News
Batal
KATEGORI
link has been copied
65
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/616b039a275f3075a5322970/update-kawasaki-meluncurkan-hakugei-kapal-selam-kedua-dari-kelas-taigei
Segmen update kembali untuk menghilangkan kegabutan agan dan sista, kali ini ada berita militer dari Negeri Sakura, langsung saja kita simak beritanya Setelah Angkatan Laut Rusia menerima kapal selam diesel-listrik terbaru yang bernama Magadan, maka tak berselang lama Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF) juga menerima kapal selam baru. Mengutip artikel Defense News Jepang telah melun
Lapor Hansip
16-10-2021 23:53

[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Segmen update kembali untuk menghilangkan kegabutan agan dan sista, kali ini ada berita militer dari Negeri Sakura, langsung saja kita simak beritanya emoticon-Cendol (S)

Setelah Angkatan Laut Rusia menerima kapal selam diesel-listrik terbaru yang bernama Magadan, maka tak berselang lama Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF) juga menerima kapal selam baru. Mengutip artikel Defense News Jepang telah meluncurkan kapal diesel-listrik kedua dari Kelas Taigei pada hari Kamis sore (14/10/2021) dari galangan kapal Kawasaki Heavy Industries di kota Kobe.

Kapal selam baru tersebut diberi nama "Hakugei atau Paus Putih", kapal selam itu sekarang akan menjalani konstruksi akhir dan uji coba laut sebelum nantinya memasuki layanan bersama Pasukan Bela Diri Maritim Jepang, yang direncanakan pada Maret 2023. Hakugei sendiri adalah kapal selam Kelas Taigei kedua yang berhasil dibuat. Kapal selam serang diesel-listrik ini punya bobot 3.000 ton, berukuran panjang 84 m, lebar 9.1 m, dan draft 10.4 m. Pada saat kapal selam pertama diluncurkan, Taigei dikenal sebagai Kelas 29SS, dinamai berdasarkan tahun ke-29 pemerintahan Kaisar Akihito di Jepang. Sementara kapal pertama di kelasnya, Taigei, diluncurkan pada Oktober 2020 dan memulai uji coba laut pada Juli 2021. Taigei diharapkan akan ditugaskan pada Maret 2022.


Quote:
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei

Foto: Kementerian Pertahanan Jepang



Keputusan untuk meningkatkan kekuatan kapal selam JMSDF diumumkan dalam pedoman program pertahanan nasional tahun 2010. Hal itu terjadi ketika Jepang terus mengawasi modernisasi militer China dan meningkatkan ketegasan di kawasan itu. Sama seperti dua kapal terakhir dari kelas Soryu sebelumnya dan Taigei, Hakugei akan dilengkapi dengan baterai lithium-ion sebagai sumber tenaga.

Defense News menyebutkan bahwa, Jepang telah melakukan penelitian ekstensif tentang penggunaan baterai lithium-ion pada kapal selam sejak awal 2000-an, baterai tersebut diklaim membutuhkan lebih sedikit perawatan dan mampu bertahan lebih lama pada kecepatan tinggi saat terendam dibandingkan dengan baterai timbal-asam. Saat ini Jepang menjadi satu-satunya negara yang diketahui memiliki kapal selam operasional menggunakan baterai lithium-ion.

Sementara itu kekuatan kapal selam JMSDF saat ini terdiri dari 8 kapal selam Kelas Oyashio yang lebih tua, 12 kapal Kelas Soryu dan 2 kapal Kelas Taigei. Jepang sendiri kini juga telah mmebangun satu lagi kapal selam Kelas Taigei dan telah menyetujui pendanaan untuk membuat dua kapal lagi. Dana sebesar U$602,3 juta dialokasikan untuk membuat satu kapal selam lagi dalam anggaran terbaru kementerian pertahanan.


Quote:
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei


Foto: JMSDF



Menurut Wikipedia pembangunan desain Kelas Taigei sudah dimulai sejak tahun 2004, dua manufaktur ternama asal Jepang kemudian ditunjuk untuk menggarap kapal selam ini, yakni Mitsubishi Heavy Industries dan Kawasaki Heavy Industries. Kapal selam pertama sendiri dibangun oleh Mitsubishi pada 16 Maret 2018, sementara Kawasaki membangin kapal selam kedua pada 25 Januari 2019.

Belum banyak detail terkait kapal selam Kelas Taigei ini, namun Wikipedia menyebut bahwa Kelas Taigei mampu menampung 70 orang kru. Untuk persenjataannya berupa 6 × HU-606 21 in (533 mm) tabung torpedo. Naval News menyebut bahwa kapal selam Kelas Taigei juga dilengkapi dengan Torpedo Counter Measures (TCM), yang mengeluarkan umpan untuk menghindari torpedo musuh untuk meningkatkan kemampuan bertahan.

Dalam artikel yang dirilis Naval News Kelas Taigei termasuk kapal selam yang senyap, hal itu tampak dari kemampuan sonar dan sistem komando tempur yang dikabarkan telah ditingkatkan, serta penggunaan bahan penyerap akustik baru dan struktur lantai mengambang untuk membuatnya lebih tenang.


Quote:
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei


[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei


[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei

Proses peluncuran Hagukei pada hari Kamis (14/10/2021).

Foto: @crazyquail_BT via Twitter



Nah, demikian sedikit update berita terkait dunia bawah air, semoga bisa bermanfaat untuk agan dan sista. Sampai jumpa emoticon-Angkat Beer




Referensi Tulisan: Defense News, Naval News, & Wikipedia
Ilsutrasi Foto: Twitter, JMSDF, & Kementerian Pertahanan Jepang
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
officialthoriq dan 29 lainnya memberi reputasi
28
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
16-10-2021 23:54
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei

Made in Kawasaki nih gan emoticon-Cool


Tambahan soal kapal selam Jepang


Quote:Original Posted By gonugraha76
Jepang seiring dengan semakin memanasnya konflik LCS juga tumbuh menjadi kekuatan Asia yang patut diperhitungkan. Jumlah alutsista mereka memang relatif sedikit tetapi secara kualitas rasanya tak perlu kita perdebatkan lagi. Jepang memang beruntung karena punya SDM yang mumpuni, industrinya modern, menjadi mitra strategis US di Asia yg otomatis menerima banyak ToT dan ToK ditambah konflik berkepanjangan dengan China seakan menjadi penyemangat tersendiri untuk selalu berinovasi meningkatkan kualitas alutsista buatannya sendiri.
Dalam mengembangkan alutsista strategisnya, Jepang menerapkan metode modernisasi berkesinambungan dan terjadwal yang artinya Jepang tak banyak buat varian di kelasnya, umur alutsista rata rata dibatasi 20 thn dan dikembangkan menjadi generasi baru ketika alutsista tsb biasanya sudah berumur 10 thn untuk menjaga kualitas dan kekuatan tempurnya.
Jepang sampai saat ini secara spesifik hanya mengembangkan kapal selam serang diesel elektrik modern dengan kemampuan dan kekuatan yang terus dikembangkan. Saat ini AL Jepang mengandalkan 3 generasi kapal selam :

1. Oyashio Class Diesel Electric Attack Submarine.
Dikenal dengan kode project S130 / 2750 ton dan dibangun oleh KSC dan MHI tahun 1984 - 2008 dengan jumlah 11 unit.
Dikenal sebagai kapal selam serang diesel elektrik modern pertama Jepang berkemampuan anti kapal selam dan permukaan.
Oyashio class sendiri sudah mulai dipensiunkan secara bertahap dan setidaknya sudah ada 2 unit yang dioverhaul dan dikonversi menjadi kapal selam latih.

2. 16SS Soryu Class Diesel Electric Attack Submarine.
Dikenal dengan project 131S / 2900 ton dan dibangun oleh KSC dan MHI sejak 2005 - 2021 sebanyak 12 unit.
Sebagai penerus dan pengganti Oyashio Class, Soryu class masih tetap mempertahankan mainrole nya sebagai kapal selam serang berkemampuan anti kapal selam dan anti kapal permukaan yang dilengkapi dengan teknologi AIP dan double hull.
Dikenal sebagai kapal selam yang senyap dan sulit dideteksi akibat akustiknya yang rendah berkat kombinasi desain tear drop hull yang meminimalkan hambatan hydrodinamika dan teknologi underwater noise reduction.
Sejak thn 2019 lalu pada 2 unit terakhir generasi Soryu Class menjadi pelopor kapal selam diesel elektrik pertama didunia yang menggunakan baterai lithium ion yang punya keunggulan lebih ringan, charging lebih cepat, kapasitas besar dan masa pakai yang lebih lama. Teknologi baterai Lithium Ion ini juga menggantikan teknologi AIP karena lebih efektif.

3. 29SS Taigei Class Diesel Electric Attack Submarine.
Dikenal sebagai project 132S / 3000 ton dan dibangun oleh KSC dan MHI sejak tahun 2018 dengan rencana pengadaan hanya 7 unit karena direncanakan sebagai kapal selam transisi menuju next generation diesel Electric Attack submarine.
Sebagai pengganti Soryu Class, Taigei Class akan tetap mempertahankan mainrole nya sebagai kapal selam serang berkemampuan anti kapal selam dan anti kapal permukaan.
Teknologi unggulan dari Taigei Class adalah ada pada sonar dan kontrol baru, mesin / generator / propulsi yang lebih bertenaga dan senyap, AIP, baterai lithium Ion, advance underwater noise reduction dan floating inner hull yang akan membuatnya semakin senyap dan sulit dideteksi.
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 00:22
Andai kekaisaran japan mmbolehkan AL hansip nya bs memiliki kasel2 nuklir tuk imbangi kekuatan nuklir dr korut, tsar rusia, dinasti PKT.....

Btw...... Mantap jg, kasel2 diesel nya AL japan, gan..... Produksi lokal..... Pake batre yg sejenis spt yg ada di ponsel2 pintar terbaru pd masa kini.....

Oh, iya.... Apa kah ini kasel2 diesel lokal, akan di kasih rudal2 balistik jg, gan..... Ama AL hansip japan....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 00:27
Selanjutnya akan disusul oleh honda, toyota, suzuki, yamaha, dll emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
benche87 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 00:33
Jd gk pke nuklir
Pke li ion gtu

Hmmm sangar jg nih Nippon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 03:28
Jepang seiring dengan semakin memanasnya konflik LCS juga tumbuh menjadi kekuatan Asia yang patut diperhitungkan. Jumlah alutsista mereka memang relatif sedikit tetapi secara kualitas rasanya tak perlu kita perdebatkan lagi. Jepang memang beruntung karena punya SDM yang mumpuni, industrinya modern, menjadi mitra strategis US di Asia yg otomatis menerima banyak ToT dan ToK ditambah konflik berkepanjangan dengan China seakan menjadi penyemangat tersendiri untuk selalu berinovasi meningkatkan kualitas alutsista buatannya sendiri.
Dalam mengembangkan alutsista strategisnya, Jepang menerapkan metode modernisasi berkesinambungan dan terjadwal yang artinya Jepang tak banyak buat varian di kelasnya, umur alutsista rata rata dibatasi 20 thn dan dikembangkan menjadi generasi baru ketika alutsista tsb biasanya sudah berumur 10 thn untuk menjaga kualitas dan kekuatan tempurnya.
Jepang sampai saat ini secara spesifik hanya mengembangkan kapal selam serang diesel elektrik modern dengan kemampuan dan kekuatan yang terus dikembangkan. Saat ini AL Jepang mengandalkan 3 generasi kapal selam :

1. Oyashio Class Diesel Electric Attack Submarine.
Dikenal dengan kode project S130 / 2750 ton dan dibangun oleh KSC dan MHI tahun 1984 - 2008 dengan jumlah 11 unit.
Dikenal sebagai kapal selam serang diesel elektrik modern pertama Jepang berkemampuan anti kapal selam dan permukaan.
Oyashio class sendiri sudah mulai dipensiunkan secara bertahap dan setidaknya sudah ada 2 unit yang dioverhaul dan dikonversi menjadi kapal selam latih.

2. 16SS Soryu Class Diesel Electric Attack Submarine.
Dikenal dengan project 131S / 2900 ton dan dibangun oleh KSC dan MHI sejak 2005 - 2021 sebanyak 12 unit.
Sebagai penerus dan pengganti Oyashio Class, Soryu class masih tetap mempertahankan mainrole nya sebagai kapal selam serang berkemampuan anti kapal selam dan anti kapal permukaan yang dilengkapi dengan teknologi AIP dan double hull.
Dikenal sebagai kapal selam yang senyap dan sulit dideteksi akibat akustiknya yang rendah berkat kombinasi desain tear drop hull yang meminimalkan hambatan hydrodinamika dan teknologi underwater noise reduction.
Sejak thn 2019 lalu pada 2 unit terakhir generasi Soryu Class menjadi pelopor kapal selam diesel elektrik pertama didunia yang menggunakan baterai lithium ion yang punya keunggulan lebih ringan, charging lebih cepat, kapasitas besar dan masa pakai yang lebih lama. Teknologi baterai Lithium Ion ini juga menggantikan teknologi AIP karena lebih efektif.

3. 29SS Taigei Class Diesel Electric Attack Submarine.
Dikenal sebagai project 132S / 3000 ton dan dibangun oleh KSC dan MHI sejak tahun 2018 dengan rencana pengadaan hanya 7 unit karena direncanakan sebagai kapal selam transisi menuju next generation diesel Electric Attack submarine.
Sebagai pengganti Soryu Class, Taigei Class akan tetap mempertahankan mainrole nya sebagai kapal selam serang berkemampuan anti kapal selam dan anti kapal permukaan.
Teknologi unggulan dari Taigei Class adalah ada pada sonar dan kontrol baru, mesin / generator / propulsi yang lebih bertenaga dan senyap, AIP, baterai lithium Ion, advance underwater noise reduction dan floating inner hull yang akan membuatnya semakin senyap dan sulit dideteksi.
Diubah oleh gonugraha76
profile-picture
profile-picture
profile-picture
benche87 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 05:32
Protected and defender
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 06:51
Wah.. ini perusahaan yg sama degan motor kawasaki? kirain cuma mithsubishi heavy yg ada hubungan sama alat perang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 07:17
Ane mo test drive boleh gak.. di kali samping dealaer kan ada emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 08:10
Banzai.. Banzai.. Banzai.. emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 08:28
mungkin kelebihan tersembunyinya bisa berfungsi sebagai kasel bunuh diri emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 09:32
Kawasaki ini mantap juga yah...

Dari motor sampai kapal selam pun ada.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TUPAIKABEL dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 09:59
Quote:Original Posted By yoseful
Andai kekaisaran japan mmbolehkan AL hansip nya bs memiliki kasel2 nuklir tuk imbangi kekuatan nuklir dr korut, tsar rusia, dinasti PKT.....

Btw...... Mantap jg, kasel2 diesel nya AL japan, gan..... Produksi lokal..... Pake batre yg sejenis spt yg ada di ponsel2 pintar terbaru pd masa kini.....

Oh, iya.... Apa kah ini kasel2 diesel lokal, akan di kasih rudal2 balistik jg, gan..... Ama AL hansip japan....


masih belum ada arah ke sana gan, tapi melihat Korsel mulai memakai rudal balistik pada kapal selamnya. kemungkinan Jepang akan melakukan hal yang sama, cmiiw emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By dieq41
Selanjutnya akan disusul oleh honda, toyota, suzuki, yamaha, dll emoticon-Big Grin


semoga next Honda dan Yamaha emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By redemption878
Jd gk pke nuklir
Pke li ion gtu

Hmmm sangar jg nih Nippon


iya gan, kalau pakai nuklir bakal susah untuk membongkarnya kelak saat sudah pensiun, kasel non nuklir memang lebih pas untuk Jepang saat ini. cmiiw


Quote:Original Posted By gonugraha76
Jepang seiring dengan semakin memanasnya konflik LCS juga tumbuh menjadi kekuatan Asia yang patut diperhitungkan. Jumlah alutsista mereka memang relatif sedikit tetapi secara kualitas rasanya tak perlu kita perdebatkan lagi. Jepang memang beruntung karena punya SDM yang mumpuni, industrinya modern, menjadi mitra strategis US di Asia yg otomatis menerima banyak ToT dan ToK ditambah konflik berkepanjangan dengan China seakan menjadi penyemangat tersendiri untuk selalu berinovasi meningkatkan kualitas alutsista buatannya sendiri.
Dalam mengembangkan alutsista strategisnya, Jepang menerapkan metode modernisasi berkesinambungan dan terjadwal yang artinya Jepang tak banyak buat varian di kelasnya, umur alutsista rata rata dibatasi 20 thn dan dikembangkan menjadi generasi baru ketika alutsista tsb biasanya sudah berumur 10 thn untuk menjaga kualitas dan kekuatan tempurnya.
Jepang sampai saat ini secara spesifik hanya mengembangkan kapal selam serang diesel elektrik modern dengan kemampuan dan kekuatan yang terus dikembangkan. Saat ini AL Jepang mengandalkan 3 generasi kapal selam :

1. Oyashio Class Diesel Electric Attack Submarine.
Dikenal dengan kode project S130 / 2750 ton dan dibangun oleh KSC dan MHI tahun 1984 - 2008 dengan jumlah 11 unit.
Dikenal sebagai kapal selam serang diesel elektrik modern pertama Jepang berkemampuan anti kapal selam dan permukaan.
Oyashio class sendiri sudah mulai dipensiunkan secara bertahap dan setidaknya sudah ada 2 unit yang dioverhaul dan dikonversi menjadi kapal selam latih.

2. 16SS Soryu Class Diesel Electric Attack Submarine.
Dikenal dengan project 131S / 2900 ton dan dibangun oleh KSC dan MHI sejak 2005 - 2021 sebanyak 12 unit.
Sebagai penerus dan pengganti Oyashio Class, Soryu class masih tetap mempertahankan mainrole nya sebagai kapal selam serang berkemampuan anti kapal selam dan anti kapal permukaan yang dilengkapi dengan teknologi AIP dan double hull.
Dikenal sebagai kapal selam yang senyap dan sulit dideteksi akibat akustiknya yang rendah berkat kombinasi desain tear drop hull yang meminimalkan hambatan hydrodinamika dan teknologi underwater noise reduction.
Sejak thn 2019 lalu pada 2 unit terakhir generasi Soryu Class menjadi pelopor kapal selam diesel elektrik pertama didunia yang menggunakan baterai lithium ion yang punya keunggulan lebih ringan, charging lebih cepat, kapasitas besar dan masa pakai yang lebih lama. Teknologi baterai Lithium Ion ini juga menggantikan teknologi AIP karena lebih efektif.

3. 29SS Taigei Class Diesel Electric Attack Submarine.
Dikenal sebagai project 132S / 3000 ton dan dibangun oleh KSC dan MHI sejak tahun 2018 dengan rencana pengadaan hanya 7 unit karena direncanakan sebagai kapal selam transisi menuju next generation diesel Electric Attack submarine.
Sebagai pengganti Soryu Class, Taigei Class akan tetap mempertahankan mainrole nya sebagai kapal selam serang berkemampuan anti kapal selam dan anti kapal permukaan.
Teknologi unggulan dari Taigei Class adalah ada pada sonar dan kontrol baru, mesin / generator / propulsi yang lebih bertenaga dan senyap, AIP, baterai lithium Ion, advance underwater noise reduction dan floating inner hull yang akan membuatnya semakin senyap dan sulit dideteksi.


setelah membaca tulisan om @gonugraha76 ane jadi ngeh, bahwa benar juga alutsista Jepang sedikit dan tidak punya banyak varian. selain itu mereka juga mematok operasional alutsistanya. memang lebih baik punya sedikit tapi kemampuannya sudah mumpuni.

btw terimakasih untuk informasi sedikit detail kapal selam JMSDF, izin mencatat dulu buat referensi om emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 10:01
Quote:Original Posted By o.omqiqi
Wah.. ini perusahaan yg sama degan motor kawasaki? kirain cuma mithsubishi heavy yg ada hubungan sama alat perang.


betul gan, bisa dibilang ini divisi untuk industri militernya Kawasaki emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By awixcool
Ane mo test drive boleh gak.. di kali samping dealaer kan ada emoticon-Big Grin


boleh2 aja gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By jamilhebat
mungkin kelebihan tersembunyinya bisa berfungsi sebagai kasel bunuh diri emoticon-Leh Uga


untuk hal itu kayaknya tidak gan, karena Jepang tidak akan memkai taktik itu lagi emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By pannotia.server
Kawasaki ini mantap juga yah...

Dari motor sampai kapal selam pun ada.


pesawat juga gan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 10:04
Jepang ini klo soal karya masih ane anggap no 1 eh kualitasnya emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
jlamp dan black.robo memberi reputasi
2 0
2
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 11:09
Meluncur ke dealer Kawasaki terdekat buat liat Hakugei sama Ninja ZX-25R emoticon-Leh Uga

Apakah Hakugei lebih canggih dari Shoryu yg terkenal senyap & cukup disegani? Boleh ngga sich Jepang jual KS ke negara lain? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 20:07
Kawasaki heavy industriesemoticon-Cool
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
17-10-2021 22:11
Nunggu apple masuk ke industri alutsista
profile-picture
profile-picture
adamyvon dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
18-10-2021 09:28
Itu moncongnya beneran di cat merah model matahari gitu bre?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
[UPDATE] Kawasaki Meluncurkan Hakugei, Kapal Selam Kedua dari Kelas Taigei
19-10-2021 05:47
Perlu SIM apa yaa buat jadi joki nya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia