News
Batal
KATEGORI
link has been copied
107
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61690b392ed5ea09a25fc390/bengkak-biaya-kereta-cepat-kini-lebih-mahal-daripada-tawaran-jepang
Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung tengah jadi sorotan. Ini karena beberapa BUMN yang menggarap proyek tersebut kondisi keuangannya tengah mengap-mengap. Selain itu, proyek tersebut terancam mangkrak karena biaya pengerjaanya membengkak menjadi 8 miliar dollar AS atau setara Rp 114,24 triliun.  Padahal sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) melakukan estimasi
Lapor Hansip
15-10-2021 12:01

Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang

Past Hot Thread
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang


JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung tengah jadi sorotan. Ini karena beberapa BUMN yang menggarap proyek tersebut kondisi keuangannya tengah mengap-mengap. Selain itu, proyek tersebut terancam mangkrak karena biaya pengerjaanya membengkak menjadi 8 miliar dollar AS atau setara Rp 114,24 triliun. 

Padahal sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) melakukan estimasi biaya pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung adalah sebesar 6,07 miliar dollar AS.  Dengan demikian, setelah perkiraan pembengkakan anggaran mencapai 8 miliar dollar AS, artinya terdapat kenaikan sekitar 1,9 miliar dollar AS atau setara Rp 27,09 triliun. 

Baca juga: Dilema Kereta Cepat: Sampai Bandung 46 Menit, Tapi Cuma di Pinggiran 

Sebagai rencana menyelamatkan proyek kerja sama Indonesia-China itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemudian meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 93 Tahun 2021 yang merupakan perubahan atas Perpres Nomor 107 Tahun 2015, tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat Jakarta Bandung. 

 Dalam Pasal 4 Perpres Nomor 93 Tahun 2021, Jokowi mengizinkan penggunaan dana APBN untuk membiayai Kereta Cepat Jakarta Bandung. Padahal sebelumnya, Jokowi beberapa kali tegas berjanji untuk tidak menggunakan uang rakyat sepeser pun untuk mega proyek tersebut. Tawaran Jepang lebih murah Menilik ke belakangan, proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung sebenarnya pertama kali diajukan Jepang. 

Negeri Sakura itu menawarkan proposal pembangunan ke pemerintah Jokowi melalui Japan International Cooperation Agency (JICA). Saking seriusnya menawarkan proyek tersebut, JICA bahkan telah menggelontorkan modal sebesar 3,5 juta dollar AS sejak 2014 untuk mendanai studi kelayakan. 

 Nilai investasi kereta cepat berdasarkan hitungan Jepang mencapai 6,2 miliar dollar AS, di mana 75 persennya dibiayai oleh Jepang berupa pinjaman bertenor 40 tahun dengan bunga 0,1 persen per tahun.  

Belakangan di tengah lobi Jepang, tiba-tiba saja China muncul dan melakukan studi kelayakan untuk proyek yang sama. Hal itu rupanya mendapat sambutan baik dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat itu, Rini Soemarno.

Rini bahkan menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan Menteri Komisi Pembangunan Nasional dan Reformasi China Xu Shaoshi pada Maret 2016. 

China kemudian menawarkan nilai investasi yang lebih murah, yakni sebesar 5,5 miliar dollar AS dengan skema investasi 40 persen kepemilikan China dan 60 persen kepemilikan lokal, yang berasal dari konsorsium BUMN. 


Dari estimasi investasi tersebut, sekitar 25 persen akan didanai menggunakan modal bersama dan sisanya berasal dari pinjaman dengan tenor 40 tahun dan bunga 2 persen per tahun.  Selain itu, China menjamin pembangunan ini tak menguras dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia.  



Penegasan semua biaya Kereta Cepat Jakarta Bandung tanpa uang APBN kemudian disahkan pemerintah Jokowi lewat penerbitan Perpres Nomor 107 Tahun 2015, tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat Jakarta Bandung. Meski demikian, Jokowi kemudian meralatnya agar APBN bisa ikut mendanai kereta cepat dengan menandatangani Perpres Nomor 93 Tahun 2021.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut bahwa pembengkakan biaya proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung adalah hal wajar. 

Dia menyebut, adanya pandemi Covid-19 menjadi biang kerok terhambatnya proyek ini yang pada akhirnya berdampak pada biaya Kereta Cepat Jakarta-Bandung bengkak. 

“Jadi hanya kemarin masalah corona ini membuat semuanya jadi terhambat, jadi jangan diplintir ini ada hal-hal lain dan sebagainya gitu ya,” ungkap Arya Sinulingga.

 “Dan pembengkakan-pembengkakan itu adalah hal yang wajar, namanya juga pembangunan awal dan memang itu membuat beberapa hal agak terhambat,” sambungnya. 

Arya menilai, dalam pelaksanaan dan progresnya, sebenarnya capaian proyek ini sangat bagus karena sudah mencapai hampir 80 persen. Dengan capaian itu, pemerintah ingin pembangunan ini terus berlanjut dan jangan sampai tertunda. 

Karena itu, pemerintah memutuskan adanya pembiayaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung pakai APBN. 

Baca juga: Kilas Balik Kereta Cepat: Ditolak Jonan, Kini Mau Pakai Duit APBN

“Di mana-mana kemunduran-kemunduran yang sebelumnya itu akan menaikkan cost, itu sudah pasti. Jadi inilah langkah yang harus diambil supaya pembangunan yang 80 persen dan sangat bagus ini, itu bisa tetap terlaksana,” tegasnya. Arya Sinulingga membantah bahwa proyek ini dikerjakan tanpa adanya perencanaan matang. Adanya pembengkakan biaya Kereta Cepat Jakarta-Bandung menurutnya tak lepas dari sejumlah perubahan. 

“Kenapa sampai anggarannya bertambah, dimana-mana ketika buat kereta cepat atau juga yang seperti ini kayak jalan tol dan sebagainya, itu memang di tengah perjalanan, apalagi yang panjang gitu ya, itu pasti ada perubahan-perubahan desain,” ungkapnya. Perubahan itu terjadi karena ada kondisi geologis dan geografis yang berbeda dan berubah dari awalnya yang dipekirakan dalam pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.






kompas


dihitung 100 tahun pun ga balik modal, makanya Jonan dulu nolak. akhirnya ketipu menlen kan emoticon-Big Grin

Mana bunganya dari china lebih mahal 19 kali lipat dari jepang emoticon-Leh Uga








Diubah oleh tenglengwotik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 13:04
Mending cari yang pasti2 aja dah, cari mahalan dikit tapi jelas kualitasnya dan tidak suka dagang. Sudah tahu yang dipilih suka dagang masih aja dipake, ya ini salah satu konsekuensinya
profile-picture
Jalan Cinta memberi reputasi
1 0
1
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 13:04
udah masuk jebakan utang chinak
0 0
0
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 13:18
Prank siapa inih?

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
mupet.buster dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 13:26
Terima kasih cina atas semua bantuannya emoticon-Imlek

Klo mau ikan silakan ambil aja di natuna gak usah sungkan-sungkan anggap aja rumah sendiri emoticon-Salaman
0 0
0
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 13:31
Ane sih lebih percaya Jepang daripada China, LoL
profile-picture
Jalan Cinta memberi reputasi
1 0
1
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 13:32
Untung gua abstainBengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
profile-picture
profile-picture
jiresh dan Jalan Cinta memberi reputasi
2 0
2
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 13:33
Yang bener tetep si pihak cinanya, sebagai contoh ada kasus penjual telur minjem rentenir 20 juta sampai tembus bunga 25M, toh yang diciduk si penjual telurnya emoticon-Big Grin
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
1 0
1
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 13:38
Gila kah si mentri es bonbon emoticon-Gila itu Jepang udah baik banget kasih harga ma bunganya yg kecil malah milih Cina emoticon-Nohope pasti ada lobi nine dragon nih sama kementrian dia.
profile-picture
profile-picture
mupet.buster dan harytanoe memberi reputasi
2 0
2
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 13:40
Tukang boker lu percaya. .emoticon-Ngakak
0 0
0
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 13:52
Alah sama aja menurut ane mau jepang atau chinese, yang jadi masalah karna banyak tengkulak-tengkulak tanah yang harganya jadi mahal.
0 0
0
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 13:53
Bukan masalah mahalnya:

1. Jepang kelau kerja lamban, lihat saja MRT 16 km aja 6 tahun. Sedangkan china kalau kerja bisa cepat. wong 20 tahun saja mereka bisa bangun 20.000 km kok.
2. Gak ada ToT.
3. Fuxing CR400AF lebih cepat daripada shinkansen E5 Series,
Fuxing CR400AF 249 mph, sedangkan Shinkasen E5 225 mph. jadi daripada spek nanggung tapi dah bayar mahal mending sekalian pilih yang bagusan.
Sumber: https://www.cntraveler.com/stories/2...s-in-the-world

Mau china atau jepang tetap bakal lebih mahal daripada harga aslinya selama di lapangan ada tengkulak tanah. Dikira dulu bangun MRT Jakarta gak ada pembengkakan biaya?

https://news.detik.com/berita/d-2933...mbebasan-lahan

Yang pendek saja bisa terkendala lahan apalagi KCIC yang panjangnya bisa 148km emoticon-Hammer
Diubah oleh daddydaddydoo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 13:59
HIDUP JOKOWI Pas ditanya YNTKTS
Diubah oleh aryodhilla
0 0
0
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 14:05
klo kata netijing, yang penting gak mangkrak

jadi tapi tekor, mirip biar tekor asal kesohor
0 0
0
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 14:15
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang

biaya proyek bengkak itu sudah umum drun....
profile-picture
mupet.buster memberi reputasi
0 1
-1
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 14:16
jepang itu 6 milyar tidak termasuk pembebasan lahan loh drun .
0 0
0
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 14:34
Apapun masalahnya, menurut kata kadrun, udah pasti,

"Turunkan Jokowi!"
"Khilafah solusinya!"

emoticon-Bingung

......emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
dsturridge15 dan Jalan Cinta memberi reputasi
0 2
-2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 14:37
ada yang terlewatkan disini... proposal jepang itu minta jaminan dari pemerintah di awal proyek.

ibaratnya kalo loe pinjam duit, jepang minta jaminan rumah, kalo gak bisa bayar maka rumah disita, sedangkan china tidak, ini makanya bunganya berbeda dan menjadi pertinmbangan terbesar.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 14:39
kena prenk menlen, lagian percaya kok ama menglen, dah terbukti jago culas padahal emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 14:43
Kasian plongo plongo 🤣🤣😁😁😁
profile-picture
mupet.buster memberi reputasi
1 0
1
Bengkak, Biaya Kereta Cepat Kini Lebih Mahal daripada Tawaran Jepang
15-10-2021 14:54
Tenang, bakal banyak yg nyebokin in.. 3... 2... 1. Go
profile-picture
profile-picture
dsturridge15 dan mupet.buster memberi reputasi
2 0
2
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia