurnya karena saat ini hanya ada 3 negara utama yang mampu memproduksi pespur kelas dunia : US, Russia dan Perancis yang sayangnya US dan Perancis berada pada kebijakan yang sama : membekukan kerjasama militer karena Turki melanggar CAATSA. Praktis hanya Russia yang " welcome " untuk melakuan kerjasama militer baik itu berupa pengadaan pespur baru atau berupa pengembangan atau produksi bersama.
Lantas kenapa Turki begitu ngotot untuk memodernisasi armada pespurnya dalam waktu dekat ? Setidaknya ada 2 alasan :

1. Pespur F 16 C/D milik Turki yang sudah cukup tua dan secara teknologi masih termasuk gen 4 diperkirakan hanya mampu bertahan sampai thn 2030 saja karena sudah tidak bisa dikembangkan lagi teknologinya untuk dapat bersaing dengan pespur gen 5 di masa yang akan datang.
2. Project pespur gen 5 TAI TF-X yang merupakan hasil kerjasama TAI dan BAE diperkirakan baru akan full operasional thn 2030 sehingga Turki memerlukan pespur baru atau upgrade untuk memelihara kesiapan tempur AU Turki.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
19-10-2021 14:44
Negara yg kuat prinsipnya... sekali bilang A tetap A... walau ada yg mau memberikan sansa tetap kuku A.... salut untuk presiden Erdogan emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
19-10-2021 16:49
Nonton di yutub sekilas

Katanya disetujui opsi penyertaan modal f35 diganti 40 f16 viper




*tanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
19-10-2021 21:22
Quote:Original Posted By yoseful
"Tidak ada negara yang bisa mengatur Turki untuk membeli senjata dari negara manapun."

---- > lho, yg jd masalah, kesultanan turki itu alutsista nya selama ini, berikut semua program dan latihan nya, berdasarkan acuan NATO..... Lah kok kmarin2 malah mbalelo, coba2 dgn ambil rudal s400 dr tsar putin..... Coba skrg.... Akhirnya, maju kena mundur kena..... Berantem terus tentara nya turki melawan pasukan rusia, baik dlm kasus libya dan suriah serta azerbaijan ...... Di musuhi ama negara2 blok barat lain nya, dlm kasus suku kurdi di suriah, kasus libya, yunani, kasus kudeta 2016, dsb...... Ya skrg trima saja resiko nya..... Sultan erdogan.....

Tinggal gimana opa joe, melunak ama ancaman sultan erdogan ato tidak tuk skrg dan kedepan nya....


Turki mbalelo gara2 AS juga kan ? emoticon-Big Grin

Saat Turki minta izin membeli sistem hanud Patriot nggak dikasih sama Paman, padahal Turki butuh itu, akhirnya mereka ya pilih S-400. Ingat kasus alutsista Soviet di era Soekarno ? Kira2 kejadiannya hampir mirip, ketika mau beli ke Barat di tolak maka beralih ke Timur.

Pad kasus Turki, mereka ingin membeli sistem hanud tercanggih dari AS tapi nggak dikasih, padahal mereka sekutu. Maka bagaimana perasaan sekutu tersebut ? Padahal negara dan mitra AS saja diberi izin membeli Patriot. cmiiw


-----



"Tidak ada negara yang bisa mengatur Turki untuk membeli senjata dari negara manapun."

Pernyataan ini menurut ane relevan bukan hanya untuk Turki, tapi juga buat negara mana pun. Seharusnya memang begitu, sebuah pembelian senjata negara tidak boleh diatur oleh negara lain. cmiiw


Quote:Original Posted By black.robo
Kenapa US sangat marah pada saat Turki akusisi S-400. Apakah hal ini dianggap Turki sebagai sekutu mau membelot ke Rusia?

Kenapa US tdk kalem aja sama Turki. Barangkali malah US dpt akses utk melihat S-400. Bisa² malah kayak jaman dulu US bisa dpt MiG-21 dari Indonesia.

emoticon-Ngacir2


pernah baca di sebuah artikel media asing kabarnya karena S-400 bisa mengganggu pesawat milik AS gan, itu salah satu alasannya. entah gangguan macam apa yang dimaksud, mungkin itu hanya alasan AS yang dibuat2 saja. cmiiw


Quote:Original Posted By redemption878
Kasus bank turki apa nih

Duitny d pegang barang gk ada
Saaatttt jg asu

Klo gk dksh
Y siap2 aja plng beli ama rusia

Rasain lo asu ,mumet kan lo emoticon-Ngakak

Btw turki kaya jg y
Pesawatny 200an emoticon-Amazed


selain kaya, industri militer mereka juga maju gan, jadi semakin menguntungkan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By kudo212
untuk hal ini gue dukung turki. kalo berhasil cara ini bisa dipake indonesia buat nego" ke US. kasih F-15 atau kami beli SU-35 emoticon-Cool


sayangnya pemimpin Indonesia belum ada yang bisa berkata seperti itu gan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
black.robo dan judogal memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
19-10-2021 21:28
Quote:Original Posted By gonugraha76
Kecil kemungkinan Turki mendapat F 16 Viper dan upgrade kitnya karena kerasnya penolakan kongres US apalagi sampai meminta jatah 2 unit F 35 Lighting II karena kekhawatiran US soal perlindungan teknologi bila melihat adanya proyek pespur gen 5 TF-X Turki dan kedekatan Turki dan Russia saat ini.
Turki sendiri memang tak punya banyak pilihan bila ingin memodernisasi pespurnya karena saat ini hanya ada 3 negara utama yang mampu memproduksi pespur kelas dunia : US, Russia dan Perancis yang sayangnya US dan Perancis berada pada kebijakan yang sama : membekukan kerjasama militer karena Turki melanggar CAATSA. Praktis hanya Russia yang " welcome " untuk melakuan kerjasama militer baik itu berupa pengadaan pespur baru atau berupa pengembangan atau produksi bersama.
Lantas kenapa Turki begitu ngotot untuk memodernisasi armada pespurnya dalam waktu dekat ? Setidaknya ada 2 alasan :

1. Pespur F 16 C/D milik Turki yang sudah cukup tua dan secara teknologi masih termasuk gen 4 diperkirakan hanya mampu bertahan sampai thn 2030 saja karena sudah tidak bisa dikembangkan lagi teknologinya untuk dapat bersaing dengan pespur gen 5 di masa yang akan datang.
2. Project pespur gen 5 TAI TF-X yang merupakan hasil kerjasama TAI dan BAE diperkirakan baru akan full operasional thn 2030 sehingga Turki memerlukan pespur baru atau upgrade untuk memelihara kesiapan tempur AU Turki.


kalau beli Rafale, Prancis takut pesawatnya bakal dibuat menyerang Yunani ya Om karena sekarang negeri para dewa sudah memakai Rafale emoticon-Big Grin

opsi terbaik memang Viper, tapi apakah Kongres bakal menyetujuinya ? sementara itu Rusia sudah membuka pintu lebar untuk kerja sama pembuatan T-FX. sungguh alur yang rumit emoticon-Hammer (S)



Quote:Original Posted By volcom77
Negara yg kuat prinsipnya... sekali bilang A tetap A... walau ada yg mau memberikan sansa tetap kuku A.... salut untuk presiden Erdogan emoticon-Toast


konsisten dengan ucapannya gan emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By Likpaimin
Nonton di yutub sekilas

Katanya disetujui opsi penyertaan modal f35 diganti 40 f16 viper




*tanya


masih simpang siur kabarnya gan, kayaknya baru akan terjawab akhir bulan ini saat Pak Biden dan Pak Erdogan ketemuan, cmiiw emoticon-Ngacir
profile-picture
black.robo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
19-10-2021 23:00
Bisa aja terkabul kok.
0 0
0
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
19-10-2021 23:15
Masih menunggu teka teki mamarika atas Turki ...😀 😀 😀
Mamarika lagi, mamarika lagi...😀 😀 😀
Kampret tuh negara
@durexz
@69banditos
@indra.blora
@politon21
@delia.adel
@makola
@ngejleb
@afryan015
@makgendhis
@benbela
@raihanaputrie
@yunie617
@zatilmutie
Diubah oleh slametfirmansy4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
20-10-2021 00:31
Kapan om joe turki digempur????
Negara biang kerok PD 1&2
Penyebab Indonesia kena jajah juga turki
Penyebab timur tengah bergejolak juga turki...
Semoga disegerakan itu negara dirudal!
profile-picture
TUPAIKABEL memberi reputasi
1 0
1
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
20-10-2021 00:59
Buset pesawat lama kok diambil 🤣 ambil j20 atau su 57 kan bisa 🤣😹
profile-picture
TUPAIKABEL memberi reputasi
1 0
1
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
20-10-2021 01:06
0 0
0
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
20-10-2021 01:27
Uang tidak mengenal siapa ponakan sam , adik sam atau tante sam
Bisnis senjata adalah bisnis
profile-picture
TUPAIKABEL memberi reputasi
1 0
1
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
20-10-2021 04:37
Quote:Original Posted By lupis.manis
Bisa aja terkabul kok.


Aaaamiiinnn aje ah

Quote:Original Posted By slametfirmansy4
Masih menunggu teka teki mamarika atas Turki ...😀 😀 😀
Mamarika lagi, mamarika lagi...😀 😀 😀
Kampret tuh negara
]



Cuma bisa bilang good lock
profile-picture
profile-picture
69banditos dan lupis.manis memberi reputasi
2 0
2
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
20-10-2021 05:09
Mulai dari suku cadang, senjata, dan beberapa perangkat F-16 telah berhasil dibuat oleh industri dalam negeri Turki, namun ada elemen kunci F-16 di mana Turki masih butuh Amerika untuk yang satu ini. Namun, Turki tidak menyebut secara rinci elemen apa yang dimaksud.


Industri dalam negeri, pasword nya
profile-picture
69banditos memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Turki Ingin Membeli 40 F-16 dan 80 Kit Modernisasi ke Paman Sam, Akankah Dikabulkan ?
20-10-2021 06:59
Menurut ane, pintar neh turki dlm memainkan geopolitiknya... memanfaatkan wilayahnya yg strategis... sbg pintu gerbangnya eropanya... turki jelas bakalan susah di dikte... mau dikte turki...?? Wah gampang buat turki tinggal kasih wilayahnya buat lewat itu ISIS, kurdi ke eropa... apa ga puyengg.... wkwkwkwkwk...
profile-picture
TUPAIKABEL memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia