Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
141
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616b0eb27e6d8b41aa4133d2/kenapa-tayangan-liga-indonesia-selalu-buruk
Setelah sempat dihentikan selama 1 musim, kini gelaran liga Indonesia kembali bergulir dan hingga saat ini sudah memasuki pekan ke-4 berjalan. Hal ini tentu menjadi sebuah angin segar dan hiburan untuk para pencinta sepak bola tanah air dan hal-hal yang berkecimpung di dalamnya.
Lapor Hansip
17-10-2021 00:41

Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?

Past Hot Thread
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?


Setelah sempat dihentikan selama 1 musim, kini gelaran liga Indonesia kembali bergulir dan hingga saat ini sudah memasuki pekan ke-4 berjalan. Hal ini tentu menjadi sebuah angin segar dan hiburan untuk para pencinta sepak bola tanah air dan hal-hal yang berkecimpung di dalamnya.

Untuk perhelatan liga Indonesia musim ini, sponsor utama dipegang oleh Bank BUMN, yaknia Bank BRI untuk gelaran liga Indonesia di kasta tertinggi atau saat ini dinamakan Liga 1. Yang berarti nama resmi liga 1 kali ini adalah BRI Liga 1.

Dari beberpa gelaran yang sudah terlaksana, Liga Indonesia memang selalu menuai banyak kritik, baik dari aspek tekhnik, maupun hal lainnya. Dan salah satu yang sering menjadi bahan pembicaraan adalah tentang kualitas tayangan Liga 1 itu sendiri.

Mungkin kita sering bertanya, kenapa sih kualitas tayangan liga Indonesia enggak sejernih kualitas tayangan luar negeri. Seperti liga Inggris, Liga Eropa, atau Piala Dunia misalnya? Apakah kita enggak punya cukuo dana untuk membeli kamera yang bagus? Atau emang SDM kita kurang memadai? Oke mari kita bahas dikit-dikit.

Untuk musim ini sendiri, yang memproduksi siaran Liga Indonesia adalah PT Gelora Trisula Semesta. Nah kalau yang ngikutin sepak bola dalam negeri pasti kenal sama PT GTS ini. PT GTS sendiri awalnya perusahaan yang dibuat untuk mengoperatori gelaran Torabica Soccer Chanpionship (TSC) yang waktu tahun 2016 diselenggarakan untuk mengisi kekosongan kompetisi karena di tahun tersebut Liga Indonesia dihentikan pemerintah karena banyaknya kasus dualisme klub dan keorganisasian PSSI yang semrawut. Dan sejak saat itulah PT GTS selalu mengoperatori Liga Indonesia.

Perlu diketahui yah, kalau PT GTS ini bukan PSSI atau bagian dari PSSI. Operator liga itu suatu perusahaan terpisah yang bertanggung jawab kepada federasi atau dalam hal ini PSSI. Jadi operator liga atau kita sebut kali ini PT GTS itu urusaanya tentang penyelenggaran liga saja. Dari mulai sistem pertandingan, masalah penonton, hingga tentang penayangan yang akan kita bahas ini. Oh iyah, sebelum adanya PT GTS, sebelumnya ada PT Liga Indonesia dan PT Liga Indonesia Baru yang semuanya sama seperti PT GTS, yaitu dibentuk oleh orang-orang PSSI.

Nah, terus kenapa gelaran liga dari jaman PT LI, PT LIB, hingga yang sekarang PT GTS kok tayangannya selalu buruk? Gambar pecah? Hingga replay patah-patah?

Tentu dalam hal penayangan kita harus bicara tekhnis yah teman-teman. Hal ini mencakup tentang kualitas alat yang digunakan, SDM, dll.

Untuk PT GTS sendiri sebenarnya sudah menggunakan kamera yang cukup bagus dan sudah sesuai dengan standar broadcasting olahraga dan bahkan termasuk yang terbaik di Asia Tenggara loh.

Nih untuk kamera utamanya sendri, PT GTS menggunakan Sony HSC-100R Three 2/3 inch Power HAD FX CCD sensors portable HD / SD camera for digital triax operation yang harganya sekitar 250jtaan. Atau ada juga kamera LENSA Fujinon XA77x9.5BESM-S35 2/3-inch HDTV DIGIPOWER 77 EFP/ENG Studio/Field Box Lens yang harganya lebih mahal lagi, sekitar 700jtaan. Sayangnya, hanya ada satu kamera jenis ini di masing-masing lapangan. Yah untuk kamera lainnya ada beberapa kamera merek lainnya. Tapi tetap dengan kualitas dan harga yang tinggi.

Dan SDMnya bagaimana? Wah SDM orang-orang GTS ini udah jago-jago di bidangnya kok. Kebanyakan sih jebolah dari TV juga. Jadi enggak perlu ragu tentang kualitas orang-orang GTS ini.

Nah kamera bagus, yang make juga bagus, terus kenapa hasilnya buruk?

Tidak selesai sampai di situ, Kawan. Setelah diproduksi oleh PT GTS, GTS meneruskan ke beberapa pemegang hak siar yang dalam BRI Liga 1 berarti ada 3 pemegang hak siar nih, yaitu Emtek (Indosiar, Vidio.com, Nex Parabola, dan O Channel), MNC (MNC Vision, MNC Play, dan K-Vision) serta Indihome (Usee Sports dan Usee TV).

Pihak GTS sendiri meneruskan output ke pemegang hak siar dengan 2 kualitas, yaitu kulitas HD dan SD. Nah untuk output ke penonton itu yah terserah pemegang hak siar, mau nampilin kualitas HD atau SD.

Jadi kalau gambarnya pecah, tidak jernih, dan replay patah-patah, bisa jadi kamu menonton melalui pemegang hak siar yang menyiarkan kualitas SD. Seperti Emtek itu hanya menampilkan kualitas HD di Nex Parabola, sementara di Indosiar, Vidio.com dan juga O Channel hanya menampilkan kualitas SD. Alasanya banyak, baik dari segi komersialisasi yang lebih meluas karena masih banyak pengguna TV tabung dan juga tentu masalah Ekonomi, di mana yang berbayar seperti Nex Parabola yah yang lebih baguslah, Bos.

Nah jadi paham yah kalau sebenarnya pihak pemegang hak siarlah yang menurunkan kualitas gambar. Kalau dari tim produksinya mah udah bagus, yah wlaupun belum sebagus liga-liga eropa, tapi yah udah agak lumayanlah yah.

Nah kalau masalah replay yang telat, atau pengambilan dari sudut yang salah dll itu baru masalah teknis pada SDMnya. Dan tentu saja perlu dilakukan evaluasi agar kedepannya lebih baik lagi.



Tulisan ini ditulis oleh Fatio Nurul Efendi di CANGKEMAN pada 2 Oktober 2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 16 lainnya memberi reputasi
15
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
17-10-2021 10:10
Kalo tayangan buruk tp ttp bisa bikin tawuran
Ya buat apa diperbaiki
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andhika792 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
17-10-2021 13:02
Mungkin memang perlu diselingi cabor2 selingan gan,biar menarik. Biasanya kan ad selingan cabor MMA
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nasrulloh088110 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 07:00
Ga cm tayangannya
Kompetisinya sendiri jg jelek kok emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aluwungs dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 07:05
Ah engga juga bayar pasti bagus, sy pake nex parabola dirumah. Kalau kebagian main di O Chanel HD Plus. Sama aja burik parah.

Kalau di Indosiar HD Plus baru bening siarannya. Terus yang parah mereka gatau kapan harus replay, sering lagi replay, tau2 bole udah hampir gol. Udah gitu, sering ada hampir gol tp replaynya kejadian ya g lain wkwkwk
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 07:10
Itulah kenapa siaran di stasiun satu lebih bagus dibanding stasiun lain
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 07:11
Burik bgt tayangannya, apalagi lapangannya emoticon-Leh Uga
Komentator lebay kagak paham bola cuma modal bacot "jgeeer", "jebreeet" "beeemmm", "mamayooo", "kepo kepo kepojoook" emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga bangkee amat emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Masih settingankah liganya?emoticon-Leh Uga si oren kan juara settingan pasca bukti Jokdri ketangkep emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Diubah oleh darmawanari92
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aluwungs dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 07:27
Penonton juga buruk Nyambi jadi wasit dadakan
Tuan rumah harus menang.
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah
Diubah oleh meimeiput
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MirrorBoy dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 07:28
Pendapat ane
Kenapa tayangan atau liga Indonesia buruk
1. Stasiun televisi yang nayangin gitu gitu aja
2. Tawaran suporter yang fhjfvjjd
3. Standar stadium di Indonesia yang fhjfvjjd
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 07:34
Mainnya aja jelek mau ngarepin tontonan bagus? emoticon-Wkwkwk
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 07:35
Wani piro? coba aja selidikin bayaran buat yang tanggung jawab siaran dan kru belakang layarnya berapa, kualifikasi mereka apa aja, cara mereka kerja gimana, kejar tayang atau sudah terencana? sdm media siar di Indonesia itu setau gw ga jelas/merata coy standarnya, terutama untuk bagian olahraga.........emoticon-Traveller
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 07:37
Yang penting rame dan joged aja bray
Kualitas nanti-nanti lah emoticon-Hammer2
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 07:40
Yah gan ane udh gak pernah lg nonton Liga Indonesia, pdhl adek ipar ane langganan Video tp gak pernah ane pake buat nonton Bola Indonesia.. Simpen buat NBA aja klo Video

Semenjak ane langganan Mola jd nonton Liga Inggris lg.

Kualitas siaran Liga Indonesia sebenarnya udh oke lah, gak jelek-jelek amat, cuman mainnya itu loh yg rada-rada emoticon-Hammer (S) Jadi kesel nontonnya
profile-picture
profile-picture
mcdrey dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 07:41
kalau punya cita2 anaknya pingin jadi pemain bola, jangan boleh nonton liga lokal. dari jaman saya masih keluyuran pake kancut doang ampe sekarang ya gitu2 aja maennya. gak wasit, gak pemain. bosenin. apalagi kualitas TV lokal yg nayangin, sampah. mending nonton liga luar negeri, TV berbayar. karena walaupun liga luar negeri, kalau yg tayang TV lokal, jadinya sampah juga. waktu buat bahas permainan, analisis pertandingan, diisi iklan... emoticon-Shutup
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 07:42
tayangan buruk yang penting bisa liat pemain nge jitak temen sendiri dan di kartu merah
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 07:52
Gk bagus banget untuk mata
Stadion kelihatan seperti sawah
Sama gak ada sportivitas nya sama sekali
Karena selalu tim yang kalau udh unggul menit 80an dan 90an pasti drama kaki sakit
Wtf
Kita mau lihat pertandingan seru bukan lihat elu drama pura2 sakit
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan darmawanari92 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 07:52
percuma pake kamera sama lensa mahal, kualitas lapangan aja burik, kalo hujan banjir, lampu stadion burik kalo main malem bolanya gk keliatan emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 08:06
Karena nonton nya masih gratis, coba liat TV luar buat nonton bola nggak ada yg gratis.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 08:18
yang kita nikmati adalah sepakbola + kungfunya,, mengenai siaran ya bodoamat emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 08:22
Nggak cuma kamera nya sih, soalnya bentuk design stadion dan lapangan di sepakbola Indonesia emang nggak begitu bagus buat tanpilan di tv. Terlalu luas dan banyak ruang kosong di pinggir stadion yg justru "menyerap cahaya" dan membuat tribun nya jadi kelihatan remang remang. Pastilah cahaya stadion yg gak rata itu ketangkap gak maksimal di kamera, belum lagi rumputnya yg jelek2 membuat sensasi pemandangan tak menyenangkan di tv
Btw pernah nonton streaming Pertandingan yg di laksanakan di stadion Batakan..? hasil tampilan di tv jauh lebih baik dari stadion2 lain, Pencahayaannya pas kena rumput dan tribun nya pas di pinggir lapangan stadion jadi terangnya ketangkap kamera lebih merata, enak di lihat lah.
Diubah oleh rachmadkhoirul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
..DirtyCorpse.. dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Tayangan Liga Indonesia Selalu Buruk?
19-10-2021 08:23
lebih ke kualitas sdm PT.GTS nya yang kurang,

ane pernah nonton afc cup yang nayangin fox sport, walaupun main di stadion Indonesia kualitas tayangan nya bagus banget, stadion lebih terang dan turf lapangannya juga jelas, kyk tayangan liga Eropa
profile-picture
profile-picture
TCLVikerz dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia